- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kurikulum Finlandia VS Kurikulum Indonesia Tahun 2013
TS
suparno
Kurikulum Finlandia VS Kurikulum Indonesia Tahun 2013
Assalamualaikum gan
ane mau posting tentang Kurikulum di negara kita
Semoga yg terhormat Bapak M.Nuh bisa lihat postingan ane
Bukti , Semoga ga repost
dah Langsung aja Ke
Kurikulum Negara Finlandia
Kurikulum Negara Tercinta Indonesia
Nah itu dia Kurikulum yang di Terapkan di Negara Finlandia dan Indonesia
Ane Harap indonesia bisa mendapatkan Kurikulum yang terbaik dan akan menjadi Negara Maju . Amin
Ane Mengarapkan
Ane tidak Mengharapkan
Jika Anda ingin memberikan sesuatu kepada M.Nuh , apa yang anda ingin berikan ?
Semoga Bermanfaat .
Ane Mohon tinggalin jejak ya di Thread Ane
ane mau posting tentang Kurikulum di negara kita
Semoga yg terhormat Bapak M.Nuh bisa lihat postingan ane
Bukti , Semoga ga repost
Quote:
Spoiler for No Repost:
dah Langsung aja Ke
Kurikulum Negara Finlandia
Quote:
1. Dari Segi Prinsip
Spoiler for Prinsip Finlandia:
prinsip kurikulum di Finlandia adalah Non-discrimination and equal treatment yang berarti tidak ada diskriminasi dan mendapat perlakuan yang sama. di Finlandia semua anak punya hak sama dalam pendidikan, tidak dibedakan antara si kaya dan si miskin dan semua sekolah tidak dibedakan baik itu sekolah favorit atau tidak. jadi siswa bisa masuk ke sekolah mana saja karena semua sekolah sama. hal lain yang membuat sistem pendidikan di Finlandia berbeda adalah karena tidak ada assessment atau penilaian. siswa-siswa di Finlandia dibimbing untuk memiliki hak yang sama ketika belajar, maka tidak heran jika di dalam kelas mereka memiliki minimal dua guru untuk mengajar, 1 bertindak sebagai guru utama dan 1-nya sebagai asisten. di sisi lain berdasarkan hak dasar warga Finlandia, prinsip Receive understanding and have their say in accordance with their age and maturity yaitu menerima pemahaman dan pendapat sesuai umur dan kedewasaan. jadi mereka memiliki hak mendapatkan ilmu sesuai umur mereka tanpa diskriminasi. mereka juga mendapatakan dukungan spesial jika dibutuhkan seperti anak cacat dan anak-anak yang membutuhkan waktu ektra akan memiliki kelas tambahan untuk diajarkan secara khusus agar mereka mendapatkan hal yang sama seperti anak lainnya.
2. Dari Segi Mata Pelajaran
Spoiler for Mata Pelajaran Finlandia:
Dari segi mata pelajaran di Finlandia memiliki 6 mata pelajaran inti yang semuanya terbungkus dengan kata orientation. kenapa ada kata orientation? karena kurikulum di Finlandia memiliki konsep gagasan bahwa 6 mata pelajaran ini bukan mengharuskan siswa belajar isi dari seluruh pelajaran ini namun mengajak anak didik untuk mulai memperoleh kemampuan menjelajah dan memahami fenomena-fenomena alam yang ada disekitar mereka. maka jika anda melihat ada tiga kata yang dipakai disini yaitu examine, understand, & experience. jadi siswa melatih kemudian memahami dan mencoba. jadi pada hakikatnya siswa di Finlandia tidak belajar isi dari buku-buku tetapi berinteraksi dengan ilmu-ilmu tersebut. tentunya dengan fasilitas yang lengkap di setiap sekolah, baik desa maupun kota.
3.Hal Menarik di Finlandia
Spoiler for Hal Menarik Finlandia:
Hal menarik lainnya adalah bagaimana seorang guru mengajar di Finlandia tidak sebatas hanya di dalam kelas. siswa diajak mengekplorasi pengetahuan secara langsung di luar kelas ketika bahan ajar berkaitan dengan lingkungan. jadi dalam hal ini siswa tidak semata-mata belajar teori namun terjun ke lapangan untuk membuka wawasan mereka tentang alam demi mendapatkan pengetahuan dari pengalaman secara langsung
4. Peran Orang tua
Spoiler for Peran Orang Tua:
di Finlandia ada yang namanya Parental engagement, orang tua siswa juga terlibat dalam pendidikan anak jadi mereka juga secara tidak langsung memiliki ikatan kerjasama dengan sekolah. tujuannya adalah agar memungkinkan pihak sekolah tahu bakat anak secara akurat lebih dini jadi apa yang dibutuhkan si anak lebih tersalurkan di sekolah dengan informasi dari orangtuanya ke pihak sekolah. luar biasa bukan? dan ini mereka lakukan dalam bentuk diskusi bersama orangtua dan staff.
tidak hanya itu, orang tua juga memiliki hak mengevaluasi kurikulum sehingga mereka punya hak memberikan saran untuk perkembangan si anak. ini adalah peran nyata orangtua dalam pendidikan. jadi orantua di Finlandia tidak sekedar mendaftarkan anak ke sekolah dan terus selesai, mereka punya tanggungjawab sebagai orangtua untuk memonitor kemajuan si anak dengan baik melalui keterlibatan memberikan saran dan pendapat untuk perbaikan kurikulum jika dibutuhkan
4.Metode Pertanyaan Terbuka* ini yg ane demen
tidak hanya itu, orang tua juga memiliki hak mengevaluasi kurikulum sehingga mereka punya hak memberikan saran untuk perkembangan si anak. ini adalah peran nyata orangtua dalam pendidikan. jadi orantua di Finlandia tidak sekedar mendaftarkan anak ke sekolah dan terus selesai, mereka punya tanggungjawab sebagai orangtua untuk memonitor kemajuan si anak dengan baik melalui keterlibatan memberikan saran dan pendapat untuk perbaikan kurikulum jika dibutuhkan
Spoiler for Metode Pertanyaan dibuka:
Dalam setiap ujian, siwa boleh menjawab soal dengan membaca buku. Karena merasa sulit membuat soal terbuka, guru Indonesia mengaku belum siap menerapkan ini.
Kurikulum Negara Tercinta Indonesia
Quote:
bagaimana melihat kurikulum kita berhasil atau tidak? apa cukup dengan nilai UAN?
untuk menjawab pertanyaan diatas mungkin anda bisa menerka-nerka jawaban sesuai pengalaman anda yang sudah lama belajar di Indonesia dan tanyakan pada diri anda sendiri apakah selama ini anda merasa puasa dengan sistem pembelajaran yang ada.
menerapkan kurikulum dari negara maju sah-sah saja selama diterapkan dengan benar dan tepat sasaran. namun dari itu apakah kita siap mengadopsi sistem negara maju yang mereka memang kondisi pendidikan didukung baik oleh sarana dan prasarana dan guru yang memiliki latar belakang keilmuan dan pengalaman yang baik. sementara di Indonesia, secara kasat mata kita bisa melihat bahwa pendidikan kita sama sekali belum merata. Di desa dan di kota sangat berbeda dari segi fasilitas, guru dan lingkungan. jadi jelas kompetensi gurunya berbeda dan sistem pembelajarannya juga akan berbeda.
1. Segi Fasilitas
Mencontek layaknya sebuah tradisi, biasa dilakukan siswa. Tapi apakah kita tahu kalau “guru juga menyontek” ? Ini lebih parah. Lihatlah tes-tes yang diikuti guru, tes pegawai negeri yang diikuti guru, menyontek telah menjadi budaya sendiri.
untuk menjawab pertanyaan diatas mungkin anda bisa menerka-nerka jawaban sesuai pengalaman anda yang sudah lama belajar di Indonesia dan tanyakan pada diri anda sendiri apakah selama ini anda merasa puasa dengan sistem pembelajaran yang ada.
menerapkan kurikulum dari negara maju sah-sah saja selama diterapkan dengan benar dan tepat sasaran. namun dari itu apakah kita siap mengadopsi sistem negara maju yang mereka memang kondisi pendidikan didukung baik oleh sarana dan prasarana dan guru yang memiliki latar belakang keilmuan dan pengalaman yang baik. sementara di Indonesia, secara kasat mata kita bisa melihat bahwa pendidikan kita sama sekali belum merata. Di desa dan di kota sangat berbeda dari segi fasilitas, guru dan lingkungan. jadi jelas kompetensi gurunya berbeda dan sistem pembelajarannya juga akan berbeda.
1. Segi Fasilitas
Spoiler for Segi Fasilitas:
fasilitas kita masih tertingga jauh dengan negara maju seperti Finlandia. yang saya maksud disini adalah fasilitas sekolah untuk mendukung kegiatan belajar. termasuk laboratorium bahasa, sains dan lainnya. tanpa fasilitas yang memadai sangat sulit untuk menelurkan siswa yang berprestasi dibidangnya. terlebih jika kita berbicara dengan sekolah-sekolah di pinggiran desa yang jauh dari kata wajar dan bahkan jarang mendapat bantuan, dikunjungipun hampir tidak pernah
2.Segi Pembelajaran
Spoiler for Segi Pembelajaran:
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang berlaku di Indonesia kini berubah menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Hampir setiap menteri mengganti kurikulum lama dengan kurikulum yang baru. Faktanya, tidak ada perbedaan kualitas pembelajaran di sekolah. Siswa diperintahkan membeli buku paket di toko buku atau yang disediakan sekolah. Guru hanya menjejali siswa dengan buku paket tanpa mencari sumber referensi lain. .
3.Segi Guru
Spoiler for Segi Guru:
Tanpa disadari adalah sebuah ‘paksaan’ ketika anak duduk rapi, tangan dilipat di meja lalu mendengarkan guru menjelaskan. Tidak ada interaksi, tanya-jawab, rasa penasaran murid pun terabaikan. Diskusi dua arah yang mestinya wajib ada malah dihilangkan. Bahkan saat TK pun anak-anak dilatih diam saat guru menerangkan. Padahal akibatnya siswa tidak berani bertanya. Selesai mengajar, guru meminta anak untuk bertanya. Heninglah suasana kelas. Yang bertanya biasanya yang sudah ‘langganan.
Tak sedikit guru yang memfavoritkan metode berceramah satu arah, yang memang hanya itulah metode yang benar-benar dikuasainya. Tanpa modal, tanpa tenaga, tanpa persiapan yang rumit menjadi alasan penggunaan metode itu. ernahkah guru mengajak anak berkeliling sekolahnya untuk belajar ? Pernahkah guru membawa siswanya melakukan percobaan di alam lingkungan sekitar ? Atau pernahkan guru membawa muridnya ke toko buku mencari berbagai bahan pelajaran?
4.Budaya Mencontek
Tak sedikit guru yang memfavoritkan metode berceramah satu arah, yang memang hanya itulah metode yang benar-benar dikuasainya. Tanpa modal, tanpa tenaga, tanpa persiapan yang rumit menjadi alasan penggunaan metode itu. ernahkah guru mengajak anak berkeliling sekolahnya untuk belajar ? Pernahkah guru membawa siswanya melakukan percobaan di alam lingkungan sekitar ? Atau pernahkan guru membawa muridnya ke toko buku mencari berbagai bahan pelajaran?
Spoiler for Budaya Mencontek :
Mencontek layaknya sebuah tradisi, biasa dilakukan siswa. Tapi apakah kita tahu kalau “guru juga menyontek” ? Ini lebih parah. Lihatlah tes-tes yang diikuti guru, tes pegawai negeri yang diikuti guru, menyontek telah menjadi budaya sendiri.
Nah itu dia Kurikulum yang di Terapkan di Negara Finlandia dan Indonesia
Ane Harap indonesia bisa mendapatkan Kurikulum yang terbaik dan akan menjadi Negara Maju . Amin
Ane Mengarapkan
Spoiler for Cendol:
Ane tidak Mengharapkan
Spoiler for Bata:
Coz ane gak lagi bikin rumah
Jika Anda ingin memberikan sesuatu kepada M.Nuh , apa yang anda ingin berikan ?
Spoiler for 1:
Spoiler for 2:
Semoga Bermanfaat .
Ane Mohon tinggalin jejak ya di Thread Ane
LAPAK ANE [ Wanted Resseler ]
Quote:
0
4.8K
Kutip
13
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan