KASKUS

Pengakuan Pria Belanda yang Merekam Tindakan Polisi yg Nilang di Bali

Seorang bule asal Belanda bernama Kees van Der Spek membuat sebuah dokumentasi cukup menyentak. Dia berhasil menyorot tindakan polisi lalu lintas yang menilangnya saat berada di Bali.

Tak hanya itu, Kees juga membuat dokumentasi mengenai kecurangan kasir money changer di Bali. Ironis memang. Pulau Dewata seharusnya nyaman bagi para turis sebab daerah wisata itu paling tersohor sejagat. Ini malah menjadi ajang sebagian oknum untuk memeras dan membohongi pelancong itu.

Merdeka.com berhasil mewawancarai Kees pada Rabu (3/4), si pembuat dokumentasi soal kebobrokan moral polisi lalu lintas memerasnya hingga Rp 200 ribu dan juga membongkar praktik kotor kasir penukaran mata uang asing.

Kees ternyata seorang jurnalis dari saluran televisi asal Belanda yakni SBS6. Dia membawakan acara berjudul Oplichters in het Buitenland. Tayangan dokumenter ini mewawancarai para turis asal Belanda yang bepergian ke pelbagai negara dan menjadi korban kejahatan di sana. Lalu Kees melakukan perjalanan ke negara yang dimaksud dan merelakan dirinya menjadi korban hanya untuk mengetahui bagaimana tindak kriminalitas itu bisa terjadi.

Berikut petikan wawancara dengan Kees.

Ceritakan bagaimana Anda bisa merekam kejadian tidak menyenangkan yang Anda alami di Bali?

Rekaman itu memang untuk kepentingan program acara televisi di mana saya menjadi pembawa acaranya, berjudul 'Oplichters in het Buitenland". Saya mencari tahu kriminalitas sering menimpa para turis, utamanya asal Belanda, dan saya rela menjadi korban untuk mengetahui kejahatan itu.

Kapan dan di mana Anda mengalami kejadian itu?

Saya memang merahasiakan nama jalan dan tempat. Tapi dokumentasi itu dibuat pada November 2012. Itu pengalaman pertama saya dan kunjungan pertama saya di Bali.

Apakah Anda tahu siapa nama polisi dan kasir di tempat penukaran mata uang asing itu?

Tidak. Saya tidak tahu nama mereka. Tapi wajah mereka tidak kami sensor dan cukup jelas terlihat.

Apa Anda tahu video dokumentasi Anda diunggah ke Youtube?

Saya tidak tahu. Tapi saya tidak masalah. Ini era modern dan banyak orang bisa mengunggah apapun yang mereka inginkan.

Apakah Anda tidak takut datang ke Bali lagi dengan pengalaman tidak menyenangkan itu?

Oh, sama sekali tidak. Saya tidak takut untuk datang ke Bali berkali-kali sebab tempat itu sangat indah. Banyak juga pengalaman yang menggembirakan di sana. Termasuk diajak minum bir oleh polisi yang menilang saya (tertawa).

Apa pesan dari program yang Anda bawakan itu?

Kami ingin memperingatkan pada para turis soal penipuan atau tindak kriminal yang bisa terjadi pada mereka kapan pun dan di mana pun, bukan hanya di Bali. Saya juga mengajak orang untuk berpikir, mereka yang melakukan penipuan sebenarnya mempermalukan diri sendiri. Itu sebabnya wajah mereka tidak disensor.

Secara umum saya menyukai Bali. Kami hanya ingin memperingatkan para pelancong di berbagai belahan dunia agar berhati-hati dengan bentuk kriminal itu dan tetap waspada.

Sumber http://bit.ly/12hGaUy

Semoga nanti ada giliran yg kelas kakapnya jg kena batunya ye...
Pertamax ya niiii
Dorrrrr.....
kayak gini masih ngimpi ngalahin malay di bidang pariwisata ...

ngimpi di siang bolong
lha si bule sendiri juga melanggar aturan lalu lintas kok.....
melancong ke negeri orang kok gak taat aturan setempat

podo koplak e
hati hati gan
g bule domestik atau internasional
Quote: Kami hanya ingin memperingatkan para pelancong di berbagai belahan dunia agar berhati-hati dengan bentuk kriminal itu dan tetap waspada.



hahaha dagelan lagi
ngakak abis dah..

selamat buat pak polisi menjadi artis mendadak [/youtube]
klo gitu ada bukti dong polisi indo utk sidangin tu org hahahah...dgn biaya 2 juta dikurangi uang suap nya hahahah
Quote:Original Posted By mmengong
lha si bule sendiri juga melanggar aturan lalu lintas kok.....
melancong ke negeri orang kok gak taat aturan setempat

podo koplak e

Agan tau tu bule ngelanggar aturan lalin dr mana? Apakah agan ad di tkp saat tu bule ngelanggar?atau ini cuma asumsi agan semata? Atau ini cuma mimpi agan semata di siang bolong?

Gan....bangun gan bangun
Quote:Original Posted By 54t4nic

Agan tau tu bule ngelanggar aturan lalin dr mana? Apakah agan ad di tkp saat tu bule ngelanggar?atau ini cuma asumsi agan semata? Atau ini cuma mimpi agan semata di siang bolong?

Gan....bangun gan bangun


lah di video sdh ada waktu dia ketangkap gak pake helm
Quote:Original Posted By mmengong
lha si bule sendiri juga melanggar aturan lalu lintas kok.....
melancong ke negeri orang kok gak taat aturan setempat

podo koplak e


kan disitu ditulis, dia "merelakan dirinya jadi korban" .... ya kalo pake helm gimana mau ngebongkar kasus pemalakan polisi atau penipuan kasir.

ini musti acara mirip john pantau kalo di mari mah..
Memalukan oknum polisinya gan...
Semoga menjadi pelajaran buat polisi2 yang lain.

Quote:Original Posted By 54t4nic

Agan tau tu bule ngelanggar aturan lalin dr mana? Apakah agan ad di tkp saat tu bule ngelanggar?atau ini cuma asumsi agan semata? Atau ini cuma mimpi agan semata di siang bolong?

Gan....bangun gan bangun

dengan tidak membenarkan suap yang terjadi
si bule memang tidak pake helm, artinya pantas untuk di tilang.
kedua, kalau ndak salah ndak bwa Sim bray...

silaken di lanjut bobonya
Pulisi geblek, malah jak mabuk
Quote:Original Posted By nyana


kan disitu ditulis, dia "merelakan dirinya jadi korban" .... ya kalo pake helm gimana mau ngebongkar kasus pemalakan polisi atau penipuan kasir.



utk kasir money changer gak ada videonya jadi gak bisa komen
tapi utk kasus pemerasan polisi, dia mungkin dapat laporan/cerita dari turis-turis belanda yg pernah kena pemerasan polisi di bali....
kemudian dia pingin membuktikan.....

nah, kalo turis-turis itu taat hukum, apa iya bakal berhadapan sama polisi ?
kalo taat aturan lalu lintas apa bakal ditilang polisi ??

betul ada polisi2 lalu lintas kita korup, tapi kalo tidak ada pelanggaran apa ada kesempatan utk polisi2 korup itu memeras ??

kalo kita dijalan pake helm, bawa surat2 lengkap, patuh rambu lalu lintas....
apa polisi bakal nyetop trus nilang ??
di thailand sama kok,
malay juga gan gawat...banyak rampok n copet, ud gitu supir taksinya sama di INDON, ane dpt info dr supir taksi SINGAPORE doi cerita banyak ttg jeleknya keamanan wisatawan asing di sana...bahkan polis di malay cuek aja sm kasus turis asing,

jd mo dibilang gak bisa ngalahin malaysia
menurut ane sama aja kok..
Lah yang gua binung tuh POLISHIT gimana nasib nye gan
Polisi Indonesia GO INTERNASIONAL
ini baru Polisi kelas terinya, gimana kelas kakapnya ?
Quote:Original Posted By mmengong


utk kasir money changer gak ada videonya jadi gak bisa komen
tapi utk kasus pemerasan polisi, dia mungkin dapat laporan/cerita dari turis-turis belanda yg pernah kena pemerasan polisi di bali....
kemudian dia pingin membuktikan.....

nah, kalo turis-turis itu taat hukum, apa iya bakal berhadapan sama polisi ?
kalo taat aturan lalu lintas apa bakal ditilang polisi ??

betul ada polisi2 lalu lintas kita korup, tapi kalo tidak ada pelanggaran apa ada kesempatan utk polisi2 korup itu memeras ??

kalo kita dijalan pake helm, bawa surat2 lengkap, patuh rambu lalu lintas....
apa polisi bakal nyetop trus nilang ??



semua yang loe ucapkan itu benar dan tidak ada artinya sama sekali.
kalo turisnya salah otomatis polisi yg meres bener kah?
ga toh.

two wrongs don't make a right.

loe tipe2 orang yg nyalahin korban pemerkosaan ya?
dengan tipe logika, dia pakaiannya menggoda jadi gua telen?
×