Yang pernah nyantri / mondok di Pesantren sini masuk!! share pengalaman ente dimari!

Langsung aj gan, buat agan2 yang dulu pernah mondok, share dimari pengalaman ente hidup di "penjara ilahi" : langsung aja ya gan, ane mulai dulu dari ane :



tinggal di copy aja ini trus diisi :
Spoiler for :


masih banyak lainnya, sekarang buat yang merasa pernah nyantri, jangan malu2. share aja dimari. jangan keseringan jadi silent reader maskang!!


Pengalaman temen2 kaskuser (banyak yang nyantri ternyata)
Spoiler for :


Ada yang seponpes ketemu di kaskus
Spoiler for :


Yang minta bantuan ngapal alfiyyah

Spoiler for :


ada santriwati juga
Spoiler for :







--> KOMENTAR SANTRI KASKUS PART1
--> KOMENTAR SANTRI KASKUS PART2
--> Yang malah nostalgia sama temen2 sepondok dulu

PEERTAMAXXXX...GAN

ane amanin dari gangguang iklan peninggi badan yang terkutuk...

Ane juga pernah nyantri gan, tapi peserta nya cuman 7 orang....
bahasa sundanya "SANTRI TUJUH JALMI"
Quote:
Quote:Original Posted By B.E.M.Z
Pengalaman nyantri :
cuma 3 tahun di ponpes ibadurahman

Kenangan paling berkesan :
di botakin karan kabur dari pondok
di tampar + ga di kasih makan gara2 nonton konser gigi
di siram waktu tidur karna ga solat subuh

ente pelangar sejatii gan


Quote:Original Posted By Pocong1991
PM Asy-syifa balikpapan kaltim gan.
pengalaman yg gak bakal didapet diluar itu kalo selese solat gan biasanya,, kekamar pada duduk didepan lemari masing2 trus mulai aktifitas begitar gan (garuk2 titit berjama'ah gan)
itu pas masi santri baru gan.
page one dong gan
Buset ... ada acara garuk titit srigala....wkwk itu apa2an...

Quote:Original Posted By dymaru

Saking modern nya jugak gan akhir2 ini dipesantren ane dulu,lughotul'arabiyah dihapus kan diganti jadi speak english itu pun speak englishnya gk diwajibkan. Jadi ngmng pun pake bhsa daerah gak kayak anaa dulu diwajibkan pake bhsa arab,kalau gak dicatat namanya(istilah dipesantren kami jasus namanya -_-) trus dipanggil abis bljr malam,disitu disiksa smpe keringatan .
Lagi,sholat zuhur sama ashar gak pake lobe gpp,hadeeh.
Yg paling ane ingat gan,waktu ane kelas 3 ane curi uang spp kawan satu kamar, krna ane curi bnci bnget tuh sama sikawan. Mlm nya ketahuan pulak,disiksa abis2an sama abng kelas. Anjing bnget daaa!! Bsk nya mata ane bengkak,akibat nangis. Pas disekolah malu bnget diliatin cewek2 .
Bnyk bnget daa keluh kesah dipesantren ane tuh. Segini dlu !
ngapain juga ente nyuri gan :.. soal mernisasi, no problem menurut ane gan, kebanyakan pesantren2 di jatim / pesantren2 salaf malah tidak mewajibkan berbahasa arab. tapi lebih menekankan ilmu syariat. makanya kalo di prcakapan2 sesama santri jawa dulu ada istilah "pondok tasawuf" sama "pondok syariat". nah, kebanyakan yang wajib berbahasa arab gitu pondok2 tasawuf, pondok habaib / pondok2 islam moderat. CMIIW faktanya emang gitu kan yak? hehe. ya itulah perbedaan

Quote:Original Posted By asokabudaya
Ane pernah mondok di daerah Jawa Timur cukup lama gan...mulai SMP sampe SMA..yah di pondok seperti itu bangun pagi hari sholat tahajud, soroqan Al Quran..dan mengaji berbagai kitab kuning...yang paling menyenangkan adalah kebersamaan..masak bersama..apalagi kalo ada kerja bakti bersama begitu menyenangkan...dan yang paling menyenangkan adalah kalo bisa melihat anak pondok putri..meski sekilas..hmmm..sudah serasa melihat surga dunia..hahaha
Yups, sama persis dengan budaya pesantren ane. tiap pesantren punya adat beda2 sih

Quote:Quote:Original Posted By thieftho
Ane mondok di ponpes assalam pabelan solo dulu pas mts..
Banyak pengalaman berharga slama dipesantren..dr yg buruk sampe yg bagus2..
Mulai dr jari putus, temen ane kpalany kebelah ama kaca pecah,telinga putus..wkwkwk
Pengalaman berhargany banyak bgt gan..
Tp yg paling berkesan itu kebersamaan kita gan selama di pesantren ga akan bisa lupa..sampe sakit kulit aja bareng2 se rayon..wahahaha

Ade ane juga skrng lg takhasus di darunnajah jaksel..tpga tau knapa suasana nyantrenny kurang ngena buat ane..
itu beneran kepala kebelah? telinga putus itu pondok apa tempat jagal gan?
Quote:Original Posted By thieftho


Bneran gan..
Bukan kesengajaan gan tp karena kecelakaan hahaha
Ane jg yakin pasti agan2 lain yg dipesantren prnh ngalamin hal2 aneh kya gini jg dulu biarpun ga se ektrim ane



Ada yg sepesantren ama ane..tp santriwati..
Angkatan brp?


Pengalaman ane pling berkesan jg tiap hari nlpon pake nomer tlkom pin dr solo ke bdg di depan pos satpam yg ada tlpon koinnya..wkwkwkwk




Quote:Original Posted By hayunalawani
ane pernah nyantri juga di sedayu gresik 3 tahon....jombang 3 taon....krapyak komplek L setahon....ane niatnya doloe kalo mesantren pasti punya elmu kebal.....makanye ane mau monpes...........salam kenal buat para santri se tanah air.............

Salam sejahtera juga buat agan

Quote:Original Posted By atakahub
Ane di PP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 4 tahun
lanjut ke PP Al-Munawwir 2 tahun

pengalaman yang paling berkesan:
pernah dicukur massal, wkwk
pernah baca asma'ul husna di dpan komplek putri, gara2 ga ikut tazwidul mufrodat
tapi, pernah jadi santri teladan juga [removed]void(0);
plus surat-suratan ma santriwati, coz jaman dlu lum ada hengpon [removed]void(0);

Ane dulu di komplek tahfidz gan lupa ane, yang khusus quran + kuliah, cuma 20 hari sih, pas bulan ramadhan


Quote:Original Posted By smilles
di ploso tahun brp gan? ane jg pernah di ploso 3 thn tp d QUEEN


Wah ente dari queen gan.?, ane taun 2003 sampe 2007 akhir, ente angkatan berapa? kenal nurul yaqin yang sekarang jadi gus? , gokil tu bocah sekarang jadi mantu kyai

Quote:Original Posted By rianiaqilla
Wah ternyata banyak anak pondokan nih, ane juga gan pernah mondok 6 tahun di suatu pondok pesantren modern di Jawa Timur, namanya Gontor, tp ane di Gontor Putri gan yg isinya cewe semua
Pengalama paling berkesan adalah saat ane ketauan bawa majalah yg sebenernya ga boleh dibawa ke pondok gan, padahal itu punyanya kakak kelas
Alhasil ane di pakein kerudung pelanggaran, dijemur depan masjid abis dzuhur, bersih2 kantor pengurus, sampe hafalan Al Fath. Tp alhamdulillah gara2 kejadian itu ane jd hafal al fath


wew sista santri juga ternyata mantap sis., gokil tu kena ta'zir kek gitu

Quote:Original Posted By shinji...kagawa
ane pernah sih gan tapi cuma sebula coz di keluarin dari pesantren gara2 kelahi sama temen kamar ane

: turut berduka gan atas nasib pesantren agan

Quote:Original Posted By Toya212
Ane jg prnah ngrasain mondok gan,.

dimana masbro?

Quote:Original Posted By SecurityNetwork
yg anak DARQO mana nih ??
dulu ane pernah nyantri di Daar El-Qolam Gintung Jayanti Tangerang gan
pengalaman pernah dulu waktu mau muhadloroh ane pura2 sakit gan masalanya ane disuruh mendadak besok jadi speaker gan, waktu itu minggu speak english, di pondok ane wajib loghotul arabiyah, sama speak english, dan ane langganan masuk language section, tapi ga sampe digundul *pejwan ya gan*

jangan sampe deh digundul, malu2in

Quote:Original Posted By hayunalawani
ane pernah nyantri juga di sedayu gresik 3 tahon....jombang 3 taon....krapyak komplek L setahon....ane niatnya doloe kalo mesantren pasti punya elmu kebal.....makanye ane mau monpes...........salam kenal buat para santri se tanah air.............

wah sedayu mana gan? manyar ya?

Quote:Original Posted By carfmu79
ane pernah mondok di buduran alkhozini sidoarjo 3 tahun....minum aer keran tapi sehat selalu gak pernah sakit..sekarang malah mudah sakit padahal yg diminum aer yg dah dimasak gan....

balik ke pondok lagi aja gan, aernya lebih cocok keknya

Quote:Original Posted By dymaru
Ane nyantri di Pesantren Unggulan Terpadu Darul Mursyid di saipar dolok hole,Sipirok Tapanuli selatan. Disana cuman Tsnawiyah aja . Dulu kalau gk salah ane kls 2 namanya Pesantren Darul Mursyid,skrng dignti lah jadi PUTDM,pas diganti namanya semua nya serba modern kayak bajunya sekolahnya dimasukin, gk kayak ane pas kelas 1 baju nya kayak baju koko.
Pokol nya pesantren itu gak kayak pesantren skrng.
Uang SPP nya udah smpe jutaan skrng krna saking modern nya .
Kisah ane sewktu nyantri kebanyakan kisah yg buruk,salah satunya ane disiksa abng kelas. Yg ane paling ingat dada ane dicubiti sampe biru2,di pompa smpe 200kali,bersihin kamar mndi jam 12 (serem bnget gan kalau udah jam 12 di pesantren,sepi + gelap).
Mknya smpe skrng jijiik ane liat abng kelas itu.,mau ane tendang aj mukaknya ..
Tp skrng udah berubah pesantren itu,gak ada istilah siksa menyiksa .
Itu lah pengalaman ane gan,kalau pengalaman yg baik gak ada yg berkenan diingat.
Ada gak ya kaskuser lain tamatan dr pesantren Darul Mursyid?
seru juga gan. itulah modernisasi pesantren. kalo dijawa sih khususnya jawa timur masih banyak yang konsisten sama salafiyahnya


Quote:Original Posted By sandyangga90
ane pernah nyantri di Pesantren Islam Al Irsyad Salatiga, mungkin kalo ada kaskuser yang Alumni Hapia bisa hubungi ane

pengalaman banyak banget kalo dibikin postingan mungkin gak cukup gan, soalnya ane 6 tahun disana

tapi salah satunya kalo terlambat sholat di cambuk pake rotan kakinya kanan kiri masing-masing 1 kali
apalagi yang gak sholat gan bisa dicambuk 15-20 kali gak tentu tergantung niat para Algojonya

ente taro pejwan dulu gan ntar ane tambahin
alhamdulillah ditempat ane dulu gak ada kekerasan.

Quote:Original Posted By Oujiee
Kalo ane dulu nyantri di Pon-Pes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur selama 6 tahun ane masuk pas lulus SD, di sana dalam satu hari ane masuk sekolah sebanyak dua kali, pagi untuk sekolah ilmu agama siangnya ane sekolah SMP dalam satu kelas isisnya cowok semua begitu juga di komplek santriwati banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan, dulu ketangkap petugas keamanan pesantren gara2 nonton TV ane dihukum dicukur plontos pernah datang terlambat k pesantren dsuruh baca surat taubat, setiap hari jumat harus muhafadzah, tasrif, 'Imriti diplesetin jd Umariyutu, abis maghrib ngaji kitab kuning Jurmiyah, Kailani, Tafsir Jalalain dan banyak lagi kitab-kitab kuning lainnya

emang paling berkesan gan gaboleh nonton Tipi! . kalo yang gila bola malah nyeseg banget sampe2 ngelanggar peraturan cuma buat nonton bola

Pengalaman ane:
PON-Pes Mustafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal, SUMUT

** Sejak tamat SD udah langsung ke pondok, sampai 7 tahun (Mts dan Madrasah Aliyah).
kenapa bisa 7 tahun? 1 tahun nya bonus.. hahahaa

** Selama dipondok tinggal nya digubuk yang mrip kandang ayam

** harus pakai kain sarung ksana sni

** Menghafal kitab kuning dan Qur'an

** Mandi di sungai bebatuan yang air nya kelat (Sangking kelat nya, ikan ndak ad disungai tu.)

** Awal2 di pondok kena penyakit gatal2.. Kayak ny ini penyakit umum kalau masuk PON-PES., hehehe


itu ja dari ane..

wassalan
Pengalaman nyantri :
cuma 3 tahun di ponpes ibadurahman

Kenangan paling berkesan :
di botakin karan kabur dari pondok
di tampar + ga di kasih makan gara2 nonton konser gigi
di siram waktu tidur karna ga solat subuh
Wah Ponpes Al-falah Ploso Mojo itu salah satu ponpes terbesar di kediri selain Lirboyo...

Kalo ane pernah di PP Al-ishlah Bandar Kidul Kediri selama 3tahun gan...
Luar biasa memang kenangan2 di pesantren... Ga cukup kalo ditulis di sini, jadi mending ga usah ditulis ya gan...
ane juga pernah gan, kebaikan dulu di pesantren saat ini belum bisa disamakan kadar imannya
ane tinggalnya di kota dgn sebutan "kota seribu pesantren" tp anehnya ane gak pernah ikut pondok pesantren secara formal..
wah kgak pernah dha ane bro
ane pernah nyantri di ponpesnya film 5 ******
yang pasti menyenangkan disana, salam buat kawan2 yg masih studi disana
Quote:Original Posted By B.E.M.Z
Pengalaman nyantri :
cuma 3 tahun di ponpes ibadurahman

Kenangan paling berkesan :
di botakin karan kabur dari pondok
di tampar + ga di kasih makan gara2 nonton konser gigi
di siram waktu tidur karna ga solat subuh

Wakakak begundal pondok ente gan. Ane dulu sempet ketauan ngeband juga tapi gasampe digituin
Quote:Original Posted By cloverfield
Wah Ponpes Al-falah Ploso Mojo itu salah satu ponpes terbesar di kediri selain Lirboyo...

Kalo ane pernah di PP Al-ishlah Bandar Kidul Kediri selama 3tahun gan...
Luar biasa memang kenangan2 di pesantren... Ga cukup kalo ditulis di sini, jadi mending ga usah ditulis ya gan...

Wah. Itu dekt PP ringin agung kah? Emang banyak gan kenangn di pondok
sesepuh

ane belum pernah gan.. makanya nyimak aja
ane ngga pernah nyantri gan






Mejeng dulu gan
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak
Ane mondok di ponpes assalam pabelan solo dulu pas mts..
Banyak pengalaman berharga slama dipesantren..dr yg buruk sampe yg bagus2..
Mulai dr jari putus, temen ane kpalany kebelah ama kaca pecah,telinga putus..wkwkwk
Pengalaman berhargany banyak bgt gan..
Tp yg paling berkesan itu kebersamaan kita gan selama di pesantren ga akan bisa lupa..sampe sakit kulit aja bareng2 se rayon..wahahaha

Ade ane juga skrng lg takhasus di darunnajah jaksel..tpga tau knapa suasana nyantrenny kurang ngena buat ane..
agan pernah mondok diploso??
sama kayak adek ane berarti,adek ane cuman 3 tahun diploso,

klo ane 3 tahun mondok diponpes darul hikam,joresan,ponorogo dan 2 tahun mondol di darul ulum,peterongan,jombang,
ane blm prnah gan pling pesantrn kilat
Ane bukan anak pondok tp ane tinggal dilingkunagn pondok..
Klo ane nilai tiap hari mereka rajin bgt
ane pernah ngalamin 1 tahun mondok. Yg pling berkesan ya hafalannya itu. Trus bngun sblum adzan shubuh. Bda am skrg yg bngunnya menjelang dzuhur