TS
merkapa
F-14A Tomcat the real French and Sovyet fighter killer
Bicara pesawat Sexy ini memang tiada habis2nya. Pesawat ini dikembangkan dengan duit rakyat IRAN dan akhirnya memang Iran yg mendayagunakan fighter ini sampai titik darah penghabisan
The Beginning
Kisah Tomcat dimulai dari program Menhan AS Robert S Mc Namara yang menginginkan pesawat sayap tekuk dan berkemampuan jarak jauh. hasilnya adalah General Dynamics yang mengajukan konsep F-111, McNamara menginginkan satu paket hemat yaitu bisa digunakan oleh AU dan AL. namun sejak awal AL sangat Tidak menginginkan pesawat ini dan mereka diam2 meminta Grumman mengembangkan pesawta lainnya. Grumman yang saat itu mengangani F-111 B menerimanya . dan kemudian mereka mengajukan prototip baru yang disebut G 303 pada tahun 1967
Sekalipun sudah memasukkan proposal bukan berarti Grumman aman, karena mereka harus bersaing dengan North American , LTV, General Dynamics dan McDonnel Douglass.
Di bulan Juni 1968, konsep F-111B bener2 udah gak bisa diterima oleh AL, dan mereka amat sangat khawatir dengan kemampuan MiG-25 Sovyet yg baru, maklum saja saat itu MiG-25 bisa ngebut sampe mach 3 dan belon ada satu fighter AS pun yang bisa diajhak ngebut di kecepatan itu. Mereka menjadikan konsep Gruman dengan nama VFX dan menjadi prioritas pertama AL saat itu
Dalam tempo setahun di 1969 sudah dibuat mockup dan kemudian 6 prototipe . F-14 Tomcat sendiri menjalani uji terbang di tahun 19710. Nama Tomcat diambil untuk menghormati Admiral Thomas Connoly dan Admiral Thomas Moorer, Connoly adalah staf deputy Naval Chief operation yang secara terang2 an mengungkapkan ke publik bahwa dia menentang program F-111B yang dinilainya tidak cocok dengan AL, hal ini menyebabkan karirnya sempat kandas karena berani melawan menteri (ternyata gak di indonesia aja yah di AS juga), kebetulan sekali dia mantan penerbang Grumman F-4F Wildcat dengan callsign Tomcat...jadilah Tomcat kemudian menjadi nickname pesawat ini.
Tomcat mulai masuk dinas operasional di tahun 1972 dengan mulai berdinas di NAS (Naval Air Station) Miramar, dan mulai dinas beneran di habitatnya di kapal induk mulai tahun 1974 di USS Enterprise
Tomcat Describing /Томкэт описывающих
F-14A Tomcat adalah pesawat yg besar dimana diawaki oleh 2 kru, pilot dan RIO, mereka duduk di atas kokpit yg punya pandangan ke lapangan yg amat sangat baik (pujian para pilot ). Kedua awak duduk di atas kursi lontar Martin Baker tipe GRU 7A yg bertipe zero-zero ejection seat.
Sayap tekuk pesawat diatur secara otomati klemiringan lipatnya mulai dari 230 derajat sampai 68 derajat. Namun selain diatur otomatis, pilot dapat menset posisi sayap secara manual , dan dapat memilih mode spesifik pelipatan 55 derajat khusus untuk serang darat. Khusus untuk penyimpanan di gudang kapal induk, maka sayapo harus dilipat dengan sudut kemiringan 75 derajat sampai cukup rapat dengan sirip ekor.
Tomcat dibuat dari alloy dan titanium dan ditenagai sepasang mesin Pratt & Whitney (P&W) TF30-P-412 bypass turbojets with 54.9 kN (5,600 kgp / 12,350 lbf) dry thrust and 93 kN (9,480 kgp / 20,900 lbf). Mesin diwarisi dari pengembangan F-111B
Untuk radar Tomcat dilengkapi dengan AWG-9 yang mampu menjejak 24 target dan mengeksekusi 6 target (sebagai perbandingan radar Zaslon M Russki baru jadi di tahun 1983 dengan kemampuan sama ). Saking hebatnya radar ini sampe2 pilot uji Patuxent River yang menguji proto Tomcat bergurau, wah saya bisa memantau pantai timur AS dengan radar ini.AWG-9 memiliki beberapa mode : Track-While-Scan (TWS), Range-While-Search (RWS), Pulse-Doppler Single-Target Track (PDSTT), and Jam Angle Track (JAT)
Varian awal Tomcat menggunakan "AN/ALR-23 Infrared Search and Track (IRST) yang ditempatkan di bawah hidung dan bisa beroperasi mandiri untuk menjejak target. namun di tahun 1980-an digantikan dengan AN/AXX-1 Television Camera Set (TCS). , yang merupakan kamera yang dilengkapi dengan lensa teleskopik untuk menjejak target saat menembakkan Sparrow dalam cuaca cerah
Selain AWG 9 pesawat dilengkapi dengan jammer AN/ALQ-126 dan AN/APR-45 radar warning receiver (RWR), plus tentiunya radio UHF, IFF, INS dan TACAN sebagai beacon untuk menentukan arah plus radar altimeter.
Tugas RIO di Tomcat juga cukup berat selain mengawaki radar, ia juga yang bertugas menembakkan ruidal selain itu ia juga yang mengendalikan sistim elektris pesawat plus berkuasa untuk menekan eject untuk kedua kursi pilot dan RIO jika ada musibah, saat pesawat takeoff dari kapal induk.
Untuk senjata berkonfigurasi dapat membawa 6 AIM-54 Phoenis (dengan jarak tembak 200km) , 4 di perut dan 2 di sayap atau 4 AIM-54 Phoenix dan 2 AIM-9 Sidewinder dan 2 AIM-7 Sparrow di sayap.
Untuk kanon Tomcat dilengkapi dengan M-61A Vulcan kaliber 20mm dengan 675 amunisi .
The Beginning
Kisah Tomcat dimulai dari program Menhan AS Robert S Mc Namara yang menginginkan pesawat sayap tekuk dan berkemampuan jarak jauh. hasilnya adalah General Dynamics yang mengajukan konsep F-111, McNamara menginginkan satu paket hemat yaitu bisa digunakan oleh AU dan AL. namun sejak awal AL sangat Tidak menginginkan pesawat ini dan mereka diam2 meminta Grumman mengembangkan pesawta lainnya. Grumman yang saat itu mengangani F-111 B menerimanya . dan kemudian mereka mengajukan prototip baru yang disebut G 303 pada tahun 1967
Sekalipun sudah memasukkan proposal bukan berarti Grumman aman, karena mereka harus bersaing dengan North American , LTV, General Dynamics dan McDonnel Douglass.
Di bulan Juni 1968, konsep F-111B bener2 udah gak bisa diterima oleh AL, dan mereka amat sangat khawatir dengan kemampuan MiG-25 Sovyet yg baru, maklum saja saat itu MiG-25 bisa ngebut sampe mach 3 dan belon ada satu fighter AS pun yang bisa diajhak ngebut di kecepatan itu. Mereka menjadikan konsep Gruman dengan nama VFX dan menjadi prioritas pertama AL saat itu
Dalam tempo setahun di 1969 sudah dibuat mockup dan kemudian 6 prototipe . F-14 Tomcat sendiri menjalani uji terbang di tahun 19710. Nama Tomcat diambil untuk menghormati Admiral Thomas Connoly dan Admiral Thomas Moorer, Connoly adalah staf deputy Naval Chief operation yang secara terang2 an mengungkapkan ke publik bahwa dia menentang program F-111B yang dinilainya tidak cocok dengan AL, hal ini menyebabkan karirnya sempat kandas karena berani melawan menteri (ternyata gak di indonesia aja yah di AS juga), kebetulan sekali dia mantan penerbang Grumman F-4F Wildcat dengan callsign Tomcat...jadilah Tomcat kemudian menjadi nickname pesawat ini.
Tomcat mulai masuk dinas operasional di tahun 1972 dengan mulai berdinas di NAS (Naval Air Station) Miramar, dan mulai dinas beneran di habitatnya di kapal induk mulai tahun 1974 di USS Enterprise
Quote:
Tomcat Describing /Томкэт описывающих
F-14A Tomcat adalah pesawat yg besar dimana diawaki oleh 2 kru, pilot dan RIO, mereka duduk di atas kokpit yg punya pandangan ke lapangan yg amat sangat baik (pujian para pilot ). Kedua awak duduk di atas kursi lontar Martin Baker tipe GRU 7A yg bertipe zero-zero ejection seat.
Sayap tekuk pesawat diatur secara otomati klemiringan lipatnya mulai dari 230 derajat sampai 68 derajat. Namun selain diatur otomatis, pilot dapat menset posisi sayap secara manual , dan dapat memilih mode spesifik pelipatan 55 derajat khusus untuk serang darat. Khusus untuk penyimpanan di gudang kapal induk, maka sayapo harus dilipat dengan sudut kemiringan 75 derajat sampai cukup rapat dengan sirip ekor.
Tomcat dibuat dari alloy dan titanium dan ditenagai sepasang mesin Pratt & Whitney (P&W) TF30-P-412 bypass turbojets with 54.9 kN (5,600 kgp / 12,350 lbf) dry thrust and 93 kN (9,480 kgp / 20,900 lbf). Mesin diwarisi dari pengembangan F-111B
Untuk radar Tomcat dilengkapi dengan AWG-9 yang mampu menjejak 24 target dan mengeksekusi 6 target (sebagai perbandingan radar Zaslon M Russki baru jadi di tahun 1983 dengan kemampuan sama ). Saking hebatnya radar ini sampe2 pilot uji Patuxent River yang menguji proto Tomcat bergurau, wah saya bisa memantau pantai timur AS dengan radar ini.AWG-9 memiliki beberapa mode : Track-While-Scan (TWS), Range-While-Search (RWS), Pulse-Doppler Single-Target Track (PDSTT), and Jam Angle Track (JAT)
Varian awal Tomcat menggunakan "AN/ALR-23 Infrared Search and Track (IRST) yang ditempatkan di bawah hidung dan bisa beroperasi mandiri untuk menjejak target. namun di tahun 1980-an digantikan dengan AN/AXX-1 Television Camera Set (TCS). , yang merupakan kamera yang dilengkapi dengan lensa teleskopik untuk menjejak target saat menembakkan Sparrow dalam cuaca cerah
Selain AWG 9 pesawat dilengkapi dengan jammer AN/ALQ-126 dan AN/APR-45 radar warning receiver (RWR), plus tentiunya radio UHF, IFF, INS dan TACAN sebagai beacon untuk menentukan arah plus radar altimeter.
Tugas RIO di Tomcat juga cukup berat selain mengawaki radar, ia juga yang bertugas menembakkan ruidal selain itu ia juga yang mengendalikan sistim elektris pesawat plus berkuasa untuk menekan eject untuk kedua kursi pilot dan RIO jika ada musibah, saat pesawat takeoff dari kapal induk.
Untuk senjata berkonfigurasi dapat membawa 6 AIM-54 Phoenis (dengan jarak tembak 200km) , 4 di perut dan 2 di sayap atau 4 AIM-54 Phoenix dan 2 AIM-9 Sidewinder dan 2 AIM-7 Sparrow di sayap.
Untuk kanon Tomcat dilengkapi dengan M-61A Vulcan kaliber 20mm dengan 675 amunisi .
0
42.9K
216
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan