KASKUS

[ Berita Mantap, + Pic ] PT INKA Luncurkan Lokomotif Tahan Banjir

Alhamdulillah HT ke 2 ane gans
Spoiler for HT 2:


PT INKA LUNCURKAN LOKOMOTIF TAHAN BANJIR



PT Industri Kereta Api (INKA) mengembangkan lokomotif yang sepenuhnya produksi dalam negeri dengan kode CC 300. Produk ini bakal diluncurkan bulan depan dan diklaim anti atau tahan banjir.

Direktur Utama INKA, Agus Purnomo mengatakan, proyek lokomotif ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Namun dengan pertimbangan sebagai proyek percontohan, maka ada beban biaya pengembangan yang ditanggung oleh INKA. “Duitnya dari pemerintah hampir Rp 30 miliar, INKA ikut bayar juga,” ujarnya di Kantor Pusat INKA, Madiun, pekan lalu.

Dia mengklaim, lokomotif ini memiliki desain yang memungkinkan untuk melalui rel yang digenangi air. CC 300 memiliki sistem kelistrikan yang menjadi satu dengan penggerak diesel hidrolik. Dengan sistem tersebut, meski rel tergenang air 1 meter, kereta masih bisa melaju. “Ini kan lokomotif tahan banjir, kalau rel banjir bisa terus jalan,” kata Agus.

Pengembangan CC 300 dilakukan sejak 2009. Kini tiga lokomotif berwarna merah menyala itu selesai produksi dan siap diberikan pada pemesan, yaitu Kemenhub. Dua lagi masih dalam pengembangan di bengkel kerja.

INKA tidak menutup kemungkinan bakal menawarkan desain CC 300 ke pembeli luar negeri, khususnya kepada negara yang memiliki persoalan banjir. Lokomotif serupa bertenaga 2.200 tenaga kuda (HP) buatan Amerika atau Eropa, rentan mogok saat menghadapi air bah. “(CC 300) memang kita tawarkan ke luar negeri,” ucapnya. (red/anthon)

sumber

Quote:Beberapa Picturenya

Spoiler for pic:

Spoiler for pic:

Spoiler for pic:


sumber picture

lokomotif tahan banjir gan , semoga semakin berkembang dan inovatif, salut buat PT INKA
keren gan, hidup inka
mantabs nihhh gan
ini baru berita,,yang laen malah sibuk bela SAMPAH MASYARAKAT
maju terus , nice info
Quote:Original Posted By aasakti
wah ini yang testrun tahun lalu itu ya, good job deh buat INKA



mantap ya gans ...
Quote:Original Posted By jafarjr
keren gan, hidup inka


Quote:Original Posted By qaehtiv
mantabs nihhh gan

hidup INKA

Quote:Original Posted By udepdoang
ini baru berita,,yang laen malah sibuk bela SAMPAH MASYARAKAT


Quote:Original Posted By kaskusjoke
maju terus , nice info


maju terus INKA , maju terus BUMN , maju terus NKRI ...
kalo banjir agak tinggi,takut penyangga bantalan yg malah letoy gan..

Quote:Original Posted By kul13xpl0r4s1
kalo banjir agak tinggi,takut penyangga bantalan yg malah letoy gan..



penyangga bantalan yang di rel itu gan ??
bangga dah sama produk dalam negeri
moga2 INKA makin maju, PT. DI & PAL jg ikutan maju
Quote:Original Posted By badutsirkus
bangga dah sama produk dalam negeri
moga2 INKA makin maju, PT. DI & PAL jg ikutan maju


mantap ya gan
Ane denger sih ga 100% gan, mesinnya masih pake buatan GE.
Tapi ini sudah membanggakan. Masalah mesin mah bisa pelan-pelan. Yang sulit itu kan desainnya.

Hidup INKA!

*kampung ane tetanggaan sama INKA*
Quote:Original Posted By Restiono
Ane denger sih ga 100% gan, mesinnya masih pake buatan GE.
Tapi ini sudah membanggakan. Masalah mesin mah bisa pelan-pelan. Yang sulit itu kan desainnya.

Hidup INKA!

*kampung ane tetanggaan sama INKA*


iya c gan hehe , btw tetep salut coz desainnya murni enginer Indonesia
sama aja bentuk nya

buat PT inka ... salut dah.

produksi yang banyak keretanya.
mantap gan, itu loko nya mirip optimus prime
salut gan lokomotifnya keren....ga kalah sama di eropa...

Thumbs up Hmmmm...

@TS:
Wiiii mantep.
Tapi apa gak kurang kebawah tuh sekop-nya.

Quote:Dia mengklaim, lokomotif ini memiliki desain yang memungkinkan untuk melalui rel yang digenangi air. CC 300 memiliki sistem kelistrikan yang menjadi satu dengan penggerak diesel hidrolik. Dengan sistem tersebut, meski rel tergenang air 1 meter, kereta masih bisa melaju. “Ini kan lokomotif tahan banjir, kalau rel banjir bisa terus jalan,” kata Agus.
Semuanya aja diganti, sama kereta ini.

Menurut ane, desain kereta ini bisa hemat bbm, soale mesin kek ginian bisa ngasih output gede dengan input yang kecil (nembus genangan air perlu tenaga juga bro, kalo kurang bisa byar-pet mesinnya ).
(cmiiw)
Blom lagi dengan adanya sekop depan, bukan hanya genangan banjir, diharapkan mobil / sepeda motor ababil yang ditabrak sama kereta ini gak terlalu ngerusak bodi depan kereta.

Ane bukan pesimis tapi bisa aja gini gan:
Eeeee udah capek cape desain n buat, ujung ujungnya kemenhub beli dari luar...
Alesannya : lebih murah. (kalo dilihat dari yang sudah sudah)


Bisa galau tuh PT.INKA.
1 meter ?
yakin?
joss waterproof gan
Denger" ni loko make mesin caterpillar gan