KASKUS

Lightbulb 5 Momen Keajaiban Sir Alex Ferguson



Sir Alex Ferguson dianggap sebagai manajer tersukses di Britania Raya. Pelatih asal Skotlandia itu berhasil mempersembahkan 38 piala selama 26 tahun melatih di Old Trafford.

Berikut ini lima momen keajaiban Ferguson selama berkarier sebagai pelatih seperti dikutip dari situs resmi UEFA:

1. 11 Mei 1983, Final European Cup Winners' Cup, Stadion Nya Ullevi, Gothenburg

Ferguson yang masih melatih klub asal Skotlandia Aberdeen, harus dihadapkan raksasa Spanyol Real Madrid di babak final. Banyak pihak memprediksi Aberdeen akan menjadi bulan-bulanan Los Blancos di final. Namun, Aberdeen tampil mengejutkan saat pertandingan berjalan tujuh menit ketika Eric Black membobol gawang Madrid. Penalti Juanito membuat Madrid menyamakan kedudukan 1-1. Kemenangan Aberdeen akhirnya ditentukan melalui sundulan John Hewitt pada menit ke-112. Usai pertandingan legenda Madrid Alfredo Di Stefano mengatakan: "Aberdeen melakukan hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Semangat tim yang dibangun karena tradisi."

2. 6 November 1986, Ditunjuk sebagai pelatih MU

Sempat dihubungkan dengan Arsenal, Tottenham Hotspur dan Glasgow Rangers, Ferguson lebih memilih bergabung dengan MU. Ferguson masih 44 tahun ketika menggantikan Ron Atkinson yang dipecat. Legenda MU Sir Bobby Charlton harus bekerja keras merayu manajemen MU untuk lebih memilih Ferguson daripada Terry Venables.

"Saya bertanya kepada direktur lainnya apakah mereka melihat Ferguson ketika Aberdeen mencetak gol kemenangan melawan Madrid. Saya bilang, dia menghidupkan semangat tim di setiap pertandingan, memimpin di pinggir lapangan, memberi pemain kepercayaan diri," ujar Charlton.

3. 2 Mei 1993, Oldham Athletic 1-0 Aston Villa (Gelar Premier League pertama)

Setelah sempat mengalami masa-masa sulit pada empat musim pertama di MU, Ferguson mulai menuai kesuksesan di awal 1990an. Setelah memenangi Piala FA pada 1990 dan kemudian Piala Winners pada 1991, Ferguson meraih gelar Premier League pertama musim 1992/1993.

Pada 2 Mei 1993, Ferguson sedang asyik bermain golf. Tiba-tiba seseorang yang tidak dikenal mendatangi Ferguson dan mengucapkan bahwa MU sudah memenangi gelar liga. Ternyata, Aston Villa yang menjadi pesaing MU kalah 0-1 dari Oldham Athletic. Villa pun tidak mampu mengejar perolehan poin MU.


4. 26 Mei 1999, Final Liga Champions Manchester United FC 2-1 Bayern Munich

Salah satu final bersejarah di Liga Champions. MU tertinggal 0-1 hingga injury time. Namun, The Red Devils mampu membalikkan keadaan melalui gol Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer. "Saya mulai berpikir untuk menerima kekalahan di final," ujar Ferguson usai pertandingan.

5. 21 Mei 2008, Final Liga Champions Manchester United VS Chelsea

Ferguson patut berterima kasih kepada Edwin van der Sar yang mampu memblok penalti Nicolas Anelka. Selain itu, John Terry juga gagal mengeksekusi penalti setelah terpeleset. MU pun meraih gelar Liga Champions ketiga, dan yang kedua bagi Ferguson.

______________ source

komentar : teringat champions lawan bayern, 1 detik bisa merubah segalanya

Quote:MU Gelar Parade Juara Pada 13 Mei



Sir Alex Ferguson resmi pensiun di akhir musim Liga Inggris 2012/2013. Manajer Manchester United itu mengumumkan akan meninggalkan jabatan yang sudah diembannya selama 26 tahun pada hari ini, Rabu 8 Mei 2013, waktu setempat.

Fergie akan meninggalkan Old Trafford dengan indah. Pasalnya, Setan Merah sudah sukses meraih gelar Premier League mereka yang ke-20 ketika mengalahkan Aston Villa pada bulan lalu.

Trofi Premier League rencananya akan diserahkan ketika mereka menghadapi Swansea City pada hari Minggu, 12 Mei 2013. MU kemudian akan mengadakan parade juara pada keesokan harinya dimulai dari Old Trafford dan berakhir di Albert Square.

Dilansir Daily Mail, rencananya petinggi klub akan mengadakan pesta perpisahan kepada manajer asal Skotlandia tersebut. Parade juara juga akan menjadi tempat yang tepat bagi Fergie untuk melakukan pidato kepada para suporter MU.

Diperkirakan ribuan orang akan lebih memadati Albert Square dibanding ketika mereka meraih gelar juara ke-19 pada 2011. Ya, fans MU tentu ingin melihat manajer kesayangan mereka yang terakhir kalinya dengan trofi Premier League.

"Meraih gelar juara ke-20 merupakan prestasi yang besar bagi klub ini dan kami senang bisa berbagi momen ini dengan fans. Dukungan dari fans di musim ini sangat luar biasa dan kami sudah tidak sabar untuk merauakannya dengan mereka," ujar CEO MU, David Gill.

______________ source
berita lengsernya sir alex, bikin gembira arsenal dan the kop. saatnya kalian berdua raih juara epl
orang2 biasanya cuma liat hasil akhir.

kalo kemenangan, hasil tim macem Real Madrid, Barcelona, AC Milan dll tidak kalah impresif.

AF (bukan yg PKS) hebat karena bisa membina pemain muda dan mengintegrasikannya ke dalam tim yang mapan. Saingannya paling cuma Wenger kalo masalah ini.
momen final liga champions 1999 yang paling luar biasa
Sepatu terbang ke wajah beckham
Asli ajaib kalo moment yang ini
Quote:Original Posted By inkubasi
berita lengsernya sir alex, bikin gembira arsenal dan the kop. saatnya kalian berdua raih juara epl

chelsit+lozer juga happy koq,kata mereka selamat bergabung di kasta medioker
ane kepingin lihat dia ngelatih timnas brutus
momen terbaik:

wasitna mantap gan..
Quote:Original Posted By D4171AL
momen terbaik:

wasitna mantap gan..




legenda ini mah
Quote:Original Posted By D4171AL
momen terbaik:

wasitna mantap gan..


APA hubungannya sama alex ferguson tong...nyampah loe...

bata aja ne orang, bikin rusak nama MU aja

#GGMU
HT sepi bgt!???

apaun yg terjadi SAF is the BEST!!
satu kata buat fergie, Luar Biasa
kalo menurut ane momen terbaik nya pas Final Liga Champions 1999, Manchester United FC 2-1 Bayern Munich
saat lawan madrid ada Alfredo Di Stefano...legend madrid
mantap nih
#ThankYouSirAlex
banyak banget jasa jasa sir alex ni ya.apakah penhantinya akan setangguh beliau
AF memang luar biasa, tahu kapan memulai, tahu kapan mengakhiri.
2. 6 November 1986, Ditunjuk sebagai pelatih MU gw belom lahir sudah jadi pelatih

Final UCL 1999 yang paling luar biasa, ga nyangka MU bisa menang
Ending yg indah bagi sir alex ferguson
×