KASKUS

film kolosal "legendaris" Indonesia

TUTUR TINULAR

Siapa yang tak kenal Arya Kamandanu, seorang Pendekar gagah berani yang menjadi tokoh utama dalam film yang diambil dari kisah sandiwara Radio "TUTUR TINULAR". saking suksesnya film kolosal ini sampai dibuat 4 sekuel:
Tutur Tinular I (Pedang Naga Puspa) (1989), Tutur Tinular II (Naga Puspa Kresna) (1991), Tutur Tinular III (Pendekar Syair Berdarah) (1992), Tutur Tinular IV (Mendung Bergulung di Atas Majapahit) (1992).
Sukses dalam sandiwara radio dan film layar lebar, Tutur Tinular kemudian diangkat ke layar perak oleh PT. Genta Buana Pitaloka pada tahun 1997. Serial ini disutradarai oleh Muchlis Raya dan skenario ditulis oleh Imam Tantowi. Ditayangkan pertama kali pada tanggal 25 Oktober 1997 di ANTeve (Season 1), Indosiar (Season 2).

Sukses di ANTeve, sinetron serial Tutur Tinular kemudian dilanjutkan ke bagian dua yang ditayangkan di Indosiar. Adapun bagian pertama berkisah tentang kehidupan awal Arya Kamandanu sampai peresmian Sanggrama Wijaya sebagai raja Kerajaan Majapahit. Sementara bagian kedua berkisah tentang pemberontakan Ranggalawe sampai pemberontakan Ra Kuti. Dengan demikian, serial sinetron Tutur Tinular merupakan visualisasi gabungan dua sandiwara radio, yaitu Tutur Tinular dan Mahkota Mayangkara.

Setelah sukses ditayangkan di dua stasiun televisi yaitu ANTeve, dan Indosiar, Gentabuana Pitaloka mengubah format serial tersebut menjadi FTV (film televisi) dengan total keseluruhan berjumlah 27 episode.
Quote:

SAUR SEPUH
Selain Arya Kamandanu, masyarakat pecinta Film kolosal Indonesia pasti taka akan pernah lupa dengan BRAMA KUMBARA. yups, Brama Kumbara adalah nama tokoh dalam cerita SAUR SEPUH. Saur Sepuh: Satria Madangkara adalah film aksi laga fiksi kolosal tahun 1987 dari Indonesia yang disutradarai oleh Imam Tantowi dan dibintangi oleh Fendy Pradana dan Harto Kawel. Film ini dibuat berdasarkan sandiwara radio Saur Sepuh yang populer di Indonesia tahun 1980-an karya Niki Kosasih, berlatar nusantara di zaman kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Film ini meraih nominasi pada Festival Film Indonesia 1988 untuk penata musik dan penata artistik terbaik. Film ini meraih Piala Citra untuk penyunting film terbaik.film ini juga dirilis sampai 5 sekuel.
Quote:


MISTERI GUNUNG MERAPI
Sembara dan Mak Lampir adalah dua tokoh yang terlupakan sebagai peran protagonis dan antagonis dalam film ini. bahkan mak lampir menjadi semacam ikon dalam dunia horor masyarakat kita. Sembara dan Mak Lampir adalah dua tokoh sentral dalam cerita MISTERI GUNUNG MERAPI.
Quote:


ANGLING DHARMA
Angling Dharma adalah nama seorang raja yang memerintah Kerajaan Malwopati yang terkenal dengan kesaktiannya. Raja Angling Dharma digambarkan sebagai seorang raja yang bijaksana dan adil sehingga sangat disayangi oleh rakyatnya. Film Angling Dharma sendiri memang terbilang menggema dibanding dengan Tutur tinular atau Saur Sepuh, tetapi kesuksesan Serialnya di Layar Kaca memang sangat patut diapresiasi.
Quote:
wah inget dulu jaman di kampung gan ampe ngantri mau nonton film Saur Sepuh di Bioskop...
bukan studio 21 gan bioskop kelas kampong kursinya juga dari plastik
pilemnya ada BB+ nya gan..... pilem2 jadoel emang mantap. BB+ nya berkelas
Ane suka bgt ma Tutur Tinular. Arya Kamandanu jadi tokoh idola ane dulu.
jadi inget waktu bocah gan ane pertama ikutin kisahnya di radio safari


inget jaman heboh saur sepuh dulu..

mulai dari siaran radio sampe dibuat pilem