Thumbs down [PIC] Orang MEDAN Kini Punya Bandara Terbesar di Asia Tenggara, ngalahin S'pore




Medan Bakal Punya Bandara Terbesar di Asia Tenggara
Selasa, 09/04/2013 10:47 WIB

Medan - Sebagai gerbang masuk turis, Bandara Polonia Medan semakin padat. Bandara Kuala Namu pun disiapkan untuk menggantikan. Tak tanggung-tanggung, bandara ini akan jadi yang terbesar di Asia Tenggara. Bandara Kuala Namu digadang-gadang akan menjadi salah satu bandara terbesar di Asia Tenggara. Dibandingkan Bandara Polonia Medan, Bandara Kuala Namu empat kali lebih besar.

Salah satu satuan kerja proyek Bandara Kuala Namu, Deddi J Lumbantoruan menuturkan, dari sisi area parkir pesawat yang ada, Bandara Kuala Namu memiliki areal parkir pesawat atau apron yang bisa menampung 33 pesawat. Sedangkan Polonia hanya 11 pesawat. "Dari parking stand itu Kuala Namu 33 pesawat, Polonia 11 pesawat. Kita harapkan nanti pesawat A-380 bisa parkir di sini," kata Deddi saat bertemu wartawan saat acara Airport Visit Angkasa Pura 2 di Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2013).

Sementara itu, Plt General Manager Bandara Polonia, Slamet Samiadji menuturkan kapasitas penumpang untuk Bandara Kuala Namu sebesar 8 juta penumpang setiap tahunnya. "Sedangkan kalau Bandara Polonia itu 900 ribu penumpang. Sekarang sudah overload sekali, pergerakannya 7,9 juta," tambahnya.

Secara keseluruhan, luas lahan di bandara Kuala Namu lebih besar dibanding Polonia. Di Polonia sendiri, total luas lahan untuk kompleks bandara diperkirakan mencapai 144 hektar. Sedangkan di Kuala Namu 1.365 hektar. "Kurang lebih, 4 kali lipat lebih besar," tambahnya.

Dari sisi kapasitas terminal kargo, Bandara Kuala Namu mampu menampung hingga 65.000 ton, sedangkan Bandara Polonia hanya mampu menampung 50.000 ton. Tenaga kerja di bandara Kuala Namu diperkirakan mencapai 1.100 orang, atau 2 kali lebih besar dari bandara Polonia Medan yang hanya mencapai 570 orang saat ini. PT Angkasa Pura II menargetkan Bandara Kuala Namu beroperasi pada September 2013 ini. Sementara Bandara Polonia akan dikembalikan pengelolaannya kepada TNI Angkatan Udara.
http://travel.detik..com/read/2013/0...?991104topnews




Maret 2013, Bandara Kuala Namu beroperasi
FRIDAY, 13 APRIL 2012 23:02

MEDAN - Meski dipastikan selesai pada akhir tahun ini, namun pengoperasian Bandara Internasional Kuala Namu baru bisa dilakukan pada akhir Maret 2013 mendatang. Masih ada proses yang harus dilakukan sebelum bandara benar-benar beroperasi. Hal itu terungkap dalam dialog antara Wakil Presiden RI Boediono dengan Kementerian terkait di Bandara Kuala Namu, Deli Serdang, Jum'at (13/4). Dalam paparan Kementerian Perhubungan terungkap, bahwa untuk pembangunan fisik bandara sudah tidak ada masalah, sehingga dapat diselesaikan sesai kontrak pada akhir tahun ini.

Meski demikian, bandara tidak bisa langsung dioperasikan karena masih ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti shadow operation yang memakan waktu sekitar sebulan, ujicoba, proses pemberitahuan kepada dunia internasional, dan lain sebagainya yang memakan waktu sekitar tiga bulan. Oleh karena itu, bandara baru bisa dioperasikan pada akhir Maret 2012. Dirut Angkasa Pura II, Trisunoko, dalam paparannya mengatakan, bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta tersebut, progressnya sudah mencapai 81,3 persen. Lebih baik dari jadwal yang ditentukan. Bahkan, untuk sektor publik yang anggarannya bersumber dari APBN, sudah mencapai 89,5 persen dan ditargetkan akan rampung pada November mendatang.

Sementara Dirut PTPN II, Batara Muda yang hadir dalam kesempatan tersebut menyebutkan, bahwa sudah tidak ada kendala dalam pembebasan lahan eks HGU PTPN II sebagai pendukung akses road menuju bandara, arena tinggal menunggu proses administrasinya saja. Hal senada juga diungkapkan PT KAI, bahwa akses jalan kereta api akan siap bersamaan dengan selesainya bendara, yakni pada akhir tahun ini. Saat ini, pihaknya sudah mulai mengerjakan pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Aras Kabu ke bandara dengan panjang 3,9 km. Sedangkan Wakil Meteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak dalam kesempatan yang sama menyebutkan untuk akses fly over, ditargetkan selesai akhir tahun ini. Begitu juga dengan jalan arteri yang hanya tinggal 3,5 km saja
http://www.waspada.co.id/index.php?o...edan&Itemid=27

Pembangunan Bandara di Luar Jawa yang Pertama kalinya terbesar di Asia Tenggara
Spoiler for foto-foto fisik Kuala Namu Airport, Medan:



90% Penerbangan di Bandara Polonia Didominasi Jakarta-Medan & Sebaliknya
Senin, 08/04/2013 17:10 WIB

Medan - Pergerakan penerbangan di Bandara Polonia, Medan masih didominasi oleh rute Jakarta-Medan atau sebaliknya. Sekitar 90% dari total pergerakan penumpang di Bandara Polonia didominasi dikuasai oleh penumpang yang terbang Jakarta-Medan. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Harian General Manager Polonia, Slamet Samiadji sata ditemui wartawan di Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara, Senin (8/4/2013). "Jakarta-Medan, Medan-Jakarta itu okupansinya 80-90%, mendominasi sekali," kata Slamet.

Dikatakannya, saat ini pergerakan penumpang terjadi di Bandara Polonia adalah 7,9 juta orang/tahun. Hal ini berarti, sekitar 7 juta penumpang di bandara ini melakukan perjalanan dengan rute Jakarta-Medan dan Medan-Jakarta. "Lion saja 20 kali, Garuda 12 kali, Citilink 3 kali. Sriwijaya 2 kali. Mandala 2 kali. Artinya prospek bisnis Jakarta Medan itu luar biasa," tambahnya.

Ia mengatakan, di Polonia sendiri, termasuk Jakarta ada sekitar 16 rute domestik dan 7 penerbangan Internasional yang didominasi oleh penerbangan asal dan tujuan Malaysia mencakup Kuala Lumpur, Penang, Subang, Johor, Ipoh, serta lainnya Bangkok Thailand, dan Singapura. "Sedangkan aircraft movement itu pertumbuhannya 65.950 di tahun 2012 kemarin," tutupnya.
http://finance.detik..com/read/2013/...dan-sebaliknya

-----------------------------------------

Kuala Namu International Airport, the big airport in South East Asia




Siapa yang bilang, kalau pembangunan proyek-proyek megah itu hanya di jawa saja? Itu buktinya diatas, luar jawa malah dibangunin bandara terbesar di Asia Tenggara, ngalah-ngalahin bandara milik negara jiran, Singapore dan Malaysia
moga-moga dibarengi dengan soft infrastrukturnya...^^
Mantab dah..
di perhatiin juga nanti petugasnya,
biar jangan sampe kaya di Soekarno Hatta, banyak Tas" penumpang yang kebuka dsb
semoga bukan cuma bisa bikin tapi juga merawat
kebiasaan orang Indo, kl ada tempat bagus dijadiin lokasi rekreasi

bandara dijadiin tempat rekreasi kluarga, contoh di soekarno-hatta,ada kluarga yg bw anak2nya liatin pswt, ddk dibwh poon parkiran
Bandara semakin baik... infrastruktur semakin baik... Pariwisata makin maknyusss.. semoga ^_^
semoga bisa dirawat baik2
soalnya yang sudah2 biasanya cuman bisa bangun tok
Moga gak cuman menang gede doang,,,,kayak orang jawa bilang ojo dadi gede-gede gombong
Quote:Original Posted By riversoul
semoga bisa dirawat baik2
soalnya yang sudah2 biasanya cuman bisa bangun tok


RT ini aja deh, semoga bandaranya sukses dunia-akhirat
kagak percaya
indonesia itu terkenal dengan kesederhanaan nya
Bandara terbesar di asean tapi air trafficnya masih diatur singapura
Terbesar di Asia Tenggara? Changi itu nampung lebih dari 50 juta penumpang setaon (Kuala Namu 8 juta?). Kargo lebih dari 1,8 juta ton per taon (Kuala Namu 65 ribu?). Yang kerja lebih dari 28 ribu orang (Kuala Namu 1100?). Mimpinya besar ini orang. Bangga boleh, tapi gak usah ngada2 lah. Bikin malu aja.
Nih bandara mulai dipake Maret 2013, sekarang sudah April.

Apakah bandara ini sekarang udah dioperasikan???
Jangan hanya luas saja.

Contohnya Bandara Soekarno-Hatta.

Luas iya, perawatan minim.

WC kotornya minta ampun.

Bisa membangun, tak bisa memelihara.

Sama persis dengan rakyatnya yang kebanyakan hanya bisa buat anak tapi nggak mau ngurus.

Quote:Original Posted By Religional
Terbesar di Asia Tenggara? Changi itu nampung lebih dari 50 juta penumpang setaon (Kuala Namu 8 juta?). Kargo lebih dari 1,8 juta ton per taon (Kuala Namu 65 ribu?). Yang kerja lebih dari 28 ribu orang (Kuala Namu 1100?). Mimpinya besar ini orang. Bangga boleh, tapi gak usah ngada2 lah. Bikin malu aja.


kan udah gua bilangin gan dia atas
Muantap men.....bandaranya besar.... semoga ke depan semakin banyak kunjungan wisata ke negeri ini dengan penambahan sarana dan prasaran yang cukup memadahi ini.
Quote:Original Posted By perardua
Bandara terbesar di asean tapi air trafficnya masih diatur singapura


Iyaa gan soal penerbangan masih diatur sm singapura, malu

Quote:Original Posted By Religional
Terbesar di Asia Tenggara? Changi itu nampung lebih dari 50 juta penumpang setaon (Kuala Namu 8 juta?). Kargo lebih dari 1,8 juta ton per taon (Kuala Namu 65 ribu?). Yang kerja lebih dari 28 ribu orang (Kuala Namu 1100?). Mimpinya besar ini orang. Bangga boleh, tapi gak usah ngada2 lah. Bikin malu aja.


Biarkan berkreasi gan, mungkin sgitu jengkelnya sm jawa sampe diakhir kalimat ditulis gtu pake statement membanding'2kan
ada igonya
mudah-mudahan tata kelolanya bisa taraf internasional juga, ngga sekedar gede aja
Quote:Original Posted By Religional
Terbesar di Asia Tenggara? Changi itu nampung lebih dari 50 juta penumpang setaon (Kuala Namu 8 juta?). Kargo lebih dari 1,8 juta ton per taon (Kuala Namu 65 ribu?). Yang kerja lebih dari 28 ribu orang (Kuala Namu 1100?). Mimpinya besar ini orang. Bangga boleh, tapi gak usah ngada2 lah. Bikin malu aja.

terbesar di medan

asal pengelola bisa menerapkan standart seperti di changi boleh juga
sama jangan lupa di rawat nanti baru sebulan udah sampah dimana-mana