- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
Tips Merawat Karburator Vakum (CV)


TS
115121078
Tips Merawat Karburator Vakum (CV)
Tips Merawat Karburator Vakum (CV)

- Hindari Debu dan Kompresor
Benda tajam dan kompresor adalah pemicu utama karet vakum bocor. Sesuai sistem kerjanya yang lebih stabil mensuplai gas bakar, karburator motor tipe CV (Constant Velocity) didukung karet vakum untuk buka-tutup piston skep. Namun terbukti jauh lebih senstitif dibanding tipe PV (Piston Valve).
Apa sebab? Konon peranti yang menuju fuel injection ini, gerak piston skep enggak ditarik grip gas, melainkan dari kebalikan piston saat mengisap udara dan bahan bakar. Semakin besar isapan, ruang di karet vakum semakin rendah hingga dapat mengangkat piston skep ke atas.
Karena alasan itu, wajar kalau perlakukan atas karbu CV sedikit berbeda walaupun prinsip perawatannya sama. Pastikan ruang di bagian dalam karbu CV harus bersih dari debu dan kotoran yang jadi penyebab timbulnya kerak. Soalnya, kerak itu pemicu gerak piston skep lambat bahkan terkunci.
- Jangan lepas filter dan sering ganti filter baru.
Makanya biasakan mengganti filter udara sesuai prosedur waktu penggantian. Usahakan selalu pakai filter udara dan jangan sampai dilepas, karena udara di luar belum tentu bersih dari debu atau partikel penyebab kerak di piston skep.
Selain rajin ganti filter udara, karet vakum yang ada di kepala karbu CV usahakan jangan sering diutak-atik jika memang tidak harus dilepas. Apalagi karet diafragma itu rentan benda tajam apalagi udara bertekanan tinggi.
Kalau enggak ada masalah dengan kevakuman, karet vakum disarankan jangan sering dilepas apalagi dicuci pakai cairan penyebab karet jadi kaku. Jangan pula biasakan karet vakum atau lubang venturinya dibersihkan pakai bantuan udara bertekanan atau angin kompresor. Dikhawatirkan justru malah akan merusak atau bahkan merobek karet vakum.
Dan yang harus jadi perhatian lebih adalah buat tunggangan atau motor yang sudah mengadopsi karbu CV semisal Honda Beat, Yamaha Mio, dan lainnya biar komponennya lebih awet dianjurkan untuk membiasakan menggunakan bahan bakar unleaded (non timbel).Itu karena timbel yang tidak ikut terhisap akan menumpuk di bodi piston skep, alhasil gerak skep jadi semskin lambat.
Semoga Bermanfaat
0
6K
19


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan