KASKUS

Masalah Kontrak Kerja

Jd gini gan, ane guru dan sdh 2,5 taon ini dikontrak. Yg pertama 1,5 taon lalu diperpanjang 1 taon. Nah 2 bln lg (30 Juni) kontrak ane abis dan ane ditawarin kontrak lg. Mrk ga mau angkat ane jd pegawe tetap walopun kinerja ane memuaskan. Secara hukum brp kali kontrak ato brp taon kontrak br ane wajib diangkat jd pegawe tetap?

Ane dpt tawaran kerja tp mulai kerja 1 Mei. Ane rencana mo resign aja dr kerjaan skrg. Nah di kontrak ane dituliskan ane wajib ganti rugi klo resign senilai sisa kontrak itu (2 bln). Secara hukum apakah ini Perdata apa Pidana? Dan klo ane cabut aja resikonya apa?
Gan, yg namanya jk waktu PKWT itu skemanya begini:
1. PKWT awal = maks. 2 taun
2. PKWT perpanjangan = maks. 1 taun
3 PKWT Pembaharuan = maks. 2 taun, dengan ketentuan antara PKWT perpanjangan dengan PKWT pembaharuan si pekerja harus "dirumahkan" terlebih dahulu selama 30 hari..

Kalo salah satu hal di atas dilanggar, ente statusnya jd PKWTT (pegawai tetap).

Kalo masalah brp bnyk n lama PKWT utk hrs diangkat, memang gada ketentuan yg mewajibkan PKWT diangkat menjadi PKWTT, kecuali memang ada pelanggaran tertentu kyk yg ane sebutin di atas td.

Pekerjaan ente itu guru apa/dmn y? Ane ga tlalu apal aturan soal profesi guru.. kan ada guru honorer, dll y? (maaf nubie)

Soal resign n harus ganti rugi, aturannya dari UU 13/2003 pasal 62.. Kalo "ganti rugi" msknya ranah perdata.

Soal resiko yg mgkn muncul, ente baca lg PKWT ente.. mgkn diatur disitu (selain yg ganti rugi itu).
Quote:Original Posted By nembak
Jd gini gan, ane guru dan sdh 2,5 taon ini dikontrak. Yg pertama 1,5 taon lalu diperpanjang 1,5 taon. Nah 2 bln lg (30 Juni) kontrak ane abis dan ane ditawarin kontrak lg. Mrk ga mau angkat ane jd pegawe tetap walopun kinerja ane memuaskan. Secara hukum brp kali kontrak ato brp taon kontrak br ane wajib diangkat jd pegawe tetap?

Ane dpt tawaran kerja tp mulai kerja 1 Mei. Ane rencana mo resign aja dr kerjaan skrg. Nah di kontrak ane dituliskan ane wajib ganti rugi klo resign senilai sisa kontrak itu (2 bln). Secara hukum apakah ini Perdata apa Pidana? Dan klo ane cabut aja resikonya apa?


Perpanjangan 1,5 tahun? Jelas sudah..... Pelanggaran ketentuan PKWT.... Hahaha.
Akibatnya dari pelanggaran ketentuan PKWT? Demi hukum status agan jadi PKWTT alias pekerja tetap.
Kalo normalnya, proses paling lama sampe diangkat jadi pekerja tetap:
PKWT 2 th, perpanjangan 1 th, jeda 30 hari, pembaruan 2 th. Jd total 5 th 30 hari.Itupun kalo diangkat. Kalo ga diangkat ya sudah, kontrak sudah berakhir. Kalo ngga diangkat tapi disuruh tetep kerja? Otomatis status agan jadi pekerja tetap.

Saran ane: Ajak perusahaan untuk rundingan dulu / bipartit (3kali lah). Kalo g datang atau g menemukan titik temu (harus ada berita acara rapatnya), lo lapor ke disnaker, minta tripartit. Nanti kan ada hasilnya. Kalo dia g menerima hasil tripartit, ya pilihannya mau lo lanjutin ke PHI (pengadilan hubungan industrial) atau ngga? Kalo lanjut, inget, biaya g murah. Kalo ga lanjut, mending ga usah neko2 dari awal. Masa berhenti di tengah2.
Quote:Original Posted By LookingForOcky
Gan, yg namanya jk waktu PKWT itu skemanya begini:
1. PKWT awal = maks. 2 taun
2. PKWT perpanjangan = maks. 1 taun
3 PKWT Pembaharuan = maks. 2 taun, dengan ketentuan antara PKWT perpanjangan dengan PKWT pembaharuan si pekerja harus "dirumahkan" terlebih dahulu selama 30 hari..

Kalo salah satu hal di atas dilanggar, ente statusnya jd PKWTT (pegawai tetap).

Kalo masalah brp bnyk n lama PKWT utk hrs diangkat, memang gada ketentuan yg mewajibkan PKWT diangkat menjadi PKWTT, kecuali memang ada pelanggaran tertentu kyk yg ane sebutin di atas td.

Pekerjaan ente itu guru apa/dmn y? Ane ga tlalu apal aturan soal profesi guru.. kan ada guru honorer, dll y? (maaf nubie)

Soal resign n harus ganti rugi, aturannya dari UU 13/2003 pasal 62.. Kalo "ganti rugi" msknya ranah perdata.

Soal resiko yg mgkn muncul, ente baca lg PKWT ente.. mgkn diatur disitu (selain yg ganti rugi itu).


Maaf gan ane salah tulis, diperpanjang 1 taon bkn 1,5 taon. Jd kontrak ane yg pertama 1,5 taon trus diperpanjang 1 taon jd total ane udah kerja di sekolah itu selama 2,5 taon sbg guru kontrak full time. Nah berdsrkan pembetulan ane itu apa analisis agan berubah ato tetep sama gan?

Krn msk Perdata dan bkn Pidana, klo ane lari gitu aja apa ane bkl dikejar polisi lalu msk penjara apa gmn?

Quote:Original Posted By law.prototype


Perpanjangan 1,5 tahun? Jelas sudah..... Pelanggaran ketentuan PKWT.... Hahaha.
Akibatnya dari pelanggaran ketentuan PKWT? Demi hukum status agan jadi PKWTT alias pekerja tetap.
Kalo normalnya, proses paling lama sampe diangkat jadi pekerja tetap:
PKWT 2 th, perpanjangan 1 th, jeda 30 hari, pembaruan 2 th. Jd total 5 th 30 hari.Itupun kalo diangkat. Kalo ga diangkat ya sudah, kontrak sudah berakhir. Kalo ngga diangkat tapi disuruh tetep kerja? Otomatis status agan jadi pekerja tetap.

Saran ane: Ajak perusahaan untuk rundingan dulu / bipartit (3kali lah). Kalo g datang atau g menemukan titik temu (harus ada berita acara rapatnya), lo lapor ke disnaker, minta tripartit. Nanti kan ada hasilnya. Kalo dia g menerima hasil tripartit, ya pilihannya mau lo lanjutin ke PHI (pengadilan hubungan industrial) atau ngga? Kalo lanjut, inget, biaya g murah. Kalo ga lanjut, mending ga usah neko2 dari awal. Masa berhenti di tengah2.


Maaf gan ane salah tulis, diperpanjang 1 taon bkn 1,5 taon. Jd kontrak ane yg pertama 1,5 taon trus diperpanjang 1 taon jd total ane udah kerja di sekolah itu selama 2,5 taon sbg guru kontrak full time. Nah berdsrkan pembetulan ane itu apa analisis agan berubah ato tetep sama gan?

Udah dilakukan senior ane gan (memperjuangkan agar dpt status karyawan tetap), dia udah 6 taon disitu jg perpanjang kontrak terus tiap taon. Emg sih ditawarin kontrak 2, 3, 4, 5 taon cuma sengaja senior ane milih perpanjang setaon tiap taon biar klo ada peluang yg lbh baik ga gitu susah berhentinya.

Ohya gan klo ane lari aja ga mau ganti rugi sebesar 2 bln gaji sesuai kontrak apa ane akan msk penjara gan? Apa yg terjadi dgn ane gan klo cabut gitu aja? Bkn mo niat jahat gan, abis ane ga dikasi status permanen ya kebetulan ada yg mau knp ga ya kan.

Mohon bantuannya agan2 skalian
Quote:Original Posted By nembak
Mohon bantuannya agan2 skalian


udah signing kontrak di tempat baru? di perjanjian dengan tempat kerja sekarang musti ada pemberitahuan sebelumnya ga kalau mau cabut? biasanya suka ada kan tu....

ya bayar aja kalau mau ringkes.. itu kan cuman dibilang suruh bayar sisa kontrak, tapi ga disuru bayar cash kan? wkwkwk.. minta di kredit aja.. ezy pay..
Quote:Original Posted By dedenmayaden


udah signing kontrak di tempat baru? di perjanjian dengan tempat kerja sekarang musti ada pemberitahuan sebelumnya ga kalau mau cabut? biasanya suka ada kan tu....

ya bayar aja kalau mau ringkes.. itu kan cuman dibilang suruh bayar sisa kontrak, tapi ga disuru bayar cash kan? wkwkwk.. minta di kredit aja.. ezy pay..


Blm sign kontrak tp udah diterima. Disitu permanen, ohya permanen ga pake sign2 kontrak gitu kan? Ga ada soal pemberitahuan mo cabut, yg ada cuma ganti rugi sisa kontrak senilai besaran gaji (2 bln gaji).

Klo cabut aja gmn gan? Toh ane ga ngerugiin mrk scara materi. Pengganti ane jg udah ada gan semenjak ane blg ga lanjut kontrak sebln lalu. Apa ane bkl ke penjara apa gmn gan klo cabut aja?

Quote:Original Posted By nembak


Blm sign kontrak tp udah diterima. Disitu permanen, ohya permanen ga pake sign2 kontrak gitu kan? Ga ada soal pemberitahuan mo cabut, yg ada cuma ganti rugi sisa kontrak senilai besaran gaji (2 bln gaji).

Klo cabut aja gmn gan? Toh ane ga ngerugiin mrk scara materi. Pengganti ane jg udah ada gan semenjak ane blg ga lanjut kontrak sebln lalu. Apa ane bkl ke penjara apa gmn gan klo cabut aja?



langsung permanen tanpa percobaan gitu?
ya ga gitu juga.. baiknya ada perjanjian kerjanya, tapi ya gak ada ketentuan mengenai jangka waktu kerjanya itu ampe kapan...

ya rugi dong, secara materi.. makanya ada ketentuan ganti rugi itu kan..
lebih baik diomongin dulu lah sama HR atau yang rekrut lu dulu itu.. bagusnya kan ada surat pengunduran diri jg gitu misalnya..

dibalik aja, kalau tiba2 tempat lu yang sekarang mutus kontrak trus ga ganti rugi ke lu, lu nya gimana..

Quote:Original Posted By dedenmayaden


langsung permanen tanpa percobaan gitu?
ya ga gitu juga.. baiknya ada perjanjian kerjanya, tapi ya gak ada ketentuan mengenai jangka waktu kerjanya itu ampe kapan...

ya rugi dong, secara materi.. makanya ada ketentuan ganti rugi itu kan..
lebih baik diomongin dulu lah sama HR atau yang rekrut lu dulu itu.. bagusnya kan ada surat pengunduran diri jg gitu misalnya..

dibalik aja, kalau tiba2 tempat lu yang sekarang mutus kontrak trus ga ganti rugi ke lu, lu nya gimana..



Udah diomongin gan, bahkan smua yg ada di skolah ane tuh dikontrak. Cuma owner doank yg kaga dikontrak. Makanya HRnya ga gitu peduli jg pas ane bhs krn mrk jg nasibnya sm. Bahkan ada yg udah 10 taon disitu masih kontrak jg.

Rugi materi gmn gan? Ane kan kerja dulu baru pas hbs bln diberi uang. Ane justru pas awal msk sm diperpanjang sm pimpinan dijanjiin karyawan tetap setelah 2 taon. Tp janji doank, realisasi ga ada. Hitam diatas putih ga ada, saksi jg ga ada.

Krn perlakuan kegitu ane mau cabut aja. Tp ane perlu tau apakah dgn cabut gitu aja ane bisa dimasukin penjara apa ga? Trus krn ini Perdata, dlm hal ini ganti rugi 2 bln gaji buat kompensasi kontrak, bisa ga tiba2 mrk nuduh Pidana? Misalnya dibilang penipuan gitu...
klo perusahaan ente cuma nuntut pinalty sisa kontrak doang mah bayar aja gan,yg penting urusan ente kelar.

Ditempat ane malah ada beberapa orang yg keluar tp sisa kontrak masih banyak,lewat2 aja tuh,cuma ditagih via telpon doang.
Quote:Original Posted By Kaysannawfalali
klo perusahaan ente cuma nuntut pinalty sisa kontrak doang mah bayar aja gan,yg penting urusan ente kelar.

Ditempat ane malah ada beberapa orang yg keluar tp sisa kontrak masih banyak,lewat2 aja tuh,cuma ditagih via telpon doang.


Nah mslhnya ane mo tau klo ane cabut gitu aja, secara hukum mrk bisa ga masukin ane ke penjara? Soalnya ane baca2 lg, secara Perdata, mrk bisa minta sita jaminan thdp rmh ane ato mbl ane sbg kompensasi. Jd ane mo tau dr agan2 yg pada melek hukum, secara nyata, bhy apa sj yg ane akan hadapi secara Perdata jika ane cabut gitu aja?
Mohon bantuannya agan2
Quote:Original Posted By nembak


Nah mslhnya ane mo tau klo ane cabut gitu aja, secara hukum mrk bisa ga masukin ane ke penjara? Soalnya ane baca2 lg, secara Perdata, mrk bisa minta sita jaminan thdp rmh ane ato mbl ane sbg kompensasi. Jd ane mo tau dr agan2 yg pada melek hukum, secara nyata, bhy apa sj yg ane akan hadapi secara Perdata jika ane cabut gitu aja?


Nggak ada urusan sama penjara ini Gan..

Sita jaminan bisa aja diajukan bersama gugatan perdata ke pengadilan. Tapi ane sangsi mereka mau repot-repot urusan duit ga seberapa. Bisa nombok mereka nanti.

Kalo emang sisa 2 bulan doang mah, bayar aja. Kalo berat bayar langsung, ya dicicil.
×