KASKUS

5 Kendaraan Umum Penyebab Jakarta Macet



Semakin hari kemacetan jakarta semakin parah, kapasitas jalan yang sedikit tidak mampu menampung banyaknya kendaraan apalagi dengan semakin bertambahnya kendaraan pribadi, semua orang di Jakarta sepertinya ingin punya kendaraan pribadi sendiri, hal ini adalah dampak dari buruknya manajemen transportasi di Jakarta. Sementara itu perbaikan menuju transportasi yang aman, nyaman dan mudah tidak kunjung terealisasi hingga kini membuat semakin semrawut transportasi Jakarta, belum lagi masih banyak kendaraan umum tidak layak pakai yang masih dioperasikan sehingga menjadi biang kemacetan.

1. Metromini

Spoiler for :


Siapa yang tidak kenal metromini? hampir seluruh warga jakarta mengenalnya. Menurut Wikipedia metroMini adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa angkutan kendaraan umum di Jakarta. Busnya berukuran kecil dengan warna khas orange dan biru dengan garis putih di tengahnya. Memiliki kapasitas sekitar 20-30 tempat duduk. Metromini melayani trayek dalam kota Jakarta yang setiap rutenya ditandai dengan nomor khusus, misalnya metromini 92 yang juga melewati kampus saya hehe... tarif Metromini cukup terjangkau yaitu Rp 2.000 per orang.
Metromini merupakan kendaraan umum penyebab kemacatan di Jakarta karena selalu manaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat dimana saja kapan saja, dengan teriak Kiri Bang dijamin Metromini langsung berhenti. Belum lagi ulah supirnya yang selalu mengendarai dengan mengebut dan melangar lalu lintas dan hal yang paling tadak aman adalah Metromini rawan perampokan dan pencopetan.
Sejak beroperasinya Metromini pada 1982 hingga kini tidak ada perbaikan berarti dari perusahaan MetroMini, bus yang sudah tidak layakpun masih dioperasikan dan pada akhirnya mogok di jalan. Ini merupakan bukti ketidakseriusan perusahaan MetroMini dalam menyediakan transportasi umum. Dilihat dari sisi ramah lingkungannya sudah bisa dipastikan sangat buruk, Metromini menyumbang 60% pencemaran udara Jakarta terutama karena memakai bahan bakar solar.

2. Kopaja

Spoiler for :


Kopaja dikelola oleh PT KOPAJA (Koperasi Angkutan Jakarta) yang merupakan perusahaan yang menyediakan jasa transportasi umum berupa mini bus di Jakarta. Kopaja Tidak jauh berbeda dengan Metromini dengan kapasitas 20-30 tempat duduk tapi seringkali mengangkut penumpang hingga melebihi kapasitasnya, Bus kopaja berwarna hijau dan putih, dari sisi keselamatan kendaraan ini jauh dari aman dan sejauh ini masih sama dengan Metromini yaitu bus yang sudah tidak layak pakai masih dioperasikan serta perilaku supirnya yang ugal- ugalan dan tidak menaati rambu lalu lintas.

Tetapi sebenarnya PT KOPAJA tidak mau disamakan dengan Metromini, Pembenahan dilakukan secara menyeluruh dan pada akhirnya mulai 8 Agustus 2011 dioperasikanlah Kopaja AC bernomor rute S.13 dengan rute ragunan belakang - Slipi. Ini berarti PT KOPAJA mulai serius menyediakan transportasi umum. Penumpang bis bisa menikmati fasilitas pendingin AC dengan harga yang murah seperti bus umumnya yaitu Rp. 2000. Kelebihan lain yang dimiliki Kopaja AC adalah terdapat alat khusus yang menunjukan kalau kapasitas sudah penuh dan tidak akan membawa penumpang lagi. Kopaja AC juga memiliki Fasilitas yang hampir mirip dengan bus Transjakarta yakni memiliki pegangan tangan khusus dan kursinya pun hampir sama.

Spoiler for :


3. Angkot

Spoiler for :


Angkot atau angkutan kota adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk pada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Di Jakarta angkot lebih dikenal dengan sebutan Mikrolet walaupun bentuknya kecil tetapi jumlahnya yang sangat banyak membuat macet Jakarta belum lagi
selalu berhenti sembarangan, walaupun sudah ada beberapa angkot yang diperbarui tapi hingga saat ini angkot masih jauh dari kata aman dan nyaman. Belum lagi beberapa waktu lalu sempat muncul kasus pemerkosaan di dalam angkot, ada juga yang menurunkan penumpang padahal belum sampai tujuan alasannya sepi penumpang dan mau putar balik ke arah yang banyak penumpangnya. Saat ini perubahan baru terlihat pada pengemudi angkot yang mulai memakai pakaian seragam walaupun hanya sedikit, ini adalah peraturan baru dari pemerintah menyusul maraknya kejahatan di dalam Angkot.


4. Bajaj

Spoiler for :


Bajaj merupakan kendaraan umum dengan roda tiga, di Jakarta bajaj sudah sangat tidak layak pakai dari semua segi baik kenyamanan, keamanan dan kebersihan , jika kamu tidak percaya silahkan naik bajaj dan rasakan sensasinya. Bajaj sangat tidak teratur rutenya sehingga, Bajaj juga sangat tidak ramah lingkungan asapnya sangat menggangu pengemudi lain, walaupun sekarang sudah ada beberapa bajaj yang menggunakan bahan bakar gas tapi jumlahnya masih sedikit, sehingga bajaj tetap menjadi penyumbang polusi udara dan penyebab kemacetan di Jakarta.

5. Bus Patas

Spoiler for :


Bus Patas merupakan kendaraan umum yang melayan rute di sektar Jabodetabek seperti bus Mayasari Bakti dan sejenisnya dengan tarif sekitar Rp 7.000 untuk bus patas AC dan 3000- Rp 5.000 untuk non AC.
walaupun lebih nyaman dari kendaraan umum lain tapi ukurannya yang besar membuat jalanan semakin sempit sehingga menimbuklan kemacetan terutama jika tidak lewat jalan tol.

demikian lah trit saya yg jelek ni

yang baik hati kasi
dan yaaaa

gagal pertamax
ada baiknya naik Kereta aja gan biar ga macet lg
Quote:Original Posted By allpsu
ada baiknya naik Kereta aja gan biar ga macet lg


jalan kaki aja gan sehat
kemacetan sudah menjadi ciri ibu kota negara kita gan. Btw ane Pertamax
sepeda motor yang suka nyelempit juga biki jakarta macet
ane ikut prihatin aja atas kemacetan di ibu kota,...
Quote:Original Posted By allpsu
ada baiknya naik Kereta aja gan biar ga macet lg

Gak semuanya bisa diakses naik kereta gan

Kalo di pinggiran Jakarta biasanya truk. Kalo bannya 4-6 masih mending lhaa. Lha ini ada yg bannya sampe 22, macet parah daaaah

Metromini




kalo ojeg sepeda ontel gan?