KASKUS

Video (Pusat Latihan Tempur TNI) 2 Orang tewas dan 4 luka akibat ledakan bomsisa Latgab TNI



Dua orang tewas dan empat lainnya mengalami luka akibat ledakan bom di Pusat Latihan Tempur TNI di Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Dua korban tewas bernama Syukur (39) dan Untung (38).

"Kita turut berbela sungkawa atas kejadian ini. Karena daerah itu merupakan daerah terlarang karena tempat latihan militer," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada merdeka.com, Sabtu (4/5).

Peristiwa nahas itu terjadi pada pukul 09.05 WIB pagi tadi. Kejadian terjadi saat tim penjinak bom melakukan sterilisasi wilayah bekas latihan gabungan TNI.

"Kemarin daerah itu digunakan latihan gabungan TNI. Saat itu semua angkatan TNI, laut, udara dan darat menembakkan senjata tajam ke wilayah itu," ujarnya.

Sesuai dengan standard operating procedure (SOP) TNI, daerah yang bekas latihan militer tidak boleh dilintasi oleh masyarakat umum. "Siapapun tidak boleh masuk. Nah, tadi pagi, saat dilakukan sterilisasi oleh tim penjinak bom, baru dua jam berjalan tiba-tiba ada ledakan bom dan ada korban sipil," katanya.

Latihan gabungan itu puncaknya dilakukan pada Jumat (3/5) kemarin. Latgab juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono.

Dalam Latgab itu, TNI mengerahkan sejumlah kendaraan tempur, seperti kapal perang, tank dan pesawat tempur.

Quote:2 Tewas Terkena Ledakan Bom Sisa Latihan Gabungan

TEMPO.CO, Situbondo - Ada dua orang tewas akibat sebuah bom meledak di dekat lokasi Pusat Latihan Tempur, Karangtekok, Situbondo pada Sabtu, 4 Mei 2013. Diduga bom itu adalah sisa bom yang dipakai latihan gabungan yang digelar TNI, Jumat kemarin, 3 Mei 2013.

Dua orang tewas itu yakni Syukkur, 45 tahun, dan Untung, 50 tahun, warga Desa Sekar Putih, Kecamatan Banyu Putih, Situbondo. Syukkur langsung tewas di lokasi Puslatpur. Adapun Untung tewas dalam perjalanan menuju Puskesmas Asembagus. Mereka mengalami luka di bagian leher dan kaki.

Selain korban tewas, empat orang lainnya luka ringan. Mereka adalah Asyari, Sunar, Didi, dan Yunus. Seluruhnya warga Desa Sekar Putih. Mereka menjadi korban saat mencari seng bekas sasaran tembak sisa latihan tempur.

Dalam latgab yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden SBY-Boediono itu, TNI AL mengerahkan 36 kapal perang (KRI), dan 17 unit tank amfibi BMP-3F NBO-105. TNI AU mengerahkan lima pesawat Sukhoi SU 27/30, lima pesawat Hawk SPO, lima F-16, serta 11 pesawat C-30. Sementara TNI AD menunrukan 14 unit Tank Scorpion, 12 unit helikopter Mi-17, 21 pucuk meriam dan 12 helikopter Bell.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada Timur Letnan Kolonel Yayan Sugiana enggan memberikan pernyataan terkait korban ledakan bom sisa latihan itu.

Menurut Yayan, pihaknya belum mengetahui ada korban tewas akibat sisa bom dari latgab tersebut. Menurut dia, latihan gabungan 16.745 prajurit TNI itu ditangani oleh Pusat Penerangan TNI. "Saya belum tahu atau tanya saja ke Puspen," kata dia dihubungi Tempo, Sabtu, 4 Mei 2013.



_____ sumber

komentar : latihan militer.... turut berduka
daerah yg dilarang buat sipil lalulalang karena bekas latihan perang
lagi di bersihin dari sisa2 perang
tiba2 ada ledakan dan ada sipil
pertanyaannya adalah,,,,,
milih tempat latihan perangnya yg salah (didaerah umum) ??
apa sipil nya yg lagi nyari sisa peluru ???
Ngapai ya korban masuk daerah terlarang?
Berburu selongsong peluru?

Btw turut berduka untuk para korban.
seharusnya warga ga masuk ke area tsb selama sterilisasi
motif sipil ke daerah terlarang itu maksudnya apa? perlu diketahui juga..


jangan jangan si organisasi you no lah itu udah siap siap bilang TNI melanggar HAM
Quote:Original Posted By .NoShade.
daerah yg dilarang buat sipil lalulalang karena bekas latihan perang
lagi di bersihin dari sisa2 perang
tiba2 ada ledakan dan ada sipil
pertanyaannya adalah,,,,,
milih tempat latihan perangnya yg salah (didaerah umum) ??
apa sipil nya yg lagi nyari sisa peluru ???


asembagus dr dulu emang daerah latihan perang
Masih jaman belum ada warga juga dr dl emang daerah militer

Kemungkinan korban adalah iron man dan magneto
Quote:Seluruhnya warga Desa Sekar Putih. Mereka menjadi korban saat mencari seng bekas sasaran tembak sisa latihan tempur.

ternyata alesan nya ini toh,
lah lagi proses sterilisasi ngapain masuk ini orang? nyari bom buat dijual?
mampus karena maruk
no sympathy no condolences for you
area latihan militer kok dimasuki
boro2 ngiloin, jadinya..
turut brduka cita
Quote:Dalam latgab yang dihadiri Presiden dan Wakil Presiden SBY-Boediono itu, TNI AL mengerahkan 36 kapal perang (KRI), dan 17 unit tank amfibi BMP-3F NBO-105. TNI AU mengerahkan lima pesawat Sukhoi SU 27/30, lima pesawat Hawk SPO, lima F-16, serta 11 pesawat C-30. Sementara TNI AD menunrukan 14 unit Tank Scorpion, 12 unit helikopter Mi-17, 21 pucuk meriam dan 12 helikopter Bell.

liat dari jauh pasti gemeteran,, ini orang sipil nekat pengen liat

ya tuhan..... apa di pikiran mereka
menurut ane mati konyol,lah jelas aja belum steril kuk nekat masuk
yah...salah sendiri kenapa masuk sebelum dibersihin...sudah untung tuh TNI kasi tempat buat tanem macem2...
Apa warga sipilnya ga tau kalo habis ada perang-perangan yah..
Ane curiga mereka lagi ngetes ilmu kebal..
Quote:Original Posted By danu.bentol
mampus karena maruk
no sympathy no condolences for you


ya ela. senegara, sebangsa, setanah air, bilangnya "mampos"
No symphaty for such stupid people..

Udah tau daerah terlarang tapi nekat masuk, ya kl kena bom jangan salahin TNI lah..

Dari dulu daerah itu jg dipake buat latihan dan dari dulu sebelum warga ada emang udah steril dan yang tidak berkepentingan dan tidak memiliki keahlian militer tidak diperkenankan masuk.

Otaknya pada ga ada tuh orng2 yg masuk. Bsk paling komnas HAM berkoar nih kl TNI dianggap membahayakan keamanan warga, padahal warga yang bego, dan TNI dah lama sebelum ada warga udah disana. Belum lagi nanti ada aja pengamat latihan TNI, pengamat balistik, dan pengamat2 lain maju untuk berkoar di TV nyari muka.

Muak ane liat kelakuan kaya gini, udah ada peraturan jelas, masih juga dilanggar. Giliran kena batunya nyalahin orng.
lagi nyari rongsokan bom
Wah itu seh jimat kebal nya gak fungsi , jadinya ya mampus sia sia.
"Mereka menjadi korban saat
mencari SENG BEKAS sasaran tembak sisa
latihan tempur."

×