KASKUS

Cool [HT] Fenomena Langit Bulan Mei 2013, Hujan Meteor Sampai Gerhana Matahari

Spoiler for HT:









JAKARTA - Bulan Mei 2013 akan menjadi salah satu bulan terindah di tahun 2013. Ada tiga fenomena langit indah yang bisa dinikmati.

Akhir pekan ini, tepatnya Minggu (5/5/2013) malam, akan ada hujan meteor Eta Aquarid yang siap menghibur. Hujan meteor ini ditimbulkan ketika atmosfer Bumi berinteraksi dengan debu komet Halley.

Meteor Eta Aquarid tampak muncul dari rasi Aquarius. Dalam kondisi ideal, ada 30 - 60 meteor yang bisa dilihat setiap jamnya.

Setelah hujan meteor itu, warga Indonesia akan bisa melihat fenomena gerhana Matahari pada 10 Mei 2013 mendatang. Penduduk Pasifik bisa melihat fenomena gerhana Matahari cincin. Sayang, Indonesia hanya bisa melihat gerhana Matahari sebagian.

Gerhana Matahari terjadi karena Bulan menutupi piringan Matahari. Ada tiga fenomena gerhana Matahari yang bisa muncul, yakni total, sebagian, dan cincin.

Gerhana Matahari total terjadi ketika Bulan menutupi seluruh piringan Matahari. Sementara, pada gerhana sebagian, hanya sebagian piringan Matahari yang tertutupi. Pada gerhana Matahari cincin, struktur cincin akan terlihat di luar Bulan yang menutupi Matahari.

Gerhana Matahari cincin adalah yang terunik, terjadi karena bayang-bayang Bulan yang menutupi Matahari tidak sampai ke permukaan Bumi.

Fenomena langit ketiga yang akan terjadi pada bulan Mei adalah gerhana Bulan penumbra. Gerhana Bulan ini khas karena kadang sulit dikenali dengan mata telanjang. Gerhana akan tampak seperti bukan gerhana.

Gerhana Bulan penumbra akan terjadi pada 25 Mei 2013 nanti. Gerhana Bulan penumbra sebelumnya pernah terjadi pada 20 November 2012.

Seluruh fenomena langit tersebut bisa terjadi ketika langit mendukung, tak ada awan dan hujan. Semoga saja prakiraan bahwa pada bulan Mei banyak wilayah Indonesia sudah memasuki kemarau benar. Jika tak ada awan, paling tidak pengamatan bisa lebih maksimal.

Siap untuk pertunjukan langit bulan ini? Catat tanggal-tanggal yang telah disebutkan. Jangan lupa, planet seperti Jupiter dan Saturnus masih akan terlihat juga di bulan Mei ini.

sumbat


Quote:

GERHANA MATAHARI CINCIN 9-10 MEI 2013


Pada tanggal 9-10 Mei 2013 akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara) dan Filipina bagian Selatan.Di Australia dan Pasifik akan mengalami Gerhana Matahari Cincin. Sementara di Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara) akan berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada tanggal 10 Mei 2013 pagi hari.
http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Geo..._Mei_2013.bmkg

Quote:

kita tunggu fenomena alam ini...


Info Membuat Teropong Bintang


Quote:Alat dan bahan yang diperlukan:
1. Kertas karton tebal dan kertas kardus
2. Dua lensa cembung
3. Lem
4. Gunting
5. Bolpoint/pensil

Langkah-langkah Kerja:
1. Buat dua buah tabung dengan menggunakan kertas karton tebal, diameter tabung harus sedikit lebih besar dari diameter lensa yang dipakai, selain itu salah satu tabung harus lebih besar dari tabung lainnya sehingga tabung satunya bisa masuk ke dalam tabung tersebut.
2. Buat 2 buah ring dari kertas kardus seukuran masing-masing tabung, lalu tempelkan masing-masing lensa pada ring yang sudah dibuat.
3. Tempelkan ring yang sudah dipasangi lensa tadi pada salah satu ujung dari masing-masing tabung yang sudah dibuat.
4. Masukkan ujung tabung yang lebih kecil dan tidak dipasangi ring ke tabung yang lainnya, maka teleskop siap digunakan. Untuk memperjelas bayangan yang terbentuk dapat dilakukan dengan mendekatkan/menjauhkan salah satu ujung teleskop.
sumber


Quote:


pertamaxx kah gan??

ane doloo gan
inpoh bermanfaat
kita tunggu tanggal mainnya . coming soon
Quote:Seluruh fenomena langit tersebut bisa terjadi ketika langit mendukung, tak ada awan dan hujan.

semoga saja, akhir2 ini udah tidak ada lagi mendung di langit.
nunggu dulu deh gan _______
wow pasti mantep nich fenomena
inpoh nya mantep bener gan, jadi ane bisa siap-siap untuk meng abadikan
moment-oment langka ini gan..:

bantu itu yah gan..
mantap nih, semoga ga kelewatan momennya
nice info gan.. dah lama ga liat gerhana matahari.. terakhir waktu sd..
yang fenomena ujan meteor agak gimanaaa gitu gan
makasih infonya gan
Quote:Original Posted By SefaRJ
yang fenomena ujan meteor agak gimanaaa gitu gan
makasih infonya gan


asal meteornya ga segede rumah pasti asik nih....
Matabelo gan
nice info
smoga ane ga lupa dan bisq menikmatinya
dari jogja bisa liat gak ya
gerhana lagi ya...

mantep nih, ane blum pernah liat gerhana
Ok siip. Mari kita tunggu sama-sama fenomena alam langka ini.
begadang nih ceritanya mangstab dah
makasih gan infonya moga jd HT
ditempat gue ntar bisa liat ga ya?
Pasti HT

Ane pengen liat ni meteornya