KASKUS

Ane Bingung Mau Ambil Jurusan Apa

Gini gan ane kan lulusan SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Niat setelah lulus nanti ane mau kuliah gan tapi bingung antara pilih jurusan TI atau Elektro .
Secara teknis ane dah mahir dalam Jaringan dan Dasar Komputer, kalo menurut ente lebih baik ane pilih apa ya buat masa depan ane nanti ?
TI atau Elektro ?

Masalahnya ane juga bingung nanti yang dipelajari TI sama Elektro itu apa aja gan
Ambil 63 aja gan depok-blok'em dari pada lu binun-binung 1
kalo ane mending ke Tekhik Informatika gan...
menyalurkan jurusan anda yang dari SMAnya...
Quote:Original Posted By remori88
Ambil 63 aja gan depok-blok'em dari pada lu binun-binung 1


ane 02 gan bekasi pondok gede

Quote:Original Posted By eLzaVior
kalo ane mending ke Tekhik Informatika gan...
menyalurkan jurusan anda yang dari SMAnya...


biasanya kalo TI itu diajarin materi apa aja ya gan ?
-----
Quote:Original Posted By FaldyFauzan
Gini gan ane kan lulusan SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Niat setelah lulus nanti ane mau kuliah gan tapi bingung antara pilih jurusan TI atau Elektro .
Secara teknis ane dah mahir dalam Jaringan dan Dasar Komputer, kalo menurut ente lebih baik ane pilih apa ya buat masa depan ane nanti ?
TI atau Elektro ?

Masalahnya ane juga bingung nanti yang dipelajari TI sama Elektro itu apa aja gan


jaman sekarang ngga ngaruh gan mau jurusan apa kek, gelar lo apa kek, yang penting skill
ada skill elektro? fokus aja di situ jangan ambil yang lain
dah banyak gan sarjana yang gelarnya melenceng jauh sama kerjaannya? mau contoh? oprek tuh bank-bank yang pekerjanya bergelar GADO-GADO alias campur-campur
kalau mau cepet kerja? ambil D3, ngga percaya sama testi ane? siap" susah cari kerja
kalo menurut ane mending lanjutin aja gan Ke TI nya, soalnya ntar kalo masuk TI bukan hanya Jaringan aja yang diajarin tapi juga ada Pemrograman dan Multimedia ,, masih banyak hal yang buat ga busen belajat TIK
naik transjakarta aja gan yang jurusannya lebak bulus - harmoni cepet kok
saran ane sih TI gan dan jika ada uang lebih untuk elektro ente bisa les di luar kuliah, karena TI bukan hanya jaringan saja bahasa pemograman dan database juga sangat penting untuk di kerjaan ente nanti
ambil yg lu sukai, lu kuasai, dan yg lu minat banget...kalo lu minat dan yg lu sukai jaringan dan dasar komputer yah ambil IT, jgn ambil elektro...kalo dasarnya ud ada kan tinggal mastering doank...
lu suka bidang yang mana dulu

percuma milih prospek bagus tp elu nya ngga suka.. ilmu ngga bakal masuk 100%..

arah perkerjaan nanti dibagian mana? lapangan atau kantoran??
kalau kantoran, ngembangin skill sambil jalan aja gpp
tp kalau lapangan, skill di utamakan
Lu yang punya masa depan..

tapi lu nyerahin semua keputusan nya ke umum..
---
Ambil yang mana yang lu paling yakin..

Semua ada resiko nya..

Dan semua ada akibat nya..
---
Jalanin akibat itu dengan penuh syukur,,

Bukan dengan penyesalan...
---
Itu baru SUKSES...
ambil yg kk paling minat dan peluang buat nanti
Quote:Original Posted By Dejavu.Cucud
tergantung orientasi agan spt apa
• kalau orientasi materi, pilih yang paling menjanjikan materi besar (cuma mesti dipertimbangkan konsekuensinya)
• kalau orientasi minat dan bakat, pilih yang sesuai dengan minta dan bakat agan.


maunya bakat dan minat ane sih gan . pengen IT tapi kata temen2 ane sayang mending Elektro aja lebih luas
Quote:Original Posted By Influential


jaman sekarang ngga ngaruh gan mau jurusan apa kek, gelar lo apa kek, yang penting skill
ada skill elektro? fokus aja di situ jangan ambil yang lain
dah banyak gan sarjana yang gelarnya melenceng jauh sama kerjaannya? mau contoh? oprek tuh bank-bank yang pekerjanya bergelar GADO-GADO alias campur-campur
kalau mau cepet kerja? ambil D3, ngga percaya sama testi ane? siap" susah cari kerja


iya juga sih gan tapi kan ane pengen menjurus ke bidang yg ane kuasain kalo masalah kerja mah gampang gan

Quote:Original Posted By lilikaji
kalo menurut ane mending lanjutin aja gan Ke TI nya, soalnya ntar kalo masuk TI bukan hanya Jaringan aja yang diajarin tapi juga ada Pemrograman dan Multimedia ,, masih banyak hal yang buat ga busen belajat TIK


iya gan ane juga pengennya lebih sih tapi elektro diajari pemrograman nggak ?

Quote:Original Posted By santaikalus
saran ane sih TI gan dan jika ada uang lebih untuk elektro ente bisa les di luar kuliah, karena TI bukan hanya jaringan saja bahasa pemograman dan database juga sangat penting untuk di kerjaan ente nanti


iya gan ane takutnya salah pilih aja sih kata temen2 ane elektro materinya lebih padet dan sudah include materi di TI

Quote:Original Posted By final_heaven_13
ambil yg lu sukai, lu kuasai, dan yg lu minat banget...kalo lu minat dan yg lu sukai jaringan dan dasar komputer yah ambil IT, jgn ambil elektro...kalo dasarnya ud ada kan tinggal mastering doank...


iya gan tapi ane pengen luasin wawasan .. jadi tambah bingung

Quote:Original Posted By RedzGamer
lu suka bidang yang mana dulu

percuma milih prospek bagus tp elu nya ngga suka.. ilmu ngga bakal masuk 100%..

arah perkerjaan nanti dibagian mana? lapangan atau kantoran??
kalau kantoran, ngembangin skill sambil jalan aja gpp
tp kalau lapangan, skill di utamakan


ane suka banget sama jaringan + robotik . kalo masalah kerja ane pengen kerja kayak di kantoran gitu gan

Quote:Original Posted By shelter1985
Lu yang punya masa depan..

tapi lu nyerahin semua keputusan nya ke umum..
---
Ambil yang mana yang lu paling yakin..

Semua ada resiko nya..

Dan semua ada akibat nya..
---
Jalanin akibat itu dengan penuh syukur,,

Bukan dengan penyesalan...
---
Itu baru SUKSES...


tapi ane masih bingung gan takut aja soalnya salah jurusan

Quote:Original Posted By yosetiawan
ambil yg kk paling minat dan peluang buat nanti


ane minat jaringan sama robotik gan

Jaman sekarang ngejar teknologi robotik, maw ikutan sukses meniti dari senior2..
Jangan berpikir daerah situ sesekalipun, klo bantu2 diteknologi gw masih bisa percaya buat loe pun ada, tapi mungkin bagian ngabisin stok supaya pabrik ga bangkrut.
jangan masuk elektro dah

cewenya dikit
Quote:Original Posted By FaldyFauzan
Gini gan ane kan lulusan SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
Niat setelah lulus nanti ane mau kuliah gan tapi bingung antara pilih jurusan TI atau Elektro .
Secara teknis ane dah mahir dalam Jaringan dan Dasar Komputer, kalo menurut ente lebih baik ane pilih apa ya buat masa depan ane nanti ?
TI atau Elektro ?

Masalahnya ane juga bingung nanti yang dipelajari TI sama Elektro itu apa aja gan


Cari info dulu sebanyak2nya,gan,biar ga salah pilih. Banyak kok info di internet yang menjelaskan kalo jurusan ini ntar belajarnya apa,jurusan itu belajarnya apa. Malah info tentang mata kuliah apa aja yang bakal diajarin di setiap jurusan juga ada. Browsing aja,gan.

Yang paling penting,ente kudu pilih jurusan yang ente minati,supaya ente ntar kuliahnya bisa enjoy dan kaga jadi beban. Kalo entee kuliah bisa eenjoy,kemungkinan ente berhasil menjalankannya akan jauh lebih besar. Itu aja. Good luck.
tulis dikertas, masukin ke toples trus di kocok....
keluar nya yang mana.... beres
TS passionnya kmn?
kyknya ke IT aj dech
klo electro uda beda lagi lho
btw uda ngerti subneting blm? aplikasi client-server?
klo blm bs lanjut kuliah atau coba kursus ambil ccna gan dari cisco
rekomendasi di ITB atau binus
×