Thumbs up Mengenal Stem Sel

Stem sel dalam bahasa mandarin berasal dari kata "pohon", "batang" dan “sumber”, artinya stem sel sama seperti batang pohon yang dapat tumbuh cabang, daun, berbunga dan berbuah. Oleh karena itu,ilmuan menamakannya sebagai stem sel. Stem sel adalah sel primitif yang memiliki kemampuan memperbaru dan potensi untuk berdiferensiasi, merupakan sel yang bersumber dari tubuh, dalam keadaan tertentu dapat berdiferensiasi menjadi berbagai fungsi jaringan sel maupun organ, dalam dunia medis disebut sebagai “sel multi-fungsi”

Proses regenerasi stem sel adalah transplantasi dengan menggunakan sel induk tubuh sendiri, dapat dikatakan stem sel atau sel induk dapat ditanamkan ke berbagai organ tubuh yang sakit, untuk mencapai keefektifan pengobatan penyakit kronis. Konsep regeneratif kedokteran berasal dari binatang lintah, kadal dan cicak, binatang-binatang tersebut tidak hanya mempunyai kemampuan regeneratif sel induk, tetapi juga dapat mengaktifkan mekanisme pertumbuhan yang cepat, oleh karena itu setelah anggota tubuh maupun ekor terputus, sangat cepat tumbuh kembali.

Teknologi stem sel termasuk “teknologi regeneratif kedokteran”, yang paling bernilai adalah melalui pemisahan atau pengkloningan, pemeliharaan dan diferensiasi induksi di luar tubuh, dapat menciptakan jaringan,sel dan organ yang baru, muda, dan normal. Melalui teknologi transplantasi khusus, memasukkannya ke dalam tubuh untuk menggantikan sel yang rusak maupun yang tidak normal, membawa perubahan dan harapan kepada penderita penyakit kronis yang susah diobati.

Read more--->> klik