Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

habibieboender7Avatar border
TS
habibieboender7
Fakta Pendidika Indonesia
Setiap Menit, Empat Anak Putus
Sekolah
Berdasarkan laporan Education for All
Global Monitoring Report yang dirilis
UNESCO 2011, tingginya angka putus
sekolah menyebabkan peringkat indeks
pembangunan rendah. Indonesia berada
di peringkat 69 dari 127 negara dalam
Education Development Index.
Sementara, laporan Departeman
Pendidikan dan Kebudayaan, setiap menit
ada empat anak yang putus sekolah.
Banyak faktor yang mempengaruhi
tingginya angka putus sekolah di
Indonesia. Namun faktor paling umum
yang dijumpai adalah tingginya biaya
pendidikan yang membuat siswa tidak
dapat melanjutkan pendidikan dasar.
Data pendidikan tahun 2010
menyebutkan 1,3 juta anak usia 7-15
tahun terancam putus sekolah.
54% Guru di Indonesia Tidak Memiliki
Kualifikasi yang Cukup untuk Mengajar
Guru merupakan ujung tombak dalam
meningkatkan kualitas pendidikan, dimana
guru akan melakukan interaksi landsung
dengan peserta didik dalam pembelajaran
di ruang kelas. Melalui proses belajar dan
mengajar inilah berawalnya kualitas
pendidikan. Artinya, secara keseluruhan
kualitas pendidikan berawal dari kualitas
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru
di ruang kelas.
Secara kuantitas, jumlah guru di Indonesia
cukup memadai. Namun secara distribusi
dan mutu, pada umumnya masih rendah.
Hal ini dapat dibuktikan dengan masih
banyaknya guru yang belum sarjana,
namun mengajar di SMU/SMK, serta
banyaknya guru yang mengajar tidak
sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka
miliki. Keadaan ini cukup memprihatinkan,
dengan prosentase lebih dari 50% di
seluruh Indonesia.
Menurut data Kemendiknas 2010 akses
pendidikan di Indonesia masih perlu
mendapat perhatian, lebih dari 1,5 juta
anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan
sekolah. Sementara dari sisi kualitas guru
dan komitmen mengajar terdapat lebih
dari 54% guru memiliki standar kualifikasi
yang perlu ditingkatkan dan 13,19%
bangunan sekolah dalam kondisi perlu
diperbaiki.
Hal ini seharusnya menjadi salah satu titik
berat perbaikan sistem pendidikan di
Indonesia, mengingat semakin maju-nya
suatu negara bermula dari pendidikan
yang berkualitas, pendidikan yang
berkualitas bermuara dari pembelajaran
yang berkualitas, pembelajaran yang
berkualitas dimulai dari pengajar yang
berkualitas pula.
Menurut Education Development
Index (EDI) Indonesia berada pada
posisi ke-69
Berdasarkan data, perkembangan
pendidikan Indonesia masih tertinggal bila
dibandingkan dengan negara-negara
berkembang lainnya. Menurut Education
For All Global Monitoring Report 2011
yang dikeluarkan oleh UNESCO setiap
tahun dan berisi hasil pemantauan
pendidikan dunia, dari 127 negara,
Education Development Index (EDI)
Indonesia berada pada posisi ke-69,
dibandingkan Malaysia (65) dan Brunei
(34).
34% Sekolah di Indonesia Kekurangan
Guru
Distribusi Guru tidak merata. 21% sekolah
di perkotaan kekurangan Guru. 37%
sekolah di pedesaan kekurangan Guru.
66% sekolah di daerah terpencil
kekurangan Guru dan 34% sekolah di
Indonesia yang kekurangan Guru.
Sementara di banyak daerah terjadi
kelebihan Guru.
Sumber: Teacher Employment &
Deployment, World Bank 2007
0
1.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan