KASKUS

[KIMIA] Membedakan Unsur Logam dan Nonlogam

SALAM SUKSES
Pernah gak, iseng-iseng punya pertanyaan gimana sih caranya membedakan unsur logam dengan nonlogam?

Nah, sedikit info nih. Bahwa unsur-unsur yang terdapat di alam ini dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu: golongan unsur logam dan unsur nonlogam.

Unsur logam dan nonlogam dapat dibedakan berdasarkan dengan menguji sifat-sifatnya, seperti sifat konduktovitasnya (penghantar panas dan listrik).

Lalu, bagaimana cara membedakannya? Caranya dapat agan/sis lakukan sebagai berikut:
1. siapkan alat dan bahan, seperti: unsur logam dan nonlogam (sendok logam dan sendok plastik), batterei 1,5 V sebanyak 3 buah, bohlam 4,5 V, selotif, aluminium foil, dan kabel.
2. Baterai disusun seri dan dibungkus dengan selotif
3. Kemudian, susus alat seperti di bawah ini!
Spoiler for lihat::

4. Lalu, untuk menguji apakah unsur tersebut logam atau nonlogam. Tempelkan barang yang akan diuji, seperti gambar di bawah:
Spoiler for lihat::

Jika lampu menyala maka barang tersebut termasuk ke dalam unsur logam, sedangkan jika lampu tidak menyala maka termasuk ke dalam unsur nonlogam.

walaupun ini mungkin informasi yang dah lama, kan tidak ada salahnya untuk mengingatkan bagi yang baru.

jangan lupa:
Quote:di atau kita nge bareng tapi jangan saling

Gan, ane pernah baca kalo grafit (karbon padat) dapat menghantarkan arus listrik. Berarti kalau di percobaan itu, lampunya bakal nyala kan ya??!!

Setau ane, grafit itu bukan logam.

Sedikit tambahan aja, Gan. Tidak semua nonlogam tidak menghantarkan listrik. Ada beberapa non logam yang menghantarkan listrik. Contohnya ya itu tadi, grafit.

CMIIW
Quote:Original Posted By rambutireng
Gan, ane pernah baca kalo grafit (karbon padat) dapat menghantarkan arus listrik. Berarti kalau di percobaan itu, lampunya bakal nyala kan ya??!!

Setau ane, grafit itu bukan logam.

Sedikit tambahan aja, Gan. Tidak semua nonlogam tidak menghantarkan listrik. Ada beberapa non logam yang menghantarkan listrik. Contohnya ya itu tadi, grafit.

CMIIW


hebat nih si agan bisa aja nyari pengecualian,

memang grafit merupakan alotrof dari karbon (karbon merupakan non logam), sehingga menurut teori seharusnya grafit tidak dapat menghantarkan arus.

grafit dapat menghantarkan arus listrik karena telah dibentuk batangan, yang mana dari proses pembentukkannya itu menyebabkan mempunyai sifat-sifat mirip logam, yaitu adanya elektron terdelokalisasi. Nah, karena pembentukan inilah maka grafit dapat menghantarkan arus listrik.
Thx ilmunya gan
Izin nyimak dulu deh
Luar biasa .. untuk membedakan suatu unsur logam/nonlogam dengan cara dialiri listrik ...

Dapat dari mana ilmunya?
apakah semua unsur logam penghantar listrik yg baik
pake magnet bisa gak ya gan ? btw logam bs menghantarkan listrik kalo ga salah
Quote:Original Posted By peyotpetot
Luar biasa .. untuk membedakan suatu unsur logam/nonlogam dengan cara dialiri listrik ...

Dapat dari mana ilmunya?


Quote:Original Posted By Jokiez
apakah semua unsur logam penghantar listrik yg baik


untuk agan peyotpetot, mungkin punya masukan atau mau menambahkan lagi cara membedakan unsur logam dengan non logam? (monggo silahkan dishare)

untuk agan jokiez, umumnya logam merupakan penghantar listrik yang baik (karena ana bandingkan dengan nonlogam), atau mungkin mau memberikan contoh beberapa unsur yang merupakan penghantar listrik yang buruk?

jangan menyembunyikan ilmu
semua logam mempunyai kerapatan yg tinggi dan bsa ditempa .
umumnya keras dan liat kcuali bberapa logam alkali .
smua logam bsa menghantarkan listrik tp bukan berarti smua yg menghantarkan listrik itu logam (ex : larutan elektrolit) .
logam jga bsa juga dicampur jdi satu kya perunggu . cmpuran logam bisa aja lebih keras n ringan dari logam asalnya .
logam dg tingkat reduksi standar yg negatif bsa bereaksi dg asam membentuk gas hidrogen . jdi mudah berkarat klo kena asam .
smoga bermanfaat .
Quote:Original Posted By kangokim

memang grafit merupakan alotrof dari karbon (karbon merupakan non logam), sehingga menurut teori seharusnya grafit tidak dapat menghantarkan arus.

grafit dapat menghantarkan arus listrik karena telah dibentuk batangan, yang mana dari proses pembentukkannya itu menyebabkan mempunyai sifat-sifat mirip logam, yaitu adanya elektron terdelokalisasi. Nah, karena pembentukan inilah maka grafit dapat menghantarkan arus listrik.


Bukan gan, setau ane, grafit memang dari sononya bisa menghantarkan listrik, bukan karena dibentuk batangan. Apapun bentuknya, grafit bisa menghantar listrik. Struktur grafit yang macam begini:
Spoiler for grafit:

keliatan kalo ikatan kovalen yang ada cuma tiga, masih ada satu elektron yang bebas, nah elektron yang gak kepake ini (elektron terdelokalisasi) yang bikin grafit bisa menghantarkan listrik, seperti logam. cmiiw.

===

Kalo hubungan antara konduktivitas listrik dengan konduktivitas kalor ada nggak? Logam juga banyak yang konduktor panas baik kan?
tidak semua logam bereaksi pada magnet...
contoh logam cair raksa kali ya Gan...walaupun kaya nya sepela...tapi termyata masa jenisnya gede...sebotol kecap kecil aja hampir 1kg...dan bisa ketarik ama magnit...
Quote:Original Posted By maccsell
tidak semua logam bereaksi pada magnet...
contoh logam cair raksa kali ya Gan...walaupun kaya nya sepela...tapi termyata masa jenisnya gede...sebotol kecap kecil aja hampir 1kg...dan bisa ketarik ama magnit...


untuk masalah kemagnetan itu bergantung pada sifat ferromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetiknya gan.

ferromagnetik dapat bersifat magnet (golongan VIIIB, Fe, Co, Ni)
paragmagnetik dipengaruhi oleh medan magnet
diamagnetik tidak dipengaruhi oleh medan magnet (seperti Au, Ag, dll)
Quote:Original Posted By diogenes.anjing


Bukan gan, setau ane, grafit memang dari sononya bisa menghantarkan listrik, bukan karena dibentuk batangan. Apapun bentuknya, grafit bisa menghantar listrik. Struktur grafit yang macam begini:
Spoiler for grafit:

keliatan kalo ikatan kovalen yang ada cuma tiga, masih ada satu elektron yang bebas, nah elektron yang gak kepake ini (elektron terdelokalisasi) yang bikin grafit bisa menghantarkan listrik, seperti logam. cmiiw.

===

Kalo hubungan antara konduktivitas listrik dengan konduktivitas kalor ada nggak? Logam juga banyak yang konduktor panas baik kan?


terima kasih gan, atas koreksinya.

untuk masalah konduktivitas silahkan ke sini:
Quote:konduktivitas listrik
konduktivitas termal

semoga bisa membantu
Yang pernah uji coba bikin pemancar mini FM mesti'nya ada yang tau klo cuman 1 kkabel antena aja bisa nyala'in lampu kecil .. brati udara ada logam'nya yak?
Quote:Original Posted By mibmob
Yang pernah uji coba bikin pemancar mini FM mesti'nya ada yang tau klo cuman 1 kkabel antena aja bisa nyala'in lampu kecil .. brati udara ada logam'nya yak?


wah air dirumahku juga nyetrum kk, apa mungkin air di rumahku merupakan "unsur logam" ya kk?

Maklum kan aku nubi loh kk
Quote:Original Posted By kangokim




untuk agan peyotpetot, mungkin punya masukan atau mau menambahkan lagi cara membedakan unsur logam dengan non logam? (monggo silahkan dishare)

untuk agan jokiez, umumnya logam merupakan penghantar listrik yang baik (karena ana bandingkan dengan nonlogam), atau mungkin mau memberikan contoh beberapa unsur yang merupakan penghantar listrik yang buruk?

jangan menyembunyikan ilmu


air pada umumnya (bukan air murni) bisa menghantarkan listrik
jadi ini bukan membedakan unsur logan dan nonlogam tetapi lebih ke arah unsur/senyawa yg konduktor dan isolator
Cara yang paling mudah kalo menurut ane ya lihat aja ke tabel periodik

No offence
Quote:Original Posted By Jokiez

air pada umumnya (bukan air murni) bisa menghantarkan listrik
jadi ini bukan membedakan unsur logan dan nonlogam tetapi lebih ke arah unsur/senyawa yg konduktor dan isolator

Air kan bukan unsur. Malah air yang bisa menghantar listrik itu bukan cuma air, tapi campuran air dan zat terlarut. Dalam bentuk unsur, sifat konduktif bisa buat ngebedain logam dan non logam.. kecuali grafit dan logam, adakah unsur yang bisa menghantarkan listrik?

Quote:Original Posted By ANTI.PETIR
Cara yang paling mudah kalo menurut ane ya lihat aja ke tabel periodik

Kalo gak ngerti unsurnya apa, gimana ngecek ke tabel periodik?

Quote:Original Posted By walangsuper

Air kan bukan unsur. Malah air yang bisa menghantar listrik itu bukan cuma air, tapi campuran air dan zat terlarut. Dalam bentuk unsur, sifat konduktif bisa buat ngebedain logam dan non logam.. kecuali grafit dan logam, adakah unsur yang bisa menghantarkan listrik?


Kalo gak ngerti unsurnya apa, gimana ngecek ke tabel periodik?



kubilang tadikan senyawa bukan unsur
lagian emang bukan air yg menghantarkan tapi unsur lain yg ada di dalam air itu
--
lagian juga ga selalu menghantarkan listrik dg baik, ada beberapa logam malah kemampuannya lemah dalam menghantarkan listrik