Cool Layanan Aspirasi dan Pelayanan Online Rakyat

Assalamualaikum wr wb Kaskuser

Spoiler for LAPOR!:


Spoiler for MobApp:


Sedikit informasi berguna nih buat rekan-rekan sekalian. Siapa bilang pemerintah nggak ngeh sama perkembangan teknologi informasi. khususnya Mobile. Sejak tahun 2012 pemerintah dari UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) sudah menjalankan layanan LAPOR! (Layanam Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Layanan apa sih itu? Intinya LAPOR! itu layanan pengaduan dan penyampaian terpusat. Baik ke kementerian, lembaga negara, badan negara dan aobjek-objek pemerintahan lain. Khusus buat pemerintah daerah, baru Pemprov DKI Jakarta yang tergabung.

LAPOR! punya banyak jalur untuk dimanfaatkan. Bisa lewat web di lapor.ukp.go.id, SMS ke nomor 1708, sampai ke aplikasi di Blackberry dan Android yang bisa didapatkan di market space masing-masing. Menurut developernya dalam waktu dekat akan dirilis aplikasi di Windows Phone dan iOS nya.

Nah buat agan yang pesimis dan ngerasa inisiatif ini rasanya cuman anget-anget tai ayam aja. Setelah bertemu tim pengelolanya, ane bisa bilang mereka bener-bener punya passion buat memperbaiki bangsa ini. Isi nya anak-anak muda dan mereka bekerja langsung dibawah Presiden. Laporan-laporan yang masuk ke mereka setiap 3 bulannya dilaporkan ke Presiden dan di cc-kan ke Kementerian. Menurut mereka kementerian cukup merasa kalang kabut kalau terlihat buruk di laporannya. Karena itu inisiatif kementerian/lembaga/badan untuk menyelesaikan laporan yang masuk ke LAPOR! sangat tinggi. Contoh kasus yang sudah selesai maupun tertangani juga bisa di cek di lapor.ukp.go.id.

Kalau masih ragu atau punya masalah yang butuh penanganan, bisa langsung dicoba akses web nya, kirim SMS atau unduh aplikasinya. Darimana ngomel-ngomel doang gak jelas ke pemerintahan, mendingan disalurkan di arah yang tepat. Cuman jangan dilupakan kaidah 5W1H nya ya dalam memberikan laporan, karena kalo laporan dirasa kurang jelas atau hanya opini saja rasanya kurang efektif mengingat masih terbatasnya pegawai yang mengurusi layanan ini.

Ah iya kalo dirasa berguna bolehlah disebarkan informasi ini.

Anyway ada yang udah pernah make aplikasinya dan mau share gimana pelayanannya?

TS sendiri baru make satu kali tentang ngelaporin pungli di muara angke. Tapi cuman ditanggapi dan akan ditangani aja dari Polisinya belum ada penyelesaian.

Video Ahok dan LAPOR!

Spoiler for Ahok & LAPOR!:
Sudah pernah dibikinin thread gan ama ane... hehehehe
Cekidot: http://kask.us/gVNoE
ikut sundul ya gaan...
mudah2an berjalan lancar, selama itu untuk kemajuan Indonesia, Jakarta khusunya .. dukung dah