wah panjang tenan itu pembabaran nya, naro jejak dulu ah sambil baca babaran nya
Apa bedanya? Nunggu sesepuh banteng keluar...
ihh sereeeem jangan main-main sama yang namanya roh atau nyawa deh

intinya ruh atau nyawa tuhan yang berikan dan kapanpun allah mau mengambil kembali itu kehendak dia sang pencipta
izin nyimak puh....
Quote:Original Posted By nethaa

brarti sakti buanget donk puh hexa..yg bs tarik sukma ato iket sukma itu?
terlepas dari BKI ato tdk nya orang yg bs tsb hehe


,. kemungkinan besar sih iya,..
co yg bisa spt itu ya, jelas sekali dgn sgt mudah bs narik & ngiket sukma cw, sekalipun ce nya sedang pk jilbab,..,..istilah tuh unbelieveable gt laah,..hahaha..


Cuman terkadang , apa yg disebut sakti itu pny sudut pandang yg agak beda2,.tergantung dr level mn ngliatnya.
Intinya,.mis: org yg dianggap sakti dan pasti,.biasanya raganya gak pernah sakit secuilpun,( apalagi smp msk rmh sakit.) slm mis 7 thn/lebih berturut2.. ..simple kan.
Quote:Original Posted By hexasana
,. kemungkinan besar sih iya,..
co yg bisa spt itu ya, jelas sekali dgn sgt mudah bs narik & ngiket sukma cw, sekalipun ce nya sedang pk jilbab,..,..istilah tuh unbelieveable gt laah,..hahaha..


Cuman terkadang , apa yg disebut sakti itu pny sudut pandang yg agak beda2,.tergantung dr level mn ngliatnya.
Intinya,.mis: org yg dianggap sakti dan pasti,.biasanya raganya gak pernah sakit secuilpun,( apalagi smp msk rmh sakit.) slm mis 7 thn/lebih berturut2.. ..simple kan.

hihi kocak juga nich..babar lebih dlam lagi donk puh
Quote:Original Posted By fauzanbelle
ihh sereeeem jangan main-main sama yang namanya roh atau nyawa deh

intinya ruh atau nyawa tuhan yang berikan dan kapanpun allah mau mengambil kembali itu kehendak dia sang pencipta


apakah sama ea mbah ruh dengan nyawa?? atau 2 entitas yg berbeda??
Quote:Original Posted By cakraSempurna


apakah sama ea mbah ruh dengan nyawa?? atau 2 entitas yg berbeda??


domprok lagi ahh sambil nunggu jawaban dari si empuuuu.....

ijin nyimak mbah.

Salam salim.
ndeprok dulu sambil nyimak...
Sedikit yang saya pahami,..
Ruh adalah kumpulan dari 7 bagian Jiwa/sukma/nafs yang mempunyai Nama, Warna, Bentuk, Fungsi dan tujuannya masing-masing.
1. Akal
2. Nafsu
3. Nyawa
4. Iman
5. Ilmu
6 dan 7 ???
Manusia sempurna bila ketujuh bagian Ruh ini ada pada dirinya..
Pernah dengar dan lihat ..
Manusia yang hilang Akalnya ??
Manusia yang hilang Nafsunya ??
Manusia yang hilang Imannya ??
Manusia yang hilang Ilmunya??
Manusia yang hilang Nyawanya??
?? dan ??
Sempurnakah manusia itu ??

"Maka Dia menjadikannya Tujuh Langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya." (Al Qur'an, 41:11-12)

Quote:Original Posted By Wardhog
Sedikit yang saya pahami,..
Ruh adalah kumpulan dari 7 bagian Jiwa/sukma/nafs yang mempunyai Nama, Warna, Bentuk, Fungsi dan tujuannya masing-masing.
1. Akal
2. Nafsu
3. Nyawa
4. Iman
5. Ilmu
6 dan 7 ???
Manusia sempurna bila ketujuh bagian Ruh ini ada pada dirinya..
Pernah dengar dan lihat ..
Manusia yang hilang Akalnya ??
Manusia yang hilang Nafsunya ??
Manusia yang hilang Imannya ??
Manusia yang hilang Ilmunya??
Manusia yang hilang Nyawanya??
?? dan ??
Sempurnakah manusia itu ??

"Maka Dia menjadikannya Tujuh Langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya." (Al Qur'an, 41:11-12)




monggo d kupas puhh...maksudnya gimana dan arahnya kemanaaa...
Untuk contoh yang mudah.
Ruh ibarat Cahaya... yang bisa dirasakan, tidak terlihat dan nyata.
Jiwa/Nafs ibarat Warna... yang mempunyai bermacam-macam.

Perhatikan Pelangi !!

Bagaimana cahaya dapat dipisahkan menjadi 7 bagian warna.??

Begitu juga Ruh, Dia adalah satu kesatuan dari kumpulan jiwa/nafs yang tidak bisa dipisahkan. Satu hilang tidaklah disebut sempurna seseorang.
Masing-2 jiwa/nafs ditutupi oleh tabirnnya, masing-2 mempunyai batasan/Takdirnya sendiri, saling mempengaruhi dan ketergantungan.

Jadi kita bisa membedakan antara Ruh, Jiwa atupun nyawa.

Apakah mungkin kita bisa melihatnya secara jelas ??
Setiap manusia pasti akan melihatnya secara jelas ! kapan ?? (..min hadza fakasyafna anka..) Bila nyawa sudah sampai di tenggorokan, Akan terlihat sejelas-jelasnya yang nyata dan yang gaib.

Sedang dari apa diciptakan Wallahualam bi shawab.
Maaf sebelumnya..
Quote:Original Posted By Wardhog
Untuk contoh yang mudah.
Ruh ibarat Cahaya... yang bisa dirasakan, tidak terlihat dan nyata.
Jiwa/Nafs ibarat Warna... yang mempunyai bermacam-macam.

Perhatikan Pelangi !!

Bagaimana cahaya dapat dipisahkan menjadi 7 bagian warna.??

Begitu juga Ruh, Dia adalah satu kesatuan dari kumpulan jiwa/nafs yang tidak bisa dipisahkan. Satu hilang tidaklah disebut sempurna seseorang.
Masing-2 jiwa/nafs ditutupi oleh tabirnnya, masing-2 mempunyai batasan/Takdirnya sendiri, saling mempengaruhi dan ketergantungan.

Jadi kita bisa membedakan antara Ruh, Jiwa atupun nyawa.

Apakah mungkin kita bisa melihatnya secara jelas ??
Setiap manusia pasti akan melihatnya secara jelas ! kapan ?? (..min hadza fakasyafna anka..) Bila nyawa sudah sampai di tenggorokan, Akan terlihat sejelas-jelasnya yang nyata dan yang gaib.

Sedang dari apa diciptakan Wallahualam bi shawab.
Maaf sebelumnya..


penjelasan yg mangstab puh
ayo mari di babar lagi, jadi seger siang" gini dapat pencerahan
Numpang nyimak ya mbahe...ben iso tambah elmune

panjang bener penjelasannya..
ninggalin jejak dulu buat baca2 ntar malem
bahasan yg menarik nih, ijin nyimak y puh. .
Bukannya begitu juga dengan Jasad ini yang terdiri dari 7 bagian pula,.
Min Sulalatin, Min Tien, Min Turabin, Min Khalfaqor, dan 3 jenis Min Ma'i.
Dimana di antara keduanya adalah ketentuan/Takdir Illahi.
Sempurnalah manusia!!
Jzk
topiknya benar2 luarbiasa mbah...
nyawa sama roh itu sama
klo sukma itu jiwa
kayaknya
cmiiw