KASKUS

Ini Bahaya jika Obat kumur dipakai Setiap Hari !!!

Assalamu'alaikum WR WB
Welcome 2 My Thread

Quote:
Quote:
Spoiler for GIGI:

Quote:
Spoiler for OBAT KUMUR:


Menyikat gigi dilanjutkan berkumur dengan obat kumur antiseptik, dipercaya membuat rongga mulut dalam kondisi bersih. Padahal kebiasaan menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari justru tidak dibenarkan.

drg. Wasis Sumartono, SpKG menjelaskan, obat kumur ada beragam jenis. Namun umumnya obat kumur tersebut mengandung antiseptik yang berfungsi membunuh kuman. “Obar kumur yang mengandung antiseptik seharusnya digunakan ketika ada infeksi, perdarahan, atau peradangan gusi,” katanya.

Sedangkan dalam kondisi normal, tidak ada karang gigi, tak ada infeksi maupun peradangan gusi, obat kumur antiseptik tidak boleh digunakan setiap hari. Perawatan gigi cukup dilakukan dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi.

Antiseptik bersifat membunuh kuman. Jika digunakan setiap hari, antiseptik tersebut akan membuat flora normal (kuman yang baik) dalam rongga mulut ikut mati. Padahal, keberadaan flora normal dibutuhkan. Sama halnya dengan usus yang memiliki flora normal untuk melembekkan makanan yang dikonsumsi. Jika flora normal mati akibat antiseptik, seseorang akan sulit buang air besar karena kotoran keras.

“Saya tidak tahu produk apa yang dimaksud. Tetapi kalau isinya antiseptik, jangan digunakan setiap hari. Terlebih bila rongga mulut dalam kondisi normal, tidak ada karang gigi, dan tidak ada peradangan gusi,” jelasnya.

Pasien dengan keluhan karang gigi, gusi berdarah, dan timbul peradangan gusi, biasanya disarankan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setiap pagi dan sore. Akan tetapi jumlahnya dibatasi hanya satu botol sampai habis. Selanjutnya berkumur menggunakan air biasa.

drg. Wasis juga biasanya menggunakan obat kumur antiseptik untuk gelas pertama pasien, sebelum dilakukan tindakan di ruang periksa dokter gigi. Ini sebagai bentuk tindakan mencegah penularan penyakit.

“Kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan rongga mulut pasien. Untuk mencegah penularan penyakit antarpasien, saya menggunakan gelas steril dan obat kumur antiseptik pada gelas pertama,” jelasnya. Untuk kumur selanjutnya pasien menggunakan air bersih biasa.

Gigi pasien dengan keluhan karang gigi dihinggapi banyak kuman. Saat karang gigi dibersihkan biasanya gusi akan berdarah, terutama pada pasien yang karang giginya banyak. “Nah untuk mempercepat proses kesembuhan, pasien menggunakan obat kumur antiseptik,” tandasnya.

Sebagai gantinya, saran drg. Wasis, masyarakat bisa menggunakan antiseptik alami. Antiseptik alami ini berupa air garam yang hangat untuk berkumur. Cara tersebut jauh lebih aman.

“Pasien diminta berkumur menggunakan air garam hangat. Garam itu sifatnya antiseptik juga, sebagai pembunuh kuman. Malah lebih bagus,” katanya.



Quote:
Spoiler for cara penggunaan air garam sebagai obat kumur:


Quote:Alternatif lain untuk obat kumur
berikut ada alternatif untuk obat kumur selain obat kumur antiseptik yang pasti murah dan meriah
Spoiler for Daun Sirih Merah:

"Siapkan 5 lembar daun sirih merah yang masih segar, kemudian cuci bersih dan rebus dalam takaran air sebanyak 400 ml, masak hingga mendidih dan sisakan 1 gelas, saring dan diamkan sejenak hingga dingin dan gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. Selain untuk membersihkan mulut, ramuan ini juga dapat mengobati sakit gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan radang tenggorokan."


Spoiler for PENTING DIINGAT GAN:

Spoiler for Dari ane:

pertamax
Quote:Original Posted By OkRckz
pertamax


cepet bnget ente gan
ane udah baca nih td d yahoo
nice info gan...
Quote:Original Posted By ribow
ane udah baca nih td d yahoo


uya gan, ane juga, embernya kan dari sono
ini yang dinamakan dari yahoo turun ke kaskus gan

Spoiler for NITIP LAPAK GAN SEPATU BOLA ADIDAS ORIGINAL:
Repost From Yahoo ya gan .
Nice Thread aja
Quote:Original Posted By 533.8.813
Repost From Yahoo ya gan .
Nice Thread aja


hehe iya gan..
nice info gan...
ane cukup dgn nyikat gigi aja gan
kumur2 nya pake air aja
jika sakit gigi, sikat gigi dan dilanjutkan dgn obat kumur mnrt ane efektif untuk mengurangi/mghilangkan rasa sakit. soalnya ane pernah coba. dan jgn lupa segera ke dokter utk cek
wih...
bahaya juga ya gan
untung ane belum pernah pake

PICnya gan yg messi ama ronaldo , ati2 fans mereka entar batain ente gan

tapi gan orang dulu, sikat gigi make bata + kumur2 make air sungai aja giginya bagus2 gan
tapi sekarang mah jangan harap, air sungai aja kotor


tapi kalau pas kumur2 ane rada ga cocok, habis kumur2, gigi ane kan ada yg bolong, nah dibolongnya rasanya gimana gitu jadi kurang nyaman




LitleKurcaci
Ane ga pernah kumur2 pake yg begituan gan..
Biasanya ane sikat gigi aja pagi siang sore sama kalo abis makan..
Quote:Original Posted By menceringik
ane cukup dgn nyikat gigi aja gan
kumur2 nya pake air aja


coba pake air gaaram hangat gan
tanpa itu pun gigi ane kinclong gan..
haha foto nya gan
Quote:Original Posted By minicarhunter
jika sakit gigi, sikat gigi dan dilanjutkan dgn obat kumur mnrt ane efektif untuk mengurangi/mghilangkan rasa sakit. soalnya ane pernah coba. dan jgn lupa segera ke dokter utk cek


iya gan,, ane juga sekarang lagi ngalamin,, cuman lagi males ke dokter
Quote:Original Posted By theREFS.A7x
wih...
bahaya juga ya gan
untung ane belum pernah pake


pake juga gapgapa kan,, tapi pas dibutuhin aja ya gan