KASKUS

ASK: Polisi nilang (tapi bukan polantas) kira-kira pangkatnya apa ya?

Jadi gini gan, (maaf sebelumnya karena ke-gak-tau-an dan baru banget buka thread militer&kepolisian). Beberapa hari lalu ada acara tilang mendadak gitu di daerah kukusan, Beji. Biasa, ane mau ke kampus. Nah tiba-tiba ane disuruh minggir sama polisinya.
Ditanya kan surat2nya, dan akhirnya disuruh minggir dan diurus sama polisi lain.

Akhirnya polisi itu bilang,
"Wah pelanggaran SIM, bayar 50rb mbak".
Ane bilang aja,
"Yah gak ada duit pak, ada nih 20rb. Lupa minta duit sama ortu. Biasanya saya dianterin sama kaka saya, tapi lagi piket dia. Jadi saya beraniin diri naik motor sendiri ke UI".

Bla bla bla, ane ditransfer lagi sama polisi yang lebih tua, dan ini polisi baik banget nanya ane kenapa, terus kuliah dimana. Pas ane mau kasih nih duit 20rb yang emang segitu doang yang ane bawa, sama bapak polisinya gak mau, dia bilang,
"Kamu nanti gimana uang bensin sama parkir? yaudah simpen aja. Kamu lewat gerbang UI belakang ya? ati-ati".
Hehehe 20rb aman dan stnk aman.

Malemnya ane cerita sama ortu ane, eh ortu ane ngomel2,
"Kenapa gak cerita mas mu juga polisi. Makannya apa2 tuh langsung telfon mas mu, biar dia yang ngomong. Kalo sama2 polisi kan bisa diomongin. Kamu tau si Agung motornya pretelan semua, tiap kali ditilang tapi langsung telfon bapaknya (om ane). Tiap kali mau ditilang langsung gak jadi gara2 bapaknya polisi di metro jaya".

Biasanya ane gak suka bawa2 om ane atau kaka ane. Soalnya ane pengalaman di Thamrin ditilang, dan polisinya ane bilang ngomong aja sama Om ane dia orang polda metro jaya. Eh polisinya balik gretak, "apa pangkatnya? ahh udah pulang. saya juga ada temen di metro". zzzz
(Waktu di Thamrin yang nilang bener2 polantas)

Yang kemaren di Kukusan itu bukan polantas, tapi kayaknya polantas sama polisi yang biasa di kantor polisi itu loh gan. Nah barusan bokap ane liatin kartu anggota kaka ane, kaka ane Brigadir, anggota unit patko.
Ane pengen juga sih kadang ngikut sepupu ane yang langsung nelfon om ane, ane mau nelfon kaka ane (Yahhh mau coba aja gan hehehe)

Yang mau ane tanya, kalo polisi kayak kaka ane yang kata istrinya kuning 4 (itu loh yang ada di lengan kayaknya, baret kah?) itu pangkatnya apa gan? Brigadir? Brigadir aja kah? atau brigadir satu, atau brigadir polisi, dll? Ane masih bingung kalo yang itu.
Sama pertanyaan satu lagi, menurut agan, polisi yang waktu nilang ane kemaren itu kira-kira pangkatnya apa ya gan? bukan polantas loh gan..
Sama kaka ane kira2 pangkatnya tinggian siapa ya?
Kaka ane gak pernah sih yang namanya di lapangan buat nilang, setau ane kaka ane lebih sering ngurusin tindak kejahatan gitu (halah).

mohon pencerahan gan.....
Brigadir pangkatnya banyak neng, kerucut 1 itu brigadir dua alias bripda dan seterusnya sampe bripka untuk tingkat bintara.

Ya liat aja yg nilang perwira atau bukan, kalo pangkatnya strip/balok warna emas ya tinggian yg nilang.

Saran saya, jangan lah bawa2 nama orang krn yg jelek jg nama org tsb, anak jendral aja banyak yg gakmau bawa nama bapaknya.
Quote:Original Posted By holographic
Brigadir pangkatnya banyak neng, kerucut 1 itu brigadir dua alias bripda dan seterusnya sampe bripka untuk tingkat bintara.

Ya liat aja yg nilang perwira atau bukan, kalo pangkatnya strip/balok warna emas ya tinggian yg nilang.

Saran saya, jangan lah bawa2 nama orang krn yg jelek jg nama org tsb, anak jendral aja banyak yg gakmau bawa nama bapaknya.


kan ane udah bilang di atas makannya ane nanya brigadirnya apa soalnya banyak pangkatnya.. yg ane denger strip kuningnya ada 4 itulah. agan gak baca ya?

siapa juga yg mau bawa sebenernya ane iseng aja -.--- hehe
kalo di tkp ya ane gak akan jelasin kaka ane apa apa. toh sebenernya kalo udah di tkp ane lebih milih berunding dengan cara ane. iyasih.. tp sepupu ane bapaknya pangkatnya tinggi gak malu ah gan :/
hehe individu beda2 jangan yg ngomong gak mau bawa2 juga. disaat kepepet juga pasti butuh bantuan..
Hehehe setau ane itu brigadir pangkatnya berbentuk kerucut, warnanya silver. Makanya strip kuning 4 ane bingung, mungkin bawah ane ada yg tau.

Soal bukan polantas yg nilang mungkin sabhara dari polsub sektor terdekat yg lg gatur lalin. Kalo ketemu polisi yg rese bgt dan emang maunya duit sih baru dehh pake backingan, intinya kalo polisi baik kita jg pasti respon dgn baik tanpa perlu adu pangkat dll. Ya nggak gan? Btw itu polisi baik juga ya, jarang2 tuh ketemu yg model begitu.
Quote:Original Posted By holographic
Hehehe setau ane itu brigadir pangkatnya berbentuk kerucut, warnanya silver. Makanya strip kuning 4 ane bingung, mungkin bawah ane ada yg tau.

Soal bukan polantas yg nilang mungkin sabhara dari polsub sektor terdekat yg lg gatur lalin. Kalo ketemu polisi yg rese bgt dan emang maunya duit sih baru dehh pake backingan, intinya kalo polisi baik kita jg pasti respon dgn baik tanpa perlu adu pangkat dll. Ya nggak gan? Btw itu polisi baik juga ya, jarang2 tuh ketemu yg model begitu.

kalo brigadir itu kerucut tiga baris bentuknya..semua polisi itu sama aja,cuma yang membedakan adalah unit kerja mereka,seperti unit reserse,unit intel,unit lantas,unit samapta dll.dan polisi juga mempunyai satu pasukan khusus yaitu korp brimob.sebenarnya semua polisi setau ane boleh nilang,tp lebih berkompeten polisi lalulintas.gituuu..gan,mudah2an bisa sedikit pencerahan.

kalo kasta brigadir itu dilambangkan dengan 'V' terbalik bersusun, di kasta brigadir ada 4 kelas.
V - Bripda (Brigadir Polisi Dua)

V
V -Briptu (Brigadir Polisi Satu)

V
V
V - Brigadir Polisi

V
V
V
V - Bripka (Brigadir Polisi Kepala)

Kalo Warna di brigadir ga ngaruh tergantung pakaian dinasnya, kalo PDH pangkatnya di pundak biasanya silver. tpi klo PDL pangkatnya dibordir di kerah biasanya kuning.

kecuali tamtama, warnanya merah

kalo masih pangkat brigadir mending gausah dibawa2 sis, drpda kecuali udh perwira hhehehe

kalo anggota unit patko, itu dri sabhara sis, patroli kota . tugasnya patroli , kalo yg nanganin kriminal secara spseifik ya reskrim

share pengalaman ane gan

Ane punya pengalaman gan. Waktu itu saya pernah mau di tilang di daerah mangga dua. Sama polisi iseng. Padahal lampu merah masih nyala hijau. Merasa saya tak salah saya tidak mau di tilang. Tp polisi itu tetap maksa di tilang. Trus saya yang tidak sukanya polisi itu malah ngajak damai. Kalo memang saya salah pasti saya terima bila di ajak damai. Pas kebetulan suami tante pacar saya. Itu seorang perwira di mabes polri dengan pangkat bunga dua alias akbp divis propam. Saya suruh pacar saya telepon tantenya minta bantuan agar bisa di jelaskan kebenarannya. Pertama2 saya bilang ke polisi itu kalo om saya di mabes polri merasa ngertakan saya itu hanyalah bualan polisi itu teriak " telp saja om km saya tidak takut" saya sudah biasa di gertak kaya gini seraya polisi itu berkata. Istri saya telp omnya yg di mabes kebetulan di angkat lsg saja istri saya kasih hpnya ke polisi itu. Mungkin dengan sandi atau apa gitu. Tiba polisi itu berkata " siap komandan" maaf dan saya kira ponakan komandan bohong mohon maaf ya dan " trus polisi itu nyebut nama dia." Tidak lama hp di berikan kepada saya lagi trus polisi itu berkata " kenapa ga bilang dari td km keponakan komandan " trus saya bilang maaf pak kalo td bapak bicaranya sopan dan tidak mencari2 kesalahan yg tidak sya berbuat saya tidak akan telp om saya.

Kadang ada gunanya ya ada saudara yang kerja di polri.

Emang akbp sudah tinggi? Trus kalo akbp bertugas di polres ama di polda. Katanya pangkatnya lebih tinggian bila berdinas di mabes polri apa benar gan.? Padahal kan sama2 akbp
Quote:Original Posted By deskalove
Ane punya pengalaman gan. Waktu itu saya pernah mau di tilang di daerah mangga dua. Sama polisi iseng. Padahal lampu merah masih nyala hijau. Merasa saya tak salah saya tidak mau di tilang. Tp polisi itu tetap maksa di tilang. Trus saya yang tidak sukanya polisi itu malah ngajak damai. Kalo memang saya salah pasti saya terima bila di ajak damai. Pas kebetulan tantenya pacar saya. Itu seorang perwira di mabes polri dengan pangkat bunga dua alias akbp divis propam. Saya suruh pacar saya telepon tantenya minta bantuan agar bisa di jelaskan kebenarannya. Pertama2 saya bilang ke polisi itu kalo om saya di mabes polri merasa ngertakan saya itu hanyalah bualan polisi itu teriak " telp saja om km saya tidak takut" saya sudah biasa di gertak kaya gini seraya polisi itu berkata. Istri saya telp omnya yg di mabes kebetulan di angkat lsg saja istri saya kasih hpnya ke polisi itu. Mungkin dengan sandi atau apa gitu. Tiba polisi itu berkata " siap komandan" maaf dan saya kira ponakan komandan bohong mohon maaf ya dan " trus polisi itu nyebut nama dia." Tidak lama hp di berikan kepada saya lagi trus polisi itu berkata " kenapa ga bilang dari td km keponakan komandan " trus saya bilang maaf pak kalo td bapak bicaranya sopan dan tidak mencari2 kesalahan yg tidak sya berbuat saya tidak akan telp om saya.

Kadang ada gunanya ya ada saudara yang kerja di polri.

Emang akbp sudah tinggi? Trus kalo akbp bertugas di polres ama di polda. Katanya pangkatnya lebih tinggian bila berdinas di mabes polri apa benar gan.? Padahal kan sama2 akbp


Yup setuju banget ama agan yg diatas... Hanya kalo udah kepepet atau oknum aparat tsb udah gak bisa ditolerir lg kelakuannya..
Tapi gak perlu terlalu digemborkan ooh saya punya backingan ini backingan itu bla bla blaaa.... Takutnya malah nanti jadi senjata makan tuan lagi..
Quote:Original Posted By deskalove

Emang akbp sudah tinggi? Trus kalo akbp bertugas di polres ama di polda. Katanya pangkatnya lebih tinggian bila berdinas di mabes polri apa benar gan.? Padahal kan sama2 akbp


ah kata siapa mas ? banyak kok akbp non job di mabes polri

Quote:Original Posted By Sersangaulz


ah kata siapa mas ? banyak kok akbp non job di mabes polri



Ia gan saya. Makanya saya tanya itu kata org2. Oh berarti blom tentu ya gan. Kalo akbp tinggi ga sih gan? Saya kurang tahu gan


Kalo saya sih kalo ada yg iseng baru minta bantuan kalo ga saya urus sendiri.
Quote:Original Posted By deskalove


Emang akbp sudah tinggi? Trus kalo akbp bertugas di polres ama di polda. Katanya pangkatnya lebih tinggian bila berdinas di mabes polri apa benar gan.? Padahal kan sama2 akbp
AKBP itu setingkat Letnan Kolonel alias Letkol kalau di TNI. AKBP itu tertinggi kedua dibawah Komisaris Besar alias KOMBES di struktur kepangkatan Perwira Menengah Polri.

Ini jikalau berkenan ane kasih masukan urutan kepangkatan Perwira yg ada ditubuh Polri.

PERWIRA PERTAMA:
1. Inspektur Polisi Dua (IPDA) "Pangkat perwira pertama setelah lulus Akpol".
2. Inspektur Polisi Satu (IPDA).
3. Ajun Komisaris Polisi (AKP).

PERWIRA MENENGAH:
1. Komisaris Polisi (KOMPOL).
2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
3. Komisaris Besar Polisi (KOMBES).

PERWIRA TINGGI:
1. Brigadir Jenderal (BRIGJEN).
2. Inspektur Jenderal (IRJEN).
3. Komisaris Jenderal (KOMJEN).
4. Jenderal (KAPOLRI).
Quote:Original Posted By deskalove


Ia gan saya. Makanya saya tanya itu kata org2. Oh berarti blom tentu ya gan. Kalo akbp tinggi ga sih gan? Saya kurang tahu gan


Kalo saya sih kalo ada yg iseng baru minta bantuan kalo ga saya urus sendiri.


akbp lumayan mas, itu perwira menengah..
kalo di mabes polri job akbp umumnya kanit
kalo akbp di polda biasanya menjabat wadir, kasubdit, kabag
kalo di polres Metro / type A biasanya wakapolres , kasat kasat, kabag
kalo di polres type B biasanya menjabat kapolres

untuk kepangkatan kebetulan dibawah sampeyan udah ada yang jelasin
mbak ts sebenernya kalo mau tau tanda kepangkatan polri tinggal google aja, di google banyak yang share soal itu
atau silahkan klik link ini udah saya bantu carikan
http://arsyadshawir.blogspot.com/201...-republik.html

tinggal liat aja pangkat mas mu dan cocokan dengan link yang diatas
Quote:Original Posted By Sersangaulz


akbp lumayan mas, itu perwira menengah..
kalo di mabes polri job akbp umumnya kanit
kalo akbp di polda biasanya menjabat wadir, kasubdit, kabag
kalo di polres Metro / type A biasanya wakapolres , kasat kasat, kabag
kalo di polres type B biasanya menjabat kapolres

untuk kepangkatan kebetulan dibawah sampeyan udah ada yang jelasin


Wah sih agan ngerti struktur kepolisian pasti agan belajar tentang kepolisian. Perlu byk belajar dari agan.
Quote:Original Posted By Cruzel
AKBP itu setingkat Letnan Kolonel alias Letkol kalau di TNI. AKBP itu tertinggi kedua dibawah Komisaris Besar alias KOMBES di struktur kepangkatan Perwira Menengah Polri.

Ini jikalau berkenan ane kasih masukan urutan kepangkatan Perwira yg ada ditubuh Polri.

PERWIRA PERTAMA:
1. Inspektur Polisi Dua (IPDA) "Pangkat perwira pertama setelah lulus Akpol".
2. Inspektur Polisi Satu (IPDA).
3. Ajun Komisaris Polisi (AKP).

PERWIRA MENENGAH:
1. Komisaris Polisi (KOMPOL).
2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).
3. Komisaris Besar Polisi (KOMBES).

PERWIRA TINGGI:
1. Brigadir Jenderal (BRIGJEN).
2. Inspektur Jenderal (IRJEN).
3. Komisaris Jenderal (KOMJEN).
4. Jenderal (KAPOLRI).


Siap agan terima kasih pengetahuan yang agan berikan. Jd bisa byk tahu.
Haduh.. mending jangan bawa2 kakak lu dah.. cuma bengkok 4 mau diandelin..
Quote:Original Posted By deskalove


Siap agan terima kasih pengetahuan yang agan berikan. Jd bisa byk tahu.

Itu Inspektur Polisi Satu bukannya IPTU ya gan? CMIIW

Kalo jabatan tergantung prestasinya juga gan, bokap ane baru pangkat IPTU udh menjabat jadi KBO Lantas Polres Tangerang.
Kalo prestasi bagus, pasti ada promosi jabatan gan
Quote:Original Posted By Sersangaulz
ah kata siapa mas ? banyak kok akbp non job di mabes polri


Hahahahahahaha setuju ane sama ente gan.banyak Akbp yg lg "dikotakin" di mabes polri setau ane gan biasanya itu dari daerah2 Gitu gan
Quote:Original Posted By Sersangaulz


ah kata siapa mas ? banyak kok akbp non job di mabes polri



setuju gan, AKBP di kabupaten kecil bisa jadi kapolres, atau di kota besar bisa jadi waka polres atau kasat, tapi AKBP di polda apalagi MAbes belum tentu dapet jabatan, pada nganggur kebanyakan