KASKUS

(PENGALAMAN ANE) SIDANG TILANG DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN

Permisi agan, sista, momod dan mimin sekalian...

ane cuman ingin nge-share pengalaman ane sidang tilang di pengadilan negeri jakarta selatan pada 12 April 2013.

Kronologis sebelumnya:
ane kena tilang di depan halte busway Halimun gan karena memasuki jalur busway, yah walaupun sebenarnya waktu itu untuk menghindari karena ada kecelakaan motor didepan.
Yah singkat kata ane diberhentikan Pak Polisi.. setelah terlibat adu pendapat sedikit, akhirnya ane memutuskan untuk ditilang saja. Walaupun Pak Polisinya masih berusaha "MEYAKINKAN" ane. Tapi akhirnya dengan muka kecewa akhirnya Polisi tersebut memberikan surat tilang bewarna merah dan disebutkan ane melanggar Pasal 287 dan harus sidang pada tanggal 12 April 2013 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang kemudian ane tanda tangani.

Quote:Pasal 287(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Jumat, 12 April 2013
Dengan hati yang deg-degan (maklum pertama kali ditilang) ane datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Buat yang ga tau, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terletak di Jalan Ampera Raya.

Quote:
Spoiler for begini penampakan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan:


Jam 08.00 Tepat ane Sampai di PN Jakarta Selatan..
Pertama masuk ke Pengadilan Negeri Jakarta selatan ada spanduk yang sangat menyita perhatian ane gan..

Quote:
Spoiler for begini bunyi spanduknya:
HINDARI CALO LEBIH TERHORMAT MENGHADIRI SIDANG SENDIRI


setelah bingung dan meraba-raba, akhirnya ane bertanya pada seorang ibu petugas kalo pengurusan tilang dan ditunjukkan arahnya oleh ibu-ibu ke Loket pendaftaran Sidang Tilang].

Quote:
Spoiler for Loket Pendaftaran Sidang Tilang:
Yang ternyata Udah Ramai gan


akhirnya setelah mengantri sebentar dan memberikan slip merah tanda tilang, ane mendapatkan nomor urut
Quote:
Spoiler for nomor urut ane:
nomer 091 gan padahal ane lihat baru jam 08.10


Lalu setelah ane tanyakan ke petugas, ruang sidang ternyata baru dibuka pukul 09.00, sehingga ane memutuskan untuk berkeliling terlebih dahulu sambil lihat-lihat gan.

Hal yang menjadi Perhatian ane yang pertama adalah "TOILET"
Quote:
Spoiler for Penampakan Toilet PN Jaksel:
TOILET WANITANYA KHUSUS KARYAWAN PENGADILAN
sedangkan toilet prianya
Spoiler for toilet pria:


ane masih berkeliling dan waktu masih menunjukkan pukul 8.42 dan ane melihat ada kejadian menarik, ada pegawai pengadilan lagi main tenis meja gan
Quote:
Spoiler for tenis meja:
sebenernya pegawai pengadilan itu masuk jam berapa yah? kok jam segini masi main tenis meja


Karena udah mendekati jam 09.00 ane balik ke yang katanya nanti akan jadi ruang sidang gan, ternyata disana udah banyak yang berkumpul didepan pintunya, padahal belom ada panggilan juga.

Ga berapa lama, akhirnya pintu sidang dibuka dan petugas mulai meneriak kan nomor-nomor untuk masuk ke ruang Pengadilan.
7.. 13.. 44.. 59.. 60.. 63.. (loh kok!?)
ane bertanya-tanya dalam hati, kok urutan pemanggilannya aneh begitu?
"mulai berpikir jelek bahwa mungkin itu calo"
akhirnya saat pemanggilan nomor 123 dan ada bapak yang menyahut, ane beranikan diri bertanya pada bapak tersebut. "Pak kok udah nomer 123 aja ya? Bapak tersebut menjawab "nomer yang dari kemaren dek"
ow ternyata begitu.. setelah bapak tadi, baru akhirnya petugas mulai meneriakkan nomer berurutan 1-20
Quote:
Spoiler for Penampakan depan Ruang sidang:


Setelah menunggu sekitar 15 menit-an akhirnya nomer ane dipanggil juga nomer 091 (cepet juga yah gan, maklum lah dipanggil masuknya per 20 orang).

Quote:
Spoiler for Penampakan Ruang sidang:
Yang Ditengah kacamata pake rompi merah itu hakimnya gan
sebelah kirinya itu Panitera, yang suka nyatet jalannya sidang kalo ga salah
nah yang rame kiri itu yang lagi pada bayar setelah dijatuhin vonis sama hakim


didalam ruangan sidang, ane duduk sambil menunggu panggilan untuk menemui Pak Hakim.
Ga berapa lama ane duduk, ane udah dipanggil gan ke hadapan Pak Hakim.. agak grogi juga takut salah-salah ngomong..

Pak Hakim: Kenapa km? salahnya apa? Ga Punya SIM ya?
Ane: eh!? (ga punya sim? segitu mudakah muka ane padahal si belom cukuran kumis segala )
bukan pak saya masuk jalur busway..
Pak hakim: 70.000 bayar ke sebelah sana (sambil Pak Hakim menuliskan Nominalnya di lembar tilang ane)
Ane: baik Pak..

Kemudian pas ane bayar, akhirnya ane lihat deh sim ane setelah lama tak bersua.. kasian juga disteples-steples ke surat tilangnya

Lalu ane mengeluarkan 70.000 rupiah dan memberikannya pada kasir.. lalu..
lah!? ga ada bukti pembayaran buat ane ya? (bicaranya dalem hati )
Ya uda lah drpd cari masalah akhirnya ane keluar dari ruang sidang aja dengan memegang SIM ane di tangan..

Ini foto-foto lain pas ane berkeliling di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan
Quote:
Spoiler for calo:
Di sepanjang jalan Ampera depan Pengadilan banyak banget calo yang nunggu
Spoiler for ruang tahanan:
jangan sampe berakhir disini yah gan
Spoiler for Masjid:
Buat yang muslim ga usah kawatir ada mesjid buat Solat
Spoiler for ruang tunggu:

Spoiler for tempat sampah:


Akhirnya berakhirlah cerita Pengalaman ane pada saat Sidang Tilang Di PN Jaksel, Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam thread ini TS minta maaf.. Thread ini dibuat hanya untuk share pengalaman TS dan membantu agan2 yang mungkin juga akan menjalani sidang, bukan untuk menjelekkan ataupun menyudutkan suatu pihak..

akhir kata TS mengucapkan -TERIMA KASIH-

Jika berkenan TS ga menolak diberikan dan
tapi jangan berikan TS

terima kasih banyak buat agan yg telah memberikan ane

agan-agan yang juga pernah mengalami sidang kyk ane
Quote:
Quote:Original Posted By pungz
Ane juga pny pengalaman serupa tapi tak sama..

Waktu itu ane ditilang d bekasi d perempatan MM gara2 kaga pake plat depan.. Hehe..
Karena ane males berdamai y udh minta sidang aje.. Naaah sbnrnya ada cara yg asik.. Waktu itu jadwal sidangnye 2 minggu stlh ane kena tilang tp ane gak ikut.. Malah sempet 4 bulan kaga pake sim cm modal surat tilang aje (coz polisi gak bakal nilang lg klo udh ada surat tilang, kt tmn ane yg d kejaksaan)..
Dan tnyt SIM kita masih tersimpan d kejaksaan, pas ane ksna nanya sekuriti dmn bisa ngambil sim nya, lgsg d suruh ke ruangan yg ngambil sim tanpa sidang, kita ngasih surat tilang kita trus dcariin simnya n dsuruh bayar denda 65rb.. Kaga sampe 5 menit beres... Alhasil klo selama ini ditilang ane pasti minta sidang n pasti kaga ikut sidangnye... Hehhee

Klo berkenan taro pejwan y gan

Quote:Original Posted By meyerhoff
gw udah pernah sidang tilang di PN, JAKTIM,
kejadianna 2011 April ( lupa tgl pastina), diarah cawang mau ke arah kalimalang, nah salah ane ga nyalain lampu, polis nya ngumpet dibawah jembatan, ane kena deh, polisna bilang mau tilang ditempat ato di pn,
mana ditakut2in pula, klo ribet urus sidang tilang, tapi karna ane udah baca ada salah satu trit yg jelasin sidang ga susah, ya udah ane minta sidang tilang, polisna langsung cemberut,

sidang tilang hari jum'at (pasti ngambil hari jum'at yg waktuna sempit, ga tau ane juga kenapa ), ane minta ijin ama bos ane buat urus sidang tilang, tempatna di pulomas, klo dari arah perempatan kelapa gading lurus aja, sebelum perempatan cempaka mas belok kiri, nah deket situlah sebelah kiri, prosesna ga jauh beda ama yg diceritain ts, kena 35rebu (klo ga salah),

emang ribet, tpi klo bisa usaha sendiri aja, cepet kok,


Quote:Original Posted By afenaalit
Ane mh kurang lebih sama kejadiannya,tpi ane mh bayar denda nya 50rb sm panitera....dri pd sma plokis bayar denda maksimal 750rb mendingan sidang .

Quote:Original Posted By the.blues08
wow kog mahal banget ya gan? di Jogja ane juga pernah sidang kaya gitu tapi cuma kena 15rb aja..
saran ane sih mending emang ikut sidang gan emang lebih ribet & hrs nggu,tapi yg pasti uangnya beneran masuk kas negara drpd damai kena 50rb

Quote:Original Posted By tanto83
Wah pengalaman sidang tilang di abadikan melalui foto gan...
Ane jg prnh sidang tilang di jaktim duren sawit situ klo gak salah,,krn salah belok di pondok kopi,eh ada pak pol hehehe,,kejadiannya udh lama 2006 an klo gak salah hehe

Quote:Original Posted By Tokiper88
Taun 2006 ane juga disidang disitu gan, kalo ga salah gara2 masuk jalur perboden alias ngelawan arah, stnk ditahan karna ga punya sim .
Hakim vonis ane denda 75 rebu, ane tawar jadi cukup bayar 50 rebu, dan emang ga dpt kwitansi...

Quote:Original Posted By swifer
ane juga pernah sekali aja ikut sidang, dari datang jam 8 pagi, slesai jam sorean. ngeselin aja.



Quote:Original Posted By blogcekidotgan
keren ente gan pernah ngalamin di sidang!





ga ada keren2nya gan..
ya emang salah ane juga si gan ketilang, setidaknya ane selesaikan tanpa jalan damai

Quote:Original Posted By sari19
sidang apa tuh gannn>>>>


sidang tilang gan..
kok kayak yah... pernah baca juga yang ginian ... pengalaman sidang di pengadilan.. tapi gak tau deh daerah mana...
Ane mh kurang lebih sama kejadiannya,tpi ane mh bayar denda nya 50rb sm panitera....dri pd sma plokis bayar denda maksimal 750rb mendingan sidang .
Quote:Original Posted By genqydy
kok kayak yah... pernah baca juga yang ginian ... pengalaman sidang di pengadilan.. tapi gak tau deh daerah mana...


mungkin emang pernah ada juga kali yang share pengalamannya gan,.. jadi maklum lah kalo keliatan mirip ato berbau tp ga ada salahnya juga kan membantu mungkin juga lagi ada yang membutuhkan..

tp ini asli pengalaman ane sendiri kok gan.. bisa dibuktikan dengan foto-foto tersebut..
ternyata sidang tilang cm kek gitu ye gan, baru tau ane
pikiran ane pan kek sidang2 koruptor di tipi itu , jd atut
besok2 kalo kebetulan sedang apes & kena tilang ane mau coba sidang aja dah (tp gak ngarep kena tilang loh )
Quote:Original Posted By afenaalit
Ane mh kurang lebih sama kejadiannya,tpi ane mh bayar denda nya 50rb sm panitera....dri pd sma plokis bayar denda maksimal 750rb mendingan sidang .


wah 750 ribu maksimalnya? agan kena pasal yang mana tuh?
untung berakhir baik tapi yah gan

Quote:Original Posted By franzgathotz
ternyata sidang tilang cm kek gitu ye gan, baru tau ane
pikiran ane pan kek sidang2 koruptor di tipi itu , jd atut
besok2 kalo kebetulan sedang apes & kena tilang ane mau coba sidang aja dah (tp gak ngarep kena tilang loh )


ya jangan sampe lah gan.. ane juga ga mau dua kali kok ketilang lg
wah tanggal 3 mei nanti ane sidang di sini nh, thanks gan udah ngasih tau cara2nya
Quote:Original Posted By agung14
wah tanggal 3 mei nanti ane sidang di sini nh, thanks gan udah ngasih tau cara2nya


sama-sama gan..
emang harapan TS bikin thread ini juga untuk membantu orang yang mungkin akan menjalani sidang

pantes di tiru ni gan
makasih de share
Quote:Original Posted By moole1
pantes di tiru ni gan
makasih de share


ditiru yang baiknya aja yah gan.. jangan pelanggarannya

thx yah buat nya
wow kog mahal banget ya gan? di Jogja ane juga pernah sidang kaya gitu tapi cuma kena 15rb aja..
saran ane sih mending emang ikut sidang gan emang lebih ribet & hrs nggu,tapi yg pasti uangnya beneran masuk kas negara drpd damai kena 50rb
Quote:Original Posted By the.blues08
wow kog mahal banget ya gan? di Jogja ane juga pernah sidang kaya gitu tapi cuma kena 15rb aja..
saran ane sih mending emang ikut sidang gan emang lebih ribet & hrs nggu,tapi yg pasti uangnya beneran masuk kas negara drpd damai kena 50rb


ane sidang sim A gan, bukan sim C motor.. mahal si mungkin karena itu,
ato mungkin juga karna ane di jakarta kali yah gan.. dan ente di jogja..

tp semuanya tergantung hakim sih gan, ga ngerti juga berdasarkan apa dia ngasi dendanya.. soalnya yang kasusnya sama kyk ane juga ada yg kenanya malah 88 ribu..
menarik juga gan
Quote:Original Posted By bimosenoo
menarik juga gan


apanya nih gan yang menarik?

dibaca keseluruhannya donk gan
Mending sidang
Murah dan sampe tujuan duitnya
Ini ciyus loh
Quote:Original Posted By piaupiaupiau
Mending sidang
Murah dan sampe tujuan duitnya
Ini ciyus loh


ciyus? miapah?

ya dibilang murah si ga juga gan
tp mudah2an emang duidnya masuk ke kas negara yah *walaupun ga ada bukti pembayarannya*
makasih gan udah mau share
gan, just info aja nih. lain kalo kalo kena tilang (amitamit) jangan mau dikasih sirat tilang yg merah. minta surat tilang biru.
surat tilang biru itu kalo agan ngelanggar dan ngaku sama polisi di tempat. dendanya sekitaran 35-50ribu, bayar di BRI, stelah itu cuma kasih bukti pembayaran ke polisi yg nilang dan sim bisa balik lagi ke tangan. selesai perkara.
nah surat merah itu sebenernya buat yg ngelanggar, tp gakmau disalahin sama polisi alias ngeyel. akhirnya masuk ke pengadilan deh. yg surat merah yaa persis begitu. ke pengadilan, nunggu lama, blom ngeselin kalo ada calo gitu2.

tapi nih gan berbagi cerita aja, kalo agan pengen coba2 sih ya, apalagi udah tau bau2nya tu polisi lg laper alias nyari mangsa, agan bisa ngerjain dikit. agan berlagak pura2 bego dan polos, keliatan kayak baru kali itu ketilang, dan tanya2 terus seputar tilang menilang sama polisinya. tanya bedanya surat biru sama merah, gimana balikin simnya, jalannya sidang gimana, nominalnya sebrapa dsb. percayalah, agan bakal dilepas sama polisi tanpa tilang dan bayar sepeserpun. ane melakukan itu dan berhasil gara2 nerobos 3in1 kurang 5 menit sblm abis waktunya
×