KASKUS

[UPDATED] Mengupas bobroknya dunia hacking di Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb.
Quote:Kaskuser yang baik selalu membiasakan menimpuk TS dengan .
Kalau belum ISO, agan-agan boleh ngasih .
Tapi jangan nimpuk ane dengan gan, sakit...

Quote:Semoga tidak ya gan
http://www.kaskus.co.id/search?f=&q=...&searchchoice=


Jumpa lagi dengan agan-agan kaskuser. Kali ini, ane mau membahas tentang bobroknya dunia perhackingan Indonesia. Bobrok? Apanya yang bobrok? Ya, ada orang ngaku-ngaku haikah (hacker). Teori-teori konspirasi langsung dipercayai masyarakat tanpa dibuktikan kebenarannya, terus dijadikan alasan untuk nyerang sana-sini. Kalau tl;dr version : Saya prihatin

Oke, ane bukan hacker, ane bukan kracker, ane bukan seorang Eyang Subur yang suka memberi nasehat (plus nyantet gan), ane juga bukan Pak SBY yang suka ngomong "Saya prihatin", ane cuma seorang linuxer yang ingin menyampaikan pendapat/opininya. Jadi, bila sekiranya di trit ini ada tulisan yang kurang tepat/benar atau bila agan ingin menambahkan sesuatu, silahkan saja komeng gan

Permasalahan

Pada era 80-an hingga 1994, lahirlah para Hacker Indonesia yang boleh dibilang masih “ASLI”. Pada umumnya mereka lahir secara otodidak dan secara kebetulan memiliki akses jaringan. Biasanya terdiri dari para pegawai perusahaan-perusahaan besar atau instansi-instansi pemerintah. Mereka ini terdiri dari orang-orang yang berkecimpung di bidang UNIX, VAX/VMS, dan tentu saja ahli jaringan.

Ketika Internet mulai marak di Indonesia, mulailah masyarakat begitu antusias mempelajari komputer terutama network security. Jika dulunya tidak ada aktivitas yang bersifat merusak, kini perlahan hal itu mulai berubah. Orang-orang mulai “berterbangan” di Internet, mencari pengetahuan komputer yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Menjadi semakin pintar, bahkan melebihi guru mereka.

Namun, ada yang salah jalan. Mereka masih belum mengerti arti “hack” yang sebenarnya. Mereka dengan sombong dan tidak tau malu menyebut diri mereka hacker hanya karena berhasil mengakali billing, menjalankan mail BOMB, menjalankan exploit-exploit, dll. Padahal mereka sama sekali tidak tahu bagaimana tool yang mereka gunakan bekerja. Mereka tidak mengenal system, namun mereka menyebut dirinya hacker.

Padahal para hacker sejati Indonesia yang kemampuannya sudah setara dengan para hacker-hacker di Amerika dengan tegas menolak dirinya disebut hacker karena masih selalu merasa ilmu yang dimilikinya belum cukup. Inilah panggung peretasan (hacking) Indonesia yang cukup miris, namun bisa juga dianggap "wajar" dan "manusiawi", dengan tanda petik

Keadaan sekarang

Spoiler for Klik untuk melihat foto yang bikin NGAKAK:

Mungkin agan-agan pernah mampir ke trit yang judulnya "Kaskuser jangan mengejek kami Anonymous(E)" yang sekarang sudah dihapus karena kontroversial. Itu juga salah satu kebobrokan di dunia maya Indonesia gan. Pasalnya, lucu banget dah, mana ada heker (versi males ngetik lengkap) yang dari Anonymous (yang berarti anonim, tidak diketahui, si anu) kok malah ngaku-ngaku. Hacker sekelas om Wildan (yang ngedeface situs SBY) yang nggak menyebut identitas aja bisa ditangkap polisi, apalagi yang menyebut identitas

Sekarang, coba lihat foto ini :


(foto diambil dari FPFB Anonymous Indonesia)


Si admin Anonymous Indonesia (yang mengepost polling tsb.) malah membedakan antara distro Linux dengan Linuxnya. Mana ada orang kok cuma pake kernel Linuxnya.

Coba lihat berapa orang yang memakai Windows. Tool-tool hacking yang "butuh usaha" di Windows sangatlah sedikit. Selebihnya, aplikasi hackingnya berbasis GUI dan mudah. Ditambah lagi, sangat sulit untuk mempelajari jaringan di Windows, karena Windows memang tidak dioptimasi untuk itu. Kalau mau belajar jaringan, ada baiknya pakai OS-OS berbasis UNIX. Tapi, kenyataannya?

Cyber war dengan Aussie? (update)

Baru-baru ini, dunia maya kita digemparkan oleh adanya cyber war dengan Australia. Penyebabnya adalah penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia. Banyak "hacker" yang kemudian secara besar-besaran menyerang situs-situs *.au secara random (acak) dan membabi buta.

Apa sih untung dan efek dari nge-deface atau nge-DDoS web-web *.au yang tak berdosa? Sampai website badan amal dan rumah sakit juga ikut diserang. Mereka tidak tahu apa-apa dan tidak terlibat dalam kasus penyadapan. Ibaratnya, apa ente mau membacok seorang dokter dan amil zakat untuk membalaskan dendam terhadap teman ente yang sudah melihat buku diary ente dan nyebarin isinya ke mana-mana? Apa pembacokan tersebut akan membuat teman ente berubah? Nggak nyambung banget kan?

Ternyata, tindakan para "hacker" ini didukung juga oleh beberapa wakil rakyat kita. Nah, di sinilah kebodohan mulai nampak. Dalam UU ITE, tertera jelas bahwa defacing dan segala perbuatan peretasan lainnya adalah dilarang. Ini bapak-bapak wakil rakyat kok malah mendukung orang-orang yang menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku?

Lucunya lagi, para "hacker" penyerang Aussie menggunakan dukungan para wakil rakyat kita (yang sering korupsi) sebagai perlindungan dari amukan massa. Siapa yang bodoh di sini?

Tahukah agan bahwa perjuangan bangsa Indonesia dengan angkat senjata pada masa penjajahan selalu gagal? Bangsa Indonesia baru bangkit saat cara berjuang lewat jalur diplomasi mulai digunakan. Dengan kata lain, penyerangan "hacker" ke situs-situs Aussie yang tak berdosa tidak akan membuat efek apa-apa.

Quote:Baca ini gan: http://www.merdeka.com/teknologi/id-...indonesia.html
Perlu diketahui bahwa ID-SIRTII bukan komunitas hacking seperti JC* atau komunitas hacking lainnya. Mereka sudah dipercaya di kancah internasional. Mereka adalah tim tanggap insiden keamanan cyber

Dalam berita tersebut, bisa disimpulkan, nasionalisme itu memang penting. Tapi perlu kecerdasan, harus mempertimbangkan keputusan yang matang dan rasional.

Kenapa kebanyakan "orang pintar IT" Indonesia hanya diam dan tak beraksi apa-apa terhadap Australia? Karena mereka tahu konsekuensinya. Udah pernah ke kantornya ID-SIRTII belom?

Setelah adanya trit "Surat kecil untuk Jim Geovedi" (di sini), Om Geovedi menjawabnya melalui Github Gist. Agan bisa membaca jawabannya di sini.

Oh iya. Satu lagi, dan sayangnya, artikel tersebut lebih banyak dikomentari oleh orang-orang yang bukan di bidangnya

Agan bisa melihat kebobrokan "hacker" Indonesia dalam video di bawah pada sesi pertama (dengan Yonathan) :
Spoiler for VIDEO:


Nasionalisme itu penting, namun pikirkan juga konsekuensinya

Spoiler for Klik gan:


Inilah panggung peretasan negara dan bangsamu, kawan.

Ane cuma bahas beberapa "hacker" saja yang masih terlalu labil. Semoga bisa diberi kesadaran, dan bisa mengembangkan ilmunya di jalan yang benar. Karena zaman sekarang ini, makin banyak "hacker-hacker" muda yang sudah menyangkut urusan data penting, duit , dan tindak kriminal.

Quote:Never destroy a system if you have no idea how to build it.

Semoga keadaan yang miris sekarang ini dapat hilang di masa yang akan datang. Amin...

KOMENG AGAN-AGAN YANG DAPAT HADIAH PEJWAN (Wajib baca gan)
Spoiler for KOMENGNYA GAN:


Quote:Kaskuser yang baik selalu membiasakan menimpuk TS dengan
Kalau belum ISO, agan-agan boleh ngasih
Tapi jangan nimpuk ane dengan gan, sakit...


Quote:

Quote:Kunjungi juga trit ane yang lain :
FlightGear Flight Simulator (Simulator penerbangan)
5 Karya IT anak bangsa yang diakui Dunia
5 Kasus Teknologi yang membuat heboh dunia maya Indonesia


POSTED BY ENTERX13
pertamax hanya untuk TS, reserved
hahhaa ialah pake linux ,,yg nyediain toolnya jg linux

jejak dulu gan
Quote:Original Posted By t.p.h
hahhaa ialah pake linux ,,yg nyediain toolnya jg linux



maksudnya gan?
Miris ya gan
Quote:Original Posted By enterx13


maksudnya gan?


keburu ngejar pertamax td
heker yg baik itu baiknya ngebantu perbaikan sistem bkn ngerusaknya..
Ane kasian sama orang-orang + pengurus Grup itu wkwkwk
So' so' an pake nama Anonymous tapi rata-rata ga tau definisi & visi-misi dari Anonymous wkwkwk
Kasian
Quote:Original Posted By tianCrz
Ane kasian sama orang-orang + pengurus Grup itu wkwkwk
So' so' an pake nama Anonymous tapi rata-rata ga tau definisi & visi-misi dari Anonymous wkwkwk
Kasian


iya gan, ane juga kasian.
itu namanya baru tau kata "hacker" udah songong gan...
kenapa di Indonesia dipenuhi abege labil....



potret mundurnya muda-mudi bangsa...
berawal dari coba" eh ternyata bisa...
itulah hacker"an, misrisnya di negara kita banyak yg gitu...
kalo mau pro ya belajar lagi yah...
jebol yg orang sih boleh, tapi tanggu jawab sama resikonya..

`piss

kaga bisa lha belajar dan bongkar sistem operasi, lha nulis bahasa inggris aja masih salah
kalo hekel indo itu lebih sukanya ngerusak terus hilang begitu saja gan, dibanding cari tau kelemahannya terus kirim email ke mimin nya,
ga bakal di sentuh sedikitpun itu yang ane pelajari sepertinya
nga tau mau ngetik apa, pake emoticon aja

Quote:WE IS NOT SCARRED WITH KASKUS

, WE IS
ini kalo dosen ane baca, bakal di keplak tuh palanye pake kocak DVD windows 7

emang banyak anak anak labil yang ngaku ngaku kalo dia hekel
kasian.....

pake paint
yang pasti yang namanya hacker itu pemberi solusi bukan perusak. klo perusak namanya kracker
Hanya di Indonesia, Hacker yang menampakkan diri

Prestasi : Hack Billing warnet

Biar keren gan... padahal emang alay...
Quote:Original Posted By kuedonat2
Hanya di Indonesia, Hacker yang menampakkan diri

Prestasi : Hack Billing warnet



sama nge hack duit bokap nyokap
×