KASKUS

Mengapa Kaca Bisa Pecah? dan Bagaimana Kaca Anti Pecah Dibuat?

Mengapa Kaca Mudah Pecah?


Bila sebuah panci logam jatuh, mungkin panci itu hanya penyok tetapi tidak pecah. Tetapi, bila sebuah botol kaca jatuh, pasti botol itu akan pecah berantakan. Semua benda terbuat dari partikel-partikel kecil yang bergandengan sangat erat. Namun pada kaca ada rongga-rongga tempat partikel itu tidak bergandengan erat. Karena itulah kaca mudah pecah.

Mengapa Kaca Mudah Pecah?
Struktur Kaca

Di beberapa tempat pada kaca, partikel tidak bergandengan. Maka, kalau mendapatkan tekanan, kaca mudah pecah.

Bisakah Kaca Diperkuat?
Kaca Bisa Diperkuat
Ada cara agar kaca bisa lebih kuat dan tidak mudah pecah. Cara pertama ialah menaruh selembar plastik di antara dua lembar kaca. Cara kedua ialah dengan dipanaskan secara khusus sehingga kaca menjadi lebih kuat.

Spoiler for Kaca Anti Pecah:

Spoiler for Kaca Anti Pecah:

Spoiler for Serpihan Kaca:


Spoiler for Tambahan:


TAMBAHAN:
Spoiler for Apa itu Gorilla Glass?:


Spoiler for Kaca Anti Peluru Mobil?:


Spoiler for Sapphire Glass:


Kesimpulan: Kaca biasa mudah pecah karena partikel kaca disuatu bagian tidak saling bergandengan erat, sehingga ketika ada tekanan kaca akan pecah.



Terima Kasih Semoga Menambah Pengetahuan dan Bermanfaat Bagi Semua

Jangan lupa dan ninggalin ya...
perttamax ane amankan gan
kayak kaca2 di bus ato pesawat ya???
kaca anti pecah make plastik ya? ane baru tau gan
Quote:Original Posted By Proprietaria
perttamax ane amankan gan

wih cepet juga ente gan...

Quote:Original Posted By genqydy
kayak kaca2 di bus ato pesawat ya???

ya benthul sekali gan...haha

Quote:Original Posted By rayhanhafel
kaca anti pecah make plastik ya? ane baru tau gan

ya gan sekarang tahu kan hehe...
Kalau tidak mudah pecah berarti bukan kaca dong namanya
Tapi plastik
kalau ditebelin bisa juga ya jadi kuat ??
teknologi kaca anti pecah di pakai pada kaca depan mobil gan....biar g berbahaya kalu pecah..
Quote:Original Posted By mbok.juminten
Kalau tidak mudah pecah berarti bukan kaca dong namanya
Tapi plastik

kalo plastik mah tidak bisa pecah... bukan tidak mudah pecah...
tapi sekarang dah banyak kok yang makek kaca yang anti pecah gan
bahkan kaca anti pluru
karena takdir gan
btw sekarang dah banyak yg anti peluru gan
bener gan, struktur partikelnya tidak bergandengan
ada beberapa kaca yang didesign agar tidak mudah pecah, contohnya kaca2 digedung data center
yang pengen gue tau cara buat kaca gimana ya
Quote:Original Posted By 4736735
yang pengen gue tau cara buat kaca gimana ya

diatas sudah dijelaskan singkat... kalau mau lihat videonya ke YouTube saja hehehe...
Nice inpo gan...
baru tau nih gan. klo kek kaca anti peluru itu gimana bikin nya yak?
wew begitu ya gan. jadi ngeh ane. Kaca mata anti pecah ada ga?
Quote:Original Posted By michaelonesia

kalo plastik mah tidak bisa pecah... bukan tidak mudah pecah...


bener gan ane setuju
Quote:Original Posted By 101_Abn
baru tau nih gan. klo kek kaca anti peluru itu gimana bikin nya yak?

ya seperti yg dijelaskan diatas, diantara 2 lembar kaca, ada plastiknya...
tapi ga tau juga gan gimana cara bikinnya, soalnya ane bukan pabriknya hehehe

Quote:Original Posted By digtis
wew begitu ya gan. jadi ngeh ane. Kaca mata anti pecah ada ga?

ada, kayak punyanya Detective Conan
×