KASKUS

Jajanan Masa Kecil Khas Indonesia



Selamat Malam Agan Dan Aganwati Sekalian



Kali ini saya mau ngeshare jajanan masa kecil nih, sekalian bernostalgia

Ane tadi udah ngecek ga repost kok gan, silahkan ini buktinya


Spoiler for bukti:


Oke langsung aja kita mulai gan, ini beberapa jajanan Indonesia yang waktu ane kecil ane sering beli

Quote:1. Onde-onde
Ini dulu makanan favorit saya nih, tiap istirahat tk pasti mama dateng beliin makanan ini, jadi kangen hehe. Onde-onde berasal dari kota Mojokerto. Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus. Onde-onde umumnya diisi dengan pasta kacang hijau. Permukaannya kemudian ditaburi dengan biji wijen dengan cara menggulingkannya di dalam wijen.

Spoiler for Onde-Onde:


Quote:2. Arum Manis
Nyuum, siapa yang gasuka permen kapas manis yang satu ini? Biasanya Arum manis warnanya pink atau ga warna putih. Bentuknya kalau kata anak kecil kaya rambut nenek-nenek . Arum Manis berbahan dasar gula yang kemudian diolah dengan dicampur pewarna.

Spoiler for Arum Manis:


Quote:3. Kue Cubit
Ada yang gatau kue cubit? Kue yang satu ini biasanya kesukaan anak-anak kecil karena bentuknya yang imut dan kecil-kecil. Kue cubit adalah kue yang empuk dengan taburan meses diatasnya.

Spoiler for Kue Cubit:


Quote:4. Klepon
Ada yang tau klepon ga? Klepon terbuat dari tepung beras ketan dan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Klepon biasanya dikasih parutan kelapa diatasnya. Makanan yang ini suka ada di nikahan-nikahan haha. Klepon umumnya dialasi daun pisang.

Spoiler for Klepon:


Quote:5. Kue Putu
Kue putu tuh punya ciri khas, pernah ga malem malem denger ada abang jualan yang bunyinya 'ngiiiing'? Nah itu berarti si abang jualan Kue Putu haha. Kue Putu terbuat dari tepung beras dan gula merah sebagai bahan isiannya ditambah dengan parutan kelapa.

Spoiler for Kue Putu:


Quote:6. Getuk
Getuk atau dalam bahasa Jawa disebut Gethuk adalah jajanan yang berbahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk sangat populer di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tambahan, gethuk adalah jajanan favorit mama saya hehe. Getuk dihidangkan dengan taburan kelapa.

Spoiler for Getuk:


Quote:7. Lemper
Kalau makanan yang ini pasti agan semua udah pernah nyoba kan? Lemper terbuat dari ketan yang umumnya diisi dengan abon atau suwiran daging ayam. Setelah diolah, lemper dibungkus dengan daun pisang sehingga meninggalkan aroma yang khas dan selalu segar. Lemper adalah obat pertolongan pertama saat lapar bila tidak ada nasi

Spoiler for Lemper:


Quote:8. Kue Lupis
Tau Kue Lupis kaan? Kue Lupis adalah salah satu jajanan pasar yang legendaris gan, walau udah semakin jarang ditemukan. Kue Lupis disajikan dengan taburan parutan kelapa dan diberi sirup gula merah. Kue lupis tambah enak kalau disajikan bareng orang tersayang

Spoiler for Kue Lupis:


Oke segitu dulu kayanya gan yang bisa ane share ke agan semua. Nanti kalau ada yang ngasih ane cendol dan ada waktunya ane update kok gan hehe
kue cubit yang setengah mateng
harum manis, onde-onde sama kue cubit favorite ane waktu bocah
tapi sampe sekarang kalo ada yang jual, masih suka aja sih
klepon gan
udah lama ga makan itu
sensasi gula yang meleleh di lidah
klo ane waktu sd arum manis gan suka beli,tapi arum manisnya beda dgn yg digambar.yg jualnya bibi2 yg nyewa jasa main jimbot itu gan waktu dulu,klo udah habis waktunya,kabelnya ditarik2 sambil bilang "udah habis2"
...kue cubit...tp pesen sama abangnya minta dibikinin sarang laba laba...hehehe
ni favorit ane "CENIL" sm bolo kurowonya,
g tau daerah laen apa namanya



parutan klapa sm olesan gula jawanya bikin


sm ini "ARBANAT"/ arum manis



ayunan biola ngik ngok ngik ngok-nya ngangenin
semuanya masih ada ampe sekarang di tempat ane gan hehe, rumah ane di rancaekek jarinangor hehe
wah jadi inget yang dulu dulu gan
wah paling ane demen arum manis minta satu boleh ?
jadi pengen beli makanan itu lagi ane gan hahaha
Lontong sama bakwan gan
Smua jajanan itu pernah ane beli gan
jajanan yang belum punah sampai sekarang
kue cubit sampe sekarang ane masih sering beli gan
wenak banget rasanya
ane ampe skrg msh sering beli onde2 sama klepon
hah jd lapeerrrr
kangen klepon gan..susah nyarinya sekarang
Quote:Original Posted By rishaloom
kue cubit yang setengah mateng

Sama sama and gaan
ane paling demen lumpia sama lapis gan, sampe sekarang
ane paling doyan makan onde" , arum manis , sama lemper doang gan sampe skrng