Lightbulb 14 Pekerjaan yang Potensial bagi Pekerja Asing di Jepang

~startQuote:--- WELCOME TO MY THREAD ---
~checkQuote:Simsalabim .. cek no repsol
Spoiler for img:

~HTQuote:Ga nyangka HT .. HT#1
Spoiler for HT#1:

~preQuote:Quote:

Dalam beberapa tahun kedepan, diperkirakan Jepang membutuhkan beberapa tenaga kerja ahli dalam industri dan beberapa bidang lainnya. Permintaan akan tenaga kerja ini dikarenakan penuaan populasi yang dialami oleh Negeri Matahari Terbit tersebut.

Quote:

Dikarenakan hal diatas, baik pemerintah dan perusahaan Jepang berencana untuk mempekerjakan pekerja asing secara massal, dalam rangka mendukung program mereka dalam berinvestasi dalam industri robotika, pekerjaan lepas pantai, dan lainnya.

Nah, berikut ini adalah 14 pekerjaan yang potensial bagi pekerja asing di Jepang.

~mainQuote:
  1. Engineering
    Quote:Banyaknya karyawan perusahaan Jepang (termasuk perusahaan industri elektronik, automotif dan industri manufaktur besar lainnya) yang memasuki usia pensiun, membuat perusahaan-perusahaan tersebut terbuka untuk mempekerjakan pekerja asing.
  2. Teknologi Informasi
    Quote:Banyaknya toko-toko TI yang telah mempekerjakan setidaknya beberapa orang asing di pasar lokal. Membuat lapangan pekerjaan di sektor IT cenderung meningkat.
  3. Investasi Perbankan
    Quote:Lapangan pada sektor investasi perbankan terutama pada bank investasi asing cukup besar. Karena, tidak hanya memperkerjakan bankir, bank investasi juga mempekerjakan sejumlah besar staff TI. Namun, tingkat kompetisi untuk pekerjaan ini sangat ketat.
  4. Guru Bahasa Inggris
    Quote:Pekerjaan mengajar bahasa Inggris sangatlah terbuka lebar karena tersedia di seluruh 47 prefektur Jepang. Namun, kondisi untuk guru bahasa Inggris masih sulit akhir-akhir ini, hingga suatu media mengabarakan beberapa guru menerima sumbangan makanan dari mantan siswa hanya untuk bertahan hidup.
  5. Karyawan Kantor
    Quote:Jika anda memiliki visa yang sah dan dapat memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik, bekerja sebagai karyawan kantoran sangatlah mungkin.
  6. Industri Penyedia Jasa
    Quote:Industri penyedia jasa seperti pelayan restaurant, penjaga toko dan jasa lainnya, cukup terbuka bagi pekerja asing. Namun, ada satu hal disamping visa dan kemampuan berbahasa Jepang yang baik, adalah etika kesopanan.
  7. Perusahaan Jepang yang memperluas cakupan secara Global
    Quote:Beberapa perusahaan terkemuka di Jepang sedang berniat untuk memperluas cakupannya secara global. Sehingga, mereka membutuhkan professional asing yang dapat mewujudkan rencana perluasan tersebut.
  8. Bisnis Usaha Kecil
    Quote:Meskipun untuk memulai usaha kecil di negara ini sangat sulit. Namun, beberapa entrepreneur asing mengalami kesuksesan di Jepang. Sehingga, meskipun peluangnya sulit namun usaha di sektor ini cukup menjanjikan.
  9. Pekerja Bar
    Quote:Sama dengan sektor bisnis usaha kecil, pekerjaan di sektor ini pun sangat sulit, dikarenakan pemerintah Jepang enggan mempekerjakan pekerja asing di sektor pekerja bar. Namun, kenyataannya terdapat banyak pekerja asing bekerja di bar distrik hiburan malam seperti Roppongi.
  10. Aktor
    Quote:Jika anda dapat bersikap dan berbicara seperti orang jepang dengan baik, maka tidaklah sulit untuk memperoleh pekerjaan dibidang ini, meskipun hanya sebagai pemain figuran.
  11. Model
    Quote:Iklan media cetak di Jepang membutuhkan model asing dengan jumlah yang besar. Karena, pekerjaan model asing di Jepang hanya bersifat kontrak jangka pendek. Syarat utama perkerjaan pada sektor ini jelas harus memiliki penampilan yang baik. Lalu, sebelum berangkat ke Jepang harus selalu mengecek reputasi agensi disana, karena ada agensi yang kurang baik.
  12. Sales
    Quote:Pekerjaan sales dari orang asing ini, biasanya dibutuhkan oleh perusahaan Jepang yang hendak menjual produknya ke perusahaan asing yang berada di Jepang.
  13. Recruiter
    Quote:Dalam rangka perekrutan massal pekerja asing di Jepang, maka dibutuhkan suatu lembaga / perusahaan perekrutan pekerja asing di Jepang. Sehingga lapangan pekerjaan di sektor ini cukup terbuka
  14. Peneliti dan Professor
    Quote:Pemerintah Jepang saat ini sangat concern terhadap riset robot dan lainnya, yang membutuhkan jumlah peneliti dan professor yang cukup banyak, sehingga lapangan pekerjaan di sektor ini cukup menjanjikan.

~triviaQuote:Gimana, tertarik bekerja di Jepang?
Spoiler for komengTS:

O Iya .. Ane cuma mau forward program pemerintah .. Pemerintah lagi bikin program pemagangan ke Jepang (ya mayan lah walaupun cuma magang, yang penting pengalamannya gan, sukur-sukur klo bisa sampe keterima kerja disana) .. Semua biaya dari awal hingga dapet kerja disana / pemagangan selesai, gratis gan ..
Klo ada yang minat klik aja situs pemagangan dibawah, bukan spam kok, ini link pemerintah.
Quote:Pemagangan

~sourceQuote:Sumber
~endQuote:--- Kaskuser yang Baik Selalu Meninggalkan Komeng ---
kasih ane & -nya ya gan, -nya kasih ke tukang bangunan.
Thx buat yang udah ngasih cendol + abugosok
Spoiler for thx:
Quote:--- Cek Thread Ane yang Lain ---
Laba-Laba Vs Kelelawar
Spesies Tarantula Baru dari Sri Lanka
Jembatan Naga Vietnam

~updateQuote:--- UPDATE DI POST #3 ---
--- COMMENT KASKUSER DI POST #5 ---
reserved
~updateQuote:Wah, banyak yang nanya biaya hidup disana ..
Nih, ada sedikit info soal biaya idup disana .. (aslinya sih ane kurang tau gan )
Quote:Standar Gaji
  • Pengacara = Rp 2,101 miliar/tahun
  • Pilot = Rp 1,713 miliar/tahun
  • Dokter = Rp 1,227 miliar/tahun
  • Professor = Rp 1,153 miliat/tahun
  • Associate Professor = Rp 917 juta / tahun
  • Polisi = Rp 840 juta / tahun
  • Wartawan = Rp 782 juta / tahun
  • Guru SMA = Rp741 juta/ tahun
  • Guru Sekolah Kejuruan = Rp 538 juta / tahun
  • Perawat = Rp 464 juta/ tahun
  • Salaryman = Rp 439 juta/tahun
  • Programmer = Rp 412 juta/tahun
  • Guru TK = Rp 328 juta/tahun

  1. Gaji di Jepang umumnya dihitung berdasarkan pendapatan kotor per tahun (“nenshu”, sebelum dikurangi dengan pension (“nenkin”), asuransi (“hoken”,) dsb.
  2. Pendapatan pertahun terdiri dari dua komponen : gaji (“kyuuyo”) + bonus (“shouyo”). Besarnya bonus tidak seragam. Ada yang besarnya tiga kali pendapatan per bulan, dua kali, atau tidak sama sekali.
  3. Besarnya gaji dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain lama kerja dan usia.
  4. Ada beberapa sumber mengenai gaji berbagai profesi di Jepang. Data di bawah berasal dari majalah President bulan Desember 2005 yang dikutip di situs Ini . Angka yang tercantum di dalam kurung adalah rata-rata pendapatan per tahun (bukan per bulan), dalam satuan juta yen. Hanya sebagian data saja yang ditampilkan. Sayang saya belum membaca artikel aslinya, sehingga tidak tahu secara detail bagaimana survey itu dilakukan.

Ini baru gaji bersih gan belom di tambah gaji kotor, kalo udah ditambah bakalan 3x lipat. Misalkan Kurs Rp 100 = 1 Y, aslinya lebih tinggi soalnya:

  • Data dari NTA (National Tax Agency) menyebutkan bahwa pada tahun 2005, banyaknya orang yang memiliki penghasilan di Jepang dan bekerja selama 1 tahun adalah 44.94 juta orang. Rata-rata pendapatan mereka sebesar 4.37 juta yen (dalam satu tahun). Pekerja pria 27.74 juta orang dan rata-rata penghasilannya 5.38 juta yen. Sedangkan wanita, 17.20 juta orang dan rata-rata penghasilannya 2.73 juta yen.
  • Rata-rata penghasilan part time job (arubaito) : 966 yen (Juni 2006).
  • Sekedar referensi saja, beasiswa Monbukagakusho per bulan untuk tahun finansial 2007/2008 sekitar 134 ribu yen (S1) dan 172 ribu yen (S2 dan S3), berarti per tahun 1.7 juta (S1) dan 2.1 juta (S2). Beasiswa ini adalah jumlah bersih yang diberikan kepada siswa untuk hidup sehari-hari (membayar sewa apartemen, makan, minum, dsb.), di luar uang kuliah. Hanya saja beasiswa ini tidak dianggap sebagai penghasilan, dan pelajar dianggap zero income, sehingga tidak dikenakan pajak penghasilan.
  • Angka di atas kalau dikonversikan ke rupiah akan terkesan sangat besar. Tetapi hal ini tidak lantas berarti menggambarkan taraf kemakmuran seseorang dari sudut pandang Indonesia, demikian pula sebaliknya. Untuk memberikan gambaran yang tepat dan fair, perlu ditambahkan informasi living cost di negara tersebut. Hal ini karena terdapat perbedaan signifikan pada living cost antara keduanya. Saya pernah ditanya oleh teman Jepang mengenai besarnya gaji di Indonesia. Jawaban sederhana adalah dengan mengkonversikan angka tersebut ke yen. Orang Jepang yang mendengarnya akan terkejut, karena gaji sebesar itu tidak akan cukup dipakai hidup di Jepang. Tetapi saat saya jelaskan bahwa biaya hidup di Indonesia sangat jauh berbeda dengan di Jepang, baru teman saya tersebut memahaminya.
  • Berkaitan dengan point di atas, salah satu parameter yang sering dipakai untuk mengukur tingkat standard hidup adalah Engel’s coefficient. Engel’s Coefficient didefinisikan sebagai prosentase penghasilan yang dipakai untuk belanja kebutuhan primer pangan terhadap total pengeluaran bulanan. Semakin rendah nilainya, berarti semakin tinggi tingkat standard hidupnya.


Biaya Hidup di Jepang

Tempat Tinggal (untuk sendirian):
Sewa Apartemen per bulan ¥75.000= Rp 7.500.000
Rekening Air Bulanan ¥3.000= Rp 300.000
Rekening Gas Bulanan ¥2.500= Rp 250.000
Rekening Listrik Bulanan ¥5.000= Rp 500.000
Rekening Telepon Bulanan ¥2.000= Rp 200.000

Makanan & Minuman:
Nasi Kari (1 porsi) ¥743= 74.300
Burger di McDonald's ¥100= 10.000
Mie Ramen (1 mangkuk) ¥586= 58.600
Mie Ramen Instan (77g) ¥145=14.500
Bento - makan siang (1 kotak) ¥545= 54.500
Pizza (1 porsi ukuran medium) ¥2.000= 200.000
Air Minum Mineral (2.000 ml) ¥136= 13.600
Starbucks latte/cappuccino ¥350= 35.000
Coca-Cola (355ml) ¥120 =12.000
Es Krim (120ml) ¥268= 26.800
Susu (1,000 ml) ¥212= 21.200
Coklat (65g) ¥106= 10.600
Pisang (1kg) ¥235= 23.500
Jeruk (1kg) ¥377= 37.700
Roti Tawar ¥150= 15.000

Lain-Lain:
Langganan Internet ¥4.000= 400.000
1 Tiket Nonton Bioskop ¥1.800= 180.000
Pulsa Ponsel/Hape Bulanan ¥4.500= 450.00
Sewa DVD (1 film baru per hari) ¥500= 50.000
Sewa DVD (1 film lama per minggu) ¥350= 35.000
1 Tiket Subway ¥160 - ¥300= 16.000-30.000
Potong Rambut ¥2.500=25.000
Detergen (1kg) ¥328= 32.800
Kertas Toilet ¥250= 25.000
Obat Flu ¥1,545= 154,5 (paling murah)
Sikat Gigi ¥100= 10.000
Pasta Gigi ¥250= 25.000

Tips agar bisa survive di Jepang :
  1. Carilah tempat tinggal di daerah pinggiran Tokyo
    Di Haramachi Meguro ada tempat seperti kos-kosan yang bisa kamu sewa sekitar ¥30.000 per bulan. Hanya 1 kamar sempit. Tanpa WC. Tanpa apa-apa. Atau ada juga yang tipe asrama dimana kamu berbagi kamar dengan 4-5 orang lainnya.
  2. Jangan sering-sering cari hiburan
    Kalau kamu mau jalan-jalan jauh, kamu pasti mengeluarkan ongkos kereta api. Atau kalau kamu jalan kaki, kamu pasti cepat lelah dan harus makan di luar. Ini adalah pengeluaran yang tidak perlu. Cari hiburan atau makan di restoran tentu saja boleh, asal jangan keseringan
  3. Yang paling penting - carilah teman seperjuangan yang bisa diajak susah bareng.
    Tokyo adalah tempat yang sangat menggiurkan untuk menghamburkan uang, jadi berhati-hatilah. Dengan adanya teman yang bisa diajak susah bareng dan seneng sendiri-sendiri, beban biaya hidup kamu pasti bisa berkurang.

    Biaya sewa tempat dibagi dua, tagihan listrik dan air dibagi dua, sampai ke sikat gigi yang dipakai berdua .

Sumber
duh sayang ane belum lulus, taun depan masih ada ga ya pemagangan ke Jepang
~commentQuote:--- Comment Kaskuser ---

Yang udah kerja / magang di Jepang
Spoiler for comment:

Yang nambahin
Spoiler for comment:
hmm
klo ane kurang berminat sih gan
belum berani jauh dari keluarga
Quote:Original Posted By dekirudake
hmm
klo ane kurang berminat sih gan
belum berani jauh dari keluarga

iya sih gan, klo belum siap jgn dulu kesana ..
biar ada yang liat infonya ..
ane pgn c kerja dsna, tapi emg gde biaya idupnya c....
wah bener tuh
Quote:Original Posted By shanks88
ane pgn c kerja dsna, tapi emg gde biaya idupnya c....

klo fee nya sepadan sih ambil aja ..
Quote:Original Posted By SiKomo.
wah bener tuh

bener apanya gan?
Quote:Original Posted By SiKomo.
wah bener tuh


yang mana yang bener gan
Wah boleh jg tuh gan, ane bljr bhs jepang dulu ah
Quote:Original Posted By anafakot
Wah boleh jg tuh gan, ane bljr bhs jepang dulu ah

klo ane kaga salah yang ikut pemagangan kejepang, di sekolahin ke sekolah sastra jepang kok gan, disana ..
Spoiler for ...:
tertarik gan
di sekolah ane ada lowongan kerja ke jepang,, bisa jadi referensi nih

nice info
Quote:Original Posted By Tokiper88
Spoiler for ...:

wih .. si agan peneliti ..

Quote:Original Posted By gusto12uyh
tertarik gan

monggo gan ke sana, klo udah kesana, bagi pengalamannya di mari ..

Quote:Original Posted By bagusx64
di sekolah ane ada lowongan kerja ke jepang,, bisa jadi referensi nih

nice info

sip .. sama-sama gan ..
biayanya sih gan tapi ane sendiri pingin kerja disana...