KASKUS

Objek Wisata Tanah Bumbu Mappanretasi (Pesta Laut Pantai Pagatan Setiap Bulan April)



Sebelumnya ane cuma minta bantu
kalo kaskuser sejati sih gak ane raguin lagi udah pasti ninggalin jejak
Buat yang ISO or yang Dermawan boleh donk bagi biar ane cemungut buat Trit lagi


Spoiler for Pagatan Beach:

Mappanretasi
Quote:
Mappanretasi (pesta laut) adalah sebuah upacara adat Suku Bugis di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
Pesta laut ini dilaksanakan selama tiga minggu di bulan April.
Dan puncak dari Mappanretasi dilaksanakan pada minggu terakhir di Bulan April.

Pada acara puncaknya akan dimeriahkan oleh kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ketengah laut.Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan setiap sore dan malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam.



Agenda wisata tahunan ini tujuannya untuk memberi makan laut sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil laut yang melimpah.
Para nelayan Suku Bugis yang tinggal di pesisir Pantai Pagatan, Tanah Bumbu menggelar upacara mappanretasi atau memberi makan laut dengan cara melarung sesajen sebagai wujud syukur atas hasil laut. Sesajen tersebut berupa sesisir pisang barengseng, nasi ketan warna putih, hitam, kuning dan merah jambu, juga dilengkapi dengan ayam panggang dan pisang raja.
Sesajen tersebut mengiring ayam berwarna hitam yang di bawa naik kapal nelayan yang telah disiapkan.

Pemimpin acara sakral selamatan laut atau biasa disebut Sandro.
Sandro merupakan gelar yang diperoleh secara turun temurun yang diperoleh melalui titisan leluhurnya yang tidak dapat diambil alih oleh orang lain. Sandro mappanretasi didampingi 12 pengiring atau dayang yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 6 orang laki-laki telah menunggu di atas kapal nelayan tersebut.
Sandro yang mengenakan kopiah bugis bone dan mengenakan pakaian adat bugis yang serba kuning memberi aba-aba agar kapal bertolak dari pantai menuju ke titik di tengah laut yang telah ditentukan oleh sandro.
Malam sebelum prosesi selamatan laut dilaksanakan, sandro turun ke laut yang semacam survei pendahuluan untuk menentukan titik koordinat posisi yang tepat untuk selamatan laut tersebut.
Menemukan titik sakral di tengah laut tidaklah mudah, ibarat mengirim surat, kalau alamatnya tidak jelas, maka surat tersebut tidak akan sampai. Menemukan titiknyapun harus dengan menggunakan kontak batin ke alam gaib yang hanya bisa dilakukan oleh sandro. Setelah kapal sampai ke titik yang telah ditentukan, ratusan kapal nelayan terlihat mengerubungi kapal yang ditumpangi sandro untuk mengikuti pembacaan doa selamatan laut. Usai pembacaan doa oleh sandro, ayam hitam yang telah disiapkan langsung dipotong dan dilepas ke laut. Begitu pula sesajen yang telah disiapkan juga lepas.
Mappanretasi berasal dari bahasa Bugis yang terdiri dari dua kata yaitu Ma’ppanre yang berarti memberi makan dan Tasi berarti laut.
Jadi Mappanretasi, artinya memberi makanan di laut.
Upacara adat ini dilaksankan secara turun temurun oleh masyarakat setempat.

acara tahun ini bakal di meriahkan sama band noah gan

Bagi agan/sista yang mau pergi berlibur!!!
mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan untuk di jadikan tujuan wisata agan/sista sekalian mengangkat wisata" lokal di tanah air , coz acara nya cuman di adakan setiap bulan april doank gan

Sekian dulu thread dari ane (asli anak kalsel) moga ada hasil nya aja deh gan
By.Boznia


Quote:Original Posted By kawaiirashi
hari sabtu tggal 27 jam 8 pagi ada acara makan cumi gratis sanak ae, ampe 1000 koki yg bakar2 cumi nya, tinggal makan aja, mecahkan rekor jarr...., sorenya nyar noah tampil.... , kalo acara penutupan / puncaknya tggl 28 hr minggu


Pertamax TS aman kan dari penjual obat-obat terlarang
Quote:Mampir Ketrit Ane Yang Lain Gan
Quote:#Hot Thread
Karnaval Karya
Quote:
Moga Aja Jadi Calon #HT juga

Quote:
Keduax Gan
Quote:Original Posted By Gheth086
Keduax Gan


ya ya ane tau ente keduax gan asal jangan lupa aja ya

rencananya ane minggu ini mau kesana jg gan hahahaa
Quote:Original Posted By thecLover
rencananya ane minggu ini mau kesana jg gan hahahaa


wow dari mana gan?
semangat semangat sundul terus
wisata bugis
Quote:Original Posted By smugehub

kepada pihak kaskus, jangan kekang kebebasan berpendapat kami

save our DC



merdeka gan
kesana ahhh ntr kpn2
Quote:Original Posted By iso.kesatu
kesana ahhh ntr kpn2


acaranya cuman di bulan april gan buruan
koq sepi ya up up
Ane udah pernah ke sana ngliatin upacaranya...
wisata yang unik, ane belum pernah kesana gan
ini diadakan sepanjang bulan april atau minggu tertentu aja keren threadnya
mantab dingsanak
Quote:Original Posted By jam10malam
Ane udah pernah ke sana ngliatin upacaranya...

keren gan
Quote:Original Posted By anx13ty
wisata yang unik, ane belum pernah kesana gan

Cobain gan wisata lokal sesekali
Quote:Original Posted By AMBUR3Y
ini diadakan sepanjang bulan april atau minggu tertentu aja keren threadnya

1 minggu setelah bulan april
jadi setiap minggu ke 2 ke 3 sampe ke 4 itu selalu ada bazzar di pantai pagatan itu dan puncak nya di akhir bulan april gan

Quote:Original Posted By alpy
mantab dingsanak


makasih dingsanak lah
sunyi nah dingsanak ae
indahnyoo
macet pang ke sananya

tp ulun penasaran handak kesana, gan ae
oia, ada kompetisi nih..

Kompetisi thread BPLN