KASKUS

Sultan Sulu Minta Bantuan China

Liputan6.com, Manila : Segala upaya dilakukan oleh Kesultanan Sulu untuk merebut wilayah Sabah dari Malaysia. Salah satunya, ahli waris Kesultanan Sulu akan meminta bantuan ke China.
Juru Bicara Kesultanan Sulu Abraham Idjirani mengatakan, sejak berabad-abad lampau, Kesultanan Sulu telah menjalin hubungan yang erat dengan negeri tirai bambu itu. Sultan Sulu di tempo dulu juga sudah melakukan kunjungan kehormatan ke China.
Menurut Idjrani, Sultan Sulu pernah datang ke China saat Dinasti Ming dipimpin Raja Yongle pada 1417. Tak hanya itu, salah satu Sultan Sulu Paduka Batara meninggal di Dezhou, Provinsi Shandong. Sultan itu kemudian menerima kehormatan untuk dimakamkan dengan upacara kerajaan dari Kekaisaran China.
"Anda tahu, Kesultanan Sulu dan China telah menjalin hubungan selama berabad-abad lampau. Maka, ini tidak mengejutkan jika beberapa ahli waris pergi ke China untuk meminta bantuan guna mendapat kembali hak mereka," kata Idjrani seperti dikutip Manila Bulletin, Kamis (11/4/2013).
Tak hanya minta bantuan China. Sultan Sulu Jamalul Kiram III juga berencana menemui Sultan Brunei Hassanal Bolkiah yang akan berkunjung ke Filipina. Sulu berharap pertemuan itu akan menghasilkan solusi terbaik atas sengketa Sabah.
Sultan Bolkiah yang saat ini menjadi Ketua ASEAN akan melakukan kunjungan ke Filipina pada 15-16 April mendatang. Oleh sebab itu, Kesultanan Sulu telah menyiapkan surat untuk disampaikan kepada Sultan Bolkiah--yang leluhurnya menguasai Sabah yang dulunya bernama Borneo Utara.
Pada intinya, dalam surat itu Sultan Sulu meminta bantuan Sultan Bolkiah untuk menyelesaikan kebuntuan sengketa wilayah Sabah dengan pemerintah Malaysia yang menguasai Sabah setelah penjajah Inggris menguasai Borneo Utara. "Sultan Jamalul Kiram juga akan meminta audiensi dengan Sultan Bolkiah," kata Idjirani.
Memang, dalam sejarahnya wilayah Sabah yang dulunya bernama North Borneo menjadi teritori Kesultanan Brunei. Wilayah Sabah kemudian diberikan oleh Sultan Brunei kepada Sultan Sulu sebagai hadiah karena telah membantu meredam pemberontakan dalam negerinya.
Namun, bertahun-tahun kemudian terjadilah proses sewa. Hingga pada akhirnya wilayah Sabah jatuh ke kekuasaan Inggris. Pada 16 September 1963, Sabah bersatu dengan Malaysia, Sarawak, dan Singapura, membentuk Federasi Malaysia merdeka.
Idjirani menambahkan, surat yang ditulis oleh Kesultanan Sulu itu juga akan dikopi dan disebarkan ke Kedutaan Indonesia, Malaysia, Amerika Serikat, China, Inggris, Belanda, dan Jerman. Selain itu, Kesultanan Sulu juga berencana meminta dukungan dari China.
"Kesultanan Sulu akan mendiskusikan isu ini (sengketa Sabah) untuk membuat keputusan akhir. Ingat, Kesultanan Sulu dan Borneo Utara memiliki hubungan yang baik di masa lalu," tutur Idjrani. (Eks)

sumber
China mau bantu gak ya
wah mau banget kalau di janjiin wilayah sabah untuk eksplorasi minyak dan pangkalan PLAN

china harus bantu ini..lumayan dapat kebon kurma gratis..

#pingin liat muka forumer tetangga..
Quote:Original Posted By WillTuner
china harus bantu ini..lumayan dapat kebon kurma gratis..

#pingin liat muka forumer tetangga..


kasian tetangga mbah
bukannya beberapa waktu yg lalu malay udah duluan silaturrahim..

bedeweyojekwey udah gimana perkembangan berita di sabah ya...?
Quote:Original Posted By turbospeed99
bukannya beberapa waktu yg lalu malay udah duluan silaturrahim..

bedeweyojekwey udah gimana perkembangan berita di sabah ya...?


biarpun dah duluan sowan, kalo tawaran sulu lebih menarik bisa2 berbeda ending-nya....
..
..
..
undangan maut ini, kalo china jawab mau langsung seru deh lcsth
sudah ku duga, orang simpatisan sulu ada yang pantau ngaskus .. .

pas ngomongin strategi dan koalisi mereka menyimak dengan seksama toh ...

tapi ingat, dengan turunnya senjata dari paman mao (kalau jadi ya)... LCS GOYANG ABIS ..... yang doyang bakal si pinoy, viet, malay, dan mynmr pada ikut2an dan lebih parahnya lagi, jepun tak tenang korsel pun seperti di hadapkan 3 tembok besar sekaligus ....

pokoknya negri ini duduk manis aja sambil jaga2 di pos selagi nunggu barang2 pesenan pada dateng ... abis itu jangan lupa sengol2 sipadan dan ligitan pas lagi di goyang, mudah2an bisa nancepin bendera ..

TAPI menurut ane kemungkinan hal itu terjadi sangat kecil sekali, pas mau di goyang abis2an tiba2 dari malay ada yang kasih upeti ke sulu,,, dan betapa gondoknya om mao g jadi perang sedangkan senjata dah di drop semua. ...

hayooo ...

Quote:Original Posted By lonelwolf


biarpun dah duluan sowan, kalo tawaran sulu lebih menarik bisa2 berbeda ending-nya....
..
..
..

iya juga sich gan apalagi dengan membantu sulu,kalo udah lepas china bisa nguasai hampir seluruh lcs,
kayaknya natuna harus di pantau trs dech...
ternyata belum surut perjuangannya...
kalo ga salah senjata buatan uncle mao udah dipake sulu army kan ya??

Quote:Original Posted By pepadhu

China mau bantu gak ya


cina kan sahabat baik malaysia, gak mungkin kan sahabat baik backstab saat temen lagi dalam keadaan susah

Quote:Original Posted By kagengar


cina kan sahabat baik malaysia, gak mungkin kan sahabat baik backstab saat temen lagi dalam keadaan susah



Sahabat baik ?

Coba cek hubungan chinma dengan tetangga-tetangganya dimari
*silahkan klik peta untuk penjelasanan hubungan.. daaannn posisi malaysia ???
Quote:Original Posted By alexander hagal
wah mau banget kalau di janjiin wilayah sabah untuk eksplorasi minyak dan pangkalan PLAN


sepakat sama pak guru
kalo sulu berani ngasih tawaran baik ane yakin china mau
Quote:Original Posted By WillTuner
china harus bantu ini..lumayan dapat kebon kurma gratis..

#pingin liat muka forumer tetangga..


forumer tetangga tetap yakin china sekutu dekat mereka
Quote:Original Posted By ghilang27


kasian tetangga mbah

biarin saja malon
kita cukup menjaga natuna
Quote:Original Posted By lonelwolf


biarpun dah duluan sowan, kalo tawaran sulu lebih menarik bisa2 berbeda ending-nya....
..
..
..

v
v
v
Quote:Original Posted By dika160507
undangan maut ini, kalo china jawab mau langsung seru deh lcsth

ngawur dech kita juga mesti waswas ngawasin natuna
Quote:Original Posted By turbospeed99

iya juga sich gan apalagi dengan membantu sulu,kalo udah lepas china bisa nguasai hampir seluruh lcs,
kayaknya natuna harus di pantau trs dech...

v
v
v
Quote:Original Posted By efendiuz
ternyata belum surut perjuangannya...

emang udah ada berita kalo opera van sulu selesai
Quote:Original Posted By budjem
kalo ga salah senjata buatan uncle mao udah dipake sulu army kan ya??


beneran
Quote:Original Posted By kagengar


cina kan sahabat baik malaysia, gak mungkin kan sahabat baik backstab saat temen lagi dalam keadaan susah



Quote:Original Posted By budjem
kalo ga salah senjata buatan uncle mao udah dipake sulu army kan ya??



senjata itu maknanya luas loh gan ...
coba di persempit kata-katanya ...

bonus lah ..

masih nunggu brita terkini sabah ni sambil ngapi di pohokan.........
Wahh ini sulu diem2 makin panas, berita 2 hari kemaren, 400 orang bersenjata mendarat lagi di sabah.

More than '400 armed sultanate supporters arrive in Sabah North Borneo Anew
Submitted by Election News 2013 on Tue, 04/09/2013 - 21:08
http://election2013.austronesia.net/...o-Anew.NBORNEO
Ini yang namanya sekali tepuk dua tiga lalat didapat....ngga perlu berhadapan langsung dengan lawan, cukup pergunakan gerilyawan Sulu dengan pasokan persenjataan China mendapatkan beberapa kilometer persegi wilayah di LCS....

Mungkin kalau berhadapan ( baca:konfrontasi) langsung China agak sungkan (bukan ngga berani yaaa)..tapi dengan memanfaatkan gerilyawan Sulu posisi China sedikit nyaman.....




nongkrong lagi ah di pojokan, sambil ngopi lagi......
Quote:Original Posted By waode
Wahh ini sulu diem2 makin panas, berita 2 hari kemaren, 400 orang bersenjata mendarat lagi di sabah.

More than '400 armed sultanate supporters arrive in Sabah North Borneo Anew
Submitted by Election News 2013 on Tue, 04/09/2013 - 21:08
http://election2013.austronesia.net/...o-Anew.NBORNEO


fotonya dong gan biar seru ...
nunggu pak cik HPC ajah.......
sambil nyeruput

dan makan

mantaaaab.........