KASKUS

G. RAKUTAK & DANAU CIHARUS 29-31 Maret 2013

Asslamualaiku warohmatulahi wabarokatuh

Sebuah cerita di akhir bulan maret
langsung aja deh
Gunung Rakutak 1900 Mdlp dan Danau Ciharus


link plot ji pi es
berawal dari sebuah rencana dan rasa penasaran untuk berkunjung ke dananu ciharus, makan rekan-rkana OANC 022 membuat trip ngesot ke rakutak dan dilanjutkan turun ke danau ciharus 29-31 maret 2013

jumat 29 Maret
direncanakan berkumpul di terminal lwipanjang jam 8.00 pagi tp yah biasalah sedikit molor waktunya, dan akhirnya semuanya anggota team mewek dapat berkumpul jam 10.00
dari terminal lwipanjang mencarter angkot langsung ke deas sukarame(ciparay) awalanya sopir angkot mintanya cuma 130 rebu, dikarnakan di daerah balendah banjir maka kita cari jalan arternatif lainya, ga tau liwat mana kemaren yah yang jelas, muter-muter liwat sawah2 dan perumahan warga dan akhirnya nyape juga di desa sukarame, tp si sopir minta penambahan oangkos jadi 150 rebu ywdalah kasian juga tu sopir da jaoh2 nganter kita

nyape di desa sukarame jam 12.30, ga sempet jumatan, nyape disana orang jumtan da pada bubar, akhirnya solat duhur aja deh
Spoiler for packing ulang:

abis solat makan siang dolo di warung ibu siapa yah lupa nanya lagi namanya
Spoiler for isi pondasi dolo:

jam 14.30 siap mau nanjak
Spoiler for yok nanjak:

pas mau nanjak eh dicegat ama pengelolah gunung rakutak
dulu pernah kesana perasaan blm ada yang ngelolah deh tapi sekarang da ada yang ngelolah
kelompok pengelolah rakutaknya adalah HIMPALA RAKUTAK himpunan Pelesatari Alam Rakutak,
Spoiler for lapor:

kalo bejitu kita laporan dolo
ga di pungut biaya kok cuma isi buku tamu doang
akhirnya kita star naiknya jam 14.00 di awalai dengan hujan gerimis
Spoiler for o:


karna bebrapa OANCERS da pernah naek rakutak jadi yahh aman lah ga takut nyasar lagi
eh ternyata jalur yang sekarang (lidernya Reza) berbeda ma jalur yang pernah di lewati AA'Kardus dan OM Anwar (Sembalun) sebelunya
sempet misah di tengah2 persawahan warga karena mang Reza ma Mang Abi jalanya ngebut bener
dan akhirnya ketemu lagi di atas bukit setelah meliwati persawahan
Spoiler for ujan deras:

lanjot kita jalanya
jam 15.45 hujan semakin deras jalan licin dan menanjak
masih jaohh mang
Spoiler for jaohh:


hujan dan berkabut hati2 jurank
Spoiler for platran:

setelah meliwati persawahan dan perkebuanan serta tanjakan akhirnya nyape juga di atas,
Spoiler for yes:

rencana kite mau ngecamp di antara puncak 2 dan 3 tp karena uda kemalaman dan dan capek serta takutnya disana ada yang uda nempatin akhirnya kita putuskan untuk ngecamp di area sblm puncak satu
tempanya lumayan lah ketutup dan cukup untu bikin 3 tenda

jam 18.00 bikin rumah-rumahan dolo dan dilanjot masak-masak
Spoiler for mari:


rumah da beres mari masak-masak
Spoiler for macak:

makan malam dolo
Spoiler for mamam:


abis makan jdi ngantuk
kalo bejitu mari bikin api unggun biar ndx dingin
da ampir 2jam bikin api unggun ndx jadi2 hicook da abis setengah dan spirtus da ahis 0,5liter :
ranting-ranting poonya pada basah jadi ndx bisa nyala apinya

akhirnya kita tidur aja deh jam 01.00 tidor
sabtu 30 Maret
Selamat Vagi Rakutak
cuaca sedikit berkabut dan dingin jadi pada malas bangun vagi
Spoiler for tidur lagi ahh:


Vagi berkabut
Spoiler for pagi:


jam 07.00 mari bikin kupi dan diilanjut jam 08.00 mari kita bikin sarapan
Spoiler for ngupi:


Spoiler for masak:

sarapan + makan pagi + makan siang dolo dijadiin satu

mari makan

Spoiler for packing ulang:


jam 11.00 bongkar rumah-rumahan siap-siap mau turun ke danau ciharus
cuaca lumayan cerah tapi sedikit berawan (kabut dikit lah)
Spoiler for bongkar rumah:

banyak kantong semar ntu setelah puncak 3
Spoiler for kantongsemar:

setelah melipir pungungan dan melewati 3 puncak rakutan akhirnya kita nyampe di ujung gigiran puncak rakutak
bingung liwat mana jalurnya da mulai ga jelas gini
Ormed dolo
Spoiler for bingungs:

ntu danau nya di ujung masih jaohh
Spoiler for danau:

santai-santai dolo saja sambil ngerokok dan ngemil
Spoiler for o:

untung ada pendaki lain liwat dan dia da perna liwat sana beberapa tahun yang lalau katnya kalo bejitu kita ngikut dari belakang deh

lanjut di bawah yah
mari kita lanjotkan

jam 14.00 jalanya mulai turun asik asik
tapi jalurnya da ketutup semua jadi ga jelas gini
mang andre kopasus dan mang abi siap dengan tramontinanya
untung bawa tramontina kalo kaga tiarap-tiarap deh

banyak pohon rotan di disni jadi hati-hati durinya merobek raincover ma jaket yak
harusnya ada fotonya pasa melewati jalan ini tp yah boro-boro mau ngeluarin kamera mau jalan aja susah harus merangkak
Spoiler for semax:

dan akhirnya semak-semak rotanya berhasil kita liwati
isitraht dolo deh
Spoiler for ngaso:

ehh trus ketemu pertigaan ni liwat mana yah
kebetulan ada penebang pohon liar yang lewat
dan kita bertanya kalo mau ke ciharus lewat mana yah pak
sambil memanggul kayu yg dia bawa dan menjawab "trus aja kesana ntar mabil kiri" kata si penebang pohon itu
buru-buru2 banget sih si bapak, takut kali yah liat mang andre, setelanya loreng2 sih takut di dor dia

nah kalo ada yang mau ke ciharus setalah turun dari puncak rakutak ketika ketemu per3an ambil kanan yah
setlah mengukuti jalan itu kira 1km nanti ketmu lagi pertikaan yang bentuknya Y trus ambil kiri

sekarang kita lanjutkan perjalannya menyusuri sungai
hati-hati sungainya deras dan licin

Spoiler for sungai:

Spoiler for sungai:

Spoiler for sungai:




dan akhirnya jm 16.30 nyamoe juga di danau ciharus
disambut dengan bala-bala (bakwan) dan kupi hangat di warung pak aceng (kayak nama bupati man gitu )
ga nyampe 5 menit gorengan lenyap padahal baru kebagian 2 biji perasaan tadi masih banyak bgt deh
ternta mang andre makan 20 biji bala-balanya
Spoiler for ciharus:

kalo bejitu baikalh bapak goreng lagi bala-balanya (pak aceng berkata)
Spoiler for bala-bala:


jam 18.00 mari bikin rumah-rumahan dolo
lokasinya cukup luas dan lumayan cakep lah mirip-mirip rakum gitu (padahal ga mirip sih tp ywd lah)
Spoiler for rumah kita:

perut da laper nih
masak yokkk
Spoiler for masak:



mari makan
Spoiler for makan:


jam 21.00
mang andre da mulai ngajak curhat aja nih
mari curhat-curhatan
Spoiler for curhat:

curhatnya sambil ngemil ini dolo
Spoiler for cemilan:


dan jam 00.00 aja nih ga kerasa mari bobok kalo bejitu


Hari minggu 31 Maret 2013
jam 06.00 vagi menunggu sunrise
Spoiler for pagi danau ciharus:

mari bikin kupi dan sarapan dolo
Spoiler for ngupi:

mancing maniax mantap
Spoiler for mancing:

abis ngupi dan futu2nya mari kita masak-masak
Spoiler for masak:


mari makan
Spoiler for makan:


abis makan piringnya di cuci yah
Spoiler for nyuci piring:


jam 11.00 saatnya bongkar rumah dan packing waktunya undur diri dari danau ciharus

Spoiler for packing:


foto keluarga

Spoiler for futu:


pak aceng minta di foto tu
Spoiler for yg jaga warung di ciharus:

ada yang mancing juga ntu
Spoiler for mancing:

yang ngejaring ikan juga ad
Spoiler for jaring:


kalo begitu mari kita pulang
jalan pulangnya ternyata nanjak
Spoiler for nanjak:


awas banyak motor cros liwat
Spoiler for minggir:


akhirnya keluar dari hutan banyak pipa-pipa gede PLTP
Spoiler for PLTP:

salah satu sumur PLTP
Spoiler for sumur PLTP:


jembatan pipa
Spoiler for jembatan:

foto di depan kantor PLTP dolo
Spoiler for PLTP:


14.30 dari majalaya naek elep ke lwipanjang
dan jam 16.00 nyampe di lwipanjang


akhirnya kita berpisah

selamat bejumpa di trip brikutnya
tanks semuanya

Kardus
Reza
Aulia
nateriver85
pandul
Mang Andre Andika
Mang Abi mewek
om Anwar

Tanks

OANC
Tanks wak aceng bala-balanya enak

biaya dan waktu
lwipanjang desa sukarame nyarter angkot 150k bagi 8 jadi 20k lah /orangnya waktu tempu 2jam
Lapor di sekatriat HIMPALA RAKUTAK Gratis
desa suka rame puncak rakutak 5 jam
rakutak danau ciharus 5 jam
bala-bala di warung wak aceng 2k/ biji kupi 2,5k mi instan 2,5k (lumayan murah yak)
desa ibun depan PLTU - majalaya 10k/ orang
majalaya lwipanjang 150k bagi 8 jadi 20k lah /orangnya waktu tempuh 1,5-2 jam
total dana transportasi perorangnya dari lwipanjang pp jd 50.000

semoga bermanfaat
Bonus Foto
ada ninja ntu musuhnya naruto
Spoiler for nanja:

sed dah ntu pentil keliatan gitu brod
Spoiler for :

apa lw liat2, gw tendang lw :
Spoiler for :

howammm ngantuk
Spoiler for :

untung ada ini
Spoiler for :

kaca mata gw dmna yah
oklaynya ilang
Spoiler for :

pakek suncrem dolo
Spoiler for :

yah bala-balanya dapet satu doang da di abisin ma ank2 OANC ni
Spoiler for :

DANAU
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


PLTP
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :



korban
Spoiler for :



dan ini adalh pelakunya
Spoiler for :



sekian dolo dari ceritanya
maaf kalo dalam penulisan(pengetikan) banyak yg berantakan
maklum anak2 baru belajar ngetik wassalam

Pertamax di amankan dolo
aihh mantab nian kaka

tks
mantep... dari Bandung tembus ke Garut

jalurnya danau ciharus-kamojang ancur sama motor trail ya
wogh, ada aksi maen tramuntina

selamek ya kk
Koreksi masbro itu pembangkit listrik disebutnya PLTP seperti yg tertulis di poto kantornya jadi bukan PLTU pangilannya

PLTP pembangkit listrik tenaga panasbumi
PLTU pembangkit listrik tenaga uap

Walaupun pada hakekatnya dua2nya mengerakan turbin dg uap panas hanya saja berbeda dari sumber uap panasnya tersebut

Salam
mantap nih trip rakutak nya, sayang ga bisa ikut (padahal sebelumnya dah daftar ikut) .
tapi kalau ikut kayanya bakalan ketinggalan terus nih, maklum dengkul belum di bore up
jargon SPG, "Sing Penting Gembira"
kapan nih trip selanjutnya?

maju terus 022
Quote:Original Posted By nzep
mantap nih trip rakutak nya, sayang ga bisa ikut (padahal sebelumnya dah daftar ikut) .
tapi kalau ikut kayanya bakalan ketinggalan terus nih, maklum dengkul belum di bore up
jargon SPG, "Sing Penting Gembira"
kapan nih trip selanjutnya?

maju terus 022


ah php nie kk yg satu ini daftar ikut dluan eh malah trip sempu coba kk di tulis frnya buat sempu ma gunung vandermannya
saia indak dihajak
paman seniyor jahat semuanyah
Quote:Original Posted By nekomarusama
saia indak dihajak
paman seniyor jahat semuanyah

mewek mulu nih kaka
kaga bisa ikutan kemaren

salmek ya kakak
Quote:Original Posted By BakulRombeng
kaga bisa ikutan kemaren

salmek ya kakak

om rombeng udah sampe di malang nih?
Quote:Original Posted By nateriver85
ah php nie kk yg satu ini daftar ikut dluan eh malah trip sempu coba kk di tulis frnya buat sempu ma gunung vandermannya

iya paman sory, sayaang tiket ke malang kalau ga di pake.
wah bikin chapter ya, malu eum destinasi nya kurang seru, jadi ga bikin chapter
Quote:Original Posted By aulia249

om rombeng udah sampe di malang nih?


udah om
dari kemarin
Quote:Original Posted By aulia249

mewek mulu nih kaka

kalau gak gitu ntar tag mewek enthusiast saia dicabut paman

Quote:Original Posted By BakulRombeng
kaga bisa ikutan kemaren

salmek ya kakak


paman rombeng jahat
indak sudi ketemu nubi acem saia
Quote:Original Posted By sukarman
Koreksi masbro itu pembangkit listrik disebutnya PLTP seperti yg tertulis di poto kantornya jadi bukan PLTU pangilannya

PLTP pembangkit listrik tenaga panasbumi
PLTU pembangkit listrik tenaga uap

Walaupun pada hakekatnya dua2nya mengerakan turbin dg uap panas hanya saja berbeda dari sumber uap panasnya tersebut

Salam

tu pan PLTP
Quote:Original Posted By nekomarusama

kalau gak gitu ntar tag mewek enthusiast saia dicabut paman



paman rombeng jahat
indak sudi ketemu nubi acem saia


saia masih belum mampu buat ketemu mamang senior
ilmu saia belum cukup mang