KASKUS

Exclamation Ternyata Menabung justru adalah tindakan yang berbahaya untuk masa depan Agan semua..


Agan ingat lagu masa kanak-kanak dulu yang berbunyi..
Quote:"..Bang bing bang yuk kita ke bank, bang bing bung yuk kita nabung..."
Ternyata nih gan, menabung untuk masa depan kita itu malah bisa merugikan kita gan....lho kok???!!!
ane juga sebenernya tidak sependapat sama asumsi ini, namun kita lihat dulu paparan nya berikut, kenapa menabung itu berbahaya untuk masa depan..

Quote:Menabung memang kebiasaan baik yang harus dilakukan semua orang. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa jika tujuan Anda jangka panjang, menabung justru adalah tindakan yang berbahaya. Anda tidak percaya? Simak ilustrasi di bawah ini!

Sumber: Courtesy of QM Research*
Andien, single, berusia 30 tahun, menghabiskan Rp2 juta per bulan untuk biaya hidupnya. Setiap bulan, Andien sanggup menyisihkan Rp1 juta untuk dana pensiunnya nanti. Andien sadar, dengan pekerjaannya sekarang, dia tak akan mendapatkan jumlah dana pensiun yang mencukupi dari kantornya. Untuk itu, Andien mulai rutin menabung agar ia tetap dapat menikmati gaya hidup yang sama seperti sekarang meskipun saat pensiun nanti dia tak lagi bekerja dan digaji seperti sekarang.
Jika Andien akan pensiun di usia 55 tahun, maka saat itu diperkirakan dia akan memiliki tabungan sebesar Rp446 juta. Padahal, saat pensiun biaya hidupnya tidak lagi sama dengan biaya hidup ketika masih berusia 30 tahun. Mengapa? Inflasi sebesar rata-rata 7% per tahun akan membuat biaya hidupnya naik dari tahun ke tahun. Saat Andien pensiun, biaya hidupnya sudah merangkak ke angka Rp11 juta per bulan. Jadi, total dana pensiun Andien agar ia dapat menikmati gaya hidup yang sama seperti ketika dia masih bekerja adalah sebesar Rp3,1 miliar.
Dengan tabungan yang “hanya” berjumlah Rp446 juta, dia hanya dapat bertahan selama 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan saja. Bagaimana dengan sisa masa pensiun Andien pada 26,5 tahun berikutnya? Reaksi yang kebanyakan muncul ketika kondisi ini terjadi:
“Saya akan tetap bekerja meski sudah pensiun!”
“Saya yakin anak-anak saya tidak akan menelantarkan saya nantinya..”
Fakta berikut ini dijamin akan membuat Anda gigit jari dan berpikir ulang:
65% pensiunan di Indonesia tak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya.
80% pensiunan di Indonesia ingin kembali bekerja untuk menyambung hidup tetapi hanya 20% saja yang dapat bekerja kembali.
Jadi, menabung adalah tindakan yang berbahaya untuk tujuan finansial jangka panjang (di atas 15 tahun) dan berisiko Anda tak bisa pensiun alias harus kembali bekerja demi sesuap nasi. Saat pensiun, kesempatan Anda untuk bekerja sangat kecil karena harus bersaing dengan mereka yang masih usia produktif.
Menabung memang aman karena dijamin oleh LPS, namun sayang angkanya pun dijamin tak cukup untuk pensiun. Mengapa? Ini disebabkan karena kenaikan tabungan hanya 3% per tahun sedangkan biaya hidup (inflasi) naik rata-rata 7% per tahun. Daya beli uang Anda menurun terus per tahunnya.
Untuk keperluan jangka panjang, Anda sebaiknya berinvestasi, bukan menabung, dalam instrumen investasi seperti reksadana saham atau saham, dengan rata-rata imbal hasil per tahun 20% hingga 25%. Meskipun instrumen tersebut berisiko, risiko itu dapat diminimalisasi dengan panjangnya periode investasi. Ukurlah profil risiko Anda sebelum menentukan produk investasi yang tepat agar Anda tetap nyaman saat berinvestasi.
Untuk ilustrasi di atas, Andien memiliki opsi berikut:

Sumber: Courtesy of QM Research**
Andien seharusnya menabung Rp7 juta per bulan agar ia dapat memenuhi keperluan dana pensiunnya. Andien memerlukan amunisi besar untuk menabung atau harus berhemat secara ekstrem. Atau Andien bisa memulai meningkatkan wawasan finansialnya dan berinvestasi di reksadana saham atau saham dengan hanya menyisihkan Rp200 ribu saja per bulannya.
Quote:Nah, Anda masih mau “nekat” menabung untuk tujuan jangka panjang seperti dana pensiun?

SUM-SUM
Bijimane pendapat agan??? masih berpendapat bahwa menabung itu good for your future???
opini ane sih, "kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi nanti...", tak ada yang salah dengan menabung dan investasi, yg salah adalah yg tidak menabung dan tidak berinvestasi untuk masa depannya....

Sorry jika trit nya dirasakan
Jika ada agan² yang mo nabung di ane, ane dengan senang hati akan menampung nya....


Komeng agan² kaskuser yg baek...
Quote:Quote:Original Posted By pepperindo
menabung pasti rugi kalau jangka panjang soalnya dimakan inflasi

investasi salah pilih juga jauh lebih rugi, misal investasi ke koperasi langit biru

solusinya silakan anda memilih jenis investasi yang aman dan berkelanjutan serta dapat dipertanggung-jawabkan


Quote:Original Posted By triacetin
makanya duit itu dibagi2:
10 milyar: deposito di bank BUMN
10 milyar: deposito di bank kecil yg kasih bunga besar
10 milyar: diputar di saham atau reksadana

jangan puter semua di reksadana, reksadana dipercaya

Quote:Original Posted By ANTI.PETIR
Masuk akal juga,tapi dari pada ga punya tabungan sama sekali,why not
Solusi menurut ane sih invest nabung di emas,soalnya emas pasti naik terus dari tahun ke tahun,jadi nilai sekarang sama harga sepuluh tahun kedepan berbanding lah

Quote:Original Posted By BujangKau
kalo ane sih tetep nabung, cuma tidak sebanyak ampe 1 jt gitu perbulannya, ane sih perhari. tpi dari pada invest emas, ane lbih milih tanah gan. krna harga tanah sejarahnya gk pernah turun, kalopun ada yg jual murah pasti karena kepepet atau apalah


menabung pasti rugi kalau jangka panjang soalnya dimakan inflasi

investasi salah pilih juga jauh lebih rugi, misal investasi ke koperasi langit biru

solusinya silakan anda memilih jenis investasi yang aman dan berkelanjutan serta dapat dipertanggung-jawabkan

gajelas ah...ilustrasi faktanya
emang sih tabungan kita gak akan sebanding dgn kebutuhan dana saat usia pensiun ntar
tpi apa gak lebih sengsara hidup kita...saat kita udah tua bangka n gak bisa apa2 lagi...sepeserpun kita gak punya simpanan / tabungan juga ?
makanya duit itu dibagi2:
10 milyar: deposito di bank BUMN
10 milyar: deposito di bank kecil yg kasih bunga besar
10 milyar: diputar di saham atau reksadana

jangan puter semua di reksadana, reksadana dipercaya
Quote:Original Posted By kukurturuk
gajelas ah...ilustrasi faktanya
emang sih tabungan kita gak akan sebanding dgn kebutuhan dana saat usia pensiun ntar
tpi apa gak lebih sengsara hidup kita...saat kita udah tua bangka n gak bisa apa2 lagi...sepeserpun kita gak punya simpanan / tabungan juga ?


bodo banget agan satu ini.. ya investasi lah gan!!! makanya menabung tidak dianjurkan.. investasi tanah, emas, dinar, dll
Masuk akal juga,tapi dari pada ga punya tabungan sama sekali,why not
Solusi menurut ane sih invest nabung di emas,soalnya emas pasti naik terus dari tahun ke tahun,jadi nilai sekarang sama harga sepuluh tahun kedepan berbanding lah
makanya harus di diversifikasi tabungannya.pegang uang cash secukupnya aja,sisanya dialihkan ke LM,properti.kalo ngerti saham dan reksadana lebih bagus lg.
Dosen ane jga pnah bilang kalo pnya duit gde mnding di investasi ato bwt usaha kalo cma dsimpen di bank kemakan inflasi,
Kalo nabung sih perlu yah gan bwt jaga2,tp kagak bwt tujuan pensiunan,
w menabung tapi diputar juga sama bisnis sampingan ane
Quote:Original Posted By supercendol


bodo banget agan satu ini.. ya investasi lah gan!!! makanya menabung tidak dianjurkan.. investasi tanah, emas, dinar, dll


lu yg bego nyet
ga baca dengan bener
lebih baik investasi ke emas atau tanah. kan bisa kredit atau cicilan
invest tanah aja..blm pernah denger harga tanah turun
cmiiw
Quote:Original Posted By arter1
Dosen ane jga pnah bilang kalo pnya duit gde mnding di investasi ato bwt usaha kalo cma dsimpen di bank kemakan inflasi,
Kalo nabung sih perlu yah gan bwt jaga2,tp kagak bwt tujuan pensiunan,

iya gan, gada salahnya kita menabung...toh serugi²nya menabung uang nya masih bisa di ambil kembali....hehehe
yg salah adalah yg tidak menabung dan tidak berinvestasi
Quote:Original Posted By triacetin
makanya duit itu dibagi2:
10 milyar: deposito di bank BUMN
10 milyar: deposito di bank kecil yg kasih bunga besar
10 milyar: diputar di saham atau reksadana

jangan puter semua di reksadana, reksadana dipercaya


kl punya uang segono, ngapain jg ditabung gan...menuh²in brankas bank...
Quote:Original Posted By pepperindo
menabung pasti rugi kalau jangka panjang soalnya dimakan inflasi

investasi salah pilih juga jauh lebih rugi, misal investasi ke koperasi langit biru

solusinya silakan anda memilih jenis investasi yang aman dan berkelanjutan serta dapat dipertanggung-jawabkan



investasi yg berkelanjutan duni dan akherat y gan???.....
menabung penting, investasi penting. Lakukan dua-duanya agar bisa menjadi jaminan ketika kita terdesak secara finansial
klo ane pinginya infestasi tanah atau investasi usaha yg bikin ada pemasukan pd kita meskipun hsl kecil dan jumlah invetsnya agak gede
sekarang bukan jamannya menabung, tapi menyimpan uang cash di bank agar dapat diambil sewaktu waktu. untuk jangka panjang emang yang paling masuk akal investasi, seperti emas, tanah, atau diputar buat modal usaha
TS sudah pernah belajar Time value of money?