Nasib Wamil Pria Thailand Ditentukan Lewat Undian

Mereka yang mendapat kartu hitam bebas dari wamil.


Seorang pria tampak bahagia saat mendapatkan kartu berwarna hitam

VIVAnews - Gugup, Winai Sawaengkarn menutup matanya saat mengambil undian dari sebuah kotak kayu. Apa yang ada di dalam kotak tersebut akan menentukan nasibnya dalam beberapa tahun mendatang. Namun, beberapa detik kemudian wajah pria berusia 21 itu girang bukan kepalang. Ia mendapat kartu berwarna hitam.

Kartu hitam ini menandakan bahwa Winai tidak harus ikut wajib militer (wamil). Pria yang berprofesi sebagai pengantar barang ini pun disambut pelukan erat dari sang ibunda. Winai, adalah satu dari ribuan pria di Thailand yang mengikuti rekrutmen wamil di bulan April dengan cara undian.

"Saya beruntung, tapi saya bahagia untuk Ibu saya," ujar Winai seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu, 10 April 2013.

Di Thailand, pria berusia di atas 21 diwajibkan menjalani wamil. Ada dua tipe rekrutmen. Pertama, dengan jalan sukarela. Artinya mereka hanya diwajibkan menjalani wamil selama enam bulan. Kedua, adalah rekrutmen lewat undian tahunan yang digelar selama sepuluh hari.

Tak ada kewajiban wamil bagi mereka yang beruntung mendapat kartu hitam. Sementara bagi yang mendapat kartu merah harus menjalani wamil selama dua tahun. Bahkan ada kemungkinan mereka ditempatkan di kawasan selatan Thailand yang selama ini dianggap berbahaya.

"Saya tidak tidur selama satu pekan. Sebelum datang kemarin, saya berdoa agar ia tidak mendapatkan kartu merah," kata Noppakorn Leelahemkattana, ibu dari seorang pria berusia 20 tahun.

Meski demikian, Thailand membuat perkecualian wamil bagi mereka yang dianggap tidak mampu secara fisik, sakit mental, dan secara sifnifikan telah mengubah penampilan fisik, seperti transgender. Sementara itu agar anak mereka terhindar dari wamil, beberapa keluarga kaya di Thailand disebut-sebut membayar suap.
Namun di sisi lain, ada juga yang memandang profesi tentara sebagai jalan keluar dari kemiskinan dan sarana mendisplinkan anak nakal. Seperti diketahui gaji tentara di Negeri Gajah Putih itu mencapai 9.000 bath Thailand atau setara dengan US$310 per bulan.

"Saya ingin anak saya menjadi tentara, ia minum terlalu banyak dan bisa diatasi dengan disiplin," ujar seorang pria yang anaknya mendapatkan kartu merah. (umi)

http://dunia.news.viva.co.id/news/re...n-lewat-undian

indonesia gimana kabarnya?
Ada cerita tentang wamil Thailand di kalangan masyarakat Melayu Pattani, dari Al Jazeera:



Logat melayu-nya bikin earbleed
belum2 udah tenggelam
Quote:Original Posted By mdsetiawan86
belum2 udah tenggelam


Bah, gua bikin thread kagak ada yang komen kagak pakek mewek gini
Koq indo ga ada wamil yah, padahal itu penting buat antisipasi kalau2 terjadi perang. Rakyat non tentara juga bisa bela negara.
Quote:Original Posted By gerbera4


Bah, gua bikin thread kagak ada yang komen kagak pakek mewek gini


alibi sundul coy,

ngejunk alus gitu loch
kalo di indonesia ada wamil kek'y bakal kebanjiran peminat
Quote:Original Posted By triak
kalo di indonesia ada wamil kek'y bakal kebanjiran peminat


yang boneng gan? bukannya kebanyakan alay2?

tapi keknya ga perlu undian, secara yang pengin ikut akpol aja banyak banget
Quote:Original Posted By mdsetiawan86


yang boneng gan? bukannya kebanyakan alay2?

tapi keknya ga perlu undian, secara yang pengin ikut akpol aja banyak banget


TNI selalu kelebihan peminat dalam rekrutmen

Masalahnya negara nggak mampu & merasa nggak butuh conscription
Kebanyakan rakyatnya kalo di Indo Gan..
Ga mampu negara gajinya
Quote:Original Posted By gerbera4


TNI selalu kelebihan peminat dalam rekrutmen

Masalahnya negara nggak mampu & merasa nggak butuh conscription


Merasa butuh juga kok. Dulu jamannya muladi keknya pernah ada wacana mau dibikin.. sekarang gimana kelanjutannya nggak tau deh
Quote:Original Posted By FW190D

Merasa butuh juga kok. Dulu jamannya muladi keknya pernah ada wacana mau dibikin.. sekarang gimana kelanjutannya nggak tau deh


Wacana wajib militer tapi bersyarat?

Itu jendral2 pengin punyak milisi ajah
Indo ga perlu wamil,kalo ada wamil,pasti yg ikut itu seabreg,toh memang nyata nya banyak temen ane yg mau masuk tentara tp susahnya minta ampun,ga tau harus pake duit,who knows
kaya di hunger games aja nih takut kena undian
bukannya enak ya? wamil?
di indokan susah kalau mau jadi tentara
wah ane jg ngeri2 sedep kl dapet wamil
wah mungkin di thailand kekurangan tentara?

kl di indonesia malah banyak tentara
gimana bisa tenang biasa tidur molor klo wamil subuh dah lari2 pagi
indonesia juga dong biar para maho modar semua
wajib militer aja takut, klo gugup gak masalah, ini malah takut, mental banci