KASKUS

Mendikbud: Kalau Tidak Ujian, Anak-Anak Mau Lulus Pakai Apa?

Jakarta - Carut marut Ujian Nasional (UN) 2013 menuai kecaman dari berbagai kalangan. Meski demikian, Mendikbud M Nuh menegaskan UN harus tetap dilaksanakan di provinsi tersebut.

"Terus anak-anak mau ujian pakai apa?" ujar M Nuh usai acara Seminar Indonesia Young Leader Forum, di Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Terkait pelaksanaan UN di Provinsi Kaltim yang tertunda, M Nuh berjanji akan dilaksanakan secepatnya. Saat disinggung kepastian pelaksanaan UN di Kaltim M Nuh hanya menjawab diplomatis.

"Harus ujian, ini akan diusahakan secepatnya," paparnya.

Lanjut, M Nuh mengatakan jika UN di Kaltim tidak dilaksanakan, maka alat ukur kelulusan siswa-siswi di provinsi tersebut tidak ada. "Kalau tidak pakai ujian, mereka mau lulus pakai apa?" tandasnya.

http://news.detik..com/read/2013/04/...pa?nd772204btr

BAPAK PIKIR AJA SENDIRI....
gue setuju sama UN. tanpa UN, paling-paling semua siswa diluluskan. Quality control-nya mana?
SBY, MEGA, GUS DUR, orang DPR yg sekarang

doloenya SMA pake UNAS PAK.....jadi orang sekarang....

ngaco aja ne mantan rektor!!!!!
Quote:Original Posted By harlemstyle
"Kalau tidak pakai ujian, mereka mau lulus pakai apa?"


Pake Ijazah pak. Ngelamar kerja ga pake LJK
ujian sih tetep ujian dongok
tapi gak usah pakai 20 paket segala

mana lembar jawabannya katanya tipis, koreksinya pakai scanner
bisa2 gak lululs ujian, gara2 jawabannya gak kebaca karna itemin buletannya gak bener
Quote:Original Posted By INCUBATOR
SBY, MEGA, GUS DUR, orang DPR yg sekarang

doloenya SMA pake UNAS PAK.....jadi orang sekarang....

ngaco aja ne mantan rektor!!!!!


mau pake apapun semua pasti jadi orang karena memang verifikasinya dulu ya itu,

gak bisa dipungkiri parameter yang digunakan ya memang UN, meskipun UN gak menentukan, masih ada 40% yang menentukan diluar UN.

kalau guru sebagai control penentu kelulusan bisa diterapkan ya oke, tapi lihat kondisi siswa di Indonesia, baru ada kasus, murid dikeluarkan dari kelas aja ngadu ke kakaknya yang polisi dan Ujung Ujungnya ancaman kematian buat guru dan kepsek nya..
pertanyaan bodoh, padahal yang jadi masalah bukan ujiannya tetapi teknis pelaksanaannya yang amburadul. mantau unas aja kagak bisa, nih mendikbud kerjanya tiap hari ngapain sih di kantor
Pakkk...kan ada Raport.
Di akhir semester (kelulusan) Nilai2 di raportnya di REKAP!
Tentuin deh standar Nilai untuk LULUS tiap mata pelajaran berapa, kan bisa keliatan...
Quote:Original Posted By SutanRyan
Pakkk...kan ada Raport.
Di akhir semester (kelulusan) Nilai2 di raportnya di REKAP!
Tentuin deh standar Nilai untuk LULUS tiap mata pelajaran berapa, kan bisa keliatan...


kalo balik ke model kek gitu brati sama aja balik masa orba... yang disenengi bakal lolos ga seneng ga bakal lolos dan wani piro kembali membudaya


*kok ra mikir lho
balik lg aja ke jaman 90an
UN atau UAN atau Ebtanas atau apapun namanya tetep ada.tp semua siswa dipastikan lulus
orang orang bodoh menolak UN
Lha memangny pak Nuh sendiri dulu lulusny pake apa ?
Quote:Original Posted By black_


kalo balik ke model kek gitu brati sama aja balik masa orba... yang disenengi bakal lolos ga seneng ga bakal lolos dan wani piro kembali membudaya


*kok ra mikir lho


sistem nyang sekarang memang nya ente pikir bagus yeee.... kalo mw maen setrong, di tiap sekolah itu kantor panitia, gudang-gudangnya... kelas-kelas kosongnya diawasin selama UN.... kirim aparat polisi atw tni ke sekolah2 itu (syusyeh juga sih... aparat justru paling rentan uang nasi bungkus sama rokok...)

suruh mereka liatin apa aja nyang dikerjain panitia setelah soal dan ljk disegel....

bocoran itu ga cuma diawal.... tapi di akhir juga....

baik negeri atw swasta..... coba aja.... sidak silang.... tiap sekolah..... jangan cuma dari rayon bersangkutan aja....

kalo cuma rayon nyang sidak... hihihihi udh tw sama tw.... dateng kesekolah... ngobrol ngalor ngidul sama kepsek... sambil bilang ya bagus (a la pak Tino Sidin alm) abis itu cabut pulang....

hehehehe.... maling aje bisa teroganisir.... masa ngelulusin UN lewat cara belakang ga bisa teroganisir
dia sendiri ga pernah UN..ajaib nih mentri..
kalo lulus pakai absensi aja.......... ane setuju.....
dilema juga, kalo nggak ada UN susah juga nentuin standarnya
pasti sekolah2 non negeri pada tinggi2 an ngasih nilai..,

sebetulnya yg perlu diperbaiki adalah sistem UN itu sendiri..,
Quote:Original Posted By black_


kalo balik ke model kek gitu brati sama aja balik masa orba... yang disenengi bakal lolos ga seneng ga bakal lolos dan wani piro kembali membudaya


*kok ra mikir lho


Jaman orba ga ada youtube ama Fesbuk, kalo digituin masukin Twitter aja bisa abis Guru sampe Kepseknya tuh....
Quote:Original Posted By harlemstyle
Jakarta - Carut marut Ujian Nasional (UN) 2013 menuai kecaman dari berbagai kalangan. Meski demikian, Mendikbud M Nuh menegaskan UN harus tetap dilaksanakan di provinsi tersebut.

"Terus anak-anak mau ujian pakai apa?" ujar M Nuh usai acara Seminar Indonesia Young Leader Forum, di Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Terkait pelaksanaan UN di Provinsi Kaltim yang tertunda, M Nuh berjanji akan dilaksanakan secepatnya. Saat disinggung kepastian pelaksanaan UN di Kaltim M Nuh hanya menjawab diplomatis.

"Harus ujian, ini akan diusahakan secepatnya," paparnya.

Lanjut, M Nuh mengatakan jika UN di Kaltim tidak dilaksanakan, maka alat ukur kelulusan siswa-siswi di provinsi tersebut tidak ada. "Kalau tidak pakai ujian, mereka mau lulus pakai apa?" tandasnya.

http://news.detik..com/read/2013/04/...pa?nd772204btr

BAPAK PIKIR AJA SENDIRI....

Profesor tapi logikanya gini...
Entah apa anak anak ITS bangga punya almamater kaya dia....

Indikator kelulusan ya Rapot, kalo mau masuk Universitas ya tar kan ada tes masuk lagi...Indikator kelulusan harusnya distandarkan per wilayah/ Indonesia Timur-Tengah-Barat....Harusnya bukan buat standar kelulusan nasional, tapi buat indikator pembagian distribusi kerja guru guru berkualitas...

Kalo guru guru pinter maunya di Jawa doang, harusnya kerja Dikbud adalah memaksa mereka tugas ke tempat terpencil, mengajar yg masi ada dipelosok...



Quote:Original Posted By tristan99
Lha memangny pak Nuh sendiri dulu lulusny pake apa ?


Pake nyontek gan.
pake nilai raport aja lah dah cukup
baru nanti ujian masuk ke jenjang selanjutnya diperketat.
yg telat dapet soal ujiannya sistem interview ato dikte aja, pak

.... udaahh balik aja ke sistem jadul ga ribet, ga stress ... 1-1nya alesan ga lulus adalah ga ikut ujian

sekolah senang, murid senang, pemerintah aman ... biar alam aja yg nyeleksi mana yg berkualitas ato ga
×