KASKUS

Cara Orang Yogyakarta Menyelesaikan Kasus Tabrakan (Inspirasi Inside)

Wuihhhhh... HT Pertama ane....

makasih untuk momod dan semuanya...

Saling maki hingga baku pukul, sudah biasa kita lihat di jalanan ibu kota saat dua pengendara terlibat senggolan atau tabrakan. Kemacetan Jakarta membuat emosi pengendara gampang tersulut.

Tak jarang, kecelakaan kecil menjadi urusan panjang di kepolisian.
Berbeda dengan di Jakarta, orang Yogyakarta punya caranya sendiri dalam menyelesaikan masalah. Dengan senyuman, ya dengan senyuman. Meski hati panas, tapi kepala tetap dingin.


Kejadian ini diabadikan Iwan Budi Santoso dan diposting ke Youtube, Sabtu (20/4) kemarin.

"Bus TransJogja 2B yang saya tumpangi menabrak sebuah Mobil Honda di Jalan Gejayan Yogyakarta (19 April 2013). Suasana cukup panik dan beberapa penumpang terlempar.

Detik-detik menegangkan adalah ketika kedua pengemudi keluar dari kendaraannya masing-masing. Kami para penumpang sempat khawatir akan terjadi adu mulut atau bahkan perkelahian," tulis Iwan dalam keterangan di video berjudul 'Wong Jogja Ketika kecelakaan'.
Iwan melanjutkan, "Tetapi yang terjadi adalah dua pengemudi (Honda pakai baju putih, TransJogja pakai baju batik dan topi kupluk) tersebut saling senyum.
Sopir TransJogja dengan gaya polosnya menjelaskan apa yang ia lakukan ketika terjadi kecelakaan, sementara pengemudi Honda tersenyum sambil sesekali mengamati bagian belakang mobilnya yang mengalami kerusakan."
"Itulah cara wong Jogja menyelesaikan masalah, yang seharusnya dapat ditiru oleh siapapun.
Kedua pengemudi tersebut sadar bahwa jalan yang mereka lalui bukanlah jalan mereka pribadi sehingga mereka langsung memarkirkan kendaraannya di tepi jalan, bukan dengan cara berdebat di tengah jalan dan mengambil hak pengendara lain di belakangnya."

"Alhamdulillah kami semua (seluruh penumpang) selamat. Dan kami menyaksikan sendiri Wong Jogja dengan santun menyelesaikan masalahnya tanpa kekerasan," tutup Iwan.
(merdeka/20/4/13)


Ane bukan orang yogya, tapi ane salut banget dengan tatacara yang dilakukan oleh mereka, yang menyelesaikan segala masalah dengan kepala dingin dan dengan fikiran dan pertimbangan luas.
Ane sendiri juga merasa malu, karena ane jarang menyelesaikan masalah dengan kepala dingin,
semoga menginspirasi kita semua yak gan...

videonya :




dong gan...

Sumbernya gan

Sedikit colekan dari ane ,,
'' orang yogya juga manusia, dimanapun itu, orang manapun itu, gak ada yang sempurna, dan gak selalu bertindak benar, yang diambil dari kisah ini nilai positifnya, bahwa sesama manusia khususnya, dalam menghadapi pertikaian, harus dihadapi dengan kepala dingin, dan difikirkan dengan jernih, kan indah kalau pada akhirnya dari kedua belah pihak, damai dan saling berma'afan tentu dengan memenuhi hak dan kewajiban dari masing2 pihak, dalam perkara ini"


uwooowwww... gak nyangka bakal rame
ternyata udah ada yang kirim dan abu gosok, makasih banyak ya agan-agan semua

mari budayakan untuk meninggalkan jangan langsung aje ye...

Ada juga kaskuser yang liat langsung kejadianya :
Quote:Original Posted By cerezzz
Wah ane pas ada disitu gan, waktu kejadiannya di sekitaran jalan gejayan dekat lampu lalu lintas ring road utara tuh, waktu ane pulang ngampus gak sengaja liat kejadian itu, spontan ane yang ada diseberang jalan dan juga pengendara lain pada ngeliatin. Mobil hondanya bagian penutup ban nya pecah dan berserakan di jalan, gak lama kemudian tuh mobil minggir sama bis nya, abis itu tau dah ane tinggal aja pulang hehehe


Komentar yang upload videonya :
Quote:Original Posted By pakchoy


(komen video di youtubenya)

mungkin ini juga bisa di jadiin pelajaran yang baik
intinya ambil hikmah yang bagus yang di dapat,yang jelek cuekin aja


Thread Ajib:
Inilah perampok sial

Pengusaha.
Shopping Center
ane pertamax?
beda urusan kalo supirnya anggota ormas , apalagi ormas yg ketua nya hobi mukulin perempuan,
kebetulan juga dari jogja
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
beda urusan kalo supirnya anggota ormas , apalagi ormas yg ketua nya hobi mukulin perempuan,
kebetulan juga dari jogja


nah itu pengecualian gan... wokokok... setau ane orang yang demen mukulin perempuan, gak jauh dari tul gak? heee

bagi dong om gayus....
wah ane pernah lihat d kota ane , ada tukang becak nabrak mobil , lecet dikit , yang punya mobil marah marah

wah ini nih yang harusnya ditiru
yout*be (lagi)
ada dia, tinggal direkam & diuplod deh
Quote:Original Posted By pengusaha.


bagi dong om gayus....


pake id nazaruddin aja deh


Jogjanya daerah mana tuh gan..?
ane aseli jokja gaan, dan ane bangga banget dah
Aseli lho iku seneng tenan nonton wong jokja guyub rukun dadi tulodho (apa artinya coba?)
Wow ini bnran saling senyum y
salut ane gan.. dewasa banget
patut ditiru sikap seperti itu
Quote:Original Posted By pitebu
Jogjanya daerah mana tuh gan..?


gejayan gan gejayan, baca gan
yach bgitulah jogja..
Jd kagen,ane jape methe yg lg glidik di jakarta,
asli disni susah bgt nemu kjadian yg bgitu..love jogja
pengalaman ane pas ane laka selalu ane senyum gan tapi tetep , walaupun kaki ane sampe patah,
salut deh dengan cara penyelesaian masalah seperti ini, selalu dihadapi dengan senyum dan pasti ada jalan terbaik untuk penyelesaiannya
tergantung orang tuh....
tapi kalo diliat samplenya cuma itu, ga bisa dibilang kalo orang jogja bakal gitu semua.
semoga bisa dijadikan pelajaran bahwa menyelesaikan masalah dengan otot sama aja omong kosong



Posted with kaskusQR
Quote:Original Posted By M.Nazaruddin.


pake id nazaruddin aja deh




aih... om gayus yang ini emang baik hati deh...
emang ya... sahabat pengusaha nih...
om gayus, sama om nazaruddin...
mungkin kebeneran aja kali gan kedua belah pihak sama2 asik, coba klo salah satunya aparat bisa beda urusannya
×