"Nasi Penggel" Masakan khas Kebumen - Jawa Tengah yang hampir punah



Quote:
Saya ingat beberapa waktu lalu, ketika almarhumah nenek saya masih hidup. Makanan yang paling beliau ingini adalah nasi penggel. Huruf E-nya dibaca seperti membaca kata Peppy. Sayang waktu itu saya tidak berhasil membawa pulang nasi penggelnya. Apa pasal, penjual nasi penggel di Kebumen bisa dihitung dengan jari. Dan waktu berjualannyapun tidak bisa ditemukan setiap saat. Hanya ada di waktu pagi hingga pukul 9.

Nasi penggel adalah makanan khas Kebumen, sebab selama ini saya belum pernah menemui nasi penggel di wilayah lain di Jawa Tengah. Nasi penggel adalah nasi dengan lauk Jeroan Kambing dan sayur gori –nangka muda- yang dimasak dengan santan dan daun ubi. Sekilas mungkin mirip gudeg. Tapi rasanya asin,gurih dan disajikan dengan kuah yang kimplah-kimplah, banyak, sesuai selera anda.

Yang unik dari nasi penggel ini adalah bentuk nasinya yang menyerupai nasi kepal. Nasi pada nasi penggel dibentuk bulat-bulat sebesar bola ping-pong. Untuk satu porsi biasanya berisi 7 hingga 8 bulatan. Sayur gori dan menjadi eroan pasangan nasi penggel. Jeroan kambing dimasak dengan bumbu kuning dan dipotong besar sebesar jeroan di restoran Padang. Tapi jangan khawatir, sebab jeroan direbus hingga lunak. Walhasil anda tidak akan repot saat mengkonsumsinya. Biasanya makan nasi penggel akan lebih nikmat dengan tempe mendo.

Sayangnya, nasi penggel tidak sepopuler sate Ambal dan Lanting, makan khas Kebumen lainnya. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, nasi penggel tidak bisa didapatkan setiap saat dan setiap waktu. Pedagangnya terbatas. Sejauh yang saya tahu, di Kebumen hanya ada tiga lokasi penjualan nasi penggel. Yaitu di alun-alun kota (depan mesjid agung Kebumen), di Tembana dan Pejagoan.

Saya membayangkan andaikata nasi Penggel Kebumen bisa sepopuler nasi gudeg atau nasi Padang. Rasanya nelangsa ketika anak-anak yang lebih muda atau bahakan ada warga Kebumen yang tidak mengenal nasi Penggel. Mereka lebih mengenal bakso, mie ayam atau jenis makanan cepat saji yang kini mulai menyerbu Kebumen sehingga nasi Penggel kurang popular di daerah asalnya. Jika daerah di daerah asalnya saja nasi penggel tidak popular maka bagaimana mungkin daerah lain akan mengenal. Jadi, yuk mari kawan, kita lestarikan kuliner khas daerah.

sumber
Quote:
Fotonya gan : (ane ambil sendiri pas makan hehe)
Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:



Quote:
Lokasi jualannya nih :
Spoiler for klik:


Quote:
Semoga thread yang sederhana ini bermanfaat
Jangan lupa untuk meninggalkan komen yang bermutu



Jadi Lapaar

lapaaarrr
Di koplak dokar juga ada gan
Quote:Original Posted By rosowijaya
Di koplak dokar juga ada gan


Haha koplak dokar masih eksis dari jaman ane di SMP 3 (2004) sampe sekarang yah
Baru denger kuliner jenis ini
enak gak tuh gan?
kok airnya kayak kebanyakan gan?
Pictnya menggugah selera euy...
Quote:Original Posted By soulfighter
Baru denger kuliner jenis ini

Kl jalan dr Jogja - Purworejo - Kebumen - Purwokerto .... Mampir laah ke Kebumen. Sekarang terkenalnya densus 88 di Kebumen
Quote:Original Posted By freakk
enak gak tuh gan?
kok airnya kayak kebanyakan gan?

Justru itu sensasinya gan, nyruput kuahnya pake sendok daun ditambah kriuknya tempe panass Muaknyuuus
Quote:Original Posted By achiels0916
Pictnya menggugah selera euy...


rasanya kaya apaan tuh jadi pengen cicipin
Quote:Original Posted By Apeglie
rasanya kaya apaan tuh jadi pengen cicipin


Muaknyuuus sekaliii
Sepi sekalii
Mana nih warga Kebumen ?
keknya enak nih, ngeliat aja bikin ngiler apalagi coba lgsg
Quote:Original Posted By sid..
keknya enak nih, ngeliat aja bikin ngiler apalagi coba lgsg


Kl pas ke Kebumen cobain gan, tp harus gasik soalnya jam 6.30 udh habis biasanya
Quote:Original Posted By ravaelku


Kl pas ke Kebumen cobain gan, tp harus gasik soalnya jam 6.30 udh habis biasanya


bulan ini saya udah 3x makan nasi penggel, hampir tiap minggu,sy tau nya yg di alun2 gan, uenak tenan,ndoyani pokoke
Quote:Original Posted By oengsibuana


bulan ini saya udah 3x makan nasi penggel, hampir tiap minggu,sy tau nya yg di alun2 gan, uenak tenan,ndoyani pokoke

Kl yg di alun-alun kata orang kurang enak, paling enak tu yang di tikungan sebelah selatan jembatan Tembana, yang pertama jualan nasi penggel sejak lamaa
Wah ane sering lewat kebumen gan..baru tahu ada makanan kayak gitu gan..kayaknya enak tuh..besok ane mampir ah...

Spoiler for Keren banget :
Di barat pertigaan sodor selatan jalan ada gan, gerobaknya warna kuning, ada tulisannya nasi penggel, tapi ane belum pernah mampir. Jan, malam2 bikin ken...cot