KASKUS

[TIPS] Membaca Kode Ban & Ukuran Ideal Ban - Pelek -=Ye=-

Assalamualaikum Wr. Wb.

HT Pertama di Thread Pertama gan, Makasih banyak buat momod, buat kaskuser, jadi semangat nih buat Thread lagi, hehe



Quote:Original Posted By Erlangga


Buat yang demen touring atau bepergian jauh antar kota ke kota naik kendaraan kesayangan kita, tentunya ban jadi barang paling vital soalnya nyawa kita berada di putaran si karet bundar ini. Jangan diremehkan !! Ane Erlangga mengingatkan bahwa ada baiknya mengganti ban sesaat sebelum bepergian jauh untuk meyakinkan bahwa si karet bundar dalam kondisi sempurna dan siap diajak berjalan jauh.

Apabila ingin mengganti ban dengan merek lain diluar merk pabrikan maka kadang ditemukan kode angka yang berbeda dengan ban bawaan pabrikan. Misalnya, ban berkode 120/90 - 16 67H.

Angka 120 adalah ukuran lebar-dalam satu milimeter-ban. Angka 90 menunjukkan persentase perbandingan antara tinggi ban atau dinding bagian samping ban dengan lebar ban. Jika tertulis 90 berarti 90 persen dikalikan lebar ban yaitu 120. Hasilnya tinggi dinding ban adalah 108 milimeter.

Adapun angka 16 adalah diameter pelek yang diukur dengan satuan inci. Artinya, ban tersebut disarankan untuk digunakan pada pelek yang berukuran 16 inci. Bila peleknya lebih besar atau lebih kecil maka akan mengurangi kenyamanan.

Sementara, angka 67 adalah batas beban maksimum yang bisa disangga oleh ban yang bersangkutan. Untuk mengetahui batas maksimum itu, angka tersebut harus dikalikan Load Index (LI), yaitu 4,6. Indeks tersebut ditetapkan secara Internasional.

Jadi, bila tertera 67 berarti 67x4,6=307 kilogram. Itulah, beban maksimum yang masih bisa disangga oleh ban dalam keadaan total motor dan penumpang. Sedangkan huruf "H" adalah kode laju kecepatan maksimum kendaraan yang masih bisa ditoleransi oleh ban.

"H" berarti ban tersebut sanggup diajak melesat 210 km/jam. Kode ini telah ditetapkan secara Internasional dan masing-masing huruf mewakili kecepatan tertentu.

Kode lainnya adalah "Q" menunjukkan ban itu bisa dipakai dengan kecepatan maksimum 160 km/jam, "S" untuk 190 km/jam dan "T" untuk 190 km/jam. Profil ban juga bisa diseting sebagain penunjang performa mesin. Hal ini dapat dipilih dari perhitungan akhir diameter total ban saat terpasang.


Untuk lebih singkatnya perhatikan penjelasan berikut :

Quote:Original Posted By Membaca Kode Ban

1. Ukuran Ban
Spoiler for ukuran ban:


2. Tread Wear Factor
Spoiler for treat wear factor:


3. Tube/Tubeless
Spoiler for tubeless:


4. Lot Number
Spoiler for lot number:


5. Speed Symbol & Load Index
Spoiler for speed&load index:


6. Rotation
Spoiler for rotation:


7. Maximum Load
Spoiler for maximum load:




Prinsipnya, makin kecilnya diameter total ban luar, akselerasi bawah hingga menengah jadi ikut terdongkrak. "Jangan tunda dan jangan remehkan urusan ban ini" tutup TS

Spoiler for dibuka gans:


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ye

Quote:Original Posted By erlangga
Makasih banyak buat agan ainulx1 yang udah berkenan ngasih cendolnya )
Spoiler for cendol:


Quote:Original Posted By erlangga
Makasih juga buat agan-agan yang udah beri cendol, baik itu cendol seger atau abu gosok, makasih gan )
PERTAMAX by TS
KEDUAX buat TS lagi deh
kalo ane sih tinggal bilang aja ke tukang bannya beli ban belakang apa ban depan
wuih ternyata banyak juga kode2nya ya
tengs gan infonya
btw ada cendol menanti agan
Quote:Original Posted By acil09
kalo ane sih tinggal bilang aja ke tukang bannya beli ban belakang apa ban depan


haha, agannya mah tinggal nyuruh yah, ane ganti sendiri
Quote:Original Posted By ainulx1
wuih ternyata banyak juga kode2nya ya
tengs gan infonya
btw ada cendol menanti agan


dipelajari aja gan, gak terlalu rumit kok, kalau udah ngerti
waduh makasih gan, ini thread pertama ane lhoo
ane bantu rate thread gan
pny ge yg bs terbaca cm 3.50-10
yg lain gak gt jelas
Quote:Original Posted By damout
ane bantu rate thread gan


siip gan, thanks ya

Quote:Original Posted By langkahpasti
pny ge yg bs terbaca cm 3.50-10
yg lain gak gt jelas


hehe, udah lama ya gan bannya, sampe gak bisa kebaca gitu yang laen

wah harus jeli juga yah ama keadaan ban
Makasih gan, jadi paham apa maksud angka di ban itu hahha
lumayan bermanfaat gan
wow, nice info gan
amazing wonderful trit
keep posting gan!! Ane
mantep gan artikelnya,,, lengkap euy..
bbuat nambah wawasan ane ni...
Nice share gan..sebenarnya ad 1 lagi..biasa ban ada tanda balancingnya berupa 1 totol cat warna putih atau kuning biasanya nah itu sebenarnya harus di pasang pas di bawah pentil..CMIW
Ane baru tau cara perhitungannya gan
Selama ini cmn tau ukuran pas buat ane doang tanpa tau arti ukurannya
Quote:Original Posted By Baliqhas
wah harus jeli juga yah ama keadaan ban


ya gan, makanya itu harus bisa baca kita, hehe

Quote:Original Posted By hermanblabla
Makasih gan, jadi paham apa maksud angka di ban itu hahha


Quote:Original Posted By dleppy
lumayan bermanfaat gan


thanks gan

Quote:Original Posted By saipuljamel
wow, nice info gan
amazing wonderful trit
keep posting gan!! Ane


oke gan, thanks ya

Quote:Original Posted By tiwul.ireng
mantep gan artikelnya,,, lengkap euy..
bbuat nambah wawasan ane ni...


siip gan thanks, bantu ya

Quote:Original Posted By rotomznus
Nice share gan..sebenarnya ad 1 lagi..biasa ban ada tanda balancingnya berupa 1 totol cat warna putih atau kuning biasanya nah itu sebenarnya harus di pasang pas di bawah pentil..CMIW


iya gan bener, ban yang baru kita beli jelas banget tuh tandanya, nanti kalo udah lama kepake, jadi ngilang, iya kan gan?

Quote:Original Posted By ibnul
Ane baru tau cara perhitungannya gan
Selama ini cmn tau ukuran pas buat ane doang tanpa tau arti ukurannya


siip gans
nice info gn baru tahu ane