![[Share] Cara Kreatif Berterima Kasih kepada Buyer di Toko Online](https://dl.kaskus.id/ebo.web.id/wp-content/uploads/2013/03/Belanja-Online.jpg)
Berjual beli secara online tidak hanya sebatas ketika buyer melunaskan pembayaran terhadap pembelian sebuah produk dari seller. Poin penting yang perlu diperhatikan seller adalah bagaimana menjaga hubungan baik dengan buyer, meskipun transaksi telah selesai. Selain untuk menciptakan repeat order, menjaga silaturahmi dengan buyer dapat menciptakan kesan seller yang bersahabat dan tidak money-oriented.
Salah satu cara untuk menjaga hubungan baik adalah dengan berterima kasih kepada buyer yang pernah melakukan pembelian. Ada beberapa bentuk apresiasi kepada buyer yang bisa dilakukan seller.
Thank-You Cards
Quote:
Cara paling sederhana adalah dengan mengirimkan kartu ucapan terima kasih kepada buyer setelah melakukan transaksi. Ucapan terima kasih ini tidak harus berbentuk kartu secara fisik. Dalam bisnis online, ucapan terima kasih bisa dalam bentuk e-card atau ucapan yang didesain sedemikian rupa dan dikirimkan seller kepada buyer melalui surat elektronik.
Pemberian merchandise atau produk terbaru secara gratis
Quote:
Tak ada orang yang tidak menyukai barang gratisan. Apresiasi seller kepada buyer bisa berbentuk pemberian produk atau merchandise secara cuma-cuma. Di setiap akhir bulan, seller bisa menunjuk “buyer of the month” yang bertransaksi di bulan itu. Karena telah melakukan pembelian, buyer mendapatkan merchandise gratis.
Penyebutan nama buyer di media sosial
Quote:
Seller bisa menunjukkan apresiasinya kepada buyer melalui media sosial, misalnya dengan me-mention akun Twitter buyer usai transaksi. Selain ucapan terima kasih, seller bisa menyampaikan ucapan-ucapan lainnya melalui media sosial dengan cara me-mention atau men-tag akun media sosial buyer . Contohnya, seller mengucapkan selamat ulang tahun dengan cara men-tag akun Facebook buyer yang membeli secara rutin di toko online.
Pemberian potongan harga pada momen-momen spesial
Quote:
Bentuk lain apresiasi seller dapat diwujudkan melalui pemberian bonus atau diskon selama special occasion, misalnya hari ulang tahun atau hari raya yang diperingati buyer. Diskon pada momen-momen spesial ini akan membuat buyer merasa dihargai oleh seller.
Rekaman ucapan terima kasih dari pemilik toko online
Quote:
Seller, alias pemilik langsung toko online, bisa berterima kasih kepada para buyer melalui video. Rekaman saat seller mengucapkan terima kasih ini disebarkan melalui surat elektronik kepada para buyer . Video adalah cara yang paling efektif dalam menunjukkan sisi emosional. Oleh karena itu, ucapan terima kasih yang disampaikan secara apik dalam video dapat membangun ikatan psikologis yang baik antara seller dan buyer .
Sumber