Thumbs up Ini Efek Samping Jangka Panjang Melahirkan Secara Caesar

Quote:Sebelumnya Hargai TS
Jadilah Kaskuser Yang Baik Dengan Selalu Meninggalkan Jejak & Selalu Membudayakan

Spoiler for :


Gambar Illustrasi


Jakarta, Melahirkan secara caesar sebenarnya ditujukan untuk wanita hamil yang mengalami komplikasi. Namun belakangan persalinan dengan cara ini lebih banyak diminati karena wanita tak ingin merasakan nyeri persalinan yang mengerikan. Meski tak sakit, tapi operasi caesar ternyata juga punya efek samping jangka panjang.

Permintaan persalinan caesar di seluruh dunia semakin meningkat. Selain karena makin banyak wanita hamil yang mengalami komplikasi selama masa kehamilan, persalinan ini untuk juga banyak diminta tanpa alasan medis yang jelas. Sebagian besar karena si ibu takut melahirkan secara normal.

Padahal bila tanpa komplikasi, melahirkan secara normal jauh lebih baik ketimbang caesar. Terlebih lagi, operasi caesar meninggalkan efek samping jangka panjang.

Berikut beberapa efek samping jangka panjang dari persalinan caesar, seperti dilansir Boldsky, Jumat (5/4/2013):

Quote:1. Bekas luka

Persalinan secara caesar akan meninggalkan bekas luka sepanjang hidup. Tapi masalahnya bukan hanya kosmetik, tapi Anda juga memiliki jaringan parut yang terbentuk di tempat perut dipotong. Jaringan parut inilah yang dapat menyebabkan masalah nantinya. Bagaimana jika Anda perlu melakukan operasi penting lainnya di kemudian hari?


Quote:2. Butuh istirahat lebih lama

Wanita yang melahirkan secara caesar biasanya akan memerlukan masa istirahat total (bed rest) selama 3 bulan. Bagi wanita karir, hal ini tentu menjadi masalah karena wanita hanya mendapatkan 3 bulan cuti bersalin.


Quote:3. Hernia

Hernia sangat umum terjadi setelah persalinan caesar. Jika Anda tidak cukup mendapatkan istirahat setelah melahirkan, Anda mungkin berakhir dengan hernia.


Quote:4. Kecil kemungkinan untuk persalinan normal

Bila anak pertama sudah dilakukan dengan persalinan caesar, maka kecil kemungkinan wanita bisa melahirkan secara normal pada persalinan berikutnya. Dan jika kehamilan kedua juga dilakukan dengan caesar, maka dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk tidak memiliki anak lagi. Pemotongan perut dan membukanya 2 kali bisa menyebabkan banyak trauma.


Quote:5. Sakit punggung

Setelah persalinan caesar, wanita paling sering mengeluh sakit punggung. Kondisi ini terjadi karena anestesi epidural dan juga efek jahitan. Setiap kali Anda tertawa atau batuk, jahitan di perut akan menegang dan dapat menyebabkan sakit punggung.

Quote:Original Posted By dickyboelky
jangka panjang nya gan..biasa nya anak yg di lahirkan secara caesar itu pintar namun fisiknya lemah atau mudah capek..

Quote:Original Posted By anachinlik
kalo bisa normal, kenapa harus cesar?

istri gue untung aja yg pertama normal....
yg 2 belum di produksi...hehehehe...

kalo dari awal nya saja sudah takut sakit, bisa dipastikan utk normal nya sudah hampir pasti gagal....
lah niat nya aja dah gak ada...dah ketakutan gitu.....

temen gue semua istrinya cesar....gue satu2 nya yg mulai dari usia kandungan 4-9 bulan hampir tiap hari ngomongin ke istri supaya normal....

beda ma temen2 gue...ada sih yg emang gak bisa normal...dah tungguin 16jam lebih masih bukaan 3 aja....jadi dokter inisiatif cesar, karena dah lama banget takut ada apa2....(temen gue dan istri nya ini juga yg nyaranin gue jangan cesar, karena setelah istrinya cesar, sering sakit dibagian punggung bawah/panggul gitu...padahal dah 2 tahun)
tapi ada juga tuh yg baru nikah aja, istri nya ngomong pas lagi kumpul2 gt kalo cesar lebih baik....lah gimana mau normal nya....
atau juga ada yg takut banget mau normal, sampe sengaja lewat ke ruang bersalin normal pas bbrp hari sebelum kelahiran...denger orang jerit, otomatis makin takut...belum lagi pas istri nya dah masuk RS karena dah mulai sakit mau melahirkan...dokternya ngomong gini "kalo mau normal, tunggu sampe sore baru saya balik lagi, nunggu sampe pasien yg check rutin siap, kalo cesar bisa sekarang" lah apa gak jadi ragu tuh temen gue...ya cesar lah akhirnya....

kadang emang dokter yg parah....
kadang juga emang pasien yg mau...dan bukan alasan medis khusus...siapa bilang gak bisa cesar di Indonesia kalo krn gak alasan medis?

kalo dari awalnya sudah takut, sudah tidak mau, maka pembenaran selalu muncul apapun alasannya.....
pembukaan 3-5 istri gue aja butuh 9 jam dan dari 5 ke melahirkan 6jam lebih.....
jadi kalo pembukaan 3, nunggu 3-4 jam saya rasa masih wajar.....makin cepat ke dokter (kalo anak pertama ya) maka kemungkinan cesar makin besar...karena proses nunggu nya itu mental makin drop...belum lagi hasutan suster dan dokter....
istri gue yg dah masuk kamar melahirkan normal aja masih dihasut tuh suster supaya cesar, katanya gak sakit, lebih cepat.....untung aja ada ibu gue pas itu, gue lagi ngurus administrasi nya soalnya...ibu gue bilang kita bisa tahan, dah ajarin menantu untuk normal...kalo bukan karena lagi nungguin anak lahir dan hal bahagia...gue tampol juga tuh suster...anjing banget....


Quote:Original Posted By gabaww
kakak ane dua duanya ngelahirin cesar gan, kaka pertama anak kedua cesar juga..., kayaknya dah takut klo ngelahirin normal.., katanya lebih bagus ngelahirin normal klo kondisinya memungkinkan , terkecuali klo melahirkan resiko tinggi .. misalnya si ibu darah tinggi.


Quote:Original Posted By MakNyonyah
ane gak bisa ngelahirin normal, krn pinggul sempit, bukaan tak pernah bs sampai 4. pertama kali cesar thn 2006, ke-2 kali thn 2009.
Sampai skrg terasa fisik menurun drastis, gampang cape, sakit, dan bekas luka nih msh ngilu, apalagi kalo dingin atau kecapekan.


Quote:Original Posted By mas_paimin
bulan kemarin adek perempuan ane melahirkan caesar anak ke 2..... saat baru tanda tanda.. datang di klinik bersalin ... baru berbaring sebentar di cek ama dokter... trus dokter nya sdh vonis ini harus caesar....sdh gitu di takut takutin lagi....hasil nya caesar karena pinggul nya kecil.... total kena 10 juta ( isu bisik bisik tetangga....dokter dapat fee lumayan klo operasi caesar drpd normal....jadi klo ada sesuatu yg tidak normal langsung vonis caesar ).

lebih ajib lagi... anak pertama lahir normal...padahal status nya sdh kalung usus... bener 2 waktu kelahiran anak pertama dokter nya top bgt sdh senior banget + usia sdh lumayan juga.... tapi sabar banget di tungguin sampe jam 1 pagi..tidak langsung vonis caesar... cuma terpaksa di catok/ kop kepala si bayi...

kelahiran 1 dan kelahiran 2 beda klinik dan dokter yaaa....



ps: ane cuma curcol bray.... jadi bagi calon bapak .. yg bini nya lagi hamil... siapkan dana maksimal sesuai dengan biaya operasi caesar....jaga jaga terjadi operasi caesar...



Quote:Original Posted By micelor
klo diitung2 sbnrnya lbh sakit klo operasi sesar.Ibu mertua ane bbrp wktu lalu nglahirin lg tp krn suatu hil yg mustahal makanya dia nglahirinnya harus scara sesar

Pas dioperasi si g sakit n g pake acara ngeden2 segala,tp pas stelahnya baru berasa sakit smp bbrp hari n g bs jln.Efekny jg msh krasa smp 3 bulanan harus istirahat

Sedang klo lahir normal sakitnya cm pas ngeden2 aj n abz ntu bbrp jam stlhny si ibu bayi ud bisa jln2 n ngrasa sakit.Paling cm sitirohat bntr buat mulihin energi.

Klo bs mah normal aj gan.lagian sesar jg biayany bisa berlipat2 dbanding klo biasa
Istri ane jg lg hamil 7 bln.doaim mudah2 lancar gan,ktny si cowok soalny ky ceret pas dh usg

Ntu cerita ane.cendol me if im wrong,,,

Quote:Original Posted By itsmeannisa
Bukan krn trend jg gan lahiran sesar itu mgkn Άϑά bbrp faktor yang ga memungkinkan lahir normal,,dan lagi pula bnyk dokter skrg yang mengusulkan sesar drpd normal karna dr faktor uang krn lahir sesar lbh banyak duit yang di dapat drpd yang lahir normal,,
Ane anak dua2'a sesar gan,,itu cm berselang 1thn dan posisi jahitan ttp di satu tempat saja. Ane ga prh berharap melahirkan sesar krn ane pgn merasakan mnjdi seorang wanita,ibu sesungguh nya dg melahirkan secara normal tp mao di kata apa smp waktu'a ane ga bs jg melahirkan normal,,ane sedih banget,,udah mahal,,sakit pasca operasi bs sampai berbulan2,,

Quote:Original Posted By anabela
1001 ibu di dunia ini yang melahirkan bayinya ke dunia lewat operasi sesar...

kalo prinsip ane & bini, kalo ngelahirin lewat operasi sesar tidak merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ibu yang melalui perjuangan yang cukup hebat (pertaruhan nyawa) demi melahirkan seorang insan manusia titipan dari Tuhan & bagi seorang suami jika istrinya melahirkan melalui operasi sesar maka dia tidak akan melihat bagaimana perjuangan istrinya dalam melahirkan darah dagingnya sendiri...

anak pertama ane alhamdulillah lahir normal & sekarang bini ane lagi ngandung anak kedua & semoga anak kedua ane nanti juga lancar proses persalinannya seperti anak pertama ane...

amin....

Quote:Semoga Bermanfaat ..
Mari Berbagi Bersama ,Share Pengalaman Orang Terdekat Ente di Mari ..


SOURCE

Quote:Original Posted By bop2281
ane kemaren sabtu barusan jadi ayah gan...puji Tuhan persalinannya normal dan lancar walaupun ternyata bini ane pengennya sesio/caesar tpi sebelumnya dah ane saranin normal aja...ntar ane dampingin selama persalinan.....dan ternyata si bayi juga pengennya normal..karena menurut HPLnya harusnya tanggal 22 besok gan tetapi baby ny minta keluarnya sabtu kemaren tgl 14 dan jam 14.15 lahir anak cowok ane gan....janji ane, ane tepatin dampingin bini ane selama persalinan dan di situ yang gw lihat adalah keajaiban Tuhan dari awal sampai akhinrya anak ane lahir.........memang sebaiknya buat calon ibu lebih baik melahirkan secara normal bila tidak ada kendala....kakak ipar ane dua-duanya caesar yang anak pertama karena air ketubannya sudah habis jadi harus dilaksanakan tindakan....anak kedua berselang 2 tahun kemudian juga caesar...karena blom gnap 3 tahun gan....seblum anak kedua lahir perut kakak ipar ane sering sakit....ternyata setelah di priksa sama tukang pjet yng ahli rahimny a geser akhirnya di benerin trus lahir anak kedua, tetapi perut kakak ipar ane skrng jd lemah makany klo becanda ma anaknya harus hati-hati


Quote:Original Posted By bop2281


sama gan ane juga ngomong waktu hamil di bulan 5-9 persalinan normal aja ke bini gw......walaupun ternyata kahirnya stelah anak lahir dia pengennya caesar......sperti gw criatin babyny juga pngen normal lahirnya maju 1 minggu dan kebetulan gw pke dokternya yang pro normal sih....dan masuk bulan ke 8 dah ikut senam hamil....memang proses melahirkan sakit (ane ga tau rasanya sakitnya gimana...cuma tau sakitnya di bejek2 bini waktu nahan rasa sakit ), mulesnya dri jm 2 pagi tpi ilang mules lagi jam 5an..ane bawa ke bidan ternyata dah bukaan 2 lalu disruh pulang ke rumah suruh jalan-jalan dulu, nyampe rs jam 10 dah bukaan 4 nunggu mpe lengkap sekitar jam1an jam stengah 2 ketubannya pecah jam 2.15 akhirnya anak gwa lahir gan.....gw mpe nangis waktu liat anak gw dah lahir gan.. bener2 keajaiban Tuhan.....memang klo norma itu sakit tapi merupakan proses untuk menjadi seorang ibu....dan benar orang dulu bilang melahirkan merupakan perjuangan hidup dan mati


Quote:Original Posted By bop2281
mo nambahin lgi gan .......yup mo normal atau caesar ibu adalah seorang ibu....yang penting swaktu kehamilan 9 bulan suami harus bisa jadi partner yang baik menyemangati istri dan membantu istri saat kehamilan n proses persalinan....memang klo bisa normal ya normal aja peranan suami hrus aktif menyemangati begitu juga ketika pilihannya karena kendala atau sesuatu hal harus caesar.....apaun pilihannya yang penting ibu dan anaknya sehat gan...itu yang paling penting


Quote:Original Posted By bancet.
Banyak jg dampak negatifnya ya..

Ya begitu lah..awal mula ad cesar kan utk yg bener2 terdesak agar angka kematian ibu n bayi smkin menurun..tapi skrg gosip2 jdi obyek sampingan...
Alhamdulillah istri ane normal..padahl lama bgt di ruang persalinan..sampe air ketuban udah pecah..tapi dokternya sabarr..n tetep usaha normal..walaupun sy jg udah siap klo emg cesar pilihan terakhir.
Kata dokter kepala bayi agak besar..jadi walaupun udah saatnya tapi posisi kepala gak keliatan n belum keluar.
Sampe akhirnya walaupun udah pecah ketuban tetep aja masih nggantung posisinya.
Cuma karena keyakinan istri utk normal krn dia ingin meraskan perjuangannya katanya n ngjak dede diperut ngobrol utk trs semangat..karena pernah baca klo bayi di perut itu bisa diajak bicara n ada ikatan batin dgn ibunya.
Akhirnya keluar jg dengan selamat..wlaupun istri perlu jahitan krn kepala dede agak besar.
Alhamdulillah semua bahagia.
Semoga bisa diambil hikmah gan..sy yakin lebih baik normal.tapi klo krn betul2 kepepet n darurat itu baru perlu cesar


Quote:Original Posted By AD1Y
istri ogut pejuang sejati.... kedua anak saya dilahirkan normal... walau harus di induksi (biar mules). dan saya nemenin waktu persalinan nya... jeritan nya manteb coiiiii... tapi setelah itu gue jadi makin sayang sama istri dan ortu gue... karena gue liat sendiri perjuangan istri waktu melahirkan....

ada cerita seru saat anak kedua gue lahir... jam 1 pagi air ketuban bocor.... sampe jam 10 pagi udah abis tuh air ketuban. tapi masih aja pembukaan 3. padahal udah dibantu dengan induksi. dan di vonis akan di cesar jam 12. karena takut air ketuban kering dan bahaya buat bayi. ogut pulang buat berdoa. kebetulan ada mama saya. dan mama saya teringat resep nenek nya. berdoa dengan membawa sebutir telur ayam mentah, dan sebuah jeruk (saya Budha). dan mama saya ngikut tuh ke RS. di pecahin telor nya di mangkok... lalu di peras lah jeruk nya... di aduk2 lalu di oleskan ke perut nya istri saya... Puji Tuhan... gak brapa lama mules hebat. jam 11.30 anak kedua saya lahir


Quote:Original Posted By drummoriz
Ane nemenin bini ane lahiran normal taon lalu, gan..

Gak ada tuh yg namanya pas kontraksi pake tereak2 kesakitan. Malah pas bukaan 5 bini ane minta mandi air anget. Trus pas bukaan 9, masih sempet foto2 sambil ketawa2 sama ane dan semua orang yg nungguin dia di situ.
Soalnya, dari awal kehamilan bini ane udah ikutan sama yg namanya terapi Hypnobirthing, trus dia rajin praktekin tu metode tiap hari sampe pas kontraksi dimulai. Malah kata biini ane pas anak ane udh lahir, ngomong "Siapa bilang ngelahirin itu sakit?" Sambil senyum2 gendong anak ane
Quote:Original Posted By samadok


walo sesar ibu tetep seorang ibu, kadang itu bukan pilihan mereka ada beberapa kasus kayak ane yang akhirnya harus menempuh jalan itu. dan suami ane tetep ngeliat gimana perjuangan ane dan para ibu2 lainnya dalam melahirkan buah hati mereka.

untuk kasus ane dan beberapa yang pernah ane denger, awalnya kayak ibu2 lainnya ane pingin ngelairin secara normal, tapi selama hamil kondisi badan ane drop banget. kalo biasanya orang mual dan muntah sampe usia 4 bulan, kalo ane sampe 9 bulan tetep mual muntah, ketambahan sering bolak2 masuk rumah sakit, itu udah di prediksi bakal ngelairin secara sesar udah lama, karena ane beberapa kali kena kasus pendaharan..

pas terakhir mau ngelahirin, sebellum hari H, ane mulai lagi pendarahan..terus akhirnya di pacu biar ane cepet lairan..., setelah di pacu pertama ane masih bukaan 1, terus di kasih obat pemacu lagi itu ane masih tetep bukaan 1, setelah 24 jam ngerasain gimana sakitnya kontraksi dan rahim ane tetep kekeh di bukaan 1 sedang kondisi ane udah drop banget, akhirnya suami ane setuju buat jalan operasi..

alhamdulillah anak ane lahir sempurna dan ane gag menyesal dengan jalan yang udah ane lakuin..., walopun dengan mengorbankan kehidupan ane karena emang gag bisa di pungkiri setelah sesar kondisi badan ane gag seperkasa dulu lagi..., i luv u my girls....


Quote:Original Posted By cafeindrunk
lama2 orang gk percaya sm dokter....mreka cr duit...kerjasama sm rumah sakitnya atau dipaksa....bbrpa kasus pernah kjadian sm tmn ane...cerita ada satu dokter dipecat dr RS nya...krn nolak mlkukan cesar dngan kebohongan yg dibuat seolah2 anaknya ada masalah gk bs normal....ane bnyk nengokin temn2 ane yg lahiran.....and guest what....SEMUA DIVONIS ADA MASALAH DENGAN POSISI ANAK ATAU TERLILIT PUSAR dsb.....sungguh aneh....kayanya serempak seindonesia dokter2 mlakukan hal yg sama....
sbnrnya gk mau buruk sangka sm dokter2 indonesia...tp kejadianny kaya gtu c...smga aja ya apa yg ane sangka salah...atau ya dokter2 itu lbh pny hati nurani....gk cuma cari uang dan mata hati tertutup
Quote:Original Posted By Nardy bugiel
sekedar saran untuk yg mau punya anak/istrinya mau melahirkan, untuk berjaga-jaga seandainya memang gk bisa melahirkan normal, alangkah baiknya cek kehamilan di puskesmas agar bisa dapet tuh buku pink...gunanya biar bisa gratis operasi cesar nya ( Rumah sakit tertentu ) di samping dengan syarat2 lainnya seperti buku nikah+ktp+kk. lumayankan gk harus kluar 10jt
duitnya bisa buat keperluan lainnya.
pengalaman bini ane, gk punya kartu pink..biaya operasi keluar 10jt
sebenernya untuk anak berapa pun gak jdi masalah...walaupun harus sabet kiri kanan...tapi kalo emang bisa di minimalisir pengeluaran kenapa gk.

Quote:Original Posted By moodpastel
Ane sesar dua kali... Karena tidak ada pilihan lain, demi keselamatan bayi... Setelah 2x sesar berasa banget gampang capek ya... Efek paling besar adalah... Perutnya jadi buncit...hihihihi..susah perut biar langsing lagi... Olahraga perut pun harus setelah beberapa tahun.. Sit Up paling efektif ngecilin perut kan... Sedangkan kaitan masih sering merasa ngilu... Oh ya... Jgn terlalu angkat yg berat2 juga


Quote:Original Posted By aqilah19
Ane punya 2 putri yg pertama dilahirkan secara normal dan yg ke 2 dengan terpaksa dilahirkan secara sesar karena faktor posisi. Menurut ane terlihat jelas perbedaan diantara ke2 anak ane. Anak ane yg pertama yg dilahirkan normal menurut ane lebih tahan terhadap suhu udara panas sedangkan yg ade yg d lahirkan secara sesar lebih cenderung tidak tahan akan udara panas. Menurt ane dan suami ini bisa karena faktor suhu ruangan saat melahirkan, karena saat melahirkan yg pertama suhu ruangan dirumah sakit itu suhu ruangan rawat inap biasa sedangkan saat melahirkan yg ke2 suhu ruangan sangat dingin sekali karena diruang operasi jelas suhu ruangannya dingin berkali lipat dibanding suhu ruangan rawat inap biasa.
Kalo dari fisik ane sendiri yg ane rasain emg bener suka sakit pinggang n nyeri di perut sejak ane melahirkan anak ke 2 secara sesar. Karena ane dah ngerasain gmna melahirkan normal n sesar ane tetep memilih untuk melahirkan secara normal karena di batin ane bilang lebih berasa nikmatnya karena melahirkan secara normal selain masa penyembuhan yg cepet menurut ane melahirkan secara normal itu juga membuat ane lebih sangat menghargai dan lebih menyayangi orang tua ane.
bs sakit punggung.ya gan gara2 jahitannya ... nice share gan
Operasi caesar lagi nge trend Gan, bisa di atur tanggal kelahirannya. Maksudnya hernia apa Gan .. ?
Bweeeeeeewwwww..........
Quote:Original Posted By 25guns
bs sakit punggung.ya gan gara2 jahitannya ... nice share gan

iyahh gan ..gian jg mending ngelahirin normal biar lebih terasa perjuangannya
Quote:Original Posted By rizalyans
Operasi caesar lagi nge trend Gan, bisa di atur tanggal kelahirannya. Maksudnya hernia apa Gan .. ?


Penyakit hernia, atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan turun berok adalah sebuah penyakit akibat melemahnya lapisan otot pada dinding perut.

Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.
Quote:Original Posted By ican.pp

iyahh gan ..gian jg mending ngelahirin normal biar lebih terasa perjuangannya


Penyakit hernia, atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan turun berok adalah sebuah penyakit akibat melemahnya lapisan otot pada dinding perut.

Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.


Thanks Gan penjelasannya
Quote:Original Posted By rizalyans


Thanks Gan penjelasannya


sama-sama agan ,,semoga bermanfaat ..

thanks udah mampir ..

makasih infonya
nyokap ane juga sesar lahirinnya
Quote:Original Posted By mumuk
makasih infonya
nyokap ane juga sesar lahirinnya


kalo keadaannya mendesak mungkin caesar bisa dijadikan opsi terakhir ..

bagi agan2 yg sudah atau ingin memiliki anak ,atau yg istrinya sedang mengandung ,bila memungkin sebaiknya istri agan melahirkan dengan normal supaya perjuangan ibu lebih terlihat ..

perjuangan yang sungguh2 akan menghasilkan sesuatu yg baik
Ga mutu komen2nya zzzzz
ngilu gan baca efeknya kae gitu
bnyk jga negatif'a gan,jdi kasian ama kaum hawa kklo mlahirkn scra cesar
nice share gan
tp efek jangka pendeknya.. "tetep kesat gan"

nah loh.. jadi gimana dong..
istri ane kyknya bentar lagi juga caesar nih gan,krn bayi pada posisi melintang,jadi menurut agan gimana?
Kalo ngga ada masalah medis, mending normal aja.
harus nya pake mesin obras ya??
bagus infonya gan
bisa kena kernia juga ternyata