KASKUS

Sekilas Tentang Jaman ROMUSHA (+Foto-Saksi)

Masih ingatkah juragan semua tentang pelajaran saat SD tentang ROMUSHA, nah ini dia cuplikan penampakannya .

langsung aja gan



DALAM sejarah kolonialisme, Jepang merupakan negara pertama di Asia yang memiliki pandangan dan aksi kolonialisme. Kolonialisme Jepang memang pada akhirnya menjadi kolonialisme yang sangat pendek. Kolonialime Jepang memang belum sebanding jika disandingkan dengan kolonialime bangsa bangsa Eropa atas Asia, Afrika, dan Amerika dalam sejarah abad ke-15 hingga ke-20.

Memang harus diakui, Jepang sempat mengejutkan Eropa, menjelma menjadi kekuatan kapital-militeristik yang membuat repot Eropa dan Amerika. Beroperasinya kolonialisme Jepang disusun oleh Tanaka arsitek perang modern yang juga menjadi perdana menteri Jepang waktu 1927-1929. Pikiran pikiran Tanaka ditungakannya ke dalam Memorandum Tanaka. Memorandum ini berisi rencana Jepang untuk memikul tugas suci untuk memimpin bangsa bangsa Asia Timur. Pandangan ini pada akhirnya mewujud menjadi doktrin dengan nama Hakko I Chiu; dunia dalam satu keluarga dibawah pimpinan Jepang.

Terinsipirasi dari semangat ini, berubahlah Jepang menjadi kekuatan militer yang sangat disegani. Dalam sejarah perang dunia 2, kemampuan militer Jepang dalam sesaat mampu menghancurkan sekutu, dan dalam sekepap menguasai Asia Tenggara dan sebagian pasifik. Dominasi Jepang ini pada akhirnya berakhir dengan tragis, dalam satu hari pada 9 Agustus 1945 pesawat pembom B 29 milik Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di KotaHiroshima dan Nagasaki. Inilah momentum kekalahan Jepang, serta berakhir pulalah dominasinya di Asia timur dan sebagian Pasifik.

Masuknya Jepang ke Indonesia, awalnya disambut gembira oleh para pejuang kemerdekaan waktu itu. Jepang dianggap sebagai saudara, sesama Asia yang membantu mengusir Kolonial Belanda . Namun, sesaat setelah Jepang mendarat di Hindia Belanda (Indonesia-saat ini), ternyata Jepang berbuat yang tak kalah licik dan bengisnya. Jepang berupaya menghapus pengaruh kultural barat yang telah hinggap di Hindi Belanda, dan yang kedua Jepang mengeruk sumber sumber kekayaan alam startegi yang ada di tanah air kita. Pasokan sumber sumber ala mini digunakan untuk membiayai perang Jepang dengan Sekutu di Asia Timur dan Pasifik.

Luasnya daerh pendudukan Jepang membuat Jepang memerlukan tenaga kerja yang begitu besar. Tenaga kerja ini dibutuhkan untuk membangun kubu pertahanan, lapangan udara darurat, gudang bawah tanah, jalan raya dan jembatan. Tenaga tenaga kerja ini diambilkan dari penduduk Jawa yang cukup padat. Para tenaga kerja ini dipaksa yang popular di sebut denga Romusa. Jejaring tentara Jepang untuk menjalankan romusha hingga ke desa desa. Dalam catatan buku ini, setidaknya ada 300.000 tenaga romusha yang dikirim ke berbagai negara di Asia Tenggara, 70.000 orang diantaranya dalam kondisi menyedihkan da berakhir dengan kematian.

Para romusa juga melibatkan kaum perempuan. Mereka dibujuk rayu di iming iming mendapatkan pekerjaan, namun mereka di bawa ke kamp kamp tertutup untuk dijadikan wanita penghibur (Jugun Ianfu).

Romusa juga melibatkan tokoth tokoh pergerakan waktu itu. Mereka dipaksa oleh Jepang untuk menjadi tenaga tenaga paksa tersebut. Diantara para romusa yang berasal dari tokoh pergerakan adalah Soekarno dan Otto Iskandardinata. Mereka berdua dipaksan tentara pendudukan Jepang untuk membuat lapangan udara darurat.

Jepang melakukan rekruitmen calon calon romusa, pola tingkatan, serta alokasi tenaga kerja paksa ini. Basis paparannya melihat praktik romusa dan proyek proyeknya di Gunung Madur dan sekitar Banten. Namun pada saat yang sama, Jepang berhasil memanipulasi keberadaan romusa ini ke dunia internasional. Untuk menyamarkan keberadaan romusa, Jepang memperhasul istilah romusa dengan “pekerja ekonomi” atau pahlawan pekerja.

Pada pertengahan tahun 1943, para romusa semakin di eksploitasi oleh Jepang. Karena kekalahan Jepang pada Perang Pasifik, Romusa romusa ini digunakan sebagai tenaga swasembada untuk mendukung perang secara langsung. Karena disetiap angkatan perang Jepang membutuhkan tenaga tenaga kerja paksa ini untuk mengefisiensikan biaya perang Jepang. Pada situasi seperti ini, permintaan terhadap romusa semakin tak terkendali.

Jika kita melihat angka tahunnya, proyek romusa di Indonesia berjalan dalam tempo dua tahun. Bukanlah waktu yang pendek untuk menghasilkan penderitaan dan kematian sebagaimana yang terungkap dalam data diatas. Barulah pada tahun 1945, Hindia Belanda merdeka menjadi Indonesia, serta mengakhiri proyek dan impian kolonialisasi Jepang.

Romusha adalah panggilan bagi orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani, dan sejak Oktober 1943 pihak Jepang mewajibkan para petani menjadi romusha. Jumlah orang-orang yang menjadi romusha tidak diketahui pasti-perkiraan yang ada bervariasi dari 4-10 juta.
































Salah satu peniggalan Romusha , ini hanya satu masih banyak yg lainnya .

Jejak Benteng Jepang di Pangandaran



Goa/Lobang Jepang di Bukittinggi – Sumatra Barat








Tambahan Gan .


Tempat Penyiksaan


Penjara yang berubah menjadi ruang pembunuhan massa



Goa/Lobang Jepang di Bukittinggi – Sumatra Barat Panjang lobang yang terdapat dilokasi Panorama ini lebih kurang 1400 meter, sedangkan panjang keseluruhan yang berada di bawah Kota Bukittinggi diperkirakan lebih kurang sekitar 5000 meter, dengan demikian yang terawat/terpelihara baru 30% dari lobang yang ada. Kegunaan utama dari Lobang Jepang ini adalah sebagai basis pertahanan militer penjajah Jepang dari serangan Sekutu maka pembangunannya sangat dirahasiakan, dan tidak seorangpun yang mengetahui secara pasti kapan lobang jepang ini mulai dibangun. Hanya dapat diperkirakan beberapa bulan sesudah Maret 1942, saat Jepang merebut Kota Bukittinggi dari tangan Pemerintah Belanda.

Panjang lobang yang terdapat dilokasi Panorama ini lebih kurang 1400 meter, sedangkan panjang keseluruhan yang berada di bawah Kota Bukittinggi diperkirakan lebih kurang sekitar 5000 meter, dengan demikian yang terawat/terpelihara baru 30% dari lobang yang ada.



Kesaksian Seorang Romusha
Berikut adalah salah satu kisah dari seorang Romusha di Jawa yang menuturkan bagaiman penderitaan yang dialami Romusha pada masa itu.Tahun 1943 seorang pemuda yang bernama Karja Wiredja meninggalkan desanya di Matukara, Banjarnegara, Jawa tengah untuk menjadi Romusha di Thailand. Dibenaknya mungkin tidak terpikir bahwa dia baru bisa akan kembali ke kampong halamanya setelah 52 tahun kemudian. Pada waktu itu Menurut Karja Lurah desa setempat telah mengijinkan para penduduk untuk ikut Nippon.
Maka berangkatlah Karja untuk menjadi mandor pembangunan rel kereta api sepanjang 415 kilometer antara Thailand dan Burma dengan bayaran dua sen sehari. Selama sebulan kerja Karja mendapatkan gaji enam rupiah. Ratusan ribu tenaga kerja romusha dikerahkan dari pulau Jawa ke luar Jawa, bahkan ke luar wilayah Indonesia. Mereka diperlakukan tidak manusiawi sehingga banyak yang menolak jadi romusha. Jepang pun menggunakan cara paksa: setiap kepala daerah harus menginventarisasikan jumlah penduduk usia kerja, setelah mereka dipaksa jadi romusha. Ribuan romusha dikerahkan ke medan pertempuran Jepang di Irian, Sulawesi, Maluku, Malaysia, Thailand, Burma dan beberapa negara lainnya. Banyak kisah-kisah sedih yang mereka alami di hutan.



Karja Wiredja (75) salah satu mantan Romusha asal desa Madukara Kabupaten Banjaranegara yang pada waktu mudanya dikirim ke Thailand untuk menjadi Romusha.

Betapa sedihnya kita melihat orang Indonesia pada jaman penjajahan harus kerja paksa seperti itu
ada yang sampai kurus kering , ada yang sudah tua masih aja di paksa untuk bekerja , bahkan ibu yang sedang hamil pun juga dipaksa untuk berkerja .

Bersyukurlah kita yang hidup sekarang ini , sudah bebas dari masa-masa penjajahan .
Dan jangan lupa hormati jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah membebaskan kita dari masa penjajahan dan berjuang untuk kemerdekaan negara kita

JURAGAN SEKALIAN KALO BERKENAN , LEMPARKAN ANE ATAU TUMPAHKAN SAJA NYA .

Spoiler for Gak kalah bersejarahnya ni gan ! :


SUMBRE

SUMBRE2






Ganteng was here
Quote:Original Posted By ****Forbidden*






Ganteng was here


PERTAMAX DI AMANKAN
Lihat para romusha di atas jadi keinget holocaust ala Nazi Jerman.

Emosi kalau liat kelakuan koruptor jaman sekarang. Para koruptor tak ubahnya seperti srigala berbulu domba. Hati mereka kejam spt tentara2 Jepang di atas, tindak tanduk mereka membuat rakyat menderita. Banyak bayi2 busung lapar di berbagai tempat di Indonesia, karena jatah kesejahteraan rakyat disikat sama mereka.


meluncur gan...

Quote:
[SIKAT!!] 13 Ragam Hukuman Populer Dari Guru Di Sekolah
Kumpulan Karya Spekatakuler High Speed Photography [HOT]
[TOP] Sepeda Tutubi: Proyek Transporatasi Masal Yang Keren
Sudah Tau Sejarah Simbol Swastika NAZI Belom? Cekibrot! [HISTORY]
10 Senjata Biologis Paling Menakutkan Di Dunia [NGERI]
Serangan DDoS Terbesar Dalam Sejarah: 300 Milyar bit per detik [AMAZING]
[BEJAT] Dijebak Jadi Pelacur, Dipaksa Melayani 25-30 Pria Setiap Hari

dapat darimana gan info fotonya
Jepang dulu emang kelewatan gan kalo jajah negeri orang ...

ane dengar dari kakek ane cerita sambil menangis gan ...
sekarang kakek ane dah gak ada
update fotonya lagi gan, sejarah nih.
Ga bs d'bayang pd masa penjajahan dl
berat banget hidup pas jaman itu yah gan
kejam bgt gan
wah bisa HT ini gan gan

calon tepatnya
Sedih gan, coba cerita orang yg korban Romusha didalemin lagi. Lebih oke gan
parah ya emang jaman romusa, ngeri banget kalo sempet jadi kaya gitu,,
udah disuruh kerja tapi ga dipeduliin makan sama kesehatannya

tambahin lagi fotonya gan
"berkaca pada sejarah untuk meraih masa depan yang lebih cerah"

tapi saya jadi berpikiran bagaimana kalau salah satu orang yang ada di foto itu adalah moyang saya. (maafkan saya...).
Quote:Original Posted By fwck
Ga bs d'bayang pd masa penjajahan dl


ya luar biasa hidup jaman dulu gan
bajingan klo dulu ane hidup di jaman perang pasti ane bantai semua tuh belanda.
GIle kasian amat tuh orang zaman dulu di suruh kerja paksa
wah kasihan gan ...
ga jauh beda ama anak busung lapar yg ada di daerah afrika :
perbudakan itu kejam..
:MAD BIAR PADA MIKIR YANG MENGIDOLAKAN BUDAYA JEPANG DARI PADA BUDAYA SENDIRI :MAD
SORRY KAPITAL SEMUA capslock ANE RUSAK SANGKING EMOSINYA :MAD