Kaskus

Entertainment

SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
5 Faktor Penentu Popularitas Sebuah Merek Bisnis Online
Netpreneur Indonesia - Upaya memasarkan merek produk, dikenal juga dengan sebutan branding, adalah hal yang paling penting bagi sebuah bisnis Jual Beli online yang baru didirikan. Berhasil atau tidaknya upaya branding menentukan seberapa tinggi angka penjualan yang bisa dicapai seller. Keuntungan tidak semata-mata ditentukan dari besarnya selisih harga jual dan harga beli sebuah produk, melainkan juga dipengaruhi oleh seberapa terkenalnya sebuah merek produk online di kalangan buyer.

Melalui situs Volusion, Matt Winn mengemukakan 5 faktor penting yang menentukan keberhasilan branding sebuah merek produk.

Nama merek

Bahan baku utama dalam branding adalah nama merek. Nama merek tersebut adalah sesuatu yang akan disebarluaskan di manapun dan kapanpun. Dalam bisnis online, nama merek yang baik adalah merek yang dapat ditelusuri dengan mudah melalui search engine. Selain menarik, nama merek harus gampang diingat, ear-catchy, unik, dan mencerminkan karakteristik bisnis online yang dijalani seller.

Logo

Logo juga memainkan peran penting dalam branding sebuah merek produk sebab akan muncul dalam situs dan akun-akun media sosial seller. Logo yang baik harus merepresentasikan citra bisnis seller secara visual. Seller harus jeli dalam menentukan logo sehingga membentuk brand awareness yang kuat di kalangan buyer. Buyer mengenali sebuah merek bisnis begitu mereka melihat sebuah logo. Secara otomatis, buyer akan mengasosiasikan sebuah lambang atau gambar dengan merek tertentu. Kesan seperti inilah yang harus diciptakan seller melalui logo bisnisnya.

Slogan atau tagline

Tagline atau slogan sebuah merek produk merupakan “ringkasan” dari visi-misi seller menjalankan bisnisnya. Apa yang menjadi tujuan seller berbisnis disampaikan melalui tagline. Tagline yang bagus biasanya singkat, representatif, unik, dan mampu menimbulkan kesan pertama yang baik di mata buyer.

Pencitraan merek

Pencitraan merek artinya kesan seperti apa yang ingin dibentuk seller jika buyer bertransaksi dengannya. Jika ingin menciptakan citra seller yang bersahabat dan terpercaya, seller harus menjalin komunikasi yang intens dengan para buyer, misalnya dengan menanggapi setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan buyer melalui media sosial.

Komunikasi dua arah

Sebuah merek produk bisnis online akan diingat oleh buyer apabila mampu menjalin komunikasi dua arah melalui media online seperti situs dan media sosial. Seller harus mampu mempertahankan nama baik merek bisnisnya dengan cara berkomunikasi secara intens melalui media online, bahkan ketika transaksi telah berakhir. Meskipun transaksi telah selesai, bukan berarti seller bisa melupakan buyer begitu saja. Melalui media sosial, bangunlah silaturahmi dengan buyer yang pernah bertransaksi sebelumnya agar ia melakukan repeat order di kemudian hari. Semakin banyak repeat order yang diterima seller, semakin kuat merek produknya di kalangan buyer.

sumber

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

smoga tips2 diatas bsa berguna buat agan pebisnis onlen emoticon-Big Grin
0
990
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan