KASKUS

[BBM Naik]BBM Subsidi Dua Harga Per 1 mei 2013


PT Pertamina akan mengelompokkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menjadi empat jenis sesuai komposisi bahan bakar minyak (BBM) yang dijual. Pengelompokan SPBU ini mempertimbangkan kondisi wilayah dan perbandingan permintaan pengguna BBM bersubsidi.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya, di Jakarta, Jumat, 26 April 2013, menjelaskan pengelompokan empat SPBU tersebut sebagai langkah persiapan jika pemerintah memutuskan untuk menerapkan dua harga BBM bersubsidi.

Empat kelompok SPBU tersebut adalah pertama, SPBU yang menjual solar non subsidi dengan premium harga lama. Kedua, SPBU dengan solar non subsidi dan premium harga baru.

SPBU ketiga menjual solar harga lama dengan premium harga baru, dan kelompok keempat adalah SPBU dengan solar harga baru dan premium harga lama.

Nantinya, Pertamina akan memberikan perbedaan warna di totem atau papan harga SPBU, yaitu warna biru untuk solar dan premium harga lama, warna putih untuk solar dan premium non subsidi serta warna putih dan biru untuk kombinasi (lihat gambar).

Saat ini, terdapat 5.569 agen premium dan minyak solar (APMS) dan SPBU. Dengan pembagian SPBU tersebut, 54 persen APMS dan SPBU, atau 3.053 unit akan menyediakan premium Rp4.500 per liter, 2.477 APMS dan SPBU menjual premium dengan harga baru.

Lalu, ada 3.218 APMS dan SPBU, atau 57,8 persen menyalurkan solar bersubsidi dan 2.248 APMS dan SPBU menyediakan solar harga baru.

Pengelompokan SPBU ini mempertimbangkan kondisi wilayah dan perbandingan permintaan pengguna BBM bersubsidi. Dia mencontohkan, SPBU yang ada di kawasan jalan tol adalah SPBU yang menjual premium non subsidi dan solar bersubsidi.

"Di jalan tol, SPBU menjual premium non subsidi, karena tidak ada sepeda motor di jalan tol dan SPBU juga menyediakan solar bersubsidi untuk angkutan umum," kata dia.

Untuk pengawasannya, perusahaan energi pelat merah ini juga akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah lainnya. "Kami akan bekerja sama dengan Mabes Polri dan gubernur daerah seluruh Indonesia," katanya. (art)

Quote:
sumber :TKP
terus ada berita baru lagi dijalan tol yg ada spbu itu tidak menjual bbm subsidi. kemungkinan besar mei ini sudah dikenakan tarif baru per 1 mei 2013
Motor dan plat kuning 4500,- termasuk solar dan premium.
plat hitam mobil 6500 / 7000
Quote:Original Posted By vidzstoree
yang naik mobil naikin dung harga bensin nya


iya mobil naek juga
eaa... tambah ribet aja sistemnya.. tambah keruh... siap2 buat para oportunis
Dari yang berkembang sekarang sepertinya mengarah ke 2 harga. Maksud pemerintah bagus tapi teknisnya sepertinya akan berat, karena:
1. Pada prinsipnya barang yang sama dengan 2 harga yang berbeda pasti akan memancing orang untuk bertransaksi, kalau dilarang akan muncul pasar gelap.
2. Menetapkan 2 harga pada spbu yang sama akan memancing spbu berbuat nakal. Menetapkan 2 harga pada spbu yang berbeda akan mendorong spbu saling bekerja sama untuk berbuat nakal, apalagi margin premium yang ada sekarang hanya 200 perak per liter.
3. Menetapkan 2 harga pada spbu yang berbeda mungkin tidak masalah di kota-kota besar di jawa, masalahnya bagaimana dengan kota-kota lainnya, atau yang berada di luar jawa. Bisa2 orang kehabisan bbm untuk mencari bbm
Mungkin lebih masuk akal kalau
1.Harga pertamax diturunkan ke level 7.000, semua plat hitam diarahkan ke pertamax, plat kuning ke premium, dan plat merah ke pertamax plus.
2. Semua SPBU harus mengadakan dispenser untuk ketiga bbm tsb, ditambah pertamina dex untuk pengguna solar plat hitam
waduh gann
Btw. Inflasiny bakal naik brp persen bulan ini y?
alamat tanggal 30 april bakal ada antrian panjang nih...

btw ini udah postif?
lah kl ane seumpama kedaerah pedesaan yg pom bensinnya cuman ada satu biji donk gmn? masa ane harus dorong mobil ane ampe kekota dulu ?emank presiden sukebo bikin susah orang!! kl naek ya naek aja gak usah bikin ribet

Kasih aja 50rb ama petugas pom bensin, walaupun pake mobil masih bisa dpt harga yg 4500...
harga minyak bumi sudah naik gan, kalo mw nego ama arab gih . mungkin aja dia mw turunin
emang udah waktunya naek,, memberatkan APBN
beli ma iran aja.

tapi siap-siap di semprot ameriki
Waoq jadi ya?
tenkyu infonya gan
nice info
yg ga stuju bbm naek.. udah gnti aja ke speda motor..

gitu aja koq repot..
pengawasan harus diperketat karena pasti bakal banyak penyelundupan BBM
mata pencaharian baru buat sopir angkutan umum nih
wow, pas 1 Mei. untung motor gk kena kenaikan atau ndak demo super sekali tanggal 1 mei
mau posting pic...di page selanjutnya
yang boneng