taufik107Avatar border
TS
taufik107
8 Tips Cara Mendatangkan Penjualan Agar Toko Online Anda Sukses
Sumber
Saat ini pengguna internet semakin banyak dan juga aktivitas jual beli online pun juga meningkat. Jika anda memiliki toko online / eS E N S O Rmerce maka anda harus mempelajari dengan baik bagaimana menemukan beberapa solusi yang tepat sehingga penjualan lewat internet dan omset atau pendapatan pun juga bertambah.
Tips toko online agar sukses, penjualan laris dan banyak pelanggan, dapat anda lakukan dengan berbagai cara di bawah ini. Meningkatkan penjualan produk toko online anda, serta bagaimana menarik pelanggan agar nantinya toko online anda meraih kesuksesan, merupakan bagian penting dalam pengembangan situs ecommerce anda.
Berikut beberapa tips agar toko online anda lebih sukses, antara lain.

1. Lengkapi toko online Anda dengan form yang simple dan jelas
Dewasa ini, trend belanja online di kalangan masyarakat Indonesia memang cukup menarik. Kemudahan yang diberikan kepada para konsumen serta beragamnya variasi produk yang ditawarkan, menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Karenanya untuk memancing konsumen melakukan transaksi pembelian, ada baiknya bila Anda memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para konsumen.
Salah satunya saja seperti menyediakan form pembelian yang simple dan juga mudah dipahami calon pembeli. Biasanya, calon konsumen kurang suka bila diminta mengisi form yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Untuk itu hilangkan kolom yang kurang penting agar konsumen Anda tak merasa terbebani untuk mengisi form pemesanan dan segera melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.

2. Kualitas Foto: Wajib Hukumnya!
berdasarkan pengalaman, ini adalah salah satu faktor yang membuat toko online saya mudah diingat dan makin disukai para pembeli. Saya upload foto-foto produk dengan kualitas yang baik dari berbagai sisi. Ini sangat memudahkan pembeli untuk melihat produk anda secara detail.
Coba bayangkan, foto-foto ini adalah satu-satunya interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang akan dibelinya. Masak iya anda tega membiarkan calon pembeli anda cuma melihat bagian depan produk anda saja (itupun fotonya kabur).
3. Hindari proses registrasi konsumen
Sampai hari ini masih banyak situs website yang memaksa konsumennya untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mereka melakukan transaksi pembelian. Cara ini ternyata kurang disukai para konsumen, sebab sebagian besar dari mereka tidak senang dengan proses pembelian yang terbilang rumit. Untuk menyiasati permasalahan ini, ada baiknya bila Anda memberikan alternatif bagi para pelanggan untuk menyelesaikan transaksi pembelian terlebih dahulu, baru kemudian diberi pilihan untuk kembali ke halaman utama atau melakukan registrasi lanjutan untuk mendaftar sebagai member di toko online Anda.

4. Yakinkan konsumen dengan memberikan gratis ongkos kirim
Bagi sebagian besar pelaku bisnis toko online, ongkos kirim merupakan salah satu beban yang sering membatalkan minat beli para konsumen. Tak heran bila sekarang ini mereka mulai memberikan gratis ongkos kirim bagi pelanggan setianya untuk meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya.
Menurut hasil survey di lapangan, pengiriman yang diberikan secara gratis menjadi salah satu faktor pendorong yang cukup kuat bagi para konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memberikan gratis ongkos kirim bagi para pelanggan di Pulau Jawa, atau memberikan gratis ongkos kirim ke berbagai daerah dengan menentukan minimal pembelian di atas nominal tertentu.

5. Yakinkan konsumen bahwa Anda bisa dipercaya
Banyaknya kasus penipuan bisnis online, menjadikan para konsumen lebih waspada untuk melakukan transaksi pembelian di ranah maya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen agar bisa merasa lebih aman ketika berbelanja. Contohnya saja dengan memberikan garansi 100% uang kembali bila dalam waktu yang telah ditentukan namun barang yang dipesan belum sampai tujuan, atau bisa juga meyakinkan calon konsumen dengan testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Dengan begitu, para calon konsumen bisa lebih yakin dengan bisnis Anda dan tak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian.

6. Layanan yang Cepat dan Tanggap
Kecepatan dalam melayani pembeli adalah salah satu faktor yang menentukan dalam hal kualitas pelayanan. Jangan biarkan pembeli anda kelamaan menunggu balasan SMS anda. Inilah resiko yang harus anda tanggung sendiri ketika anda belum memiliki karyawan di toko online anda. Anda dan handphone anda harus melayani pembeli dari Sabang sampai Merauke!

7. Tawarkan produk pendukung yang masih berhubungan dengan bisnis Anda

Strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan menawarkan produk-produk pendukung yang masih berhubungan dengan bisnis toko online yang Anda jalankan. Contohnya saja bila Anda mengembangkan toko online yang khusus melayani jual beli handphone, maka tidak ada salahnya bila kemudian Anda menjual beberapa aksesoris tambahan untuk telepon genggam seperti misalnya casing, hard case handphone, screen guard, dompet handphone, baterai handphone, charger, dan lain sebagainya.

8. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet

Toko online adalah toko yang letaknya di internet. Seperti halnya bila anda menyewa lapak di mall, anda harus kenali mall tersebut dengan baik. Anda harus mempelajari dari pintu mall bagian mana kebanyakan potensi pembeli produk anda masuk. Anda harus mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall sudah cukup strategis untuk jenis barang yang anda jual. Demikian pula halnya di internet.Di internet, anda harus belajar di mana para calon pembeli anda sering nongkrong. Apakah di forum, grup di Facebook, atau kebanyakan datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo! ataupun Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar anda di internet, tingkat penjualan bisa dimaksimalkan.
Sumber

Ayo Berbisnis..emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh taufik107 28-03-2013 11:51
0
3.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan