- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
4 Fakta Miris di Perguruan Tinggi
TS
ditelanbumi
4 Fakta Miris di Perguruan Tinggi
WELCOME TO MY THREAD
Quote:
INI makna memublikasi aib institusi sendiri, memamerkan ‘kecelakaan-kecelakaan’ di hadapan dunia. Saya tak sanggup lagi mendiamkannya. Gamang saya. Saya mencermatinya berpuluh tahun, terasa saya sesak, menyesal dan nyaris asa terputus.
Spoiler for empat:
Dan inilah 4 (empat) fakta stagnannya perguruan tinggi di Indonesia:
Quote:
Pertama: Orientasi Dosen
Student Centre Learning (SCL) pernah ditabuh sekeras-kerasnya, proyek milyaran dari APBN ini, spartan dihelat di tanah air.
Seluruh staf pengajar di PTN di- high recommended- kan untuk mengikuti ‘kursus’ ini secara terpadu, sepenuhnya, integrated.
Tugas memformulasi deskriptor per matakuliah pun menjadi titik baliknya pembelajaran dari teknik klasik (Socratik) menjadi metode student centre.
Revolusi pembelajaran ini mendaulat peserta didik (mahasiswa/i) di atas segalanya.
Mahasiswa yang dimohonkan untuk super aktif dalam/luar ruangan kuliah. Dosen ‘hanyalah’ fasilitator.
Faktanya:
Dosen masih seperti yang dulu, lebih banyak bicaranya, cuap-cuapnya, jualan kecap, berorasi, pidato, ceramah, kuliah tanpa kesimpulan, tanpa bonus motivasi dan tanpa pengungkapan dunia ilmu pengetahuan dan fakta lapangan.
Mahasiswa masihlah marginal, tetap pada posisi pasif dan kuliah hanyalah persyaratan administrtatif, formalitas dan yang penting sarjana.
Student Centre Learning (SCL) pernah ditabuh sekeras-kerasnya, proyek milyaran dari APBN ini, spartan dihelat di tanah air.
Seluruh staf pengajar di PTN di- high recommended- kan untuk mengikuti ‘kursus’ ini secara terpadu, sepenuhnya, integrated.
Tugas memformulasi deskriptor per matakuliah pun menjadi titik baliknya pembelajaran dari teknik klasik (Socratik) menjadi metode student centre.
Revolusi pembelajaran ini mendaulat peserta didik (mahasiswa/i) di atas segalanya.
Mahasiswa yang dimohonkan untuk super aktif dalam/luar ruangan kuliah. Dosen ‘hanyalah’ fasilitator.
Faktanya:
Dosen masih seperti yang dulu, lebih banyak bicaranya, cuap-cuapnya, jualan kecap, berorasi, pidato, ceramah, kuliah tanpa kesimpulan, tanpa bonus motivasi dan tanpa pengungkapan dunia ilmu pengetahuan dan fakta lapangan.
Mahasiswa masihlah marginal, tetap pada posisi pasif dan kuliah hanyalah persyaratan administrtatif, formalitas dan yang penting sarjana.
Quote:
Kedua: Research is money
Sejak saya masih jadi dosen muda, fakta ini terlentang telanjang, bahwa dosen berlomba dan berkompetisi dalam penelitian hanya karena orientasi uang, kompetisi ini tidak ilmiah.
Ia ‘alamiah’ dan motif materialism sangat kental di ajang ini.
Proposal riset tak lebih dari sebuah persyaratan administratif, selanjutnya teknik yang dioptimalkan bagaimana lobi-lobi di tingkat Lembaga Penelitian, pun LPPM (Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat).
Saya sanggup bertaruh dengan siapa saja, jika kegiatan ini murni ‘lolos proposal’ disebabkan keaslian konsep dari calon peneliti.
Maka, pantaslah jika ‘bank proposal’ perguruan tinggi tak dilirik dunia internasional.
Sejak saya masih jadi dosen muda, fakta ini terlentang telanjang, bahwa dosen berlomba dan berkompetisi dalam penelitian hanya karena orientasi uang, kompetisi ini tidak ilmiah.
Ia ‘alamiah’ dan motif materialism sangat kental di ajang ini.
Proposal riset tak lebih dari sebuah persyaratan administratif, selanjutnya teknik yang dioptimalkan bagaimana lobi-lobi di tingkat Lembaga Penelitian, pun LPPM (Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat).
Saya sanggup bertaruh dengan siapa saja, jika kegiatan ini murni ‘lolos proposal’ disebabkan keaslian konsep dari calon peneliti.
Maka, pantaslah jika ‘bank proposal’ perguruan tinggi tak dilirik dunia internasional.
Quote:
Ketiga: Profesor tak berdaya
Benar juga satire ini, konon profesor itu GBHN (Guru Besar Hanya Nama), sangat jarang saya temukan profesor memiliki ‘kader’ dalam kelimuan, sungguh langka saya temukan seorang profesor dengan uletnya memindahkan ilmunya kepada juniornya, ia hanya mampu mengungkapkan jibunan teori orang lain dan dipaparkan kepada anak didiknya.
Bahkan seorang Habibie pun, tiada pernah saya melihat kekayaan ilmunya telah diwariskan kepada generasi pelanjut.
Generasi pelanjut, tinggallah terkagum-kagum atas kecerdasan seorang Habibie. Sementara Habibie belum pernah merasa bangga kepada seseorang yang telah mengambil seluruh ilmunya.
Malah yang kerap saya cermati, orang-orang ingin mengadopsi romatisnya Habibie-Ainun, bukan dari sisi keluasan ilmu dan konsep-konsep teknologinya.
Benar juga satire ini, konon profesor itu GBHN (Guru Besar Hanya Nama), sangat jarang saya temukan profesor memiliki ‘kader’ dalam kelimuan, sungguh langka saya temukan seorang profesor dengan uletnya memindahkan ilmunya kepada juniornya, ia hanya mampu mengungkapkan jibunan teori orang lain dan dipaparkan kepada anak didiknya.
Bahkan seorang Habibie pun, tiada pernah saya melihat kekayaan ilmunya telah diwariskan kepada generasi pelanjut.
Generasi pelanjut, tinggallah terkagum-kagum atas kecerdasan seorang Habibie. Sementara Habibie belum pernah merasa bangga kepada seseorang yang telah mengambil seluruh ilmunya.
Malah yang kerap saya cermati, orang-orang ingin mengadopsi romatisnya Habibie-Ainun, bukan dari sisi keluasan ilmu dan konsep-konsep teknologinya.
Quote:
Ke-empat: Benchmarking
Konsep ini sangat cerdas, konsep yang menawarkan bagaimana institusi perguruan tinggi mengomparasi dirinya dengan diri orang lain, dengan universitas-universitas yang lebih maju, lebih unggul.
Selanjutnya bahan-bahan, metode-metode pembelajaran di perguruan tinggi unggul itu, dibawa pulang ke tanah air dan di try out.
Faktanya:
benchmarking itu disulap menjadi ajang rekreasi, refreshing dan ‘jalan-jalan biasa’.
Dan ‘cerita’ yang berkembang bukanlah pada sisi science yang telah diperoleh di ajang benchmarking, melainkan candaan bagaimana seksinya gadis-gadis Thailand, uniknya pria-pria India dan mahalnya tiket tempat hiburan malam.
Belum lagi kisah aneh bin ajaib, akrobatiknya penari-penari streaptease yang mengeluarkan benda-benda tajam dari alat vitalnya semisal silet dan tutup botol. Ahay….!!!
Konsep ini sangat cerdas, konsep yang menawarkan bagaimana institusi perguruan tinggi mengomparasi dirinya dengan diri orang lain, dengan universitas-universitas yang lebih maju, lebih unggul.
Selanjutnya bahan-bahan, metode-metode pembelajaran di perguruan tinggi unggul itu, dibawa pulang ke tanah air dan di try out.
Faktanya:
benchmarking itu disulap menjadi ajang rekreasi, refreshing dan ‘jalan-jalan biasa’.
Dan ‘cerita’ yang berkembang bukanlah pada sisi science yang telah diperoleh di ajang benchmarking, melainkan candaan bagaimana seksinya gadis-gadis Thailand, uniknya pria-pria India dan mahalnya tiket tempat hiburan malam.
Belum lagi kisah aneh bin ajaib, akrobatiknya penari-penari streaptease yang mengeluarkan benda-benda tajam dari alat vitalnya semisal silet dan tutup botol. Ahay….!!!
Quote:
0
1.9K
Kutip
16
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan