KASKUS

Thumbs up Must See!! Alih Fungsi Jalan Kereta di Jogja Gan!!

Sekedar share mudah-mudahan gak

Alih Fungsi, Jalan Sepur Pun Jadi Jembatan Kampung

Quote:Jembatan yang dibuat dari bekas jembatan kereta api ini kini menyuguhkan wujud yang unik. Profilnya masih menampakkan ciri-ciri sebagai jembatan kereta api, tetapi fungsinya menjadi seperti jembatan biasa.
Quote:
Besi panjang bekas jalan sepur masih tersisa, tapi sudah ditimpa beton
Seiring dengan perkembangan zaman, sarana dan prasarana transportasi mengalami perubahan. Kereta api atawa sepur, yang pada masa lalu pernah menjadi primadona angkutan darat yang murah, efisien, merakyat, dan aman, pun akhirnya tersaingi oleh jenis-jenis kendaraan lain. Pesawat terbang, bus, dan lain-lain bisa dikatakan mengambil alih peran kereta api. Bahkan juga peran-peran kereta pengangkut tebu yang di Jawa dikenal dengan nama lori, leri, dan monthit itu pun sekarang telah tergantikan perannya oleh truk.
Quote:

Akibatnya, jalur-jalur sepur pun mati. Bentangan besi baja panjang tersebut merana ditinggalkan penggunanya. Jalur-jalur rel ini pun banyak yang kemudian berubah fungsi, begitu pula stasiun-stasiun kecil. Ada cukup banyak lokasi bekas jalur rel yang kemudian di atasnya didirikan bangunan. Entah itu berwujud toko, ruko, kios, gubuk, pos ronda, warung, puskesmas, kantor tertentu, dan sebagainya. Pendirian bangunan di atas bekas jalur rel kereta ini marak di berbagai tempat di Yogyakarta.
Dari sekian jalur rel kereta yang berubah fungsi adalah bentangan jembatan yang melintang di atas Sungai Winongo, Bantul, Yogyakarta. Lokasi jembatan yang dulu menjadi jembatan kereta api ini berada di sisi barat dari Jembatan Winongo, Jalan Bantul, Niten, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, pada jarak kurang lebih 800 meter.Quote:

Bekas jembatan untuk perlintasan kereta api di atas Sungai Winongo ini sekarang dijadikan jembatan biasa. Bentangan besi baja di atas rel itu ditutup begitu saja dengan semen cor. Penutupan cor itu tidak sempurna dari ujung ke ujung jembatan dan tidak meliputi seluruh bidang lebar jembatan. Dengan demikian sebagian besi rel masih kelihatan. Demikian pun balok-balok kayu penopang rel juga masih kelihatan di masing-masing sisi kiri dan kanan jembatan.
Barangkali pemfungsian jembatan kereta api seperti ini menjadi jembatan penyebarangan kendaraan biasa dan pejalan kaki memang terasa menjadi lebih efisien dibandingkan dengan membangun jembatan baru. Toh si sepur tidak lagi akan melintasi jembatan tersebut.
Quote:

Jembatan yang dibuat dari bekas jembatan kereta api ini kini menyuguhkan wujud yang unik. Profilnya masih menampakkan ciri-ciri sebagai jembatan kereta api, tetapi fungsinya menjadi seperti jembatan biasa. Orang pun tidak perlu takut akan berpapasan dengan kereta api sekalipun profil jembatan ini masih mencirikan sebagai jalan sepur. Sayangnya jembatan ini tidak memiliki pengaman (pagar) di masing-masing sisinya sehingga cukup rawan bagi pelintas yang kurang berhati-hati atau kurang terampil mengendara. Ingin mencoba melintasi jembatan seperti ini ?
Ke Yogya yuk ..!


Quote:Semoga bermanfaat TS cuma mengharapkan dan yaa gan hehe

Sumber!
Mmpir juga ke thread ane yang lain gan
Quote:Bandara Pertama di Indonesia
pertamaxxx
kok
dopost
Ane pernah liat ni gan, ekstrim bener kalo sambil ngebut naik motor







Mengejar iso dalam 1 hari, challenge accept
[QUOTE=Toucu;51615aee1c76082355000007]Ane pernah liat ni gan, ekstrim bener kalo sambil ngebut naik motor

kapan2 main ke sana ah
Quote:Original Posted By aroelacoustic
pertamaxxx


pertamax hanya untuk TS gan hehe
tambahin pict nya dong gan , unik banget ne kreatif
rel kereta jadi jembatan biasa
Quote:Original Posted By karepmuloss
tambahin pict nya dong gan , unik banget ne kreatif
rel kereta jadi jembatan biasa


nanti ane cari lagi pict-pict nya yaa gan
drpd di bongkar, mending di aspal langsung. kereatif gan
memanfaatkan sesuatu yg sudah tidak digunakan menjadi lebih berguna adalah inisiatif brilian
kotaku
Dan ditambahkan pagar+barrier/ban di pinggir, jadilah tempat drag motor anak muda
Quote:Original Posted By Track
memanfaatkan sesuatu yg sudah tidak digunakan menjadi lebih berguna adalah inisiatif brilian


bener bgt to gan ane setujuf
haha ga pake di bobok langsung di asphalt.
Mantep gan irit dana
tambahin lagi pager biar lebih aman gan
azaz manfaat gan kan sayang klo gak di fungsikan
Quote:Original Posted By 191296
Dan ditambahkan pagar+barrier/ban di pinggir, jadilah tempat drag motor anak muda


jalanya kekecilan gan
Serem amat tuh jembatan cm jln setapak