KASKUS

Thumbs up Komunitas Solidworks Indonesia

Untuk agan2 yang suka mendesain dan membuat gambar 3D dengan software Solidworks bisa share disini, komunitas ini Bertujuan untuk menyatukan dan sharing bareng. Komunitas solidworks ini dibentuk untuk membahas apa saja yang berhubungan dengan Solidworks.

Sekilas tentang Solidworks

Solidworks adalah software CAD 3D yang dikembangkan oleh SolidWorks Coorporation yang sekarang sudah diakuisisi oleh Dassault systemes, S. A.

SolidWorks merupakan salah satu 3D CAD yang sangat populer saat ini diindonesia sudah banyak sekali perusahhan manufacturing yang mengimplementasikan software SolidWorks.

SolidWorks dalam pengambaran / pembuatan model 3D menyediakan feature-based, parametric solid modeling. Feature- based dan parametric ini yang akan sangat mempermudah bagi usernya dalam membuat model 3D. karena hal ini akan membuat kita sebagai user bisa membuat model sesuai dengan keinginan kita.

untuk ngobrol2 Follow Twitter Kita Yah... https://twitter.com/SolidWorksADS



maju terus designer nusantara...

Thumbs up melakukan “trim” langsung pada window Assembly

Sedikit tutorial dan tips buat agan2 pengguna solidworks,..
jika pada umumnya agan ingin melakukan “trim” pada suatu part yang mau di assembly, maka agan harus melakukannya dengan cara mengeditnya pada window “Part” nya.

tapi Bagaimana kalau agan ingin melakukan “trim” langsung pada window Assembly?

Nah, untuk Tutorial Solidworks disini kita akan mebahas mengenai cara melakukan “trim” pada window Assembly.

Sebagai contoh kasusnya, disini ane mempunyai dua buah silinder dimana silinder yang berukuran kecil akan dipasangkan ke dalam silinder yang besar. Diameter dalam dari silinder besarnya adalah 20 cm dan diameter luar dari silinder kecilnya adalah 22 cm. Dengan ukuran tersebut silinder kecil tidak mungkin bisa masuk ke dalam silinder besar. Untuk memperbaikinya tanpa perlu masuk ke window Part, bisa dilakukan dengan cara2 seperti berikut ini:

OPSI PERTAMA

langkah Pertama
Spoiler for penampakan:

Klik kanan pada part yang akanagan2 rubah dan klik “Edit Part”.

langkah kedua

Spoiler for penampakan:

Dengan cara ini agan2 akan bisa mengedit part saat berada di dalam window Assembly (membuat part lain yang tidak ingin diedit menjadi transparan)

langkah ketiga
Spoiler for penampakan:

Pilih sisi muka yang paling cocok, dan buat sketsa di atasnya

langkah Keempat
Spoiler for penampakan:

Pilih “Convert Entities” dari “ribbon” atau Tools>Sketch Tools dari “Menu Bar”. Kemudian pilih diameter bagian dalam dari silinder hijau, dan klik centang hijau.

langkah kelima

Spoiler for penampakan:

Hal itu akan memproyeksikan lingkaran ke sisi permukaan yang Anda pilih pada part tersebut, klik Ok.

langkah keenam
Spoiler for penampakan:

Lakukan “Extrude Cut” dan pilih daerah diantara lingkarang yang baru dibuat dan diameter luar dari silinder ungu. Pilih “Through All” bukan “Blind” dan klik “Accept”

langkah ketujuh
Spoiler for penampakan:

Kembali ke Assembly Anda dan diameter luar silinder ungu sekarang terpasang dengan sesuai dengan diameter dalam dari silinder hijau.

kayanya kepanjangan nih thread.. untuk OPSI KEDUA kalau agan2 pada penasaran bisa agan liat dari website sumbernya disini : http://solidworks.arismadata.com/blo...ly-solidworks/

Thumbs up Solidworks Tips dan Tutorial Desain dan Menggambar Cepat

Kalau agan2 sering menggunakan suatu program dan terus menerus belajar, tentu saja agan akan semakin jago dalam menggunak software tersebut

apa lagi ini berhubungan dengan pekerjaan kita sehari2 maka kita akan semakin dituntut untuk bisa lebih cepat dan tepat menyelesaikan pekerjaan menggunakan program tersebut.

Disini, khususnya untuk para desainer 3D, kita juga bisa mahir Sebagai user Solidworks yang terkadang dituntut untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat

Tips Desain dan Menggambar Cepat dengan SolidWorks

Ini mungkin juga berlaku pada software lain. Setiap software mempunyai shortcut keys atau hotkeys yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah tertentu di sebuah program. Dan umumnya perintah-perintah tersebut dapat diatur sendiri sesuai dengan keinginan kita. Artinya dengan menekan satu atau dua tombol di keyboard dapat menjalankan perintah yang harus dipilih dengan menggeser kursor mouse untuk kondisi biasa.

dengan shortcut key, Menggambar dan mendesain dapat menjadi cepat jika kita dapat mengoptimalkan shortcut keys ini. Menekan satu dua tombol di keyboard jauh lebih cepat dibandingkan jika kita menggeser pointer mouse pada ikon atau menu di layar.

Cara Mengatur Shortcut Keys di SolidWorks

Sebenarnya SolidWorks sudah memberikan banyak shortcut keys untuk beberapa perintah. Sebagai contoh tombol “L” saat kita melakukan drawing, perintah yang keluar adalah membuat garis lurus atau line. Namun masih banyak lagi perintah yang mungkin sangat umum kita gunakan tetapi tidak memiliki shortcut keys, seperti perintah memberikan dimensi (smart dimension), mengetahui jarak atau dimensi (measure), mating part dengan part lain di assembly, dan lain-lain. Jadi, perlu kita atur agar shortcut keyssesuai dengan perintah yang kita inginkan.

Sebagai contoh pertama cara mengatur shortcut keys ini, saya ambil perintah measure (perintah untuk mengetahui jarak atau dimensi pada file part dan assembly). Pilih “Tools” di menu utama SolidWorks. Lalu pilih menu “Customize…”, seperti ilustrasi berikut.

Spoiler for screen Shoot:


Lalu akan tampil window baru “Customize”, dengan pilihan-pilihan tab Toolbars, Commands, Menus, Keyboard, Mouse Gestures, dan Option, seperti ilustrasi berikut.

Spoiler for Sreen Shoot:


Di antara pilihan tab tersebut, pilih “Keyboard” untuk memulai mengatur shortcut keys. Tampilan layar menjadi berikut.

Spoiler for Screen Shoot:


Jika kita ingin mengatur atau mengetahui shortcut keys dari perintah measure, masukkan kata measure pada isian “Search for“. Dari ilustrasi berikut, tampak perintah measure belum mempunyai shortcut keys.

Spoiler for Screen Shoot:


Beri shortcut key untuk perintah measure dengan tombol “M”. Arahkan kursor pada isian kolom “Shortcut(s)”, lalu ketik “M”.

Spoiler for Screen Shoot:


Pada tab yang sama, isi Search for dengan perintah lain, mate. Dari ilustrasi berikut, tampak bahwa perintah mate tidak memiliki shortcut keys. Selain itu, ada cukup banyak perintah yang memiliki bagian kata mate. Kita pilih salah satu di antaranya yang sering kita gunakan, perintah mate katagori insert.

Spoiler for screen Shoot:


Arahkan kursor pada kolom isi “Shortcut(s)”, lalu isi dengan menekan tombol “M”. Karena tombol “M” sudah digunakan untuk perintah measure, maka akan muncul window tawaran apakah tombol “M” akan diganti sebagai shortcut keys perintahmate atau tidak.

Spoiler for Screen Shoot:


Jika kita tidak menginginkan penggantian tersebut, pilih “No”. Isi kolom isian “Shortcut(s)” perintah insert-mate dengan tombol lain sampai tidak tampilwindowseperti di atas. Kita pilih tombol “N”.

Spoiler for Screen Shoot:


Jika pengaturan “Customize” ini selesai, klik “OK” pada bagian bawah. Dari pilihan menu tampilan SolidWorks, sebenarnya kita dapat mengetahui shortcut keys yang digunakan perintah tertentu. Caranya, dengan mengarahkan kursor pada menu tertentu, lalu akan keluar balon kata yang berisi deskripsi perintah dan shortcut keys yang digunakan. Seperti perintah “measure” pada menu “Evaluate” yang sudah kita buat pertama kali.

Spoiler for Screen Shoot:


Atau perintah “mate” pada menu “Assembly” yang kita buat terakhir.

Spoiler for Screen Shoot:


Lakukan juga pada perintah-perintah lain yang sering kita gunakan selama mendesain atau menggambar menggunakan SolidWorks. Dan ingat tangan kiri aktif menekan shortcut keys pada keyboard, dan tangan kanan aktif memainkan mouse.

Demikian Tutorial Solidworks dan Tips & Tricks pada thread ini, semoga bermanfaat.

besok ane sambung lagi... kalo mau informasi dan tips & Ricks terbaru tentang Solidworks Follow aja Twitter ini gan https://twitter.com/SolidWorksADS
izin nyimak dan bergabung gan
yuukk mariii



Thanks buat tutorialnya sangat berguna, mungkin bisa di share juga info untuk Komunitas2x solidworks di Bekasi, Tanggrang dan Bogor

met malam gan,
Jadi makin penasaran sm nih software.
keliatannya cukup mnantang.
jujur ane baru make solidworks 3bulan lalu.. walaupun yang bajakan kalo dibanding sama autocad lebih gampangan ini makenya.. untuk yang masih belajar bisa cepet ngerti n untuk yang pro bisa lebih cepet buat ngedisain.




lets go design..
salam kenal agan2 semua, saya newbie yang suka dgn solidworks.. mohon bimbingannya
Quote:Original Posted By dhelapuspita
jujur ane baru make solidworks 3bulan lalu.. walaupun yang bajakan kalo dibanding sama autocad lebih gampangan ini makenya.. untuk yang masih belajar bisa cepet ngerti n untuk yang pro bisa lebih cepet buat ngedisain.




lets go design..


kalo ane kelebihan yang ane liat SW itu bisa animasi
Quote:Original Posted By ikhlaskan.hati


kalo ane kelebihan yang ane liat SW itu bisa animasi


walk through bisa bikin animasi kaya kita jalan dalam ruangan yng udah kita desain, juga motion analisis..yang keren lagi bisa Menguji desain secara virtual..

mantaf..

tips and tricks Modelling Sheet Metal Product pake solidworks

Pagi menjelang siang gaN...

ane mau ngasih tutorial basic nih gan, membahas beberapa hal mengenai Fitur Sheet Metal pada SolidWorks.

Dimana dalam Command Manager Sheet Metal sudah disediakan beberapa fitur yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan Sheet Metal Part.

Namun dalam beberapa geometri tertentu, pembuatan Sheet Metal part menggunakan fitur-fitur non Sheet Metal terlebih dahulu, baru setelah itu menggunakan fitur Insert Bends atau Convert to Sheet Metal.

so, bisa disimpulkan kalau urutan dalam pembuatan sheet metal part adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan fitur-fitur Sheet Metal (base-flange, edge-flanges, miter flanges, etc.)
2. Menggunakan fitur Insert Bends
3. Menggunakan fitur Convert to Sheet Metal.

untuk lengkapnya bisa diliat disini gan http://solidworks.arismadata.com/blo...metal-product/

moga bermanfaat ye...

Undangan untuk Solidworks User

info nih buat agan2 pengguna solidworks diseluruh nusantara yang mau gabung dengan SolidWorks User Group khususnya BEKASI atau biasa disingkat (BASWUG)

ngacir aja kesini gan
http://www.kaskus.co.id/group/discus...102050/2593336
FYI tambahan buat para agan-agan disini untuk konfirmasi kehadiran acara BASWUG a.k.a Bekasi Area Solidworks User Group paling lambat hari kamis tanggal 02 May 2013,so buruan gan, disini nantinya banyak ilmu yg bisa agan dapat,dan juga nambah relasi agan-agan sekalian...jng malu, ajak temen-temen agan juga

MOHON INFO

Bro , Gan and Sist nyang disini , mau nanya dong untuk spek minimum komputer/pc yang untuk install SOLIDWORK ?? , sama ada edisi 32bit atau 64 bit nggak sih ??
Quote:Original Posted By webdesign30
info nih buat agan2 pengguna solidworks diseluruh nusantara yang mau gabung dengan SolidWorks User Group khususnya BEKASI atau biasa disingkat (BASWUG)

ngacir aja kesini gan
http://www.kaskus.co.id/group/discus...102050/2593336


Quote:Original Posted By jualsolidworks
FYI tambahan buat para agan-agan disini untuk konfirmasi kehadiran acara BASWUG a.k.a Bekasi Area Solidworks User Group paling lambat hari kamis tanggal 02 May 2013,so buruan gan, disini nantinya banyak ilmu yg bisa agan dapat,dan juga nambah relasi agan-agan sekalian...jng malu, ajak temen-temen agan juga



Ane udah registrasi gan, mudah2an tidak ada halangan. Biar bisa belajar dari para Master Solidworks.

ea

ea, ga nongol invitation via tablet gw,
tapi ada inform dari email. good stuffs
salam kenal, kebetulan gawe ane pake sw juga

SolidWorks One Day Training

ada info lagi nih gan buat para Solidworks User indonesia raya, sekitar, seputar dan sekelilingnya…

Undangan Untuk SolidWorks One Day Training – Improve your design productivity

WAKTU,

21 May 2013 Jam. 09.00 – 16.00..
23 May 2013 Jam. 09.00 – 16.00..
27 May 2013 Jam. 09.00 – 16.00..
29 May 2013 Jam. 09.00 – 16.00..



yang pasti GRATISSS GAN...!!!



NOTE : TEMPAT TERBATAS, jadi buruan daftar secepatnya Gan.

More info : http://bit.ly/13cyNsc

Lowongan Kerja yg Mahir SolidWORKs

Ada info nih gan.. untuk agan2 yg lg nyarii kerjaan..... dan khsusnya yg mahir SolidWorks dan autocad


pendidikan min SMA.. sallary nego aja gan..

kesini aja : http://www.kaskus.co.id/group/discus...103358/2614443