KASKUS

[keren gan] pohon pisang abaka indonesia jadi bahan baku dollar AS

HALLO JURAGAN
Selamat datang di trit berpengetahuan

HT#2
Spoiler for HT:





Melonguane, KOMENTAR - Pisang Abaka Talaud yang disebut-sebut memiliki kualitas nomor satu dunia untuk dijadikan bahan baku pembuatan uang kertas dollar AS, ternyata sudah dilirik dua perusahaan yang siap melakukan ekspor ke negeri Paman Sam. Hal ini disampaikan Bupati Talaud, Drs Constantine Ganggali ME melalui Sekretaris Daerah Ir Djemi Gagola MSi ME.
Menurut Gagola, saat ini ada dua perusahaan kertas dalam negeri, yakni PT Dharma Berdikari dan PT Kertas Leces yang siap membeli hasil produksi serat dari pisang abaka tersebut melalui kontrak yang telah ditandatangani antara pemerintah daerah Talaud dengan perusahaan tersebut rapa waktu lalu.

“Dari hasil pembelian hasil produksi serat abaka Talaud yang sekarang ini harganya mencapai Rp 350 ribu per kilogram ini, oleh kedua perusahaan tersebut akan diekspor ke AS (Amerika Serikat) untuk dijadikan bahan baku utama untuk pembuatan uang kertas Dollar AS,” ungkap Gagola.
Karena menurutnya, serat pisang abaka di Kabupaten Kepulauan Talaud ini kualitasnya nomor satu di dunia. Di mana pisang abaka di wilayah ini adalah jenis abaka merah yang seratnya sangat kuat. “Dari 100 hektar lebih tanaman pisang abaka yang dikembangkan saat ini, sebagian telah dipanen dan hasil sangat berarti bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Gagola.
Dikatakannya, terkait dengan potensi serta kualitas abaka di Talaud yang dinilai sangat besar dan cemerlang, pihak perusahaan pembeli hasil produksi serat abaka itu merespon dengan memberikan bantuan mesin paras rumput dan sarana lainnya yang dianggap mendukung lajunya pengembangan abaka.
“Bahkan ke depannya jika tanaman pisang abaka di Kabupaten Talaud sudah mencapai 5.000 hektar, maka pihak investor akan mendirikan pabrik kertas di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dan jika dimaksimalkan semua lahan tidur ditanami abaka, maka dipastikan pendirian pabrik kertas di Talaud bisa terealisasi tahun depan,” kata Gagola.
Ia menambahkan, untuk saat ini kebutuhan permintaan serat abaka dari beberapa perusahaan kertas raksana di dunia sangat besar, terutama jenis abaka merah. Sedangkan untuk jenis abaka putih, kata Gagola, tergolong nomor dua.

Secara terpisah Anggota DPRD dapil Nusa Utara dr Ivone Bentelu mengatakan, pengembangan tanaman ini perlu diseriusi pemerintah.
“Tanaman pisang abaka saya ketahui saat reses di Talaud waktu lalu. Memang sangat potensial dan membuktikan daerah kita kaya. Bahkan sempat investor datang. Namun sudah dalam tahap produksi tapi mandek lagi. Investor lalu sudah tak kembali lagi. Mungkin karena infrastruktur di sana. Ini sangat disayangkan. Padahal ini adalah potensial dan bisa menguntungkan masyarakat,” ungkap Bentelu.
Dirinya juga menegaskan, tanaman pisang abaka bisa digunakan sebagai bahan baku uang rupiah. “Kalau bisa digunakan bahan baku uang dollar, tentu bisa juga digunakan bahan baku uang rupiah. Dan pak gubernur sudah berkoordinasi dengan pihak BI terkait masalah ini,” sambungnya.
Untuk itu, Bentelu mengharapkan pemerintah bisa lebih proaktif lagi terkait tanaman pisang ini. “Pemerintah kabupaten dan pemerintah propinsi harus lebih proaktif lagi promosikan ini.

Senada diungkapkan personel Komisi II, Teddy Kumaat. Menurutnya, pemkab dan pemprop harus ambil langkah cepat dan tepat. Bahkan dirinya mengusulkan agar bisa langsung berkoordinasi dengan pihak Kedubes AS di Jakarta. “Kalau perlu pergi ke Kedubes AS dan jelaskan soal tanaman pisang abaka ini. Harus promosi, karena masalah pemasaran selalu menjadi hambatan bagi kita. Bisa juga pergi ke atase perdagangan, yang pasti harus promosi dan pemasaran harus tepat,” ungkap Kumaat.(ric/mon)


Spoiler for pic1:

Spoiler for pic2:

Spoiler for pic3:

Spoiler for sumber:

Investasi yang menjanjikan buat Indonesia ini gan, semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Talaud khusunya
_____
sekian gan Thread nya
semoga bermanfaat dan menambah Pengetahuan agan² semua


Quote:
Setelah membaca Jangan lupa tinggalkan komentar +
kalau berkenan boleh gan bagi ane Cendol nya


Terimakasih agan, sista kaskuser yg udah ngasih cendol buat trit ane
Spoiler for :


Quote:THREAD INI DIDUKUNG OLEH


klick banner untuk mampir ke markas kami
Sepertinya info yg menarik
ane baca dulu yah gan
waw
padahal di kampung ane banyak tuh gan
besok" ane mau nanam pohon pisang ini aja dech
... pohon duit

kalo bisa memang langsung diproses, jangan cuma dijual dlm bentuk bahan baku, jadi bisa memberikan nilai tambah
Quote:Original Posted By ian.el.gaLLoco
Sepertinya info yg menarik
ane baca dulu yah gan

selamat membaca gan jangan lupa
Quote:Original Posted By c3nt3n6
waw

kenapa gan mana komengnya
Quote:Original Posted By c3nt3n6
waw
padahal di kampung ane banyak tuh gan

kampung ente mana emangnya gan
Quote:Original Posted By Paspampres.RI
besok" ane mau nanam pohon pisang ini aja dech

enggak support tuh tanaman buat tanah medan bang
thanks udah mampir
Quote:Original Posted By NenenEnthutiast
... pohon duit

kalo bisa memang langsung diproses, jangan cuma dijual dlm bentuk bahan baku, jadi bisa memberikan nilai tambah


itu lagi proses gan, kabarnya bakal dibuat pabriknya disana
ada enthu
jadi serat pisang itu bisa dibikin jadi kertas ya??
baru tau ane....


pisang abaka itu buahnya pisang apa ya??
Wow...
Pisang disulap jadi uang
Coba kebun pisang ane..
Jadi lahan dollar
Quote:Original Posted By Saptanjani
jadi serat pisang itu bisa dibikin jadi kertas ya??
baru tau ane....


pisang abaka itu buahnya pisang apa ya??


iya gan bisa dibuat kertas, pisang abaka itu ya buahnya dari pohon pisang abaka gan, karna namanya pohon pisang abaka makanya buahnya juga namanya pisang abaka..cmiiw
Quote:Original Posted By masnajib
Wow...
Pisang disulap jadi uang
Coba kebun pisang ane..
Jadi lahan dollar


tidak sembarang pohon pisang gan
jangan lupa
duit rupiah kita bahannya dari serat pisang ini juga bukan sih? klo bukan dari serat pisang ini kenapa ga ikutan pake bahan ini juga ya, kan bisa ngirit ongkos produksi, mendukung produk pertanian dalam negeri sekaligus mengamankan devisa negara (yg harusnya untuk belanja bahan baku uang ke luar negeri, memberi pemasukan tambahan bagi negara produsen kertas uang.. klo kita pake bahan lokal gini kan jadinya dana itu tetap berputar di dalam negeri gan)
Mejeng Pejwan Di Ttread Calon HT
anjrittt, keren gan
Quote:Original Posted By ayunduk

selamat membaca gan jangan lupa

kenapa gan mana komengnya


menarik sekali. Seratnya bisa dijadiin bahan baku uang $

Yah, semoga pemerintah setempat bisa membantu keberlangsungannya dah.
Biar sejahtera gituh masyarakatnya

-----
Asal jangan ntar ujung ujungnya terjadi hal seperti ini
HAMPARAN PERKEBUNAN KELAPA TERLUAS DI DUNIA TERANCAM MUSNAH
Quote:Original Posted By DawnOfHostility
duit rupiah kita bahannya dari serat pisang ini juga bukan sih? klo bukan dari serat pisang ini kenapa ga ikutan pake bahan ini juga ya, kan bisa ngirit ongkos produksi, mendukung produk pertanian dalam negeri sekaligus mengamankan devisa negara (yg harusnya untuk belanja bahan baku uang ke luar negeri, memberi pemasukan tambahan bagi negara produsen kertas uang.. klo kita pake bahan lokal gini kan jadinya dana itu tetap berputar di dalam negeri gan)


kalo gitu harganya mahalin aja ya gan
Quote:Original Posted By DawnOfHostility
duit rupiah kita bahannya dari serat pisang ini juga bukan sih? klo bukan dari serat pisang ini kenapa ga ikutan pake bahan ini juga ya, kan bisa ngirit ongkos produksi, mendukung produk pertanian dalam negeri sekaligus mengamankan devisa negara (yg harusnya untuk belanja bahan baku uang ke luar negeri, memberi pemasukan tambahan bagi negara produsen kertas uang.. klo kita pake bahan lokal gini kan jadinya dana itu tetap berputar di dalam negeri gan)

bisa gan, rupiah kita juga terbuat dari serat pohon pisang ini.
ane setuju dengan komengnya
Quote:Original Posted By 5432222
Mejeng Pejwan Di Ttread Calon HT

kasih opininya dong gan dan
Quote:Original Posted By irulyeah
anjrittt, keren gan

apanya yang keren gan
ane baru tahu kalo dollar bikinnya dari pohon pisang nice info gan
Quote:Original Posted By ian.el.gaLLoco


menarik sekali. Seratnya bisa dijadiin bahan baku uang $

Yah, semoga pemerintah setempat bisa membantu keberlangsungannya dah.
Biar sejahtera gituh masyarakatnya

-----
Asal jangan ntar ujung ujungnya terjadi hal seperti ini
HAMPARAN PERKEBUNAN KELAPA TERLUAS DI DUNIA TERANCAM MUSNAH



iya bang dan uniknya lagi pohon pisang ini hanya ada di philipina dan sulawesi utara gan, tapi kualitas tetep menang Indonesia dan buahnya tidak bisa dimakan gan
cmiiw
mudah2an pemerintah bisa mengkondisikannya gan
Quote:Original Posted By Rlang
kalo gitu harganya mahalin aja ya gan


hahaaa...kalo itu serahkan pada pemerintahnya saja gan
thanks udah mampir
×