- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Sejarah & Informasi tentang BUS DAMRI


TS
franzgathotz
Sejarah & Informasi tentang BUS DAMRI
Quote:
Salam Indonesia gan 
Kali ini izinkan ane bagi-bagi info tentang BUS legendaris di Indonesia, DAMRI
Langsung disimak aja dah

Kali ini izinkan ane bagi-bagi info tentang BUS legendaris di Indonesia, DAMRI

Langsung disimak aja dah

Spoiler for REPSOL :

Quote:
Sejarah DAMRI

Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha(unyu?? ciyus?
) yang mengkhususkan diri pada angkutan barang dengan truk, gerobak atau cikar dan juga terdapat Zidosha Sokyoku yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus.

Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawah pengelolaan Departemen Perhubungan RI, Jawa Unyu Zigyosha (si unyu muncul lagi neh
) berubah nama menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Zidosha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.
Pada 25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No.01/DAM/46 dibentuklah "Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia", disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.
Tugas ini pulalah yang menjadikan semangat "Kesejarahan" DAMRI yang telah memainkan peranan aktif dalam kiprah perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi Belanda di Jawa.

Tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 233 Tahun 1961, yang kemudian pada tahun 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).

Tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1984 serta dengan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2002 dan berkelanjutan hingga saat ini, di mana PERUM DAMRI diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan atau barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor.

Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha(unyu?? ciyus?



Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawah pengelolaan Departemen Perhubungan RI, Jawa Unyu Zigyosha (si unyu muncul lagi neh

Pada 25 November 1946, kedua jawatan itu digabungkan berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No.01/DAM/46 dibentuklah "Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia", disingkat DAMRI, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.
Tugas ini pulalah yang menjadikan semangat "Kesejarahan" DAMRI yang telah memainkan peranan aktif dalam kiprah perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan agresi Belanda di Jawa.

Tahun 1961, terjadi peralihan status DAMRI menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 233 Tahun 1961, yang kemudian pada tahun 1965 BPUPN dihapus dan DAMRI ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN).

Tahun 1982, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1984 serta dengan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2002 dan berkelanjutan hingga saat ini, di mana PERUM DAMRI diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum untuk penumpang dan atau barang di atas jalan dengan kendaraan bermotor.
Quote:
Sedikit tentang DAMRI

DAMRIadalah kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (ER, EYD: Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 Nopember 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan bus dan truk.
VISI
Menjadi penyedia jasa angkutan jalan raya yang aman, handal, terjangkau, serta unggul dalam kinerja
MISI
1. Meningkatkan kualitas & kuantitas alat produksi
2. Mengutamakan kualitas pelayanan (level of service), keamanan penumpang & barang (level of safety), dan kepuasan pelanggan (Customer satisfaction)
3. Meningkatkan produksi, efisiensi, dan menekan kebocoran
4. Meningkatkan nilai tambah (value added) kepada pemilik modal
5. Meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan SDM
Maksud &Tujuan
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.31 tahun 2002, maksud dan tujuan DAMRI adalah turut melaksanakan dan menunjangan kebijaksanaan program pemerintah di bidang ekonomi serta pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di sub sektor perhubungan darat dengan armada bus dan truk, serta tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan perusahaan.
Kantor Perum Damri
Kantor Pusat Perum Damri
Jln. Matraman Raya No. 25 Jakarta Timur 13140
Telp. (021) 8583131 (Hunting) Fax. (021) 8504876
Kantor Devisi Regional I
Jln. Angkasa No. 17 B Kemayoran Jakarta Pusat 10610
Telp. (021) 4246802 Fax. (021) 4246802
Kantor Divisi Regional I Meliputi Wilayah Pulau Sumatra, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat
1. Stasiun Banda Aceh
2. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Medan
3. Stasiun Padang
4. Stasiun Jambi
5. Stasiun Palembang
6. Stasiun Pangkal Pinang
7. Stasiun Bengkulu
8. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Batam
9. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Bandar Lampung
10. Stasiun Bandar Lampung
11. Stasiun Jakarta
12. Unit Travel dan Transit Perum Damri
13. Unit Angkutan Barang
14. Unit Angkutan Khusus Bandara (UABK) Soekarno-Hatta Jakarta
15. Stasiun Serang
16. Stasiun Bogor
17. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Bandung
Kantor Devisi Regional II
Jln. Mpu Tantular No. 8 Semarang 50175
Telp. (024) 3544172 Fax. (024) 3586280
Kantor Divisi Regional II Meliputi Wilayah Pulau Kalimantan, Jawa Tengah, dan DIY Yogyakarta
1. Stasiun Yogyakarta
2. Stasiun Purwokerto
3. Stasiun Cilacap
4. Stasiun Pontianak
5. Stasiun Banjarmasin
6. Stasiun Palangkaraya
7. Stasiun Samarinda
8. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Semarang
9. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Yogyakarta
10. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Surakarta
Kantor Devisi Regional III
Jln. Raya Kalirungkut No. 7 A Surabaya 60293
Telp. (031) 8490118 Fax. (031) 8490142
Kantor Divisi Regional III Meliputi Wilayah Jawa Timur, NTT, NTB, dan Sulawesi Bagian Selatan
1. Stasiun Malang
2. Stasiun Ponorogo
3. Stasiun Banyuwangi
4. Stasiun Pamekasan
5. Stasiun Denpasar
6. Stasiun Mataram
7. Stasiun Kupang
8. Stasiun Waingapu
9. Stasiun Kefamenanu
10. Stasiun Ende
11. Stasiun Kendari
12. Stasiun Palu
13. Stasiun Mamuju
14. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Surabaya
15. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Jember
16. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Makassar
Kantor Devisi Regional IV
Jln. Jend. A. Yani No. 10 A Jayapura 99111
Telp. (0967) 533513 Fax. (0967) 533513
Kantor Divisi Regional IV Meliputi Wilayah Papua, Ambon, dan Sulawesi Bagian Utara
1. Stasiun Jayapura
2. Stasiun Merauke
3. Stasiun Sorong
4. Stasiun Manokwari
5. Stasiun Biak
6. Stasiun Nabire
7. Stasiun Serui
8. Stasiun Mimika
9. Stasiun Manado
10. Stasiun Gorontalo
11. Stasiun Ambon
12. Stasiun Halmahera
Kantor Strategic Business Unit (SBU)
Jln. Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat No. 20 Pupar Cakung, Jakarta Timur 13920
Telp. (021) 46831017
Kantor SBU ini merupakan Operator Transjakarta Koridor 1, 8, dan 11

DAMRIadalah kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (ER, EYD: Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 Nopember 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum), nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan bus dan truk.
VISI
Menjadi penyedia jasa angkutan jalan raya yang aman, handal, terjangkau, serta unggul dalam kinerja
MISI
1. Meningkatkan kualitas & kuantitas alat produksi
2. Mengutamakan kualitas pelayanan (level of service), keamanan penumpang & barang (level of safety), dan kepuasan pelanggan (Customer satisfaction)
3. Meningkatkan produksi, efisiensi, dan menekan kebocoran
4. Meningkatkan nilai tambah (value added) kepada pemilik modal
5. Meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan SDM
Maksud &Tujuan
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.31 tahun 2002, maksud dan tujuan DAMRI adalah turut melaksanakan dan menunjangan kebijaksanaan program pemerintah di bidang ekonomi serta pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di sub sektor perhubungan darat dengan armada bus dan truk, serta tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan perusahaan.
Kantor Perum Damri
Kantor Pusat Perum Damri
Jln. Matraman Raya No. 25 Jakarta Timur 13140
Telp. (021) 8583131 (Hunting) Fax. (021) 8504876
Kantor Devisi Regional I
Jln. Angkasa No. 17 B Kemayoran Jakarta Pusat 10610
Telp. (021) 4246802 Fax. (021) 4246802
Kantor Divisi Regional I Meliputi Wilayah Pulau Sumatra, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat
1. Stasiun Banda Aceh
2. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Medan
3. Stasiun Padang
4. Stasiun Jambi
5. Stasiun Palembang
6. Stasiun Pangkal Pinang
7. Stasiun Bengkulu
8. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Batam
9. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Bandar Lampung
10. Stasiun Bandar Lampung
11. Stasiun Jakarta
12. Unit Travel dan Transit Perum Damri
13. Unit Angkutan Barang
14. Unit Angkutan Khusus Bandara (UABK) Soekarno-Hatta Jakarta
15. Stasiun Serang
16. Stasiun Bogor
17. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Bandung
Kantor Devisi Regional II
Jln. Mpu Tantular No. 8 Semarang 50175
Telp. (024) 3544172 Fax. (024) 3586280
Kantor Divisi Regional II Meliputi Wilayah Pulau Kalimantan, Jawa Tengah, dan DIY Yogyakarta
1. Stasiun Yogyakarta
2. Stasiun Purwokerto
3. Stasiun Cilacap
4. Stasiun Pontianak
5. Stasiun Banjarmasin
6. Stasiun Palangkaraya
7. Stasiun Samarinda
8. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Semarang
9. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Yogyakarta
10. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Surakarta
Kantor Devisi Regional III
Jln. Raya Kalirungkut No. 7 A Surabaya 60293
Telp. (031) 8490118 Fax. (031) 8490142
Kantor Divisi Regional III Meliputi Wilayah Jawa Timur, NTT, NTB, dan Sulawesi Bagian Selatan
1. Stasiun Malang
2. Stasiun Ponorogo
3. Stasiun Banyuwangi
4. Stasiun Pamekasan
5. Stasiun Denpasar
6. Stasiun Mataram
7. Stasiun Kupang
8. Stasiun Waingapu
9. Stasiun Kefamenanu
10. Stasiun Ende
11. Stasiun Kendari
12. Stasiun Palu
13. Stasiun Mamuju
14. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Surabaya
15. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Jember
16. Unit Angkutan Bus Kota (UABK) Makassar
Kantor Devisi Regional IV
Jln. Jend. A. Yani No. 10 A Jayapura 99111
Telp. (0967) 533513 Fax. (0967) 533513
Kantor Divisi Regional IV Meliputi Wilayah Papua, Ambon, dan Sulawesi Bagian Utara
1. Stasiun Jayapura
2. Stasiun Merauke
3. Stasiun Sorong
4. Stasiun Manokwari
5. Stasiun Biak
6. Stasiun Nabire
7. Stasiun Serui
8. Stasiun Mimika
9. Stasiun Manado
10. Stasiun Gorontalo
11. Stasiun Ambon
12. Stasiun Halmahera
Kantor Strategic Business Unit (SBU)
Jln. Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat No. 20 Pupar Cakung, Jakarta Timur 13920
Telp. (021) 46831017
Kantor SBU ini merupakan Operator Transjakarta Koridor 1, 8, dan 11
LANJUT DI BAWAH YE GAN 

Diubah oleh franzgathotz 11-05-2013 14:37
0
25.2K
Kutip
32
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan