KASKUS

Exclamation Hiu Putih Ternyata Pemangsa Ikan Paus


Hiu Great White (Sharkdiver.com)


Quote:VIVAnews - Sejumlah temuan menempatkan ikan hiu sebagai predator paling mematikan di laut setelah ikan paus. Namun, studi terbaru mencatat, ternyata ikan hiu putih adalah pemangsa ikan paus besar.

Sebuah studi baru menemukan, sekumpulan ikan hiu putih akan pesta makanan jika ada ikan paus yang sedang sekarat atau sudah mati. Daging dan lemak ikan paus menjadi sumber makanan penting bagi predator tersebut.

Temuan ini didapat setelah para peneliti melakukan penelitian dari tahun 2000 sampai 2010. Mereka menemukan ikan hiu putih besar berukuran lima meter sedang memakan lemak ikan paus di perairan Afrika Selatan.

"Ikan hiu putih siap menerkam ikan paus yang sudah sekarat maupun yang telah menjadi bangkai. Hiu putih memiliki penciuman yang tajam, tidak sampai 24 jam ikan hiu itu sudah dapat menemukan bangkai ikan paus," kata Neil Hammerschlag, Ahli Ekologi Kelautan dari University of Miami, dilansir NBC News, Kamis 11 April 2013.

Saat ini, ia menambahkan, para peneliti masih menduga kalau hiu putih telah mengambil keuntungan dari situasi tersebut. "Tidak ada pertempuran dalam penyerangan yang dilakukan oleh ikan hiu putih terhadap ikan paus," jelasnya.

Para peneliti juga mengamati serangan yang dilakukan oleh ikan hiu. Biasanya, ikan hiu putih besar akan menyerang lebih awal untuk mendapatkan lemak ikan paus, sementara hiu yang berukuran kecil menjaga jarak dari ikan paus, dan hanya memakan sisa-sisa lemak yang melayang di air.

Cara Memangsa Ikan Paus

Studi baru ini juga memaparkan, untuk mendapatkan lemak ikan paus, ikan hiu putih akan terus-menerus menabrakkan kepalanya ke badan ikan paus.

"Itu dilakukan untuk menghancurkan lemak ikan paus. Hal itu dilakukan karena ikan hiu putih tidak dapat membuka rahangnya untuk menggigit badan ikan paus," kata Chris Hammerschlag.

Daging dan lemak ikan paus ternyata memainkan peran penting sebagai penyedia makanan berkalori tinggi untuk ikan hiu putih besar. Situasi ini merupakan sebuah bentuk ekosistem dari ikan hiu putih predator dalam mencari makanan.

Hasil penelitian sudah dipublikan di Jurnal PLos ONE pada tanggal 9 April 2013. (sj)


Beraninya klo sdh sekarat, coba waktu msh sehat

Tp bagus sih, biar bangkai paus ada yg ngurus
Wuuik emang predator sejati nih
Klo g ada hiu siapa yg bersih2 laut
coba lawan paus yg item putih, bisa dibelah dua
holy war is starting yet gan?
Quote:Original Posted By FullKuncen
coba lawan paus yg item putih, bisa dibelah dua


Itu paus pembunuh gan atau paus orca
Yah bener tuh .. Giliran nemu orca kabur tuh hiu putih ... Malah kadang jadi mainannya orca .
.

Lawan PAUS besar... Coba kalo lawan PAUS pembunuh...

Quote:Original Posted By mamad.wtf
kok sering ane liat ya, manusia sering melkukan hal ini di indonesia



Knapa gan?

Masalah buat lo



Udah ah gak usah dilanjutin gan
namanya juga rantai makanan..

bakal repot juga klo sampe bangkai busuk segede gaban mampir ke daratan
sekedar info: kalo yang spesies nya akhiran us or cus seperti benediktyus, urbancus itu verified pemangsa bocah2...

Quote:Original Posted By killergodnana
Itu paus pembunuh gan atau paus orca


Sama aja gan, lbh ganas malah drpd hiu

ada videonya gak tuh orca vs hiu putih
Quote:Original Posted By Diosaurus
ada videonya gak tuh orca vs hiu putih


Perkelahian tak seimbang lebih tepatnya gan, soalnya pausnya sdh sekarat. Klo msh sehat keknya gak bakalan berani
Quote:Original Posted By FullKuncen
coba lawan paus yg item putih, bisa dibelah dua


bukannya ada beritanya yah disini yg paus orca makan hiu putih?
Quote:Original Posted By dante_craze
bukannya ada beritanya yah disini yg paus orca makan hiu putih?


Ini ada videonya om



Tp ga relevan sm berita
ya fungsinya kan kayak piranha..
bagian bersih2 ekosistem..
Sayang blm ada videonya. Tp Orca kelihatan lbh ganteng
Quote:Original Posted By old.paper


Perkelahian tak seimbang lebih tepatnya gan, soalnya pausnya sdh sekarat. Klo msh sehat keknya gak bakalan berani


lah, di berita disebut PAUS berukuran besar

mungkin PAUS bongkok atau sejenisnya...

kalo PAUS yang ukuran segitu, sekarat gak sekarat mudah diserang
Quote:Original Posted By sky.hunter


lah, di berita disebut PAUS berukuran besar

mungkin PAUS bongkok atau sejenisnya...

kalo PAUS yang ukuran segitu, sekarat gak sekarat mudah diserang


kamsudnya apa gan? :think ora mudeng
Quote:Original Posted By 4bugs


kamsudnya apa gan? :think ora mudeng


tuh di beritanya kan disebut PAUS yang dimangsa kan hidup di perairan Afsel. Nah, di sana itu habitatnya PAUS berukuran besar...

Sementara PAUS pembunuh habitatnya di belahan bumi utara...
×