KASKUS

Exclamation PKS Tolak Pancasila Sebagai Asas Utama Ormas, Ini Komentar PBNU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekjen PBNU Sulton Fatoni mengatakan penolakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) atas Pancasila sebagai asas utama organisasi kemasyarakatan yang tercantum dalam Rancangan Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan harus disikapi serius.

Sebagai partai yang terlibat dalam penyelenggaraan negara, sudah tidak sepatutnya masih mempertanyakan Pancasila dan UUD 45, kata Sulton di Jakarta, Rabu.

"Kalau tidak mau Pancasila sebagai asas berbangsa dan bernegara, agenda apa lagi yang sedang disusun untuk masa depan negara ini?" ucapnya, mempertanyakan.

Sulton mengatakan bahwa mengakui asas Pancasila dalam berbangsa dan bernegara adalah implementasi ajaran agama karena Pancasila adalah rumusan nilai-nilai luhur bangsa, bukan sebuah konsep keburukan.

"Pancasila itu bukan agama karena itu tidak sepatutnya dibenturkan dengan agama," tukasnya.

Ia berharap pada saat RUU Ormas disahkan nanti tidak ada yang menolak rumusan asas Pancasila bagi ormas.

"Negeri ini butuh energi besar untuk kerja-kerja masa depan, jangan dihabiskan untuk persoalan lama yang sebenarnya sudah dituntaskan para 'founding fathers' kita," ujar Sulton.

Sebelumnya Ketua DPP PKS Indra menyatakan asas tunggal Pancasila tidak boleh dipaksakan kepada ormas dengan alasan tidak sesuai dengan konstitusi yang menjamin kebebasan berserikat, berkumpul, dan berpendapat serta tidak sejalan dengan semangat reformasi.

Menurut Indra, negara harus menjamin ormas untuk menentukan asasnya sesuai dengan ciri khas organisasi itu sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila yang merupakan asas negara dan UUD 1945.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan pencantuman asas Pancasila merupakan hal mutlak yang tidak bisa ditawar. Namun, ormas pun dipersilakan untuk mencantumkan asas ciri organisasi itu asal bukan ideologi komunis maupun atheis.

Pasal 2 RUU Ormas menyebutkan asas ormas adalah Pancasila dan UUD 1945 serta dapat mencantumkan asas ciri lainnya yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

http://www.republika.co.id/berita/na...-komentar-pbnu

PALING DIBATA,BANNED,DIZALIMIN LAH NI THREAD
Kalo menolak azas Pancasila tuh partai suruh bikin partai di Arab aja sana
Ini negara Indonesia yg ber'azaskan PANCASILA, jika tidak mau ber'azaskan PANCASILA keluar aja dari Indonesia.
Dimana bumi dipijak seharusnya disitu langit dijunjung.
Kalo nggak mau ikutin aturan NKRI, silakan pindah ke negara lain/jadi warga negara lain.
Partai teroris yang wajib dijauhi.
Kalo maksa pake Pancasila,dan melarang azas islam tanpa pancasila, maka keluar saja dari bumi Allah !
tolong dong sebutkan negara mana yng plularis dengan azas islam bisa jalan dengan lancar???tidakkah kalian berkaca di negara timur tengah dan afrika???
Quote:Original Posted By Jabrixer
tolong dong sebutkan negara mana yng plularis dengan azas islam bisa jalan dengan lancar???tidakkah kalian berkaca di negara timur tengah dan afrika???


TIDAK ADA. Timur tengah dan afrika juga ga bisa jadi contoh karena penguasanya antek barat !
Kayak SBY antek barat !
Quote:Original Posted By Jones81
Kalo maksa pake Pancasila,dan melarang azas islam tanpa pancasila, maka keluar saja dari bumi Allah !


Jangan terlalu emosional. Allah SWT memang tidak pernah mengatakan bahwa azas manusia di dunia adalah Pancasila. Allah SWT menurunkan manusia ke bumi untuk menjadi pemimpin yang adil dan menghindarkan kehidupan dari kekerasan dan kehancuran.

Kaum Wahabi, manusia-manusia berkedok agama lah yang menjadi biang kehancuran. Pendeketan mereka adalah kekerasan oleh karenanya orang Non Muslim menilai Islam sebagai 'agama kekerasan'. Ya betul, itu semua adalah ulah Wahabi! Orang yang ngotot nggak mau pake azas Pancasila jelas adalah fansboy Wahabi, minimal Wahabi Wanna Be.

Wahabi lah yang mengumbar kekerasan, berbeda sekali dengan tujuan Allah SWT menurunkan manusia ke bumi. Jadi yang harus minggat dari bumi milik Allah adalah Wahabi dan para fansboy nya.
Quote:Original Posted By Jones81


TIDAK ADA. Timur tengah dan afrika juga ga bisa jadi contoh karena penguasanya antek barat !
Kayak SBY antek barat !


.........dan kehancuran kekalifahan Turki Osmani adalah karena keberadaan sekte Wahabi yang dibuat oleh Inggris.

Jadi: Wahabi lah yang harus minggat keluar dari Indonesia dan bumi milik Allah ini dan biarkan rakyat Indonesia hidup tenang dan damai dalam keberagaman yang ada.
Tinggal di Indonesia tapi ngga mau pake azas Pancasila?
Option cuma dua, Ganti azas ke Pancasila, atau get out!
simple kok
Politik lagi, susah kalau udah masuk politik..
Quote:Original Posted By ejihager
Tinggal di Indonesia tapi ngga mau pake azas Pancasila?
Option cuma dua, Ganti azas ke Pancasila, atau get out!
simple kok


Ga mau pake islam? Out aja dari bumi Allah !
Quote:Original Posted By ashwini


Jangan terlalu emosional. Allah SWT memang tidak pernah mengatakan bahwa azas manusia di dunia adalah Pancasila. Allah SWT menurunkan manusia ke bumi untuk menjadi pemimpin yang adil dan menghindarkan kehidupan dari kekerasan dan kehancuran.

Kaum Wahabi, manusia-manusia berkedok agama lah yang menjadi biang kehancuran. Pendeketan mereka adalah kekerasan oleh karenanya orang Non Muslim menilai Islam sebagai 'agama kekerasan'. Ya betul, itu semua adalah ulah Wahabi! Orang yang ngotot nggak mau pake azas Pancasila jelas adalah fansboy Wahabi, minimal Wahabi Wanna Be.

Wahabi lah yang mengumbar kekerasan, berbeda sekali dengan tujuan Allah SWT menurunkan manusia ke bumi. Jadi yang harus minggat dari bumi milik Allah adalah Wahabi dan para fansboy nya.


Pancasila itu ide nasionalis. Allah memerintahkan terapkan hukum islam,bukan pancasila. Belajar lagi ,boy
Quote:Original Posted By Jones81


Ga mau pake islam? Out aja dari bumi Allah !


ada yg klaim bumi punya umat islam toh....
Wah umat 2D spawn lagi nih
JIHAD SONO KE PALESTINE KALO BOSEN MA DUNIA INI
maunya sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa diganti Kewajiban Memilih pks
Quote:Original Posted By ashwini


.........dan kehancuran kekalifahan Turki Osmani adalah karena keberadaan sekte Wahabi yang dibuat oleh Inggris.

Jadi: Wahabi lah yang harus minggat keluar dari Indonesia dan bumi milik Allah ini dan biarkan rakyat Indonesia hidup tenang dan damai dalam keberagaman yang ada.


Lah ngapain ngajak wahabi,mereka tetap diperalat inggris. Tapi tdk menafikan,bahwa indonesia harus diatur dgn sistem Islam, bukan pancasila yg hanya jadi topeng penguasa korup !
Quote:Original Posted By Jones81
Kalo maksa pake Pancasila,dan melarang azas islam tanpa pancasila, maka keluar saja dari bumi Allah !


wewww...anggota Partai Kandang Sapi ngamuk....ente bahlull..
Quote:Original Posted By elf321


ada yg klaim bumi punya umat islam toh....
Wah umat 2D spawn lagi nih
JIHAD SONO KE PALESTINE KALO BOSEN MA DUNIA INI


Loe non muslim? Loe ga terima? Sah sah saja
Quote:Original Posted By Jones81


Lah ngapain ngajak wahabi,mereka tetap diperalat inggris. Tapi tdk menafikan,bahwa indonesia harus diatur dgn sistem Islam, bukan pancasila yg hanya jadi topeng penguasa korup !

Udah kalo ga seneng ma sistem mending pindah negara yang agan ingin kan. Drpd terlihat kapasitasnya membela babi buta