KASKUS

Star Penyakit-Penyakit Medis yang Sering Diartikan dengan "Santet'

sya bru bangun & pas ngecek kaskus, kaget bukan main, tyt thread sya HT, terharu d
Spoiler for HT ku yg ke-1:


Quote:Mohon bantuan ratenya kk" ^^



bukti no repost
Spoiler for bukti:


Penyakit-Penyakit Medis yang Sering Diartikan dengan "Santet'



Jakarta - Ilmu santet sangat dikenal masyarakat meski tak bisa dijelaskan secara ilmiah. Saking terkenalnya, penyakit-penyakit tertentu yang menunjukkan gejala aneh dan tak wajar terkadang juga dikaitkan dengan santet atau guna-guna.

Berikut beberapa penyakit yang sebenarnya bisa dijelaskan secara medis namun sering disalahartikan dengan santet, seperti dirangkum detikHealth, Kamis (28/3/2013):

1. Epilepsi


Epilepsi merupakan gangguan saraf yang terjadi karena otak kelebihan muatan listrik. Namun karena kurangnya informasi, kejang karena epilepsi sering disalahartikan sebagai gangguan jiwa, kesurupan bahkan santet.

"Bangkitan (kejang) epilepsi sering disalahartikan dengan gangguan jiwa. Bangkitan itu bukan karena gangguan jiwa, bukan kutukan, bukan guna-guna, hanya muatan listrik otak yang berlebihan. Istilahnya listrik otak konslet," jelas Dr Kurnia Kusumastuti, Sp.S(K), Ketua Kelompok Studi (Pokdi) Epilepsi, dalam artikel detiHealth sebelumnya.

2. Autis


"Autisme dan santet adalah 2 hal berbeda yang tidak saling berhubungan," kata pendiri Masyarakat Peduli Autisme Indonesia (MPATI), Gayatri Pamoeji, dalam buku 200 Pertanyaan & Jawaban Seputar Autisme.

Menurutnya, jika autis terjadi karena santet, maka kasus ini tidak terjadi di belahan Bumi lainnya seperti Amerika, Australia, maupun Eropa. Sebab di negara-negara maju di benua tersebut, santet tidak populer.

3. Tidak bisa menggerakan badan


Terbangun tengah malam tetapi tidak bisa menggerakkan badan sama sekali sering dikaitkan dengan ditindih makhluk halus atau kena guna-guna. Namun pakar kesehatan tidur yang juga seorang dokter spesialis saraf dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, membantahnya dengan tegas.

Menurutnya, fenomena ini disebut dengan istilah sleep paralysis atau dalam Bahasa Jawa disebut tindihan. Gangguan ini erat hubungannya dengan kesehatan tidur. Sleep paralysis adalah bagian dari mimpi yang masuk ke dalam keadaan bangun. Jadi sebagian tubuh masih tidak bekerja dan otot-otot masih lemah, sementara mata sudah terbuka. "Bukan, bukan santet," tegasnya.

4. Sindrom Tourette


Sindrom Tourette adalah kelainan saraf dengan ciri khas melakukan gerakan berulang-ulang yang tidak disadari atau disebut 'tics'. Contohnya mengedipkan mata, mengangkat bahu terus menerus, kedutan pada wajah, latah dengan mengeluarkan kata-kata apa saja, bahkan kata-kata kotor.

Karena gejalanya tersebut, kelainan ini sekilas terlihat seperti gejala kesurupan atau kena guna-guna, hanya saja gejalanya bisa bertahan hingga setahun lebih. Sindrom ini umumnya dialami anak-anak berusia 12-17 tahun. Sampai saat ini, penyebabnya belum diketahui dengan pasti.

5. Indigo


Indigo artinya nila atau keunguan dan konon merujuk pada aura tubuh yang tak dimiliki sembarang orang. Seseorang dikatakan indigo jika memiliki kemampuan di luar nalar, misalnya memiliki indera keenam, kemampuan supranatural, mampu melihat makhluk halus, hingga membaca masa depan.

Meski terdengar tidak masuk akal, tapi nyatanya jumlah orang yang terlahir dengan indigo cukup banyak di seluruh dunia. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk mengungkap sisi ilmiahnya, namun belum membuahkan hasil yang memuaskan. Sementara masih banyak dugaan mengenai orang indigo, termasuk akibat guna-guna.

6. Skizofrenia


Ketika ada keluarga yang tiba-tiba mengalami gangguan yang ditandai dengan histeria, teriak-teriak, kurangnya kontrol atas tindakan dan emosi, tidak jarang dikira kesurupan atau kena santet. Namun bila ditilik dari sisi medis, kondisi tersebut bisa terjadi karena skizofrenia.

Skizofrenia atau sering disebut 'gila' merupakan gangguan otak parah yang biasanya mengkombinasikan halusinasi, khayalan serta gangguan pikiran dan perilaku. Penyebabnya masih belum diketahui, hanya saja para ilmuwan percaya kombinasi genetik dan lingkungan berkontribusi terhadap perkembangan penyakit ini.

SUMBER

*PS: stiap kali TS menghilangkan titik di depannya .com, titik it akan muncul lg
paling kl mw liat sumbernya, ilangin titik di dpn .com

Quote:Hargai kerja TS dg memberikan bagi yg dah ISO, thanks

Tambahan dr TS
Quote:
1. Paku keluar dari badan
Masih inget ga kasus terdapat sejumlah paku di dalam tubuh manusia yang meski dikeluarin ttp aja akan ada lagi nantinya? Banyak sekali yg ngira itu "santet". Kasus yg sama ternyata pernah dialami di luar negeri, namun ternyata anak tsb dimasukin paku sama bapaknya sendiri hanya karena calon istri barunya tidak menginginkan anak dari duda tsb :cpd
Mengenai kasus di Indonesia yg marak akan kehadiran org" yg terus" an ngeluarin paku, masih menjadi misteri

2. Mata mengeluarkan kristal
Nah ini ni kasus yg dianggap ajaib tadinya, krn terbukti bahwa ini hoax!! kristal yg dikeluarkan terbukti telah dipolish (dihaluskan), bkn terbentuk alami dari mata
Mata dapat memproduksi protein secara berlebihan, dan protein tsb kadang agak membatu << TS agak lupa apa istilahnya, tp batu"nya ga gede koq, lbh kecil dr pasir di pantai pastinya CMIIW


Thanks kk" yg sudah membagikan cendolnya, mohon maaf ak cm bs kasi abu"
Spoiler for cendol dr para kaskuser ^^:
Sekilas komen dr agan" kaskuser yg mampir ^^

Quote:Original Posted By poporingmanja


yep, setuju banget sama agan 1 ini. malah ngakak ada schizophrene + autis masuk ke penyakit yang sering diartikan santet karena ane sendiri orang psikologi, jadi sedikit paham kedua masalah yg ane sebut.

yang ane pernah nonton di mata najwa (yang jelasin kalo ga salah mantan pejabat di ITB) justru metode santet itu pake frekuensi getaran tertentu, yang kalo di analogikan kaya kita cari frekuensi gelombang radio tertentu, si tukang santet juga cari frekuensi korban dengan memakai barang2 dari calon korban, setelah tahu frekuensi calon korban (misal 103.5 FM), baru tukang santet mencocokkan frekuensi tersebut dengan boneka atau benda2 lain yang bakal dijadian objek santet.

Spoiler for Mata Najwa - Menjerat Santet:


dan kita memang kudu mengakui bahwa ada fenomena2 tertentu yang memang gak bisa dianalisa atau dijawab secara keilmuan (science). tapi nice share lahhh


Quote:Original Posted By uree_20
Mantap gan...

Ini untuk membuka pemikiran orang2 di negara ini...

DPR nya aja bloon lagi, ada RUU Santet...

Kurang kerjaan

Hal yang urgent tidak dipikirkan

Mubazir menggaji anggota DPR imbisil


Quote:Original Posted By yzklobits
Skizoernia tuh gan
alias orgil
klo di indo pasti dah dipasung yg bgitu mah


Quote:Original Posted By cozazebag
Sharing pengetahuan yang bagus Gan
pengetahuan kayak gini nih yg penting, jangan sampai ada orang yg diexorcist (upacara pengusiran setan) padahal orangnya ternyata epilepsi.


Quote:Original Posted By auntyjojo
iya gan penyakit epilepsi, secara langsung tidak diduga" langsung saja..
sangat berbahaya bila gak langsunng di obatin sampe berbusa..


Quote:Original Posted By narga
kalo diluar negeri
Skizofrenia dikira kerasukan iblis
kadang bener kadang gak


Quote:Original Posted By Yog4
serem bener kalau udh ngomongin santet
ya beberapa emang ada penjelasan logis nya
tapi soal pake, sama jarum, masih misteri kan

kalau tindihan ane pernah tuh ngalamin
kata nya itu di tindih sama makhluk 'eurep²'


Quote:Original Posted By AlterVeynn
satu lagi gan, ... DEMENSIA sering dikira penyakit krn gangguan makhluk halus atau santet


Demensia it artinya kn pikun? masa sih dianggep santet?

Quote:Original Posted By bilanov
haha sering ketindihan nih gan, dan kata orang tua sih, aliran darah kurang lancar, jadi kita sulit menggerakkan otot2 kita, yang paling gampang dengan cara menggerakkan jempol kaki, ane pernah kebetulan coba sih bener bisa work gan, semoga bermanfaat ya


sementara segini dl, nanti akan direview lg, sya masak dl y
kq sepi amat y
hargai usaha ts dum, tq2
nais inpoh gan, buat macam2 penyakitnya
Quote:Original Posted By Ael.Irsal
nais inpoh gan, buat macam2 penyakitnya


ia,thanks kk da mampir ke thread sya
temen ane ada yg di pelet gan bukan di santet
rata2 yg TS tulis menurut ane, bukan penyakit santet, tapi rata2 penyakit itu mah orang umum udah pada tau.

kalo santet mah, kayak model benda2 yg gak lazim yg ada di dalem tubuh kayak paku, kawat, jarum, beling dll. belum lagi, muntah darah, batuk darah, borok yang aneh juga. masih banyak ragam penyakit kiriman ato santet.
waduh,yg pelet bs msuk penjara ga skrg?
Quote:Original Posted By OnyxCorner
rata2 yg TS tulis menurut ane, bukan penyakit santet, tapi rata2 penyakit itu mah orang umum udah pada tau.

kalo santet mah, kayak model benda2 yg gak lazim yg ada di dalem tubuh kayak paku, kawat, jarum, beling dll. belum lagi, muntah darah, batuk darah, borok yang aneh juga. masih banyak ragam penyakit kiriman ato santet.


tp yg soal tindihan,rata2 msh pd bngung it sleep paralyze ato emg dtindih ma 'sesuatu'

adeku si bnr2 ditindih,krn ad kenalan yg bs ngeliat yg ksh tw >_<
jg sblm krn dy liat,ade si ad blg kyk mw dtarik gt rohny
ikt meramaikan y

baru tao ternyata ada penyakit kyk gt...

blm iso ni gan . ane bantu

tq
malah pernah ada yg disangka ke-dua2nya.....

gara2 gak makan + jd diem berhari2, dikira sakit pencernaan ato diguna-guna

belakangan ternyata sakit asmara
kalau indigo itu kan merupakan sebuah karunia gan kalo menurut ane .
ane mau kok kalo disantet bisa jadi anak indigo
Skizofrenia nih gan yang lumayan sulit dideteksi apalagi ditengah masyarakat kita yang lebih percaya ilmu Eyang S daripada ilmu agama dan pembuktian secara ilmiah

sampe dibikin RUU santet...apa gak nyeleneh tuh
mungkin itu bukti kalo para penghuni gedung parlemen kebanyakan pengguna ilmu2 sesat macam itu
Quote:Original Posted By Acehearts
ikt meramaikan y

baru tao ternyata ada penyakit kyk gt...

blm iso ni gan . ane bantu

tq


thanks kk ud mampir
Quote:Original Posted By langkahpasti
malah pernah ada yg disangka ke-dua2nya.....

gara2 gak makan + jd diem berhari2, dikira sakit pencernaan ato diguna-guna

belakangan ternyata sakit asmara


waduh, lg patah hati tyt
Quote:Original Posted By pegasuscell
kalau indigo itu kan merupakan sebuah karunia gan kalo menurut ane .
ane mau kok kalo disantet bisa jadi anak indigo


mgkn maksudny pengaruh gaib bkin kta jd indigo?
Quote:Original Posted By ghoztwriter
Skizofrenia nih gan yang lumayan sulit dideteksi apalagi ditengah masyarakat kita yang lebih percaya ilmu Eyang S daripada ilmu agama dan pembuktian secara ilmiah

sampe dibikin RUU santet...apa gak nyeleneh tuh
mungkin itu bukti kalo para penghuni gedung parlemen kebanyakan pengguna ilmu2 sesat macam itu


ia bnr,mirip bgt kn y >_<
pembuktian santetny yg perlu dpkirn,lg yg ga ptg it study santet 6,5M it yg lbh ga ptgny
sundul2 threadny biar byk yg tw
yah sepi amat
thx gan infonya.
×