KASKUS

Jenis Visa bagi WNA yang datang ke Indonesia (All about Indonesia Visa) & Pasport RI

1. All About Indonesia Visa

If you are foreigner planning to visit or staying in Indonesia, either for short or long term... feel free to submit your question or inquiry to email : tkn_bali@yahoo.com ( YM also available with this email address ). Based in Bali, Indonesia

2. Pasport RI

Sebelumnya Ane mohon maaf kalau sampai salah room...ane tidak berniat spam, silahkan Momod ..Ane pasrah di migrasi

Ini Ane mau sharing pengalaman dan pengetahuan karena Ane kebetulan punya kantor Visa yang biasanya mengurusi WNA (Warga Negara Asing).
Mungkin aja ada Agan/Aganwati yang punya teman/pacar/suami/tetangga/keluarga WNA yang memerlukan informasi mengenai perpanjangan Visa ataupun persyaratan Visa untuk WNA.


Juga yang mau tanya mengenai Proses Pembuatan/Perpanjangan Pasport RI silahkan Gan .... Ini Ane tambah lagi supaya bisa sharing bagi WNI yang membutuhkan infonya


Niat Ane ingin bantu info Gan karena dari pengalaman Ane, banyak WNA yang kurang faham dan mengambil keputusan salah, kasian pan Gan.
Semoga dengan postingan ini bisa membantu pencerahan, juga membantu bertambahnya kunjungan turis ke negara kita

Untuk informasi awal, Ane mulai dengan VOA ya Gan..karena banyak sekali turis yang masuk Indonesia dengan visa ini.

VOA adalah Visa On Arrival atau Turis Visa, yang diberikan pada saat WNA masuk ke Indonesia. Visa ini berlaku 30 hari dari WNA tersebut memasuki wilayah Indonesia. VOA bisa diperpanjang selama 30 hari berikutnya. WNA tersebut harus memperpanjang maximal 7 hari sebelum masa Visa pertama habis. Contohnya jika WNA tersebut masuk ke Indonesia tanggal 1 Mei 2013, maka WNA tersebut harus memulai memproses perpanjangan paling lama tanggal 23 Mei.
Perpanjangan bisa dilakukan di kantor imigrasi terdekat di mana WNA tersebut berada atau bisa juga menggunakan Visa Agen yang terdaftar dan terpercaya.
Jika sampai ada keterlambatan perpanjangan / over stay, dikenakan biaya US$ 20 per hari. Jadi harus hati-hati jangan sampai overstay...

Jika ada pertanyaan silahkan Gan, PM juga boleh
Nanti kalau sampai ada pertanyaan atau koment yang Ane sendiri belum tau solusinya, akan Ane tanyakan pada kontak Ane Gan....

Tolong bantu rate ya Gan supaya tread ini bisa terus bermanfaat bagi yang memerlukan ..terima kasih sebelumnya

Mampir juga ke trid ane yg laen dimari

Yang ini Lapak Ane Gan, Mampir ya.. dimari

Everyone is welcome ...if you have inquiry or question regarding Indonesia Visa, please post here or send me PM
info yg bagus gan..

mo tny, tmn ane suaminya wna, masing2 ga pindah citizen, kira2 klo mo ngurus visa yg long-term di Indonesia type apa ya ?
Quote:Original Posted By SiPui
info yg bagus gan..

mo tny, tmn ane suaminya wna, masing2 ga pindah citizen, kira2 klo mo ngurus visa yg long-term di Indonesia type apa ya ?


Gini Gan..gapapa kalau memang masing-masing masih ingin memegang kewarganegaraannya.

Ada beberapa solusi, tergantung aktifitas suami (WNA) tersebut.
Yang pertama harus dipastikan bahwa teman Agan dan suaminya ini nikah secara syah dan sudah didaftarkan dan diketahui secara syah oleh kedua negara masing-masing. Hal ini sangat penting Gan, karena maaf ( kalau nikah siri ) sulit untuk proses legalitasnya Gan...

1. Jika WNA tersebut bekerja di Indonesia, harus memiliki Kitas kerja Gan ( masa berlaku 1 tahun ) yang bisa diextend/diperpanjang total 4 kali, jadi 5 tahun. Memperpanjangnya setiap tahun ( usahakan memulai proses memperpanjang 2 bulan sebelum masa Kitas berakhir ) untuk menghindari keterlambatan yang bisa mempersulit proses perpanjangan. Untuk Kitas ini, WNA tersebut memerlukan sponsor perusahaan dimana WNA tersebut bekerja atau bisa juga dengan membuat perusahaan sendiri

2. Jika WNA tersebut hanya berkunjung ( masih sering keluar masuk Indonesia ) dan tidak bekerja di Indonesia, bisa mengunakan yang namanya Family Kitas ( atau Kitas keluarga yang disponsori istrinya ) Masa berlaku dan perpanjangan sama dengan Kitas kerja Gan

Baik pilihan 1 & 2 , jika WNA ingin keluar masuk Indonesia, ada pilihan yang namanya single/multiple entry. Ane sarankan pilih yang 1 tahun langsung kalau memang sering keluar masuk Indonesia, biayanya lebih murah dari single entry (yang hanya bisa dipakai 1 kali) ataupun 6 bulan (yang hanya bisa dipakai dalam jangka 6 bulan dari waktu berlaku )

Untuk jangka panjangnya, WNA tersebut bisa mengajukan Permanent Resident.
Silahkan dibaca mengenai Undang-Undang Imigrasi Baru per akhir 2011 :

Bagi WNA yang menikah dengan WNI dan ingin tinggal lebih dari 1 tahun, 5 tahun, ataupun selamanya di Indonesia tercinta ini maka jika PP UU baru ini keluar maka bisa mengajukan PR dengan syarat perkimpoian sudah 2 tahun...

tetapi, jika memang tidak tinggal lebih lama dari 1 tahun sebaiknya tidak perlu mengajukan PR (sesuai pasal 62 ayat 1-UU imigrasi baru)


Pasal 62

(1) Izin Tinggal Tetap dapat berakhir karena pemegang Izin Tinggal Tetap:

a. meninggalkan Wilayah Indonesia lebih dari 1 (satu) tahun atau tidak bermaksud masuk lagi ke Wilayah Indonesia;

b. tidak melakukan perpanjangan Izin Tinggal Tetap setelah 5 (lima) tahun;

c. memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia;

d. izinnya dibatalkan oleh Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk;

e. dikenai tindakan Deportasi; atau

f. meninggal dunia.

(2) Izin Tinggal Tetap dibatalkan karena pemegang Izin Tinggal Tetap:

a. terbukti melakukan tindak pidana terhadap negara sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan;

b. melakukan kegiatan yang membahayakan keamanan negara;

c. melanggar Pernyataan Integrasi;

d. mempekerjakan tenaga kerja asing tanpa izin kerja;

e. memberikan informasi yang tidak benar dalam pengajuan permohonan Izin Tinggal Tetap;

f. Orang Asing yang bersangkutan dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian; atau

g. putus hubungan perkimpoian Orang Asing yang kimpoi secara sah dengan warga negara Indonesia karena perceraian dan/atau atas putusan pengadilan, kecuali perkimpoian yang telah berusia 10 (sepuluh) tahun atau lebih.

Juga silahkan dibaca untuk PERSYARATAN PEMBUATAN I.T.A.P ( Ijin Tinggal Tetap ) bagi WNA :

persyaratan bikin ITAP:

1. kopi KK (3x)

2. kopi KTP - bikin jd 1 halaman A4 jgn di ptong kecil2 (3x)

3. kopi surat nikah (3x)

4. kopi passport WNA nya- halaman depan plus halaman yg ada stempel terakhir masuk Indonesia (3x)

5. kopi KITAS - halaman depan plus smua halaman yg ada stempel nya (3x)

6. KITAS n Passport asli

7. Buat yg nikah di Indonesia - kopi surat keterangan pengantar nikah dr embassy / konsulat WNA (3x)

8. yg nikah di luar Indonesia,kopi terjemahan surat nikah dr sworn translator plus akte pelaporan pernikahan dr cat.sipil (3 x)

9. Surat permohonan (contoh di attachment), 1 asli n 2 kopi

10. pas foto 2x3 dan 3x4 masing-masing 2 lembar - klo bisa berwarna dng background merah.

itu persyaratan utama, kalo si WNA kyk suami baru pertama kali dpt KITAS n mau pake hukum yg mendasarkan permohonan ITAP krn sudah menikah lebih dr 2 th maka dia hrs bikin Surat Pernyataan Intergras, Dan saya sarankan bawa kopi UU imigrasi yg baru, khusus nya pasal 60 ayat 2 (di atas )

Contoh kalau spouse nya WN US n nikahnya gak di US jg gak di INdonesia, maka dia kudu stempelin kopi surat nikah di US konsulat ato embassy.

Bawa smua surat2 di atas ke imigrasi terdekat, nanti disana disuru beli map dan isi 3 formulir dr sana. Abis gitu nunggu 1 minggu balik lagi ambil surat persetujuan trus ke Kementrian Hukum n HAM setempat. Dari sini ada 2 pilihan, stl surat dr kakanwil kemenhumham kluar, kita boleh lgs bawa sendiri surat2 itu ke Jakarta ato minta agen bawa ke Jakarta, cara ini cepet bgt antara 3 hari - 1 minggu jadi, ato nitip kantor kemenhumham, nunggu nya bisa smp 2 bulan.

Semoga bermanfaat Gan, terima kasih sudah berpartisipasi




Tambahan...Tanya Jawab tentang keimigrasian :

T : Bagaimanakah apabila pasangan perkimpoian campuran telah menikah di luar negri lebih dari 5 thn dan ingin kembali dan menetap di Indonesia?
J : Masuk ke Indonesia, pasangan asingnya menggunakan Visa Tinggal Terbatas kemudian di Indonesia mengajukan permohonan Izin Tinggal Tetapnya.

T : Bagaimana kalau pasangan perkimpoian campuran baru menikah di luar negeri dan ingin tinggal menetap di Indonesia?
J : Masuk ke Indonesia, pasangan asingnya menggunakan Visa Tinggal Terbatas setelah mendapat Tanda Masuk wajib mengajukan permohonan kepada kantor Imigrasi untuk mendapatkan Izin Tinggal Terbatas. Izin Tinggal Terbatas berlaku 2 (dua) tahun dan dialihstatuskan menjadi Izin Tinggal Tetap (ITAP) dan menandatangani Pernyataan Inetgrasi.

T : Apakah pasangan asing dari perkimpoian campuran pemegang Izin Tinggal Terbatas dapat bekerja? Apakah perlu sponsor?
J : Ya, boleh bekerja tanpa sponsor. T : Bagaimana orang asing yang merupakan anak dari perkimpoian campuran yang tinggal di luar negri dan ingin kembali dan menetap di Indonesia?

J : Masuk ke Indonesia dengan menggunakan Visa Tinggal Terbatas kemudian di Indonesia mengajukan permohonan langsung ITAPnya.

T : Bagaimana dengan anak dari perkimpoian campuran yang tinggal di Indonesia setelah berumur 18th memilih warga Negara asingnya?
J : Mendapat ITAP langsung.

T: Bagaimana pasangan asing dari perkimpoian campuran yang telah menikah lebih dari 2(dua) tahun dan sudah menetap di Indonesia?
J : Mendapat ITAP langsung.

T: Bagaimana kalau kalau terjadi perceraian ?
J : ITAP dari perkimpoian campuran tidak dibatalkan akibat perceraian utk perkimpoian campuran yg telah berusia 10 thn.

T : Bagaimana kalau pasangan WNInya meninggal dunia ? J : ITAP dari perkimpoian campuran tidak dibatalkan akibat kematian pasangan WNInya. T : Apakah pemegang ITAP perlu penjamin?
J : Pemegang ITAP karena perkimpoian campuran tidak perlu penjamin. T : Apakah ITAP karena perkimpoian campuran perlu diperpanjang? J : Pemegang ITAP wajib melapor ke kantor Imigrasi setiap 5(lima) tahun dan tidak dikenai biaya.

T : Apakah ITAP perlu Izin masuk dan keluar ?
J : Ya tetap memerlukan Izin masuk kembali berlaku 2 tahun untuk multiple re-entry.

T : Berapa lama pemegang ITAP bisa di luar negeri tetapi tidak kehilangan ITAPnya?
J : ITAP berakhir karena pemegang ITAP meninggalkan Wilayah Indonesia lebih dari 1( satu) tahun atau tidak bermaksud masuk lagi ke Wilayah Indonesia.
TIM ADVOKASI PERkimpoiAN CAMPURAN APAB
PerCa Jakarta 09 April 2011
widih nice trit nih, smoga ada yg bisa nyendolin biar afdol,
mau numpang tanya pertanyaan titipan temen2 ane (non kaskuser) ya gan.. soalnya ni anak2 nanya mulu sm ane pdhl ane sendiri ga ngerti jawabannya orang bkn org imigrasi

1. kalau warga bosnia dan/atau albania bisa masuk ke indonesia ga sih gan? kalau bisa syarat2nye apa aja? kalau enggak bisa kira2 itu akan slamanya enggak bisa atau someday bisa berubah?
2. kalau ada WNA mau menikah dan kemudian kerja itu mendingan kerja dulu di indo atau menikah dulu di indo?
3. kan ada tuh negara2 yg kita ga perlu pake visa kesana/mreka ga perlu pake visa kesini (cth : malay,thailand dkk), dan ada jg negara yg wajib visa (cth : Uk,germany dkk), nah dalam pengurusan perizinan tinggal,menikah,kerja ada perbedaan kemudahan/kesulitan dari kedua negara itu ga gan?
4.terus untuk biaya ijin2 itu kalau boleh kasih kisarannya aja dong gan..

maap ye byk nanya nih..
sukses buat ente gan
Quote:Original Posted By rdamanik
widih nice trit nih, smoga ada yg bisa nyendolin biar afdol,
mau numpang tanya pertanyaan titipan temen2 ane (non kaskuser) ya gan.. soalnya ni anak2 nanya mulu sm ane pdhl ane sendiri ga ngerti jawabannya orang bkn org imigrasi

1. kalau warga bosnia dan/atau albania bisa masuk ke indonesia ga sih gan? kalau bisa syarat2nye apa aja? kalau enggak bisa kira2 itu akan slamanya enggak bisa atau someday bisa berubah?
2. kalau ada WNA mau menikah dan kemudian kerja itu mendingan kerja dulu di indo atau menikah dulu di indo?
3. kan ada tuh negara2 yg kita ga perlu pake visa kesana/mreka ga perlu pake visa kesini (cth : malay,thailand dkk), dan ada jg negara yg wajib visa (cth : Uk,germany dkk), nah dalam pengurusan perizinan tinggal,menikah,kerja ada perbedaan kemudahan/kesulitan dari kedua negara itu ga gan?
4.terus untuk biaya ijin2 itu kalau boleh kasih kisarannya aja dong gan..

maap ye byk nanya nih..
sukses buat ente gan


Ane juga bukan petugas Imigrasi Gan, cuma ada sedikit pengalaman Ane dari bisnis Visa untuk WNA yang Ane jalanin, coba Ane jawab ya Gan... :
1. Setau Ane, Indonesia tidak melarang warga negara Bosnia/Albania untuk masuk ke Indonesia, kalaupun pernah ada, mungkin menyangkut persyaratan WNA tersebut untuk memasuki NKRI
Silahkan WNA Bosnia/Albania tersebut untuk menanyakan ke KBRI / Consulat Indonesia terdekat mengenai persyaratan memasuki wilayah Indonesia. Beberapa Visa memiliki persyaratan yang berbeda-beda
Dalam beberapa jangka waktu, Pemerintah Indonesia berusaha memperbaiki peraturan keimigrasian, jadi kalaupun mungkin sempat dilarang karena alasan situasi politik atau apapun, biasanya ada perubahan dan bisa ditanyakan pada Kedutaan Besar Indonesia terdekat

2. Menikah dulu atau kerja dulu...hehe..ini sebenarnya jawaban yang tergantung kepentingan dan kemampuan WNA tersebut juga
Kalau Ane boleh sarankan ya menikah dulu Gan..
Dengan menikah resmi, akan memudahkan perijinan tinggal WNA tersebut karena ada kemudahan yang diberikan bagi WNA tersebut ( baca postingan Ane atas )

3. Untuk Negara ASEAN, ada perjanjian diplomatik dimana WNA negara yang bergabung dalam ASEAN dibebaskan dari pengurusan turis Visa untuk memasuki negara tersebut. Untuk WNA negara ASEAN ini, jika memasuki wilayah Indonesia untuk tujuan kunjungan biasa/turis, hanya diberikan 30 hari tanpa bisa diperpanjang di Indonesia
Sedangkan, banyak negara lain, yang juga diberikan kemudahan ( untuk turis Visa ) , bisa memasuki Indonesia dengan VOA ( Visa On Arrival ) yang diberikan diperbatasan/memasuki wilayah NKRI , berlaku 30 hari yang bisa diperpanjang 30 hari lagi di kantor imigrasi terdekat.
Untuk jenis visa lainnya, yaitu social budaya, Kitas kerja, Kitas Pensiun, diperlukan persyaratan yang lebih detail. Bisa menghubungi kantor Kedutaan Besar Indonesia terdekat.
Kalau mau detailnya PM Ane ya Gan, dan tolong dijelaskan asal WNA dan visa apa yang diinginkan ( agak panjang penjelasannya kalau satu-satu) dan antara WNA negara satu dan antara setiap Jenis Visa, ada penjabarannya masing masing
4. Yang jelas, untuk VOA berlaku 30 hari ( turis Visa/ Visa On Arrival) itu dibayarkan saat landing di airport dan saat dibagian stempel imigrasi adalah $25 (biaya resmi pemerintah)
Untuk Social Budaya ( harus mengajukan di kedutaas besar Indonesia terdekat ) berlaku 60hari , biaya resmi $50
Kitas social budaya bisa diperpanjang sampai 4x30hari, total 6 bulan tinggal. Bisa diperpanjang di kantor imigrasi terdekat dengan persyaratan surat pernyataan sponsor, foto WNA dan fotocopy ktp sponsor.

Jika WNA tersebut menggunakan Agen untuk memperpanjang visa, maka biaya tentunya berbeda dan bisa jadi 2 sampai 3 kali biaya resmi di atas. Banyak sekali WNA yang memanfaatkan Agen, sarankan untuk memilih Agen yang terpercaya karena dokumen yang diurus adalah dokumen sangat penting.

Baik VOA maupun visa social budaya, diharuskan untuk memulai pengurusan perpanjangan maximal 7 hari kerja sebelum visa tersebut berakhir. Contoh jika WNA tersebut masuk wilayah NKRI tanggal 1 Mei, maka harus sudah mulai proses perpanjangan visa maximal tanggal 23 Mei.
Hindari Overstay Fee (yang dikenakan jika WNA tersebut tidak mengurus perpanjangan dan tetap berada di wilayah NKRI) yaitu US$20 per hari

Untuk Kitas ( Kitas keluarga, Kitas Kerja, Kitas Pensiun ) berkisar 4-10 juta. Tergantung pilihan WNA tersebut ( resmi atau dengan agen ), juga tergantung pilihan WNA tersebut ( karena ada tambahan pengurusan single/multiple entry, yaitu jika WNA tersebut ingin keluar/masuk Indonesia dalam masa Kitas tersebut masih berlaku)
Untuk Kitas Kerja, ada tambahan biaya US$ 1,200 yang dibayarkan pada departemen tenaga kerja di wilayah WNA tersebut bekerja, Tagihan resmi biaya ini, akan diberikan pada perusahaan yang mensponsori WNA tersebut

Gitu dulu ya Gan...Ane engga nolak kalo dikasih atau hehehe

Kalau ada yang mau tanya lebih detail, silahkan PM Gan...


wih nice info gan
gan, negara2 mana aja yg butuh visa kedutaan, visa on arrival sama free visa ke indonesia gan?
Quote:Original Posted By azroel3
wih nice info gan
gan, negara2 mana aja yg butuh visa kedutaan, visa on arrival sama free visa ke indonesia gan?


Ma kacih jempolnya Gan...

Ini daftar negara yang bisa masuk Indonesia ( untuk kunjungan turis ), tanpa mengurus Visa terlebih dahulu, asal sudah punya tiket bisa langsung dikasih stiker VOA ( Visa On Arrival ) di bandara / perbatasan, belum gratis Gan..bayar US$ 25 ( biaya resmi ), visa ini bisa diperpanjangan lagi 30 hari dengan biaya resmi yang sama. Diperpanjang di kantor imigrasi terdekat :
a. Seluruh Negara yang bergabung dalam ASEAN
b. Negara sesuai data di bawah ini :
1. Argentina
2. Australia
3. Austria
4. Algeria
5. Bahrain
6. Belgium
7. Brazil
8. Bulgaria
9. Czech Republic
10. Cambodia
11. Canada
12. China
13. Cyprus
14. Denmark
15. Egypt
16. Estonia
17. Fiji
18. Finland
19. France
20. Germany
21. Greece
22. Hungary
23. Iceland
24. India
25. Iran
26. Ireland
27. Italy
28. Japan
29. Kuwait
30. Laos
31. Latvia
32. Lybia
33. Lithuania
34. Liechtenstein
35. Luxembourg
36. Maldives
37. Malta
38. Mexico
39. Monaco
40. Netherland
41. New Zealand
42. Norway
43. Oman
44. Panama
45. Poland
46. Portugal
47. Qatar
48. Romania
49. Russia
50. Saudi Arabia
51. Slovak Republic
52. Slovenia
53. South Africa
54. South Korea
55. Spain
56. Surinam
57. Sweden
58. Switzerland
59. Taiwan,
60. PRC - China Republic
61. Tunisia
62. Timor Leste
63. United Arab Emirates
64. United Kingdom
65. USA

WNA Negara tersebut di atas, juga diperbolehkan mengajukan Visa Sosial Budaya ( Social Culture Visa ). Visa ini bisa diajukan di kedutaan besar Indonesia terdekat di mana WNA tersebut. Social Culture Visa memberikan 60 hari masa tinggal, yang bisa diperpanjang 4 x 30 hari. Total sekitar 6 bulan. Biasanya Visa ini digunakan oleh WNA yang ingin berlibur lama

Untuk WNA yang negaranya tidak terdaftar pada nama tercanttum di atas, bisa datang ke Kedutaan Besar Indonesia / Konsulat Indonesia terdekat di negara masing-masing untuk menanyakan persyaratan memasuki NKRI

Semoga bermanfaat untuk pencerahan

Quote:Original Posted By strike33


Ma kacih jempolnya Gan...

Ini daftar negara yang bisa masuk Indonesia ( untuk kunjungan turis ), tanpa mengurus Visa terlebih dahulu, asal sudah punya tiket bisa langsung dikasih stiker VOA ( Visa On Arrival ) di bandara / perbatasan, belum gratis Gan..bayar US$ 25 ( biaya resmi ), visa ini bisa diperpanjangan lagi 30 hari dengan biaya resmi yang sama. Diperpanjang di kantor imigrasi terdekat :
a. Seluruh Negara yang bergabung dalam ASEAN
b. Negara sesuai data di bawah ini :
1. Argentina
2. Australia
3. Austria
4. Algeria
5. Bahrain
6. Belgium
7. Brazil
8. Bulgaria
9. Czech Republic
10. Cambodia
11. Canada
12. China
13. Cyprus
14. Denmark
15. Egypt
16. Estonia
17. Fiji
18. Finland
19. France
20. Germany
21. Greece
22. Hungary
23. Iceland
24. India
25. Iran
26. Ireland
27. Italy
28. Japan
29. Kuwait
30. Laos
31. Latvia
32. Lybia
33. Lithuania
34. Liechtenstein
35. Luxembourg
36. Maldives
37. Malta
38. Mexico
39. Monaco
40. Netherland
41. New Zealand
42. Norway
43. Oman
44. Panama
45. Poland
46. Portugal
47. Qatar
48. Romania
49. Russia
50. Saudi Arabia
51. Slovak Republic
52. Slovenia
53. South Africa
54. South Korea
55. Spain
56. Surinam
57. Sweden
58. Switzerland
59. Taiwan,
60. PRC - China Republic
61. Tunisia
62. Timor Leste
63. United Arab Emirates
64. United Kingdom
65. USA

WNA Negara tersebut di atas, juga diperbolehkan mengajukan Visa Sosial Budaya ( Social Culture Visa ). Visa ini bisa diajukan di kedutaan besar Indonesia terdekat di mana WNA tersebut. Social Culture Visa memberikan 60 hari masa tinggal, yang bisa diperpanjang 4 x 30 hari. Total sekitar 6 bulan. Biasanya Visa ini digunakan oleh WNA yang ingin berlibur lama

Untuk WNA yang negaranya tidak terdaftar pada nama tercanttum di atas, bisa datang ke Kedutaan Besar Indonesia / Konsulat Indonesia terdekat di negara masing-masing untuk menanyakan persyaratan memasuki NKRI

Semoga bermanfaat untuk pencerahan



sip gan
lumayan kalau ada temen tanya2 visa indo ane jadi bisa jawab
Quote:Original Posted By azroel3


sip gan
lumayan kalau ada temen tanya2 visa indo ane jadi bisa jawab


Alhamdulillah....sama-sama berbagi ilmu Gan

Jawaban PM

Ada PM masuk....

Ini jawaban pertanyaan ente gan..semoga manfaat buat yang lainnya juga

Kalau Agan-Agan ada pertanyaan boleh PM ke Ane, ntar Ane kasih alamat YM sama email untuk konsultasi gratis Gan...

Pertanyaan yang masuk begini :

[QUOTEn]sorry seblmnya ...
abis baca thread ente yg ttg visa wna...

ane mao nanya kalo WNA thailand mao stay selama 6-12 bulan gitu bisa ga ya ?
soalnya WNA thailand kan dtg tanpa visa...
ane baca max cuma 30hr....
ga bisa diperpanjang ? atau ijin stay langsung beberapa bulan gitu....

[/QUOTE]

Salam kenal Gan...iya, memang masih bisa untuk pengurusan 6 bulan dan 12 bulan, tapi ini harus diurus dulu ke kedubes Indonesia ( sebelum memasuki Indonesia )
Kalau yang VOA / Visa On Arrival itu pan engga usah ngurus, asal udah ada tiket udah bisa masuk ke Indonesia, cuma ya gitu...cuma boleh tinggal 30 hari WNA Thailandnya itu...

Kalau mau tinggal total 6 bulan, namanya Social Budaya Visa Gan
Minta aja WNA tersebut ngurus ke kedubes Indonesia terdekat, engga perlu sponsor saat pengajuan social budaya itu.
Nanti paling perlu foto aja Gan ( dan bayar sekitar $50 ) ini biaya resminya Gan...
Dengan Social budaya ini, WNA tersebut nanti dikasih stiker nomer visa 211 (kode visa social budaya) di passportnya
Saat masuk ke Indonesia, WNA Thailand ini bisa masuk dan tinggal selama 60 hari ( tanpa perlu diperpanjang ), jika mau tinggal lebih dari 60 hari ...harus extend . diperpanjang maximal 7 hari sebelum jatuh tenpo yang 60 hari itu berakhir...
Perpanjangan bisa 4 x 30 hari , tapi hanya bisa diperpanjang sekali dulu per bulan..maksudanya setelah 60 hari harus terus memperpanjang 4 x bertahap tiap bulannya..
Biayanya sekitar $25 resmi untuk extend 1 dan 2, untuk yang ke 3 dan 4 harga $70 per extend. Kalau pakai agen harganya variasi antara 700 ribu sampai 1 jutaan
kalau ngurus extend sendiri agak repot, bolak-balik ke kantor imigrasi dan ke kantor HAM ( untuk extend ke 3 & 4 )...bawa foto 3x4 dengan background merah 2 lembar, copy ktp sponsor orang Indonesia yang berdomisili di mana WNA tersebut berada...dan tiket pesawat keluar Indonesia

Untuk Visa 1 tahun ( disebut Kitas ) agak banyak detailnya Gan, karena harus ada sponsor dan biayanya lebih mahal. Kalau hanya tujuan untuk wisata, jalan-jalan, ane saranin pakai social budaya aja lebih gampang ngurusnya. Kalau mau 1 tahun di Indonesia...2x pakai social budaya aja, alias setiap 6 bulan keluar dulu, ngurus lagi social budayanya untuk masuk lagi ke Indonesia

Catatan penting jika sampai punya social budaya ini, tolong diurus perpanjangannya maximal sebelum 7 hari jatuh tempo sesuai tanggal tertera di passport, kalau kurang 7 hari akan ditolak untuk diperpanjang dan terpaksa harus keluar Indonesia. Hindari Over stay $20 per hari overstay

Semoga manfaat infonya Gan
klo dia udah overstay,trus ke imigrasi buat perpanjangan,bisa ga gan?
Quote:Original Posted By nan87
klo dia udah overstay,trus ke imigrasi buat perpanjangan,bisa ga gan?


Untuk perpanjangan visa, baik voa/turis visa atau social budaya, jika kurang dari 7 hari dari masa berlaku akan ditolak petugas, jika sampai overstay apalagi....
Untuk yang overstay, sebaiknya segera meninggalkan NKRI, biaya overstay adalah US$ 20 per hari...untuk menghindari biaya overstay yang membengkak dan pelanggaran undang-undang keimigrasian yang bisa mengakibatkan permasalahan hukum keimigrasian pada WNA tersebut
Silahkan yang mau konsultasi...gratis Gan...PM juga boleh
ane gatau masalah visa gan
Quote:Original Posted By abunabila
ane gatau masalah visa gan


Engga tau gapapa Gan..jangan sampe ada masalah lah, makanya ane dimari mau coba bantu kasih solusi Gan, biasanya sih WNA/warga negara asing yang perlu info beginian

Mampir juga ke trid ane yg laen dimari

Yang ini Lapak Ane Gan, Mampir ya.. dimari

Terima kasih yang sudah PM dengan ane dengan pertanyaan-pertanyaannya, Alhamdulillah, ane diberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan. Silahkan yang mau konsultasi, gratis Gan. PM aja atau boleh posting di mari
ini nih yg ditunggu,.. ijin bookmark gan uat temen ane,..
moga jadi maen ke Jogja
Quote:Original Posted By vioput
ini nih yg ditunggu,.. ijin bookmark gan uat temen ane,..
moga jadi maen ke Jogja


Sip Gan..ntar kalo ada yang bisa dibantu, PM ane aja Gan